Selasa, 22 Jun 2021 08:59

Tanggapan Yayasan Petrasa Terkait Perkembangan PT. DPM

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Jeremia
Rabu, 12 Mei 2021 16:02
Petrasa merupakan salah satu NGO yang aktif memperjuangkan perlawanan masyarakat terhadap upaya pertambangan ekstraktif PT DPM di Kab. Dairi. Di masyarakat sendiri juga terdapat pro dan kontra terhadap keberadaan PT DPM.

Ridwan Direktur Petrasa menjelaskan perkembangan PT DPM saat ini masih hanya izin produksi dan sekarang pembahasan di KLHK mengenai Amdal RKL dan RPL yang sudah mendapatkan revisi.

Pada tanggal 27 Mei akan ada sidang membahas itu dan aksi demonstrasi kemarin untuk meminta penundaan atau penghentian sidang pembahasan amdal itu karena banyak ditemukan kesalahan prosedur di amdal yang mereka ajukan.  


Ridwan menambahkan, mereka  juga sudah buat petisi tertulis kurang lebih 1.000 tanda tangan yang sudah diserahkan ke KLHK.

Selain membuat petisi online, bersama sekretariat kami sudah melakukan audiensi ke KLHK, pemerintah kabupaten Dairi, parlemen Dairi dan juga aksi demonstrasi bersama petani", tuturnya, Rabu (12/5).

Petrasa juga sudah melakukan audiensi sebanyak 2 kali dengan pemerintah Dairi dan sampai hari ini belum ada jawaban dari pemerintah mengenai permintaan masyarakat yang menolak tambang agar bupati mencabut SK KLH No 731 2005, meminta bupati Dairi mengeluarkan surat rekomendasi terkait penolakan pembahasan Addendum Andal RKL, RPL Tipe A, menolak dan meminta KLHK menghentikan dengan segera pembahasan Addendum Andal RPL, RKL tipe A PT DPM dan meminta DPRD membentuk pansus membantu masyarakat dalam memperjuangkan hak hak ekosob dan hak sipil dan politiknya dan sampai sekarang belum ada jawaban dari bupati.

"Harapan kami demi keberlanjutan pertanian dan keberlangsungan hidup masyarakat di sekitar tambang agar pemerintah mempertimbangkan izin operasi PT DPM demi masyarakat dan lingkungan," katanya.

"Dari hasil audiensi yang dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021 bahwa Bupati akan memberikan tanggapan atas tuntutan masyarakat yang menolak tambang paling lama tanggal 25 Mei 2021", tambahnya.
Editor: Ivan

T#g:PT DPMPetrasa
Berita Terkait
  • Senin, 07 Jun 2021 09:07

    Ini saran solusi dari yayasan Petrasa terkait kelangkaan pupuk subsidi di Dairi

    Salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh petani adalah permasalahan pupuk bersubsidi. Realisasi jumlah pupuk bersubsidi selalu tidak sesuai dengan kebutuhan petani dan ditambah adanya oknu

  • Rabu, 02 Jun 2021 20:02

    DPM Tidak Dapat Dipercaya, KLHK Harus Tolak Persetujuan Lingkungan PT. DPM

    Pada Kamis (27/5), telah berlangsung Rapat Komisi Penilai AMDAL Pusat yang difasilitasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Dirjen Pencegahan

  • Senin, 31 Mei 2021 18:11

    Dukung PT DPM, Forum Lintas Ormas dan OKP Sampaikan Pernyataan Sikap ke DPRD Dairi

    Sebanyak 18 Forum Lintas Ormas dan OKP se-Kabupaten Dairi melakukan audiensi ke DPRD Dairi, Senin (31/5/2021). Kehadiran Ormas dan OKP yang diterima langsung Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani didampingi

  • Jumat, 28 Mei 2021 17:18

    JPKP Desak Pemerintah Transparan Kepada Masyarakat Soal Keberadaan PT DPM

    Menanggapi gelombang unjuk rasa massa dari  sejumlah kelompok masyarakat Kabupaten Dairi yang pro dan kontra, tentang keberadaan perusahaan tambang PT DPM (Dairi Prima Mineral) di Kecamatan Silim

  • Jumat, 28 Mei 2021 08:58

    Masyarakat Tolak Tambang Dairi audiensi dengan DPD PDI Perjuangan Sumut

    Masyarakat Terdampak Tambang PT Dairi Prima Mineral, Yayasan Diakonia Pelangi Kasih (YDPK) dan BAKUMSU melakukan audiensi dengan DPD PDI Perjuangan Sumut, diterima oleh Soetarto, Sekretaris DPD dan Sarma Hutajulu, Wakil Ketua Bidang Buruh, Kamis (27/5/202

  • Kamis, 27 Mei 2021 19:37

    Pembahasan Amdal PT DPM di Hotel Beristera Dairi Diwarnai Demo Masyarakat dan Mahasiswa

    Aksi gelombang demo/unjuk rasa warnai pembahasan Addendum Amdal PT DPM (Dairi Prima Mineral) yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) secara zoom di Aula Hotel Beristera Jalan Sidikalang-M

  • Senin, 24 Mei 2021 22:24

    Minta Penjelasan PT DPM, HIMPAK Dairi Bersama Ormas dan OKP Gelar Diskusi

    DPD HIMPAK (Himpunan Masyarakat Pakpak) bersama Ormas dan OKP se-Kabupaten Dairi menggelar diskusi terkait keberadaan PT DPM (Dairi Prima Mineral) yang berada di Kecamatan Silima Pungga-Pungga.

  • Rabu, 19 Mei 2021 18:29

    Penjelasan PT DPM Tidak Menjawab Keraguan Masyarakat, Peserta Tolak Konsumsi Sosialisasi

    PT DPM mengadakan sosialisasi kepada masyarakat Desa Bongkaras Dusun I, II, III, dan IV tentang kehadiran tambang di Sopokomil Desa Longkotan. Dalam sosialisasi tersebut PT DPM mengundang beberapa perwakilan dari setiap dusun, Rabu (19/5/2021).

  • Jumat, 07 Mei 2021 21:07

    Masyarakat Dairi Desak Bupati Copot SK KLH Tambang

    Perwakilan masyarakat petani dari Kecamatan Silimapungga-pungga dan Lae Parira beserta Aliansi NGO Dairi menyampaikan tuntutan langsung kepada Bupati Dairi Eddy Kelleng Ate Berutu di ruang rapatnya, Kamis 6 Mei 2021.

  • Senin, 03 Mei 2021 21:53

    Rawan Gempa, Masyarakat Kembali Aksi Damai Tolak PT DPM di Kantor Bupati Dairi

    Ratusan warga di lingkar tambang kembali melakukan aksi ke DPRD dan kantor Bupati Kabupaten Dairi, Senin, 3 Mei 2021.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak