Sabtu, 06 Mar 2021 18:15
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Sabran Pohan, Sosok Pengusaha untuk Kemajuan Ikatan Alumni SMA Matauli Sibolga

Sabran Pohan, Sosok Pengusaha untuk Kemajuan Ikatan Alumni SMA Matauli Sibolga

Sibolga (utamanews.com)
Oleh: Dedi
Rabu, 20 Jan 2021 11:00
Istimewa
Sabran Pohan
Usianya terbilang muda, 33 tahun. Namun pengalaman Sabran Pohan di bidang bisnis perikanan dikenal banyak kalangan. Karirnya di bisnis perikanan diawali dengan berdagang ikan keliling menggunakan becak motor.

Sebagai alumni SMA Matauli Sibolga, salah satu SMA terbaik di Sumatera Utara, serta mengantongi gelar Sarjana Hukum dari Universitas Airlangga Surabaya, tidak membuat Sabran Pohan malu menjadi pedagang ikan keliling dalam merintis bisnisnya.

"Ibu saya sampai menangis, melihat saya setiap hari bangun jam 3 pagi untuk membeli ikan ke nelayan lalu menjualnya keliling" terang Sabran Pohan yang akrab disapa "Bapak" oleh rekan-rekannya ini, Rabu (20/1/2021).

Sabran mengisahkan, Ibunda tidak sampai hati melihat putranya yang lulusan sarjana harus bersusah payah menjual ikan keliling menggunakan becak motor. Padahal keluarga sudah memberikan tawaran untuk menjalankan bisnis keluarga yang sudah mapan.

"Sejak sekolah saya sudah bertekad, bahwa saya harus menguasai bisnis ini sampai hal-hal terkecil. Sehingga saya menolak tawaran keluarga untuk langsung menjadi pimpinan perusahaan. Dengan proses dari bawah saya memahami bisnis secara detail" tegas pria yang sudah menikah dan memiliki 1 anak ini.

Dalam menjalankan usahanya, Sabran Pohan senantiasa berniat setiap langkah dan perbuatannya untuk amal ibadah. Kini di usia yang masih terbilang muda, Sabran Pohan sudah berhasil mendirikan dan memimpin PT. Maju Indah Tapanuli yang bergerak di bidang Cold Chain Integrity di wilayah Jakarta, Medan dan Sibolga. "Doa dari Ibu menjadi hal terpenting dalam perjalanan karir saya" Sabran Pohan menambahkan.


Jelang Mubes Ikatan Alumni Matauli Sibolga (IKAMA) yang ke-5 pada 6-7 Februari 2021, Sabran Pohan menyatakan kesiapannya untuk memimpin organisasi alumni yang keanggotaannya sudah tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia, bahkan manca negara. Sabran bertekad mensinergikan IKAMA dengan dunia usaha untuk menopang program IKAMA di bidang sosial dalam membantu sesama alumni, memajukan kualitas alumni yang kompetitif di semua bidang profesi serta mendukung kemajuan kualitas pendidikan di SMA Matauli Sibolga.

"Sebagai putra asli Sibolga, saya punya panggilan hati yang paling dalam membawa alumni SMA Matauli Sibolga agar mampu kompetitif di kancah nasional. Anggota-anggota IKAMA punya potensi yang cukup besar untuk berkontribusi di kancah Nasional tidak hanya Sumatera Utara. Tentunya saya sudah membuktikan hal itu, sebagai alumni Matauli saya tidak pernah ragu untuk menaklukkan ketatnya persaingan usaha di Ibu Kota Jakarta" tegas Sabran Pohan dengan tetap rendah hati.

"Tekad maju sebagai Ketua IKAMA, juga terdorong dari arahan senior-senior IKAMA, rekan-rekan satu angkatan dan adik-adik kelas yang mengharapkan perubahan paling fundamental pada IKAMA. Saya telah melakukan konsolidasi ke semua lapisan alumni", terang Sabran Pohan.
Editor: Budi

T#g: SibolgaMatauliSMA PlusSabran Pohan
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Jan 2021 11:15

    Talk Show dan Media Gathering, "SMA Pradita Dirgantara sebagai Icon Disrupsi Pendidikan Indonesia"

    SMA Pradita Dirgantara mengadakan acara Talk show dan Media Gathering bertemakan "SMA Pradita Dirgantara sebagai Icon Disrupsi Pendidikan Indonesia" pada hari kamis, 14 Januari 2021 melalui aplikasi z

  • Kamis, 10 Sep 2020 08:40

    Medan, 1 dari 5 daerah berisiko tinggi penyebaran Covid-19 dan sangat rawan saat pelaksanaan Pilkada

    Lima daerah kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut) tergolong memiliki risiko tinggi penyebaran pandemi Covid-19 selama Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 9 Desember 2020. Untuk menurunkan ri

  • Kamis, 12 Jul 2018 07:52

    Panglima TNI: Pendidikan Dasar dan Menengah Merupakan Pondasi Dasar Bagi Anak-Anak

    Pendidikan dasar dan menengah merupakan peletak pondasi dasar bagi anak-anak dalam mempersiapkan diri untuk melanjutkan pendidikan sesuai dengan bidang minat dan potensi diri masing-masing.

  • Selasa, 20 Mar 2018 13:30

    Siswa SMA TN Harus Miliki Karakter dan Komitmen Yang Tinggi

    Siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas Taruna Nusantara (SMA TN) harus memiliki karakterdan komitmen yang tinggi untuk menjadi yang terbaik, karena tidak ada pemimpin di dunia ini yang tidak berkarakte

  • Minggu, 06 Agu 2017 11:16

    Akbar Tanjung Lantik Siswa SMA N 1 Plus Yayasan Matauli Pandan

    Sebanyak 393 siswa siswi baru kelas X SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan Angkatan XXIV TA 2017/2018 dilantik, di Aula Gymnasium Matauli jalan Laksma Manonga Napitupulu Kel. Pandan Kec. Pandan Kab. Tapan

  • Sabtu, 08 Jul 2017 03:58

    Pertama kalinya Lanal Sibolga jadi Panda seleksi calon Taruna AAL

    Danlanal Sibolga Letkol Laut (P) Rizal Musa Karim, SE memberangkatkan 6 calon Taruna dan Bintara untuk mengikuti seleksi akhir pusat di Malang. Keenam calon Taruna dan Bintara yang diberangkatkan itu

  • Jumat, 07 Jul 2017 21:17

    Danlanal Sibolga berangkatkan calon Taruna dan Bintara ke seleksi akhir

    Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sibolga memberangkatkan 6 calon Taruna dan calon Bintara yang mendaftar di Mako Lanal Sibolga untuk mengikuti seleksi akhir pusat di Malang.

  • Rabu, 05 Apr 2017 03:49

    Buktikan SMA Negeri 1 Matauli benar-benar unggul dan menjadi contoh

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meminta agar siswa-siswi SMA Negeri 1 Matauli mempersiapkan diri dengan matang menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk SMA/MA yang mulai berlangsung minggu depan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak