Jumat, 06 Agu 2021 11:29

Hari Ke II Sinode Godang HKBP Ke 65

Pdt DR Robinson Butarbutar Terpilih Jadi Ephorus HKBP

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Jumat, 11 Des 2020 22:41
Istimewa
Hari kedua Sinode Godang HKBP Ke-65 diawali Ibadah dengan Tema "Huhalupahon na di pudingku, hueahi angka na di jolo (Pilippi 3:13-14)" (Aku melupakan apa yang di belakangku dan mengarahkan diri kepada yang di hadapanku).

Informasi diperoleh dari Pdt Dr Benny Sinaga (Ketua Sekolah Tinggi Bibelvrouw), Barita Jujur Taon dari Ephorus menyampaikan kepada sinodestan, bahwa sudah terbentuk Persiapan HKBP Distrik Barus Raya yang kedepannya akan diresmikan oleh Pimpinan HKBP yang baru.

Dalam Sinode hari ini, terpilih Majelis Persidangan, yakni Pdt Drs Donal Sianturi MDiv (Ketua), Pdt Mauli Aritonang, STh (Anggota), Pdt Jefrin Sipahutar STh (Anggota), St KP Siburian (anggota) dan Ny St Rizal Hutabarat br Hutasoit.

Kemudian, Majelis Persidangan memimpin sidang untuk menetapkan dan mengesahkan Renstra (rencana strategis), Konfessi, Agenda, RIPP, dan persiapan/ penetapan tata cara pemilihan yang kemudian diterima dan disahkan peserta Sinode Godang/ SG.


Dalam pelaksanaan pemilihan, diangkat Panitia Pemilihan SG Ke-65 yaitu Pdt Marjabat Panjaitan STh (Ketua), Pdt Tongam Sihombing MTh, Pdt Jason Simanjuntak, STh ditambah 2 orang dari setiap Distrik (32 Distrik).

Selanjutnya, Ephorus menyerahkan daftar nama Pendeta HKBP yang memenuhi persyaratan menjadi calon Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia, Kepala Departemen Marturia dan Kepala Departemen Diakonia kepada Sinode Godang.

Daftar tersebut selanjutnya diumumkan Ketua Pemilihan, sekaligus dituliskan pada papan plano atau ditayangkan pada Layar LCD yang tersedia sehingga dapat dibaca oleh setiap utusan.


Sinode kemudian melanjutkan pemilihan Pimpinan HKBP, yang terdiri dari Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia, Kepala Departemen Marturia, Kepala Departemen Diakonia, dan pemilihan 32 Praeses HKBP Periode 2020 - 2024.

Dari 169 bakal calon Ephorus, 2 orang menyatakan bersedia menjadi calon Ephorus, yaitu Pdt Dr Martongo Sitinjak dan Pdt Dr Robinson Butarbutar.

Dari 421 bakal calon Sekjen, ada 5 orang yang bersedia menjadi calon Sekjen, yaitu Pdt. Banner Siburian MTh, Pdt Maulinus Siregar STh, Pdt Dr Ir Fritz Sihombing, Pdt Dr Victor Tinambunan dan Pdt Bernad Siagian MTh.

Dari 421 bakal calon Kadep Koinonia, ada 7 orang yang bersedia menjadi calon Kadep Koinonia, yaitu Pdt Robert Silaban MTh, Pdt Dr Deonal Sinaga, Pdt Eldarton Sombolon, DMin, Pdt Dr Pahala Jannen Simanjuntak, Pdt. Danner Siregar MA, Pdt Efendi Purba STh MM dan Pdt Retur Tanjung.

Dari 421 bakal calon Kadep Marturia, ada 12 orang yang bersedia menjadi calon, yaitu Pdt Pdt Paber Manurung, STh, Pdt Rudolf Sitorus, Pdt Kardi Simanjuntak MMin, Pdt Advent Nababan DMin, Pdt Martunas Manullang MTh, Pdt Dr Lundu Simanjuntak, Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan, Pdt Togar Hasugian STh MM, Pdt Jonaren Purba, MTh, Pdt Sunggul Sirait STh MM, Pdt Robert S Pandiangan MTh dan Pdt Reinhard Rajagukguk MTh.

Dari 421 bakal calon Kepala Departemen Diakonia, ada 10 orang yang bersedia menjadi calon, yaitu Pdt Colan Pakpahan MTh, Pdt Manuarang Hutabarat STh MM, Pdt Robert Silitonga MTh, Pdt. Timbul Sitanggang MTh, Pdt Dr Jusen Boangmanalu, Pdt Erwin Marbun, Pdt Jefrin Sitindaon, Pdt Rindu Hutasoit, STh, Pdt Debora Sinaga, MTh dan St Dr Marolop Hutagaol.


Perlu diinformasikan, bahwa khusus untuk pelaksanaan pemilihan Pimpinan HKBP (Ephorus, Sekretaris Jenderal, Kepala Departemen Koinonia, Marturia dan Diakonia) langsung dicalonkan dari Pendeta HKBP yang telah memenuhi persyaratan untuk dicalonkan. Beberapa syarat tersebut, yakni calon Ephorus minimal 25 Tahun Tahbisan Pendeta, calon Sekretaris Jenderal minimal 20 Tahun Tahbisan Pendeta, calon Kepala Departemen Koinonia minimal 20 Tahun Tahbisan Pendeta, calon kepala Departemen Marturia minimal 20 Tahun Tahbisan Pendeta. Sementara untuk calon kepala Departemen Diakonia, syaratnya adalah seorang pelayan atau warga jemaat yang bersedia mengorbankan dirinya untuk pekerjaan pelayanan Diakonia dan kemasyarakatan karena Kristus.

Untuk para Calon Praeses dicalonkan oleh setiap Distrik sesuai dengan Proporsional.

Dalam Sinode Godang yang digelar di Seminarium Sipoholon, jumlah peserta Sinode yang akan memilih pada sebanyak 1012 orang.

Adapun hasil pemungutan suara untuk Pemilihan Ephorus, yaitu Pdt Dr Martongo Sitinjak meraih 277 suara dan Pdt Dr Robinson Butarbutar mendapatkan 735 suara. Maka, berdasarkan jumlah suara, kursi Ephorus dimenangkan oleh Pdt Dr Robinson Butarbutar.

Untuk Pemilihan Sekretaris Jenderal dan para kepala departemen/ kadep memasuki putaran kedua, dan putaran kedua akan diadakan besok, Sabtu (12/12/2020), di tempat yang sama.
Editor: Robi

T#g:EphorusHKBPSinode Godang
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Jul 2021 21:19

    Peluncuran Buku 'ODHA Bukan Akhir Segalanya' Oleh HKBP AIDS Ministry

    Ephorus HKBP, Pdt. Dr. Robinson Butarbutar, meluncurkan sebuah buku yang berjudul "ODHA Bukan Akhir Segalanya", Jumat 09 Juli 2021.Buku ini berisi 25 kisah perjuangan Orang dengan HIV-AIDS (ODHA) yang

  • Rabu, 30 Jun 2021 21:20

    Audiensi dengan Ephorus HKI, GMKI Singgung Polemik Masyarakat dan PT. Toba Pulp Lestari

    GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia) mengadakan audiensi dengan Ephorus HKI (Huria Kristen Indonesia) Pdt. Firman Sibarani, M.Th., Rabu ?30/06/2021), di kantor Pusat HKI.Audiensi yang berlangsun

  • Sabtu, 12 Jun 2021 14:12

    BAKUMSU Apresiasi HKBP Tolak Relokasi HKBP Sikhem Sopo Komil

    Pimpinan tertinggi Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Ephorus Pdt. Dr. Robinson Butarbutar telah menyatakan sikap tegas penolakan terhadap rencana relokasi gedung gereja HKBP Sikhem demi kepentingan

  • Rabu, 26 Mei 2021 11:36

    Pelatihan Ketahanan Pangan Bagi 30 Orang Dengan HIV (ODHIV) oleh HKBP AIDS Ministry

    HKBP AIDS Ministry melakukan Pelatihan budidaya ikan lele di dalam kolam terpal kepada 30 Orang Dengan HIV (ODHIV), bekerjasama dengan persekutuan gereja-gereja Internasional (UEM), yang didukung oleh

  • Minggu, 28 Mar 2021 18:28

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata Kecam Keras Tindakan Biadab Pelaku Bom Katedral

    Anggota DPD RI Pdt Willem TP Simarmata mengecam aksi bom bunuh diri yang menelan korban di Gereja Katedral Makassar Jalan Kajaolalodo - Botolempangan, Minggu (28/3/2021). Bom bunuh diri terjadi sekita

  • Selasa, 05 Jan 2021 22:05

    Edy Rahmayadi Hadiri Perayaan Natal HKBP

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan tentang pentingnya toleransi demi pembangunan di daerah ini. Keberagaman adalah kebanggaan Sumut, bukan menjadi penghalang."Sumut merupakan p

  • Selasa, 29 Des 2020 10:59

    Kapolda Sumut Terima Audensi Ephorus HKBP

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi menerima audiensi Ephorus HKBP di ruang perjamuan Lt. II Mapolda Sumut Jl. SM. Raja Km 10,5 Medan, Senin (28/12/2020).Turut hadir Ephorus HKBP Bapak Pdt

  • Minggu, 13 Des 2020 17:30

    YDPK Minta HKBP Pusat Agar Tetap Menolak Rencana Relokasi Gereja Oleh PT DPM

    Relokasi Gereja HKBP Sikhem Sopo Komil Desa Longkotan, Parongil, Kecamatan Silima Pungga-Pungga, Kabupaten Dairi yang dilakukan oleh PT DPM terus mendapat penolakan dari masyarakat sekitar dan jemaat,

  • Kamis, 10 Des 2020 21:10

    Ephorus Buka Sinode Godang HKBP Ke-65 di Sipoholon, Protokol Kesehatan Dijalankan Dengan Ketat

    Ephorus HKBP Pdt Dr Darwin Lumbantobing. Ompu i Ephorus HKBP resmi membuka Sinode Godang (SG) HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) yang ke-65, di komplek Seminarium HKBP di Kecamatan Sipoholon, Kabupa

  • Sabtu, 05 Des 2020 14:35

    Gubernur Edy Beri Kuliah Umum di UHN, Resmikan Patung dan Taman Nommensen

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menegaskan, untuk membangun Sumut jangan pernah mempersoalkan suku dan agamanya. Selama mampu memberikan yang terbaik untuk daerah ini, maka harus diberi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak