Senin, 19 Apr 2021 09:36
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Melalui Program Tanaman Tumpang Sari, PT Toba Pulp Lestari Bantu Petani

Melalui Program Tanaman Tumpang Sari, PT Toba Pulp Lestari Bantu Petani

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Kamis, 04 Mar 2021 18:44
Istimewa
Pada masa normal baru, pertanian lebih digiatkan pada penanaman holtikultura dan palawija. Hal ini untuk memberikan hasil penjualan yang cepat dirasakan. Hal ini sejalan dengan visi PT Toba Pulp Lestari, yaitu tumbuh dan Berkembang bersama masyarakat. PT Toba Pulp Lestari Tbk selalu hadir berkontribusi untuk dapat memberikan manfaat secara langsung kepada masyarakat di sekitar perusahaan. 

Melalui program Tanaman Tumpang Sari, PT Toba Pulp Lestari telah melaksanakan kegiatan tersebut di beberapa wilayah, salah satunya di Sektor Aek Raja.

Salah seorang petani binaan PT Toba Pulp Lestari, Bismar Simamora, yang berasal dari Desa Simarigung, Kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, berhasil menjalankan program tumpang sari bahkan meraih keuntungan hingga mampu membangun rumah bagi keluarganya.


Pada tahun 2018, Humas Sektor Aek Raja saat itu, Ramson Simamora mengajak Bismar untuk mau melakukan program tumpang sari. Walau waktu itu Bismar masih ragu-ragu untuk mengikuti, namun pihak PT Toba Pulp Lestari tetap mengajak Bismar bahkan menunjukkan secara langsung bagaimana program tumpang sari yang ada di Pondok Bina Tani milik perusahaan. 

Setelah melihat percontohan tumpang sari yang berhasil, Bismar tertarik dan menjalin kerjasama program tumpang sari dengan PT Toba Pulp Lestari.

Melihat keantusiasan dari Bismar, pihak Community Development (CD) PT TPL mendatangi Bismar dan memberikan kompos sebanyak 600 sak pupuk ayam, dan 1,5 ton pupuk kimia berupa pupuk TSP dan urea, obat-obatan tanaman, pompa untuk menyemprot, beserta 10kg bibit jagung yang akan ditanam dilahan miliknya seluas 1 hektar untuk luas efektif penanaman jagung tumpang sari.


Penanaman perdana tumpang sari pertama kali dilakukan pada tanggal 15 April 2020 dengan menggunakan tanaman jagung. Dari hasil penanaman tersebut, diperoleh hasil sebanyak 7,1 ton jagung. 

Dengan hasil tersebut, Bismar menggunakannya sebagian untuk membangun rumah yang ditinggalinya sekarang, sebagian lagi digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari dan juga digunakan sebagai modal untuk melanjutkan penanaman kedua.

Bismar menyampaikan apresiasinya kepada pihak PT Toba Pulp Lestari atas program kerjasama yang telah terjalin. "Saya sangat berterimakasih kepada Toba Pulp Lestari atas kepeduliannya kepada masyarakat sehingga kepercayaan masyarakat kepada perusahaan menjadi pulih dan tidak lagi ada rasa takut untuk menanam tanaman di antara pohon eukaliptus," ujar Bismar, Kamis (4/3).


Nikson Siregar, selaku Kepala Desa Simarigung dan mewakili pemerintahan mengatakan bahwa selama ini hubungan yang terjalin antara perusahaan dan masyarakat desa terjalin dengan baik. Bentuk kerjasama yang terjalin antara warga desanya dengan perusahaan seperti tumpang sari ini memberikan dampak yang positif. 

Kedepannya, Nikson berharap tidak hanya itu saja, tapi perusahaan dapat terus berkelanjutan hadir berkontribusi untuk memajukan desanya.

Humas Sektor Aek Raja, Jubpri Sibuea mengatakan bahwa PT Toba Pulp Lestari Tbk mengutamakan kerjasama untuk tumbuh dan berkembang bersama masyarakat dalam pelaksanaan operasionalnya. Program tumpang sari merupakan salah satu program untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Perusahaan akan terus berkomitmen untuk hadir berkontribusi memberikan dampak positif kepada masyarakat di sekitar wilayah operasional perusahaan. Semoga kerjasama selalu terjalin dengan baik," ujar Jubpri.
Editor: Robi

T#g:CSRTPL
Berita Terkait
  • Jumat, 26 Feb 2021 11:26

    AP2GB Salurkan CSR Pada BKM Musholla Al'Fallah

    Musholla Al'Fallah adalah merupakan salah satu tempat ibadah muslim di pemukiman padat penduduk di salah satu perkampungan Nelayan tepatnya, Bagan Tambahan (Batam) di Kelurahan Bagan Deli.Pembang

  • Kamis, 25 Feb 2021 08:25

    Sarana Jaya serahkan CSR berupa set alat hidroponik ke masyarakat Kampung Bali

    Perumda Pembangunan Sarana Jaya kembali melanjutkan program Corporate Social Responsibility (CSR) berupa penyerahan set alat hidroponik kepada warga Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang Jakar

  • Kamis, 04 Feb 2021 21:24

    Pemkab Taput belum juga tertibkan pengusaha mitra TPL yang bermuat di badan jalan

    Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) terkesan tidak peduli akan suara masyarakat yang meminta untuk menertibkan mobil yang bongkar muat di badan jalan yang sudah meresahkan. Demikian disampaika

  • Senin, 01 Feb 2021 20:21

    Aksi protes, masyarakat Desa Sei Tualang dirikan tenda dan dapur umum di akses jalan ke PT Sri Timur

    Karena tidak ada respon dari PT Sri Timur, akhirnya ratusan Masyarakat Desa Sei Tualang, Kecamatan Berandan Barat, Kabupaten Langkat, yang sebelumnya menggelar aksinya di depan Kantor Koramil 1, akhir

  • Selasa, 29 Des 2020 15:59

    Batalyon Infanteri 126/KC Terima Bantuan Mobil Ambulance Dari PT BRI Cabang Kisaran

    Untuk menunjang kelancaran layanan fasilitas transfortasi kesehatan bagi para pasien warga Batalyon Infanteri 126/KC, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Kisaran Kabupaten Asahan memberikan

  • Selasa, 22 Des 2020 23:22

    Mitra Kerja PT Toba Pulp Lestari Tidak Hargai Pemkab Taput

    Pihak pemerintah melalui dinas Perhubungan turun ke lokasi pengangkut kayu Eukaliptus yang beroperasi di pinggir jalan, Kamis (17/12). Kejadian ini berada di jalan Parmonangan desa Pagar Batu kecamata

  • Jumat, 18 Des 2020 09:28

    Respon, Pemerintah Turun Ke Lokasi Angkutan Eukaliptus, Pihak TPL Masih Diam

    Pihak pemerintah kabupaten Tapanuli Utara melalui dinas Perhubungan telah turun ke lokasi pengangkutan kayu Eukaliptus yang beroperasi di pinggir jalan. Tepatnya berada di jalan Parmonangan desa Pagar

  • Sabtu, 12 Des 2020 18:02

    Pemkab Taput Belum Tampak Menertibkan Mobil Angkutan Eukaliptus Di Pagar Batu

    Mobil truk angkutan Eukaliptus yang muat kayu di jalan Parmonangan Desa Pagar Batu Kecamatan Sipoholon Kabupaten Taput (Tapanuli Utara) masih terlihat beraktifitas di pinggir jalan pada Sabtu (12/12).

  • Rabu, 09 Des 2020 21:59

    Masyarakat Taput Mempertanyakan Truk Angkutan Eukaliptus 'Memakan' Setengah Badan Jalan

    Mobil angkutan Eukaliptus berada di tengah badan jalan Parmonangan Desa Pagar Batu, Kecamatan Sipoholon Kabupaten Taput (Tapanuli Utara), pada Rabu (09/12) pukul 19:50 wib.Di lintasan jalan antar keca

  • Sabtu, 28 Nov 2020 19:08

    PT INALUM (Persero) Salurkan Bantuan Pangan Bagi Warga Terdampak Banjir di Tebing Tinggi

    PT INALUM (Persero) dan Ikatan warga Islam Inalum (IWII) salurkan bantuan bahan pangan kepada warga terdampak banjir di Tebingtinggi, Sabtu sore (28/11/2020).Bantuan langsung diterima Walikota Tebingt

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak