Selasa, 07 Apr 2020 14:04
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Kelompok Pemuda Islam dan Kristen Minta Polemik Pemusnahan Babi Berhenti

Kelompok Pemuda Islam dan Kristen Minta Polemik Pemusnahan Babi Berhenti

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Rabu, 12 Feb 2020 19:32
Istimewa
Alwi dan Gito
Kelompok pemuda Islam dan Kristen yang ada di Sumatera Utara meminta agar polemik persoalan pemusnahan babi dihentikan. Polemik ini dinilai tidak perlu dibesarkan oleh masyarakat.

Polemik ini sudah menyebabkan adanya gerakan unjukrasa yang dilakukan masyarakat bertema #savebabi untuk menolak melakukan pemusnahan pada Senin (10/2). Di lain sisi, aliansi Ormas Islam berencana melakukan aksi unjukrasa untuk menolak hari kedaulatan babi yang menjadi bahagian materi aksi #savebabi yang lalu. 

Menanggapi hal ini, perwakilan kelompok pemuda Islam yakni Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara, M Alwi Hasbi Silalahi, menilai polemik ini harusnya tidak ada karena Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sudah menyatakan tidak akan melakukan pemusnahan babi. 

"Ini bukan lagi persoalan mendukung atau menolak aksi #save babi yang dilakukan dua kelompok masyarakat. Ini soal menjaga kerukunan kita di Sumut ini yang sudah ribuan tahun damai. Intinya, kedaulatan masyarakat Sumut yang utama," jelas Hasbi kepada wartawan, Rabu (12/2/2020).

"Saya fikir semua baiknya menahan diri, karena Gubsu juga sudah menegaskan tidak ada rencana pemusnahan babi. Baik itu masyarakat yang melakukan aksi #savebabi maupun koalisi umat Islam yang ingin melakukan aksi tandingan, baiknya disudahi," imbuhnya. 

Hasbi juga meminta agar Gubsu mengambil langkah untuk megakhiri polemik yang terjadi di masyarakat soal isu pemusnahan babi ini. 

"Baiknya Gubsu mengumpulkan Forkopimda, Kapolda, Pangdam, dan jajaran dinas di Pemprov bersama tokoh-tokoh agama, tokoh pemuda untuk berdialog menyelesaikan persoalan ini," lanjut Hasbi. 

Hal senada disampaikan Koordinator Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Gito M. Pardede yang mewakili kelompok pemuda Kristen. 

"Terkait gerakan #savebabi maupun tolak #savebabi, kami mengajak masyarakat untuk menahan diri dari segala kemungkinan perpecahan. Kita tidak mau ada gesekan yang terjadi karena gerakan ini," kata Gito. 

Gito juga meminta agar pemerintah segera menyelesaikan persoalan virus ASF yang menyebabkan banyak babi mati di Sumut. 

"Kami pemuda Sumut dalam hal ini kelompok HMI dan GMKI memahami apa yang dirasakan peternak dan pengusaha yang mengatasi persoalan virus yang menyebabkan banyak babi mati. Disini kami meminta agar bagaimana pemerintah dan peternak dapat sejalan untuk menyelesaikan persoalan babi mati karena virus ini," terang Gito. 

"Karena pemerintah pusat sudah memutuskan ini wabah, kita minta Pemda bergerak cepat menangani persoalan virus babi ini," pungkasnya.
Editor: Budi

T#g:#savebabiGMKIHMI
Berita Terkait
  • Selasa, 07 Apr 2020 07:07

    GMKI Bagikan Masker Gratis di Kota Pematangsiantar

    GMKI Cabang Pematangsiantar- Simalungun melalui komisariat USI, melakukan aksi peduli pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19) dengan berbagi masker secara gratis kepada masyarakat yang terpaksa harus bekerja.

  • Sabtu, 04 Apr 2020 07:34

    Badko HMI Sumut: TNI-Polri Garda Terdepan Lawan Covid-19, Harus Dilengkapi APD

    Badko HMI Sumut turut menyoroti persoalan keamanan pihak-pihak yang berada di garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19, termasuk dari pihak TNI dan Polri.

  • Senin, 30 Mar 2020 16:40

    Kantor Pusat HKI, GMKI dan GP Ansor Buat Gerakan Bersama Mencegah Covid-19 Di Kota Pematangsiantar

    Dalam memerangi Virus Corona (Covid-19), Pucuk Pimpinan Huria Kristen Indonesia (HKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun, dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor

  • Kamis, 26 Mar 2020 22:36

    Peduli Mahasiwa Papua, GMKI Medan latih dan berikan handsanitizer serta disinfektan pencegah penularan Corona

    Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Papua (IMP) mendapat pelatihan pembuatan handsanitizer dan disinfektan dari GMKI Cabang Medan, Kamis sore (26/3/2020).

  • Sabtu, 21 Mar 2020 21:51

    Cegah penyebaran Corona, GMKI Medan lanjutkan demonstrasi penggunaan hand sanitizer

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia Cabang Medan, sejak Rabu 18 Maret 2020 memproduksi hand sanitizer dan menggelar aksi demonstrasi serta membagikannya kepada masyarakat.

  • Jumat, 20 Mar 2020 19:30

    Cegah Virus Corona, GMKI Pematangsiantar- Simalungun Buat Hand Sanitizer

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Pematangsiantar- Simalungun turut membantu dalam proses pencegahan penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19) dengan membuat Hand Sanitizer.

  • Rabu, 18 Mar 2020 12:38

    Pernyataan Sikap BPC GMKI Pematangsiantar- Simalungun menyikapi pandemi Covid-19

    BPC GMKI Pematangsiantar- Simalungun MB 2019-2021 mengeluarkan pernyataan sikap terkait Rekomendasi dalam menyikapi pandemi Covid-19.

  • Kamis, 12 Mar 2020 09:12

    Lantik Panitia, GMKI Pematangsiantar- Simalungun Akan Rekrut Anggota Baru

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Pematangsiantar- Simalungun akan menyelenggarakan Masa Perkenalan dan Persekutuan (Mapper) sebagai wadah penerimaan anggota baru.Demikian disampaikan Ketua G

  • Jumat, 06 Mar 2020 06:26

    Generasi Muda Jangan Takut Omnibus Law

    Anggota DPD HIPPI Sumut, Ririn Frilla menilai yang perlu dilakukan anak muda dalam mencari kerja adalah meningkatkan kualitas diri."Jadi lebih kepada personal, gimana Sumber Daya Manusia (SDM) seseora

  • Selasa, 03 Mar 2020 11:23

    Monster itu bukan bernama corona, melainkan ketakutan

    Belakangan ini dunia sedang panik ditimpa dengan lahir dan meluasnya wabah sebuah virus yang bernama coronavirus (COVID-19). Dalam laporan resmi, coronavirus ini sudah berjumlah 83.265 kasus dengan 2.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak