Minggu, 13 Jun 2021 03:16
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Di Papua tidak ada KKB, melainkan aktivitas teror dan membunuh masyarakat

Kapitra Ampera:

Di Papua tidak ada KKB, melainkan aktivitas teror dan membunuh masyarakat

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Tommy
Rabu, 28 Apr 2021 15:58
Puspen TNI
Dr. M. Kapitra Ampera, S.H., M.H. menegaskan bahwa di Papua tidak ada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), namun yang ada adalah teroris dan separatis dengan aktivitas meneror dan membunuh masyarakat serta perbuatan biadab lainnya seperti memperkosa, membakar sekolah dan helikopter sipil.

"Sudah saatnya Indonesia menetapkan KKB tersebut sebagai kelompok separatis/teroris. Apalagi Presiden Jokowi telah menegaskan bahwa tidak ada tempat bagi mereka di Indonesia," kata Dr. M. Kapitra Ampera, S.H, M.H., Selasa (27/4/2021).


Kapitra Ampera kemudian menyampaikan pokok pikiran yang menjadi pertimbangan perlunya penetapan status separatis/teroris kepada KKB. Pertama, United Liberation Movement of West Papua (ULMWP) atau Front Persatuan Pembebasan/Kemerdekaan Papua Barat, pimpinan Benny Wenda, telah mendeklarasikan bahwa tujuan utamanya adalah memerdekakan diri dari NKRI.

Jika mereka telah menyatakan dirinya sebagai gerakan separatis, adalah sudah semestinya pemerintah RI juga menetapkan organisasi tersebut, berikut para pengikutnya, sebagai kelompok separatis.


Kedua, bahwa dalam rangka mencapai tujuannya, kelompok separatis tersebut juga menggunakan metode dan teknik terorisme, seperti, antara lain mencoba mengusir warga non-OAP keluar dari Papua (Eksodus), yang bertentangan dengan hak asasi fundamental manusia, yaitu hak untuk hidup (rights to life), dan juga menargetkan sasaran-sasaran soft target dan non-kombatan, antara lain para guru, murid, tukang ojek, pekerja, pedagang, dokter dan rakyat yang tidak berdosa lainnya.

"Pemerintah pusat harus tegas untuk menghentikan teroris separatis dengan menumpas dan menghancurkannya," pungkas Kapitra.
Editor: Erickson

T#g:KKBSeparatis
Berita Terkait
  • Selasa, 04 Mei 2021 13:34

    Bupati Asmat: Warga Jangan Lagi Mudah Terprovokasi

    Bupati Asmat Elisa Kambu didampingi Wakil Bupati Thomas Eppe Safanpo, menyampaikan rasa syukur atas momentum peringatan 51 tahun kembalinya Irian Barat ke NKRI.

  • Minggu, 02 Mei 2021 10:11

    Suara Lantang Kapitra, Bungkam Pernyataan Pigai Soal KKB

    Politikus PDIP Kapitra Ampera merespons eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai yang menyampaikan narasi berbahaya terkait pemerintah melabelkan teroris terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua.

  • Jumat, 30 Apr 2021 21:30

    Sejak KKB Dicap teroris, Sabby Sambom Sang Juru Bicara Langsung Menghilang

    Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, resmi menyatakan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua sebagai teroris.Sebby Sambom sang jur

  • Kamis, 29 Apr 2021 17:29

    Bamsoet: Memangnya KKB Pembunuh Rakyat Tak Berdosa Itu Peduli HAM

    Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa Negara berkewajiban merespons dengan tegas aksi KKB memerangi negara selama ini, yang ditandai dengan pembunuhan Kabinda Papua, sejumlah prajurit TNI-Pol

  • Selasa, 27 Apr 2021 21:27

    1 Brimob Tewas Saat Kontak Tembak TNI-Polri dengan KKB di Kab. Puncak

    Kontak tembak antara TNI-Polri dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di Kampung Mauberi, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021). Dalam kontak tembak itu, satu anggota Bri

  • Rabu, 28 Apr 2021 02:28

    Nyatakan Sikap, Lembaga Adat Papua Minta KKB Ditetapkan Sebagai Organisasi Teroris

    Lembaga Masyarakat Adat (LMA) beserta Dewan Adat Papua (DAP) dan Badan Musyawarah Adat (BMA) Kabupaten Nabire menyatakan aksi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) semakin brutal. Karena itu, KKB statusnya layak dinaikkan menjadi organisasi teroris.

  • Senin, 26 Apr 2021 19:26

    Ketum Pemuda Adat: Tidak Ada Alasan Lagi untuk Tidak Menetapkan KKB Sebagai Teroris

    Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur setelah terjadi kontak tembak dengan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, Minggu sore (25/4).Gusti Putu gugu

  • Senin, 26 Apr 2021 08:46

    Kabinda Papua Gugur Ditembak KKB di Beoga

    Kepala Badan Intelijen Nasional Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI Putu IGP Dani Nugraha Karya gugur ditembak Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kampung Dambet Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Pap

  • Minggu, 25 Apr 2021 17:45

    Tokoh Pemuda Papua Kutuk Aksi Keji KKB

    Ali Kabiay tokoh pemuda kharismatik Papua mendukung TNI-Polri melakukan penindakan terhadap kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Puncak, Papua.

  • Sabtu, 24 Apr 2021 13:24

    Pengamat Sosial Politik UNPAS: Aksi Sadis dan Brutal KKB Bisa Dijerat Dengan Pidana Terorisme

    Pengamat Sosial Politik Universitas Pasundan Bandung (UNPAS), Dr. Tugiman, S.H., M.Si., mengungkapkan bahwa aksi sadis, brutal dan teror kepada masyarakat yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenj

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak