Jumat, 24 Sep 2021 22:33

Deni Pohan, Pengusaha Muda Inovatif dari Fakultas Pertanian USU

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dian
Kamis, 27 Mei 2021 10:56
Pinar Agency
Deni
M. Deni Kurniawan Pohan, pemuda berusia 21 tahun yang memiliki penampilan menarik, berpostur tubuh yang tinggi, dan berkulit putih ini memiliki harapan yang besar untuk masa depannya.

Dilahirkan dari darah Batak dan Jawa, ia pun akrab disapa dengan Deni Pohan. Saat ini, Deni sedang menempuh pendidikan sarjana dengan mengambil Jurusan Agroteknologi, Fakultas Pertanian di Universitas Sumatera Utara.


Deni sendiri memiliki ambisi yang kuat untuk mencapai mimpi dan cita-citanya. Segala bentuk rintangan tidak menjadi halangan untuknya dalam mengukir berbagai prestasi. Tak tangung-tanggung, ia mampu menyapu lawan dan memenangkan kompetisi tingkat lokal, nasional, bahkan internasional.

Salah satu kemenangan yang pernah diraih bersama dengan empat orang rekan timnya adalah sebagai Peraih Medali Silver dalam Internasional Festival of Innovation on Green Technology (IFINOG) Universiti Malaysia Pahang tahun 2019. Mereka mampu mengidentifikasi masalah di bidang peternakan dan mencoba untuk membuat sebuah inovasi untuk memecahkan masalah terkait dengan hewan sapi yang harus bermigrasi selama berhari-hari.

Inovasi pakan hewan sapi yang telah berhasil ditandingkan di Negeri Pahang Darul Makmur tersebut diberi nama Coffe Skin Block.


Pakan sapi ini berbentuk seperti permen dan berwarna coklat tua. Apabila dilihat sekilas, bentuknya seperti gula merah. Inovasi pakan dibuat dengan tujuan memenuhi gizi hewan sapi yang memakan banyak waktu untuk bermigrasi dari satu daerah ke daerah lain. Di mana dalam perjalanannya, hewan sapi mengalami penurunan massa tubuh akibat dehidrasi dan kekurangan asupan makanan yang tentunya berdampak terhadap kualitas sapi. Oleh karena itu, dengan adanya Coffe Skin Block, massa tubuh sapi akan tetap stabil dan kesehatannya ikut terjaga.

"Jika cita-citamu seluas daratan, maka usahamu harus seluas lautan. Take action and believe yourself," tegas Deni.

Selain itu, Deni juga berupaya untuk membuat inovasi pada bidang bisnis. Membangun usaha di usia muda adalah langkah tepat untuk dilakukannya kini. Usaha yang dirintisnya bergelut dengan jasa antar, jemput, dan titip barang mahasiswa. Inovasi usahanya dilatarbelakangi oleh mahasiswa perantau yang pada umumnya menyewa indekos yang tidak lagi menetap akibat pulang ke kampung halaman karena perkuliahan yang dilakukan secara daring saat pandemi Covid-19 menyerang. Namun, dikarenakan barang-barang mahasiswa masih terdapat di indekos, para mahasiswa harus membayar seperti biasa tiap bulannya. Padahal mahasiswa tidak menggunakan indekos secara penuh.


Akhirnya, Deni bersama temannya Ramadhan berinisiatif untuk berinovasi membantu teman-teman mahasiswa dalam menghemat pengeluaran indekos setiap bulannya dengan mendirikan Numpang.in. Di mana terdapat layanan packing, pengiriman, dan penitipan yang disediakan oleh mereka dengan harga yang sudah ditentukan. Tidak hanya itu, Numpang.in memberikan jaminan keamanan dari barang-barang yang dititipkan oleh mahasiswa.

Lelaki kelahiran Medan ini juga beberapa kali menjadi penerima beasiswa. Sehingga beasiswa dan hasil pendapatan yang diperoleh dari usahanya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan dan membiayai kuliahnya. Jadi, ia tidak lagi merepotkan orangtuanya dalam urusan perkuliahan dan pastinya membantu dalam mengurangi beban orangtuanya.

Deni merupakan pria yang tidak segan keluar dari zona nyamannya. Ia berpikir bahwa potensi lain dalam dirinya dapat ditemukan dengan mencoba berbagai hal baru dalam hidupnya. Itulah yang membuatnya terus berinovasi dan pantang menyerah. Kebermanfaatan adalah salah satu orientasi hidupnya. Oleh sebab itu, pria dengan suara bulat satu ini berharap setiap langkahnya mampu memberikan manfaat bagi banyak orang dan tidak hanya mengejar keuntungan pribadi saja.

Baginya, sukses adalah ketika mampu memberikan ilmu dan pengetahuannya untuk dapat dimanfaatkan bagi kepentingan orang banyak.
Editor: Budi

T#g:Deni PohanpublisherUSU
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Sep 2021 06:02

    Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil di RS USU

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 secara masif untuk ibu hamil. Hal itu ditandai dengan acara Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil unt

  • Rabu, 30 Jun 2021 15:40

    Besok, 96 Calon Direksi 3 PUD Milik Pemko Medan Ikuti Assessment di USU

    Usai dinyatakan memenuhi syarat administrasi setelah Panitia Seleksi Calon Direksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) milik Pemko Medan melakukan verifikasi berkas, sebanyak 97 orang calon direksi di 3 PUD

  • Rabu, 23 Jun 2021 14:23

    Panglima TNI Kembali Sidak Rusun Nagrak Isolasi Pasien Covid-19

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. kembali melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) Rumah Susun (Rusun) Nagrak yang merupakan tempat isolasi terpusat bagi para pasien Orang Tanpa Gejala (OTG)

  • Rabu, 23 Jun 2021 03:23

    Isolasi Terpusat OTG Nagrak dan 4 Posko PPKM Mikro Disidak Panglima TNI

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapolri Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si dan Menkes Ir. Budi Gunadi Sadikin, CHFC, CLU. melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) temp

  • Senin, 14 Jun 2021 16:24

    Laporan PKL Mahasiswi FISIP USU di Lembaga Perlindungan Anak Pematangsiantar

    Mahasiswi Universitas Sumatera Utara (USU) bernama Novriani Tambunan, dengan Supervisor sekolah selaku pembimbing, Bapak Randa Putra Kasea, S.Sos., M.Kesos, telah selesai melaksanakan Praktek Kerja La

  • Rabu, 09 Jun 2021 11:49

    Praktikum 2 Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU di LSM KOPA

    Mahasiswa Praktikum 2 Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU mengembangkan kreativitas anak-anak PAUD Harapan Bangsa Gemilang untuk gemar menabung dengan Tema "Aku Suka Menabung."

  • Senin, 07 Jun 2021 08:47

    Mahasiswa FISIP USU Laksanakan Praktikum di Kantor Lurah Padang Bulan Selayang II

    Herlina Mabel dengan Supervisor Sekolah Agus Suriadi S.Sos.M.Si yang merupakan mahasiswi PKL 1 Ilmu Kesejahteraan Sosial FISIP USU, melaksanakan praktikum di Kantor Lurah Padang  Bulan Selayang I

  • Minggu, 30 Mei 2021 06:30

    Wali Kota Medan Dukung Penuh USU Jadi Tuan Rumah PIMNAS ke-34

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mendukung penuh Universitas Sumatera Utara (USU) menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke -34 Tahun 2021.

  • Kamis, 27 Mei 2021 21:37

    Uluran Tangan Pemuda-pemudi Indonesia melalui PSBB

    Berprestasi, memiliki rasa peduli sosial yang tinggi, ikut serta mengabdi pada negeri, hingga akhirnya dinobatkan sebagai sosok yang menginspirasi pemuda-pemudi. Sosok ini dikenal dengan nama lengkap

  • Senin, 24 Mei 2021 06:44

    Publisher Indonesia Dukung Penuh Bareskrim Polri Ungkap Kebocoran Data 279 Juta WNI

    Jagat media sosial dan media online saat ini dihebohkan oleh berita bocornya 279 juta WNI yang diperjualbelikan.Bareskrim Polri langsung bergerak cepat menyelediki kasus viral ini, Kabareskim Polri Ko

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak