Jumat, 19 Apr 2024 06:02
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Dandim 0824/Jember Apresiasi Pemanfaatan Lahan Sekitar Koramil Untuk Budidaya Pepaya

Jember (utamanews.com)

Oleh: Dito/rls

Selasa, 25 Feb 2020 23:25

Siswandi
Banyaknya lahan-lahan kosong/ lahan tidur yang tidak dimanfaatkan memang sangat disayangkan sekali. Penanaman buah, maupun pepohonan lainnya tentu saja akan memberikan manfaat secara ekonomis maupun untuk kepentingan penghijauan lingkungan, disamping  suasana menjadi sejuk, carbon dioksida (CO2) yang dihasilkan, sangat diperlukan oleh kehidupan manusia.

Hal inilah yang mendasari pemanfaatan lahan kosong di Markas Koramil 0824/20 Gumukmas Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Lahan kosong di belakang markas tersebut memang tidak seberapa luas, namun mampu menampung sekitar 300 pohon tanaman pepaya, sehingga dimanfaatkan untuk menanam pepaya jenis california.

Panen dilaksanakan oleh Komandan Kodim 0824/Jember Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin didampingi Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas Kapten Inf Abd Muntholib, Selasa (25/02/2020). Ikut hadir pada acara panen pepaya tersebut diantaranya Kepala Staf Kodim 0824/Jember mayor Inf Sampak, Kapolsek Gumukmas diwakili Ipda Danu Prasetyo, Para Komandan Koramil Jajaran Kodim 0824/Jember.

Kepada awak media Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin menyampaikan bahwa kedatangannya di Koramil 0824/20 Gumukmas ini adalah dalam rangka melihat langsung latihan Minggu Militer. "Sekaligus hari ini kita melaksanakan panen pepaya jenis California, di lahan tidur Koramil 20. Ini merupakan kepedulian dan percontohan untuk Koramil satuan jajaran Kodim 0824. Saya sangat mengapresiasi sekali terhadap upaya kreasi yang dilakukan oleh anggota ini merupakan wujud kepedulian nyata, dalam memanfaatkan lahan sekitar Koramil atau sekitar rumahnya masing-masing", kata Dandim.

"Ini saya bersama para Komandan Koramil Jajaran, sehingga kedepan hal ini dapat kita kembangkan di lahan-lahan kosong di jajaran Koramil. Perawatan tanaman pepaya ini didukung oleh kelompok tani hasil sinergitas dari Babinsa sehingga bisa bekerjasama dengan baik. Kami akan kembangkan tanaman pepaya jenis California dan memanfaatkan lahan tidur di Koramil yang kebanyakan kurang dimanfaatkan", pungkas Letkol Inf La Ode Muhammad Nurdin.

Upaya yang dilakukan oleh Komandan Koramil 0824/20 Gumukmas tersebut memang merupakan salah satu terobosan dalam memanfaatkan lahan di sekitar Makoramil, dengan sinergi bersama kelompok tani yaitu Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mulia Dusun Karangrejo Desa Karangrejo Kec Gumukmas, yang menggunakan pupuk organik cair buatan lokal juga yaitu buatan Untung Prayitno warga Dusun Jatiagung Desa Gumukmas Kec Gumukmas Kab Jember.

Pada kesempatan tersebut, dalam penjelasannya, Untung Prayitno (pembuat Pupuk organik cair), menyampaikan terima kasih atas Kunjungan Komandan Kodim 0824/Jember, sedangkan terkait pupuk buatannya pada intinya adalah pupuk organik cair untuk penyuburan dan pengendalian hama. "Pupuk penyuburan memakai pupuk dasar kompos organik lebih awet dari pada menggunakan pupuk kimia dan untuk perawatan daun juga menggunakan pupuk organik yang berasal dari rempah- rempah seperti kunyit, dengan cara disemprotkan ke daun dan batang yang bermanfaat dalam pengendalian hama pada tanaman", jelasnya.
Editor: Herda

T#g:GumukmaskoramilPepaya
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️