Jumat, 19 Apr 2024 01:05
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Semangat Baru JR Saragih Membangun Kerjasama Simalungun dengan Nias Barat

Nias Barat (utamanews.com)

Oleh: Tony Desmon

Sabtu, 10 Jun 2017 10:30

Dok
Bupati Simalungun JR Saragih bangun kerjasama dengan Nias Barat untuk mengembangkan pariwisata dan perkebunan di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017)
Kinerja semangat baru untuk Sumatera Utara terus digaungkan Bupati Simalungun JR Saragih guna menghidupkan perekonomian di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Langkah ini diambil JR Saragih untuk bekerjasama dengan wilayah lainnya di Indonesia, termasuk Kepulauan Nias.

Kehadiran Bupati Simalungun JR Saragih ke Nias didampingi oleh jajaran pemerintahan Kabupaten Simalungun, anggota DPRD Simalungun serta sejumlah anggota partai Demokrat.

Nias, yang merupakan kepulauan terdepan di wilayah Sumatera Utara ini menjadi tujuan JR Saragih untuk melakukan pengembangan baik dari sisi pariwisata maupun perkebunan.

Menurutnya, Kepulauan Nias memiliki kesamaan dengan Kabupaten Simalungun baik dari sisi budaya, suku maupun agama sehingga sangat tepat bila melakukan kerjasama antara Nias dengan Simalungun.

"Saya datang ke Nias selain bersilaturahmi sekaligus melihat potensi apa yang bisa dibawa ke Simalungun, karena bila dilihat maka pertukaran ekonomi bisa dilakukan antara Nias dengan Simalungun," ucap Bupati Simalungun JR Saragih di Pelabuhan Sirombu, Nias Barat, Kepulauan Nias, Sumatera Utara, Jumat (9/6/2017).

Diakuinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam mengembangkan potensi di Kabupaten Simalungun yakni Pariwisata dan Perkebunan. Terlebih, Nias dan Simalungun sama-sama kaya potensi akan keduanya.

Untuk Nias itu sendiri, dari sisi perkebunan ada karet dan kelapa sementara dari sisi Simalungun terdapat kelapa sawit, kopi dan karet. Sedangkan, dari sisi pariwisata maka budaya menjadi keberagaman antara keduanya.

"Kita bisa bertukar budaya antara Nias dengan Simalungun, sehingga dua kebudayaan ini bisa di ditampilkan di Danau Toba, hal ini akan memperkaya potensi keduanya untuk bersatu sehingga kesatuan budaya di Indonesia akan semakin bersatu," paparnya lagi.

Hal serupa juga diaminkan oleh Bupati Nias Barat Faduhusi Daeli, dimana Nias Barat dengan Simalungun bisa menyatukan visi dan misi guna mewujudkan pariwisata untuk bisa dikenal lagi.

"Simalungun memiliki Danau Toba yang indah yang ada di Parapat. Melalui Simalungun, maka kami juga bisa belajar bagaimana membuat Nias Barat bisa dikenal pariwisatanya seperti Simalungun," bebernya.

Faduhusi Daeli menambahkan jika pihaknya juga terus berbenah diri untuk menjadikan Nias Barat jadi lebih indah. Pasalnya, Nias Barat pernah mengalami duka terdalam pasca diterjang bencana tsunami beberapa tahun silam.

"Kami juga mengapresiasi kepada Bupati Simalungun JR Saragih yang mau berbagi pengalaman untuk mengembangkan Nias Barat" tukasnya.

Editor: Sam

T#g:demokratJR Saragihnias
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait
  • Kamis, 04 Apr 2024 21:34

    Resmi, Bakamla RI Terima Hibah Tanah dari Nias Selatan

    Bakamla RI menerima hibah tanah dengan luas 13.560 m2 dan 2 (dua) bangunan seluas 400 m2 dan 168 m2 dari Pemerintah Kabupaten Nias Selatan. Hibah tersebut secara resmi diterima oleh Bakamla RI melalui


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️