Kamis, 12 Des 2019 23:18
  • Home
  • Politik
  • Gubsu: Proyek Jalan Tol di bantaran sungai Deli, bukan kepentingan Aguan dan Benny Basri

Gubsu: Proyek Jalan Tol di bantaran sungai Deli, bukan kepentingan Aguan dan Benny Basri

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Tony
Kamis, 08 Agu 2019 18:48
Tony
Gubsu Edy Rahmayadi saat menjawab wartawan, di hadapan Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Doni Monardo.
Mimpi besar Gubsu Edy Rahmayadi untuk membangun jalan Tol di atas bantaran sungai, ternyata ada juga yang mempertanyakannya. Disebutkan, kalau proyek tersebut diduga dibangun untuk kepentingan Aguan dan Benny Basri, yang dikenal sebagai Pengusaha Properti terkenal di Kota Medan.

Pertanyaan ini muncul pada temu Pers seusai Rakor Penanggulangan Bencana yang dihadiri Kepala BNPB di Ruang Raja Inal, lantai II Kantor Gubsu Jalan Diponegoro Medan, Kamis (8/8).

Adalah Bobby, salah satu wartawan yang mempertanyakan langsung kepada Gubsu, tentang apakah betul kalau pembangunan jalan tersebut untuk menaikkan harga Apartement Podomoro?

Bobby juga sudah melakukan investigasi tentang hilangnya garis sempadan sungai sepanjang 3 kilometer atas adanya pembangunan jembatan di bawah Vihara Borobudur yang baru saja dibangun 2 tahun.

Mendapat pertanyaan seperti ini, Fitriyus, Asisten Pemerintahan dan Asset yang juga merangkap Plt Kehumasan dan Protokoler Pemprovsu mencoba untuk menghentikan pertanyaan selanjutnya, namun oleh Gubsu langsung memerintahkan untuk meneruskan pertanyaan itu sampai tuntas.


Menurut Gubsu seharusnya pertanyaan-pertanyaan seperti ini harus langsung saja disampaikannya kepadanya. "Pertanyaan seperti ini seharusnya langsung saja disampaikan kepada saya," ungkap Gubsu.

Dalam jawabannya, Gubsu menjelaskan bahwa pembangunan jalan Tol ini nantinya tidak ada hubungannya dengan Apartemen Podomoro dan yang lainnya. Untuk melakukan planing dan maping jalan tol selama 7 bulan tersebut, Gubsu sengaja mendatangkan ahli dari Bandung yang menurutnya tidak kenal dengan pemilik Podomoro, sehingga diharapkan jika menyampaikan pertanyaan harus disampaikan secara autentik. "Ada ketentuan 12 meter dari bibir sungai merupakan jalur hijau, itu ketentuan dan tak boleh dilanggar," tegas Gubsu.

Sebagaimana dalam rilis yang dipublikasi, Pemprovsu, Pemko Medan dan Kabupaten Deliserdang sudah menandatangani kesepakatan bersama pembangunan Jalan Tol Helvetia- Amplas. Tol ini nantinya dibangun mengitari sungai Deli. Mimpi besar ini ditargetkan akan mendongkrak 500 ribu wisatawan berkunjung ke Sumatera Utara. Jalan tol sepanjang 30,97 Km yang didanai investasi pihak swasta sebesar Rp7 triliun ini diharapkan mampu mengurai kemacetan lalulintas, menarik investasi dan mendongkrak dunia pariwisata di Sumut.


Jalan tol ini  terbagi tiga seksi, yaitu seksi I Helvetia- Titikuning 14,28 km, Seksi II Titikuning- Pulo Brayan 12,44 km dan Seksi III Titikuning- Amplas 4,25 km.

Kesepakatan ini ditandatangani Gubsu Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin, S,MSi, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan dengan pihak swasta Dirut PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Tito Sulistio dan Dirut PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto, Jumat (1/3/2019) di kantor Gubsu, Medan.

Sesuai program, jalan tol ini nantinya berada di sepanjang bantaran sungai Deli. "Sungai Deli nanti kita kelola dan bersihkan dengan baik, sehingga menjadi objek wisata yang di kanan kirinya terdapat jalan tol. Untuk itu kita semua harus kompak dan besatu, agar semua ini terwujud. Ini mimpi besar," kata Edy.

Untuk itu, Edy menginstruksikan Kadis Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Arif Sudarto Trinugroho untuk membantu segala perizinan dan memperkuat sinergi dengan Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang. "Bulan Juli tahun 2019 ini harus sudah peletakan batu pertama (groundbreaking)," tegas Edy Rahmayadi.

Dirut PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk Tito Sulistio mengatakan jalan tol dalam Kota Medan yang baru saja ditandatangani kesepakatannya diperkirakan akan selesai pekerjaannya dalam dua tahun. 
Editor: Sam

T#g:Jalan tolPropertisungai
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Minggu, 24 Nov 2019 18:34

    Sapma PP Tebing Tinggi Tebar 5.000 Bibit Ikan Di Sungai Padang

    Dalam rangka memperingati hari ikan nasional yang jatuh pada tanggal 21 November 2019 sebanyak puluhan anggota Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Kota Tebing Tinggi menebar

  • Selasa, 05 Nov 2019 21:15

    Pria Bertato Kupu-Kupu Tewas di Sungai Deli

    Masyarakat yang bermukim di bantaran Sungai Deli, digegerkan dengan penemuan mayat berjenis kelamin laki-laki yang tersangkut di tungkul kayu di Sungai Deli Jalan LK.Yos Sudarso, Kelurahan Mabar, Keca

  • Selasa, 29 Okt 2019 02:29

    Peduli Lingkungan, Sekda Provsu dan Bupati Labuhanbatu Gotong Royong Di Daerah Aliran Sungai Aek Tapa

    Peduli lingkungan, Sekretaris Daerah Provsu Dr. Ir. Hj. R. Sabrina MSi bersama Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT, Dandim 0209/LB, Pimpinan DPRD Labuhanbatu dan Kadispora Provsu sert

  • Rabu, 16 Okt 2019 11:56

    Luapan sungai, banjir rendam ratusan rumah di Nias

    Akibat hujan yang terus menerus dalam beberapa hari terakhir, banjir melanda desa Lagasimahe dan desa Siofaewali, Kecamatan Bawolato Kabupaten Nias, Sumatera Utara.Amatan media ini, Selasa 15 Oktober

  • Jumat, 11 Okt 2019 12:11

    Yonif 8 Marinir Brigif 4 Mar/BS Gelar Bindesir Di Desa Alur Dua, Sei Lepan

    Batalyon Infanteri 8 Marinir/Tangkahan Lagan, melaksanakan Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir) dengan mengadakan bersih-bersih lingkungan dan pembersihan parit dan badan jalan bersama masyarakat di Alur

  • Minggu, 22 Sep 2019 20:22

    Dandim 0824/Jember Apresiasi Kegiatan Bersihkan Kali Bedadung

    Sejumlah aktivis kebersihan dan lingkungan hidup, bersama TNI dari Kodim 0824/Jember, pelajar Sekolah Dasar (SD), Pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) turun k

  • Sabtu, 21 Sep 2019 19:51

    Panglima TNI: Sungai Citarum Bisa Dijadikan Tempat Pariwisata

    Panglima TNI, Marsekal TNI Dr. (H.C) Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto beserta Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M.

  • Jumat, 20 Sep 2019 10:20

    Bakamla Amankan Kapal Minyak SPOB di Sungai Musi Palembang

    Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI mengamankan kapal Self Propeller Oil Barge (SPOB) yang diduga bermuatan solar (HSD) hasil oplosan tanpa dilengkapi dokumen kapal yang sesuai di perairan Musi, Palemban

  • Kamis, 29 Agu 2019 06:49

    Pembebasan Lahan Pembangunan Jalan dan Jembatan, Edy Rahmayadi Minta Dinas Bina Marga Bentuk Pokja

    Untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan jalan dan jembatan yang ada di Sumatera Utara (Sumut), Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta Dinas Bina Marga segera membentuk kelompok kerja (Pokja) dengan me

  • Selasa, 13 Agu 2019 15:23

    Kebun PT. Smart Padang Halaban Kangkangi PP Nomor 38 tahun 2011 tentang Sungai

    Pelarangan penanaman kelapa sawit di Daerah Aliran Sungai (DAS) sudah jelas diatur.Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 38 tahun 2011 sudah sangat jelas bahwa dilarang memanam kelapa sawit atau tanaman ap

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak