Jumat, 14 Mei 2021 10:41
  • Home
  • Politik
  • DPD PKS Binjai Sayangkan Pertamina Naikkan BBM Non Subsidi Atas Dasar Pergub Sumut

DPD PKS Binjai Sayangkan Pertamina Naikkan BBM Non Subsidi Atas Dasar Pergub Sumut

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Jumat, 02 Apr 2021 20:42
Istimewa
Terhitung sejak Kamis (1/4) kemarin, PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian terhadap harga bahan bakar minyak (BBM) di Provinsi Sumatera Utara. Namun, harga BBM di daerah atau Provinsi lainnya tidak mengalami penyesuaian, atau dengan kata lain harga yang berlaku masih sama seperti periode sebelumnya.

Sedangkan untuk tarif PBBKB Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) seperti Premium dan Jenis BBM Tertentu (JBT) seperti Bio Solar, tidak mengalami perubahan.

Dengan adanya penyesuaian tersebut, seluruh harga BBM non subsidi di Provinsi Sumatera Utara, mengalami kenaikan sebesar Rp 200 per liternya.

Kenaikan harga BBM di Provinsi Sumatera Utara, terjadi karena adanya peraturan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Namun, kenaikan harga BBM dimasa Pandemi Covid-19 saat ini tidak serta merta dianggap baik oleh masyarakat.


Beberapa pihak pun ada yang menyesalkan naikknya harga BBM tersebut. Salah satunya adalah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Binjai.

Menurut Ketua DPD PKS Kota Binjai, Muhty Ardiansyah S.Pd, sebagai perwakilan masyarakat biasa, ia mengaku sedih dengan kenaikan harga BBM yang dilakukan oleh PT Pertamina (Persero).

"Kita sebagai perwakilan masyarakat biasa, cukup sedih dengan kenaikan harga BBM oleh pihak Pertamina. Apalagi sekarang kondisinya banyak masyarakat yang mengalami kesusahan secara ekonomi di masa Pandemi Covid ini, baik dari profesi level atas maupun profesi level bawah," ungkapnya, seraya mengatakan, saat ini masyarakat masih disibukkan dengan Ketahanan Pangan untuk keluarga pribadinya.

Pun begitu, lanjut Muhty, kenaikan harga produk dari suatu perusahaan, salah satunya adalah BBM, adalah hak penuh pemilik Perusahaan.


"Hal itu tentunya juga memperhatikan pendapatan dan pengeluaran dari perusahaan," ujar Muhty Ardiansyah, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (2/4) malam.

Diketahui, unit Manager Communication, Relations, & CSR Regional Pertamina Sumbagut, Taufikurachman, mengatakan, penyesuaian tersebut selaras dengan Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 01 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Dalam aturan tersebut terdapat perubahan tarif PBBKB khusus bahan bakar nonsubsidi dari sebelumnya 5 persen disesuaikan menjadi 7,5 persen di wilayah Sumatera Utara.

Dalam surat yang dikeluarkan oleh PT Pertamina (Persero) tertanggal 31 Maret 2021, dengan nomor : 348/Q21030/2021-S3, yang ditandatangani oleh Region Manager Retail Sales l, Pierre J Wauran, ada 6 produk BBM yang mengalami kenaikan.


Berikut 6 Produk BBM yang mengalami kenaikan di Provinsi Sumatera Utara :

- Pertalite dari Rp 7.650 menjadi Rp 7.850

- Pertamax dari Rp 9.000 menjadi Rp 9.200

- Pertamax Turbo dari Rp 9.850 menjadi Rp 10.050

- Pertamina Dex dari Rp 10.200 menjadi Rp 10.450

- Dexlite Rp 9.500 menjadi Rp 9.700,

- Solar Non PSO dari Rp 9.400 menjadi Rp 9.600.
Editor: Herda

T#g:BBMbinjaipksPergubPertamina
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 20:32

    AKBP Romadhoni Sutardjo Pimpin Apel Pengamanan Malam Takbiran di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, memimpin apel pengamanan Malam Takbiran Idul Fitri 1442 H di wilayah hukum Polres Binjai, Rabu (12/5) sore, dimulai Pukul 16.00 Wib sampai selesai.

  • Senin, 10 Mei 2021 16:20

    Walikota Binjai dan Stakeholder Terkait Putuskan Tidak Ada Sholat idul Fitri di Lapangan Merdeka

    Akhirnya, Pemerintah Kota Binjai tidak akan menggelar sholat Idul Fitri 1422 Hijriyah, di Lapangan Merdeka Binjai.

  • Minggu, 09 Mei 2021 16:09

    Asia King's Mart Binjai Disinyalir Kangkangi Surat Edaran Walikota

    Guna meoptimalkan Posko penanganan Corona Virus Disease 2019 serta pengendalian penyebaran Covid-19, khususnya di Kota Binjai, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah MAP, mengeluarkan Surat Edaran tentang

  • Minggu, 09 Mei 2021 14:29

    PWI Binjai Terima Bingkisan Lebaran Dari PWI Sumut

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumatera Utara, menyalurkan paket lebaran ke PWI perwakilan Kabupaten/Kota.

  • Sabtu, 08 Mei 2021 16:28

    Danyon Arhanud Letkol (Arh) Rendra isi jam komandan pada calon Satgas Pamrahwan Maluku

    Batalyon Arhanud 11/WBY menyelenggarakan jam komandan, yang dipimpin langsung oleh Letkol (Arh) Rendra Febrandari Suparman S.I.P, serta diikuti oleh seluruh prajurit Yonarhanud, tepatnya di garasi beratap Batalyon, Jalan Bejomuna, Kecamatan Binjai Timur,

  • Jumat, 07 Mei 2021 22:37

    Kompol Bernhard Malau Pimpin Pemberian Tali Asih di Masjid Al- Ikhlas, Brimob Binjai

    Bulan suci ramadhan merupakan Bulan yang penuh berkah dan rahmat bagi kita untuk saling berbagi serta mendapatkan pundi- pundi amal/pahala yang berlipat ganda.

  • Kamis, 06 Mei 2021 21:46

    Warga sepanjang jalan Letnan Umar Baki, Binjai, bertahun-tahun menghirup debu akibat jalan rusak

    Sudah beberapa tahun ini, warga yang berada di sepanjang Jalan Letnan Umar Baki, tepatnya yang berada di Kelurahan Payaroba, Kecamatan Binjai Barat, sulit untuk menghirup udara segar.

  • Selasa, 04 Mei 2021 14:24

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Cek Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melaksanakan pengecekan persediaan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai yang beralamat di Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (4/5).

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:24

    Buka Bersama, Ijeck Minta Berantas Narkoba Di Binjai

    Kota Binjai merupakan nomor urut ke 2 peredaran Narkoba di Sumatera Utara. Untuk itu, kami mengajak seluruh elemen masyarakat, agar bersama sama memerangi narkoba di Kota ini.

  • Senin, 03 Mei 2021 22:53

    Rizky Yunanda Sitepu Terima Surat Persetujuan Golkar Sebagai Wakil Walikota Binjai

    Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, akhirnya mengeluarkan Surat Keputusan tentang persetujuan dan penetapan Calon Wakil Walikota Binjai yang ditujukan kepada H Rizky Yunanda Sitepu STP, yang saa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak