Rabu, 28 Jul 2021 23:48
  • Home
  • Politik
  • Benny Sihotang Yakin Wali Kota Medan Serius Benahi PD. Pasar

Benny Sihotang Yakin Wali Kota Medan Serius Benahi PD. Pasar

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 07 Jun 2021 20:07
Sipa Munthe
Benny Sihotang
Mantan Direktur Utama (Dirut) PD. Pasar Kota Medan, Benny Harianto Sihotang mengaku prihatin melihat kondisi PD. Pasar saat ini.

Kondisinya beda sekali ketika dirinya masih menjadi pimpinan selama tiga tahun di Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kota (Pemko) Medan itu, lima tahun lalu.

Keprihatinannya itu, disampaikannya Sabtu (05/06) kepada media, saat disambangi di sebuah kawasan di Medan.

Saat ini, ucapnya, para pegawai PD. Pasar sering berdemo dikarenakan pembayaran gaji pegawai yang acap telat setiap bulannya. Demikian juga halnya dengan tunjangan hari raya atau Natal pegawai.

"Saat ini, kami sudah menerima pengaduan dari 11 pegawai PD. Pasar karena ketidakmampuanya membayar gaji para pegawainya yang akan kami jadwalkan rapat dengar pendapatnya," ungkap Benny, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Komisi C DPRD Sumut.

Di samping itu, sambungnya, BUMD tersebut menunggak pembayaran retribusi sampah kepada Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Medan, tanpa merincinya.

"Kita pernah menjembatani masalah di PD. Pasar terkait soal kewajibannya itu. Kita mengundang pihak terkait, termasuk Bank Syariah Indonesia, Mandiri, untuk memberikan solusi, dan clear," beber anggota dewan yang berasal dari Daerah Pemilihan (Dapil) Medan ini.

Disinggung soal sampah dan kenyamanan di beberapa pasar tradisional di kota yang saat ini dipimpin Bobby Afif Nasution, dia mengenang tatkala dirinya masih menjabat Dirut di BUMD Pemko Medan itu.

"Saat itu, kami sediakan dua unit truk sampah untuk mengangkat sampah dari pasar-pasar dan membuangnya di Tempat Pembuangan Akhir. Tapi saat ini, truk itu tidak bertambah jumlahnya. Sementara volume sampah semakin bertambah di 54 pasar tradisional yang dikelola PD. Pasar. Disamping itu, ada uang kas sebesar enam miliar rupiah yang saya tinggalkan di PD. Pasar," kenang politikus yang juga didaulat sebagai Ketua IPK Kota Medan ini.

Menurutnya, keseriusan kata dan fakta dari Wali Kota sebagai pemilik perusahaan, menjadi faktor penting agar PD. Pasar bisa berkembang maju.

"Apalagi saat ini, Pak Wali Kota kita, menantu Pak Presiden Jokowi. Tentunya akan semakin memudahkan lobi-lobi ke pemerintah pusat untuk pembangunan kemajuan pasar tradisional di Medan dengan kementerian terkait, seperti perindustrian perdagangan maupun koperasi," usulnya.

Profesionalitas para pengelola yang duduk di jajaran direksi, sambungnya, menjadi faktor penting. Karena tanpa adanya keahlian atau kemampuan yang mumpuni di tingkat eksekutif perusahaan itu, maka kemajuan itu tidak akan tercapai.

"Apalagi saat ini Pansel Direksi PD Pasar sedang melakukan penjaringan para calon. Tentu Pansel atau Panitia Seleksi dapat fokus mempertimbangkan hal terkait profesionitas ini. Sebab mengelola PD. Pasar, tidak sama dengan mengelola perusahaan lain. Pasar itu tempat interaksi sosial ekonomi banyak pihak. Ada kepolisian, organisasi massa kepemudaan, pemuda setempat, pedagang, pembeli, bank, produsen, dan lainnya. Maka, disamping direksi itu punya kemampuan manejemen pengelolaan, calon itu juga harus punya keberanian. Tanpa keberanian, maka akan sulit berjalan manajemen pengelolaan," terang tokoh yang sempat juga mantan Dirut PD. Pasar Siantar beberapa tahun lalu.

Jaringan, imbuhnya, wajib dimiliki oleh calon direksi. Sebab, semua strata dan sektor masyarakat berinteraksi di pasar.

Dirinya sangat yakin kalau Wali Kota Bobby Nasution, serius dan sungguh-sungguh mendukung kemajuan pasar tradisional di Medan.

Keprihatinannya itu didasarkan karena dirinya pernah berada disana dan sangat berharap Pemko Medan dapat memberikan dukungan nyata bagi kemajuan PD. Pasar. Apakah lewat penambahan penyertaan modal atau cara lainnya, karena menurutnya, Wali Kota Medan sangat paham soal itu. 
Editor: Budi

T#g:Benny SihotangPD Pasar
Berita Terkait
  • Rabu, 09 Jun 2021 16:29

    Sumut Institut Nilai Bobby Paham Soal Pengelolaan Sampah PD. Pasar Jadi Potensi Pendapatan

    Pengelolaan Perusahan Daerah (PD) Pasar Kota Medan di era kepemimpinan Bobby - Aulia, harus memberikan perubahan yang sangat signifikan, baik secara manajemen, penerimaan retribusi, pelayanan fasilita

  • Senin, 07 Jun 2021 09:37

    Usahawan Muda Binsar Simarmata: Suwarno Si 'Toke Kelapa Parut' Cocok Menjadi Dirut PD Pasar

    Menjadikan PD Pasar sebagai induk seluruh pasar tradisional di Medan membutuhkan figur yang paham akan dunia pedagang tradisional. Para pedagang itu butuh seorang figur bapak yang mampu melindungi dan

  • Sabtu, 03 Apr 2021 21:13

    Terima SK Ketua IPK Medan, Benny Sihotang: Mari Kita Jaga Kekompakan dan Jalin Persaudaraan

    Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Pemuda Karya (IPK) melaksanakan acara silahturrahmi antara para pengurus dan anggota se-kota Medan di Jalan Sekip No.36 Kelurahan Sekip Kecamatan Medan Petisah

  • Kamis, 28 Jan 2021 11:18

    Bupati Dairi Lantik Dirut dan Badan Pengawas PD Pasar Sidikalang Serta Perumda Air Minum Lae Nciho

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengambil sumpah/janji jabatan dan melantik Direktur Utama (Dirut) dan Badan Pengawas PD Pasar Sidikalang, serta Dewan Pengawas Perusahaan Umum Daerah (Perumda)

  • Senin, 29 Mei 2017 14:29

    LSM Ini ungkap Upah Satpam Pasar di Jakarta Disunat hingga 50 persen

    LSM PAN (Pemantau Anggaran Negara) mengungkapkan bahwa upah para tenaga Satpam di lingkungan PD Pasar Jaya tidak dibayar penuh oleh perusahaan pengerah jasa keamanan mitra BUMD Pemprov DKI Jakarta tersebut.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak