Senin, 27 Jan 2020 13:36
  • Home
  • Pendidikan
  • LPM Unimed Jalin Sinergisitas dengan Konsulat Jenderal Negara-negara Sahabat

LPM Unimed Jalin Sinergisitas dengan Konsulat Jenderal Negara-negara Sahabat

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Sabtu, 08 Des 2018 19:08
Istimewa
LPM Unimed Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 Melalui Integrasi Sistem Pendidikan, Teknologi Dan Kerjasama Internasional.

Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan (Unimed) Bekerjasama dengan Konsulat Jendral yang berada di Medan menyelengarakan Seminar Internasional Negara-negara di Asia. Kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (06/12) mengambil tempat di Florida- Maryland Room JW Marriott Hotel.

Komitmen LPM Unimed dalam mendukung upaya dunia Pendidikan  menghadapi tantangan revolusi industri 4.0 diwujudkan melalui penyelenggaran seminar internasional 'the 2nd International Conference on Community Research and Service Engagements (IC2RSE) 2018.

Pada acara tersebut mengusung tema "Sinergisitas Riset dan Pengabdian Masyarakat Antara Perwakilan Konsulat Jendral dengan Universitas Negeri Medan." Hadir pada acara tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd yang Wakili Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, Mr. Takeshi Ishii Konsulat Jendral Negara Jepang, Mr. Richard Grosse Konsulat Jendral Negara Singapura, Dr. Shalia Shah Konsulat Jendral Negara India, Mr. Sung Ang Konsulat Jendral Negara  China. Direktur Pasca Sarjana Unimed Prof. Bornok Sinaga, Dekan FMIPA  Dr Martina Restuati, M.Si, Dekan FBS Dr. Isda Pramurdiati, M.Pd, Dekan FT Prof. Harun Sitompul, Dekan FIP Dr. Nasrun, M.Pd , Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd dan ratusan Peserta dari Berbagai Kampus yang ada di Indonesia.

Dalam paparannya, Abdul hamid mengungkapkan bahwa baru kali ini kampus mampu duduk bersama dengan perwakilan pemerintah Negara-negara Asia yang ada di Medan untuk mendiskusikan tentang riset-riset maupun pengabdian masyarakat yang ada di Asia, yang membahas peran aktif Konjen dalam mendukung pembangunan nasional sekaligus sebagai upaya mempererat hubungan bilateral dengan Indonesia khususnya pemerintah daerah Sumatera Utara.

"Hari ini Unimed menduduki level 26 perguruan tinggi secara nasional maka hal inilah yang menjadikan Unimed percaya diri menggandeng perwakilan Negara-negara Asia Untuk berkolaborasi dalam hal Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat lintas Sektoral dan lintas Negara", apar Profesor ahli Pendidikan Sumatera Utara tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME yang didamping Ketua Pelaksana Andre Zainal, Ph.D., "Kegiatan ini merupakan pilot Projek untuk kegiatan kerjasama dan pengembangan pendidikan baik pada skala lokal maupun skala Internasional karena banyak kegiatan dari konsulat General yang sinergis dan beirisan dengan kegiatan-kegiatan di kampus dan di masyarakat pada tataran global. Sebagai salah satu universitas terunggul di tingkat nasional, Unimed memandang serius upaya kolaborasi internasional. Sehingga melalui kolaborasi jejaring ilmiah lintas negara tersebut dapat meningkatkan kualitas pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dari para civitas akademika khususnya dosen Unimed yang berstandar global dengan adaptasi perkembangan teknologi terkini sesuai tuntutan revolusi industri 4.0 di dalam setiap aplikasi aktivitas tridharma perguruan tinggi yang dimaksud."

"Selain itu kampus juga butuh kerjasama pada riset dan pengabdian tidak hanya Lokal akan tetapi skala global Negara-negara Asia. Tidak hanya berkisar pada pertukaran Mahasiswa dan Dosen akan tetapi pembinaan dan pendampingan masyarakat serta riset antar negara akan kita laksanakan dengan perwakilan Negara atau Konsulat Jendral yang berkedudukan di Medan", ungkap pakar Ekonomi Unimed tersebut.

Menanggapi hal tersebut Konsulat Jendral India Dr. Shalia Shah mengungkapkan, terima kasih kepada Universitas Negeri Medan yang memberikan yang meyediakan waktu untuk berdiskusi dan memaparkan program yang akan di laksanakan oleh konsulat, yang berkaitan dengan dunia pendidikan dan juga pemberdayaan masyarakat.

Dalam hal ini beliau mengungkapkan bahwa komunitas terbesar warga keturunan India ada di kota Medan hal ini dibuktikan dengan adanya daerah Litle India di Medan. "Pemerintah India membuka lebar-lebar kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menimba Ilmu dan belajar di kampus-kampus yang bonafid di India, dengan perantaraan kegiatan ini Konsulat akan selalu mengadakan kegiatan riset dan pertukaran Paper penelitian dan pengabdian dengan kampus-kampus yang ada di India", ungkap pimpinan Konjen yang tertua di Sumatera tersebut.

Dalam kesempatan tersebut seluruh Konjen yang hadir mengapresiasi penyelenggaraan seminar ini sebagai suatu upaya yang relatif langka dengan menghadirkan beberapa Konjen negara sahabat di dalam sebuah forum ilmiah. Hal ini berimplikasi positif terhadap terciptanya sebuah fondasi bagi penyelenggaraan kerjasama yang didasarkan atas kesepahaman yang kuat diantara pihak-pihak yang terlibat.

Editor: Tessa

T#g:KonjenLPM Unimed
Berita Terkait
  • Sabtu, 27 Jul 2019 14:27

    Akhyar Hadiri Resepsi Makan Malam Perkenalan Konjen Tiongkok

    Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi MH diwakili Wakil Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi MH menghadiri acara Resepsi Makan Malam Perkenalan Konsulat Jendral (Konjen) Tiongkok untuk Kota M

  • Kamis, 29 Nov 2018 22:29

    Pemkab Dharmasraya Gandeng LPM Unimed tingkatkan Kualitas Pendidikan berbasis E-Learning

    Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya bekerjasama tingkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar berbasis pembelajaran menggunakan media teknologi Informasi, dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) U

  • Kamis, 15 Nov 2018 20:15

    Komisi VII DPR RI, Ristek Dikti dan LPM Unimed Bantu UMKM Ikan Sale di Tabagsel

    Ristek Dikti dan Komisi VII DPR RI menggandeng Unimed dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian Masyarakat Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) dengan penerapan teknologi tepat guna dalam kegiatan Di

  • Kamis, 05 Okt 2017 19:05

    LPM Unimed Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam keg

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:50

    Pembentukan Karakter & Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

    Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan kepada masyarakat sejak usia dini.

  • Senin, 18 Sep 2017 08:38

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro di Asahan untuk Inovasi Produk

    Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro tersebut untuk mempertahan

  • Minggu, 17 Sep 2017 11:07

    Pusdib-KLH Unimed Gelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup

    Ketua Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Pusdib KLH Unimed), Syarifuddin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan degradasi lingkungan di Indonesia telah sampai pada tahap yang sanga

  • Sabtu, 09 Sep 2017 02:09

    LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

    Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi.

  • Kamis, 07 Sep 2017 18:17

    LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

    Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan saat ini giat melakukan pelatihan dan workshop pembelajaran sains berbasis Guru Asyik Menyenangkan dan Energik dala

  • Rabu, 06 Sep 2017 22:46

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah Deli Serdang Butuh Perhatian Pemerintah

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Deli Serdang butuh perhatian serius dari pihak pemerintah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak