Kamis, 13 Des 2018 00:44
  • Home
  • Pendidikan
  • Komisi VII DPR RI, Ristek Dikti dan LPM Unimed Bantu UMKM Ikan Sale di Tabagsel

Membangun UMKM Sebagai Kekuatan Ekonomi Nasional

Komisi VII DPR RI, Ristek Dikti dan LPM Unimed Bantu UMKM Ikan Sale di Tabagsel

Tapsel (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Kamis, 15 Nov 2018 20:15
Istimewa
Ristek Dikti dan Komisi VII DPR RI menggandeng Unimed dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian Masyarakat Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) dengan penerapan teknologi tepat guna dalam kegiatan Diseminasi Teknologi dalam proses Produksi ikan asap atau dikenal masyarakat sebagai 'ikan sale', yang merupakan produk khas Tapanuli Bagian Selatan. 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, (13-14/11) mengambil tempat di Aula SD Negeri No. 011 Desa Huta Puli Kecamatan Siabu Kabupaten Mandailing Natal. 

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu, Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, Anggota DPRD Kabupaten Madina H. Erwin Lubis, Suwandi Hasibuan  ME, Camat Siabu Edi Syahlan, SH, Kepala Desa Huta Puli Hanafi Nasution, Ketua Program Mukti Hamjah, M.Si. Koordinator Penerapan Hasil Penelitian dan pengabdian Masyarakat Drs. Dadang Mulyana, M.Pd. Koordinator Bidang Kerjasama dan Pengembangan Wilayah Irfandi, M.Si dan ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), di Tabagsel.

Ketua Program Mukti Hamjah dalam paparannya mengungkapkan bahwa program ini beranjak dari maping area yang dilakukan LPM Unimed dalam mendalami permasalahan UMKM yang ada di wilayah Tabagsel yang kebanyakan merupakan pengusaha ikan asap atau sering juga disebut sebagai ikan sale. 


"Permintaan ikan sale tidak hanya untuk wilayah Tabagsel akan tetapi sudah meluas ke berbagai wilayah hingga luar provinsi bahkan banyak yang menjadikan sebagai oleh-oleh khas dari wilayah Tabagsel. Biasanya mitra pelaku UMKM hanya mampu memproduksi 50 Kg ikan sale dengan proses pengasapan memakan waktu 12 jam, namun dengan menggunakan Oven Hibrid atau 'Smoke House' yang dirancang Unimed ini mampu memproduksi 100 Kg dalam waktu 3 jam dengan pengapian menggunakan kompor gas dan sabut kelapa sebagai pemanas tambahan, dan aroma khas ikan sale tetap terjaga", ngkap Alumnus ITB dan Dosen Fisika tersebut.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ketua LPM Unimed Dr. Kustoro Budiarta, ME bahwa dengan alat ini mitra pelaku usaha tidak lagi berpanas-panas dan merasakan banyaknya asap. Dengan alat teknologi tepat guna ini selain memangkas waktu dan menambah produktivitas usaha mitra juga akan dibekali dengan pendampingan manajemen administrasi usaha, pemasaran berbasis IT atau secara online dan juga standarisasi Usaha. "Pelaku usaha ini akan kita dampingi dengan kecakapan dalam melakukan manajemen usaha, yang terpenting adalah standarisasi produk dalam bidang kemasan atau packaging, dan juga standarisasi mutu kebersihan produk serta yang tak kalah penting dalam mendapatkan sertifikasi halal MUI ini akan kita dampingi. Karena standarisasi produk merupakan sebuah keniscayaan untuk UMKM dapat berkembang dan memiliki segmentasi pasar yang lebih luas, tidak hanya pasar tradisional akan tetapi mencakup pasar modern", ungkap ekonom jebolan Universitas Indonesia tersebut.


Menanggapi hal ini, Ketua Komisi VII DPR-RI Gus Irawan Pasaribu mengungkapkan akan mendukung sepenuhnya UMKM produk khas wilayah Tabagsel yang akan dikelola secara modern dan dapat menjadi produk ikon unggulan daerah dan dapat bersaing masuk dalam segmentasi pasar modern secara global.

Selain itu tokoh yang malang melintang dalam aktivitas UMKM Sumatera Utara ini juga menambahkan tidak hanya produk luaran ikan sale saja yang harus diperhatikan, produktivitas hulu juga harus menjadi fokus seluruh pihak di Sumatera Utara. "Banyak bahan baku ikan segar yang ada di wilayah Tabagsel ini diimpor dari luar provinsi, bibit ikan yang ada di Sumut kebanyakan diambil dari Jawa, hal ini sudah kita temukan banyak kejadian di lapangan. Oleh karena itu Tabagsel harus mapan dan swasembada untuk produk mentah ikan darat. Kami siap memberikan bibit gratis kepada masyarakat untuk dapat mendukung program ikan asap atau ikan sale menjadi produk unggulan Tabagsel, dari mulai hulu produk ikan segar hingga ke hilir dalam proses standarisasi dan pemasaran secara modern dan kekinian", ujar mantan direktur Bank Sumut tersebut.
 
Editor: Dito

T#g:ikanLPM UnimedtabagselUMKM
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 08 Des 2018 19:08

    LPM Unimed Jalin Sinergisitas dengan Konsulat Jenderal Negara-negara Sahabat

    LPM Unimed Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 Melalui Integrasi Sistem Pendidikan, Teknologi Dan Kerjasama Internasional.

  • Jumat, 07 Des 2018 11:37

    Plt Bupati Labuhanbatu Tegaskan Tahun 2019 Mesin Pakan Ikan Sudah Diterima Kelompok Barokah

    Inovasi budidaya ikan lele di Pematang Seleng ini sangat luar biasa, ini merupakan awal yang sangat baik, kita juga tidak menginginkan untuk terus bergantung impor lele dari daerah lain. Bapak Juliant

  • Minggu, 02 Des 2018 20:32

    Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe: Mari Kita Bangkitkan UMKM Labuhanbatu

    "Saya sangat mendukung usaha Syrup Nenas asli dari Labuhanbatu ini, apalagi bahan bakunya juga ada di daerah kita, khususnya di Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah"

  • Minggu, 02 Des 2018 18:32

    Pelantikan Pengurus Pusat Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna (PPTSB)

    Pengurus PPTSB Pusat (Parsadaan Pomparan Toga Sinaga dohot Boruna) dilantik pada Minggu, tanggal 2 Desember 2018 di Hotel Danau Toba, Medan.

  • Kamis, 29 Nov 2018 22:29

    Pemkab Dharmasraya Gandeng LPM Unimed tingkatkan Kualitas Pendidikan berbasis E-Learning

    Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya bekerjasama tingkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar berbasis pembelajaran menggunakan media teknologi Informasi, dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) U

  • Senin, 19 Nov 2018 19:19

    Pengurus Dewan Penyantun LPTQ Labuhanbatu Masa Bhakti 2018-2020 Resmi Dilantik

    Pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an) Kabupaten Labuhanbatu masa bhakti 2018-2020 secara resmi dilantik oleh Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT. Acara Pelan

  • Senin, 19 Nov 2018 17:19

    Perwakilan BWI Kabupaten Labuhanbatu Periode 2018-2021 Resmi Dilantik

    Wakil Ketua Badan Pelaksana BWI (Badan Wakaf Indonesia) Provinsi Sumatera Utara  Drs. H. Kasim Siyo, M.Si, Ph.D didampingi Plt Bupati H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST, MT resmi melantik pengurus per

  • Jumat, 16 Nov 2018 12:06

    Bung Toha Ketua PAC PP Bilah Barat Lantik Pengurus Ranting PP Desa Janji

    Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pemuda Pancasila Kecamatan Bilah Barat, Bung M.Toha Hasibuan melantik Pengurus Pimpinan Ranting Pemuda Pancasila desa Janji periode 2018-2020, Rabu (14/11/18) malam, s

  • Jumat, 09 Nov 2018 19:09

    Laksdya Taufieqoerrochman Resmi Jabat Kepala Bakamla RI

    Menko Polhukam Jenderal TNI (Purn) Dr. Wiranto, S.H. mewakili Presiden RI memimpin Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Laksdya TNI Achmad Taufieqoerrochman, S.E. sebagai Kepala Bakamla RI yang b

  • Selasa, 06 Nov 2018 15:06

    Plt Bupati Andi Suhaimi Dalimunthe Lantik Pimpinan Baznas Labuhanbatu

    Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu yang baru dilantik kiranya nanti dapat menggedor para pimpinan perusahaan, baik pimpinan perusahaan perkebunan swasta/nasional, BUMN m

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak