Selasa, 13 Apr 2021 03:15
  • Home
  • Pendidikan
  • Kegiatan Latsitardanus ke 41 hari pertama di Masjid Ikhwanul Muslimin, Binjai Timur

Kegiatan Latsitardanus ke 41 hari pertama di Masjid Ikhwanul Muslimin, Binjai Timur

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Kamis, 08 Apr 2021 13:38
Istimewa
Di hari pertama pelaksanaan Latihan Integritas Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI ke-41 tahun 2021 di Kota Binjai, para peserta yang berasal dari Taruna dan Taruni Akademi Militer (AAL, AAU, AAD) Akpol serta unsur Mahasiswa, mulai melakukan tugas pengabdian kepada masyarakat.

Seperti yang terlihat pada hari ini, Kamis (8/4) beberapa peserta dengan didampingi pengasuhnya, tampak melaksanakan gotong royong di Masjid Ikhwanul Muslimin yang beralamat di Jalan Bangau, Kelurahan Mencirim, Kecamatan Binjai Timur.

Di lokasi, tampak terlihat beberapa Taruna dan Taruni serta beberapa Mahasiswa dari STAI-JM Tanjung Pura, ikut membantu melakukan "Rehab" Mesjid Ikhwanul Muslimin.


Menurut Lettu (Sus) Ponimin, yang merupakan pengasuh para Peserta dan juga Danton 2A, Latsitardanus merupakan kewajiban bagi para Taruna, sebelum mereka terjun langsung di tengah tengah masyarakat.

"Sebelum turun di tengah- tengah masyarakat, Latsitardanus memang harus dilaksanakan. Mereka berlatih untuk menjadi seorang pemimpin atau Leader," ungkap Lettu (Sus) Ponirin, seraya menambahkan, kegiatan yang dilaksanakan para Taruna dan Taruni di Mesjid Ikhwanul Muslimin ini hingga Minggu (11/4) mendatang.

Sementara itu, Babinsa Mencirim, Serka Olo Aritonang, saat berada di lokasi gotong royong di Mesjid Ikhwanul Muslimin, juga meapresiasi kegiatan tersebut.

"Untuk titik sasaran yang ditentukan salah satunya disini. Kegiatan ini seperti KKN (Kuliah Kerja Nyata-red) bagi Mahasiswa," beber Serka Olo Aritonang.


Tidak hanya itu, lanjutnya, menurut informasi yang diterimanya, ada 3 titik lokasi di Kecamatan Binjai Timur, yang menjadi sasaran para Taruna Taruni pada Latsitardanus kali ini.

"Yang pertama di Mesjid ini, rumah tidak layak huni di lingkungan IX Kelurahan Sumber Rejo, serta Rumah Ibadah (Gereja-red) yang ada di Kelurahan Timbang Langkat," urai Serka Olo Aritonang. Sembari menegaskan, untuk para Taruna dan Taruni yang melaksanakan Latsitardanus di Mesjid Ikhwanul Muslimin berjumlah 18 orang serta 2 orang dari Mahasiswa STAI-JM Tanjung Pura.

Hal senada juga diucapkan Aiptu Suradiyanta. Selaku Bhabinkamtibmas di Keluruhan Mencirim, ia meapresiasi kegiatan yang dilakukan para Taruna dan Taruni dalam melaksanakan Latsitardanus.

"Tentunya hal ini sangat bermanfaat bagi mereka dan orang lain. Apresiasi buat mereka," ucapnya.


Di tempat yang sama, Lurah Mencirim, Arvintona, juga mengapresiasi kegiatan tersebut. Apalagi menurutnya, salah satu lokasi sasarannya adalah Rumah Ibadah, yaitu Mesjid Ikhwanul Muslimin yang berada di Kelurahan Mencirim.

"Alhamdulillah...dengan adanya gotong royong ini, kami merasa sangat terbantu. Apresiasi buat mereka yang telah melaksanakan kegiatan positif ini," beber Arvintona.

Selaku Lurah Mencirim, dirinya juga menegaskan akan mengajak masyarakat sekitar untuk bersama sama bergotong royong melaksanakan rehab Mesjid Ikhwanul Muslimin.

Pantauan awak media, selain di Mesjid Ikhwanul Muslimin, ratusan Taruna dan Taruni yang melaksanakan Latsitardanus di Kota Binjai, juga ikut melaksanakan gotong royong berupa bedah rumah milik seorang warga yang bernama Dedi Zulkarnain, yang beralamat di Jalan Dr Wahidin, tepatnya di Lingkungan IX Kelurahan Sumber Rejo.

Dalam bedah rumah itu, Camat Binjai Timur, Hardiansyah Putra Pohan, meletakkan batu pertama untuk pembangunannya.
Editor: Herda

T#g: LatsitardanusMasjid
Berita Terkait
  • Jumat, 09 Apr 2021 17:39

    Kunjungan Gubernur Akpol Irjen Pol Drs. Suroto Ke Asrama Latsitardanus XLI Tebing Tinggi

    Sekretaris Daerah Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP menerima kunjungan Gubernur Akpol Irjen Pol Drs. Suroto, M.Si kepada para Taruna peserta Latsitardanus di Gedung Akbid Pemko Tebing

  • Kamis, 08 Apr 2021 01:08

    Wagub Sumut Resmikan Masjid Ummi Sarmah

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan Masjid Ummi Sarmah, yang terletak di Kecamatan Ujung Padang, Kabupaten Simalungun, Selasa (6/4).Kehadiran Wagub Musa Rajekshah y

  • Rabu, 31 Mar 2021 02:31

    Resmikan Masjid Rafiuddin, Gubernur Edy Harapkan Masjid Jadi Sarana Penangkal Paham Radikal

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berharap kepada para ulama untuk memberikan pencerahan pada umat tentang indahnya Islam, serta menangkal pemahaman sesat atau paham radikal, yang sampai s

  • Selasa, 30 Mar 2021 09:30

    Tambah Sasaran TMMD Renovasi Masjid Al Ikhsan, Dandim 0209/LB Mendapat Ucapan Terimakasih Dari Warga

    Nazir Masjid Al Ikhsan Johan Untung Hasibuan (53) mewakili warga masyarakat Dusun Huta Baru Desa Batu Tunggal Kecamatan NA IX-X Kabupaten Labuhanbatu Utara, Selasa (30/03/2021) menyampaikan ucapan ter

  • Sabtu, 27 Mar 2021 12:47

    Wali Kota Bobby Ajak Jamaah Masjid Nasuha Taqwa Bantu Putus Penyebaran Covid-19

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution, S.E., M.M. mengajak jamaah Masjid Nasuha Taqwa, Kelurahan Tangkahan, untuk ikut membantu Pemko Medan memutus penyebaran pandemi Covid-19 dan memulihkan

  • Senin, 08 Mar 2021 05:08

    Menteri PPN: Peran Agama dan Masjid Kampus Dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045

    Menteri PPN/ Kepala Bappenas RI menjadi pembicara dalam webinar bersama Asosiasi Masjid Kampus Indonesia, pada Minggu, 7 Maret 2021. Acara tersebut mengusung tema ďAgenda Pembangunan Nasional: Masalah dan Tantangan dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2045.

  • Jumat, 05 Mar 2021 19:55

    Walikota Gibran Mantapkan Peletakan Batu Pertama Replika Masjid Syeikh Zayed

    Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menggelar audiensi dengan biro desain dan konsultasi independen, PT Arkonin yang merancang The Surakarta Grand Mosque (Masjid Agung Surakarta) yang merupakan replika Syeikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

  • Jumat, 19 Feb 2021 15:49

    Walikota Resmikan Masjid Nurussalam Tebing Tinggi

    Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Kapolres AKBP Agus Sugiyarso S.IK, Ketua DPRD Basyaruddin dan Ketua MUI Achyar Nasution resmikan Masjid Nurussalam, Jumat (19/2/2021) di Komple

  • Minggu, 14 Feb 2021 20:04

    Musa Rajekshah Resmikan Pembangunan Masjid Patayat

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meletakkan batu pertama sekaligus meresmikan pembangunan Masjid Patayat Pondok Pesantren Al Anshor di Kota Padangsidimpuan, Sabtu (13/2). M

  • Minggu, 14 Feb 2021 07:54

    Musa Rajekshah Resmikan Pembangunan Masjid Nurul Iman Sibolga

    Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meresmikan pembangunan Masjid Nurul Iman di Jalan Sisimangaraja, Gang Kaje-Kaje, Kota Sibolga, Sabtu (13/2), yang ditandai dengan peletakan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak