Selasa, 11 Agu 2020 16:25
  • Home
  • Pendidikan
  • Dosen ULB Arman Harahap Berhasil Raih Gelar Doktor Biologi di USU

Dosen ULB Arman Harahap Berhasil Raih Gelar Doktor Biologi di USU

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Sabtu, 31 Agu 2019 11:41
Istimewa
Dr Arman Harahap saat memaparkan penelitian disertasinya di hadapan para penguji dan pembimbing di ruangan IMT-GT gedung Biro Rektor USU Medan.
Arman Harahap, dosen yang mengajar di Universitas Labuhanbatu (ULB) Fakultas FKIP Prodi (Pendidikan Biologi) dan juga mahasiswa S3 program study Biologi di Universitas Sumatera Utara (USU) berhasil lulus S3 dan meraih gelar Doktor Biologi, IPK 3,91 dengan predikat sangat memuaskan dari hasil penelitian di Sungai Bilah, kabupaten Labuhanbatu.

Demikian dijelaskan Arman Harahap melalui pesan WhatsApp-nya, saat dikonfirmasi awak media utamanews.com, terkait dengan prestasi yang diraihnya, Jum'at (30/8/19) sekira pukul 14.10 Wib.

Dalam pesannya Arman Harahap menuturkan, "Di ruangan IMT-GT gedung Biro Rektor USU, saya memaparkan hasil penelitian disertasi di hadapan para penguji dan pembimbing. Sebagai putra daerah Labuhanbatu, saya tertarik untuk meneliti di sungai Bilah karena banyak aktivitas masyarakat Labuhanbatu berlangsung di sungai Bilah.

"Di sana ada beragam aktivitas masyarakat, mulai dari penambangan pasir, transportasi air, berbagai alat penyebrangan, pembuangan limbah industri dan masyarakat, serta kebutuhan masyarakat sekitar seperti mandi, mencuci dan air minum. Jadi segala aktivitas yang begitu kompleks, perlu diteliti bagaimana kualitas airnya dan dampaknya terhadap makrozoobentos di sungai tersebut", ungkap Arman.


"Sungai bilah yang panjangnya sekitar 80 kilometer dan bermuara ke Selat Malaka itu, ternyata sudah tercemar dari mulai hulu sampai ke hilirnya, di bagian hulu sungai Bilah air sudah tercemar ringan karena adanya aktivitas Pabrik Kelapa Sawit di arah hulu sungai. Sementara di bagian tengah sungai, tingkat tercemarnya air terkategori sedang, sementara di bagian hulu sudah terkategori tercemar berat. Hal itu dapat diketahui berdasarkan makrozoobentos yang ditemukan di sungai Bilah, yang kemudian diidentifikasi jenisnya, dilihat dari sifat fisik kimia, lalu diuji di laboratorium," terangnya.

"Dengan kondisi tercemarnya air di sungai Bilah tersebut, pemerintah daerah perlu melakukan penataan terkait aktivitas masyarakat di sepanjang aliran sungai. Jika pabrik pabrik PKS itu limbahnya tidak dibuang ke sungai, aktivitas penambangan pasir ditata dengan baik dan limbah masyarakat dikelola dengan baik, maka sungai Bilah tersebut keadaannya akan lebih membaik", pungkas Arman.


"Dengan tercemarnya air sungai Bilah dan masih banyaknya masyarakat melakukan aktivitas seperti mandi, mencuci dan sebagainya, hal tersebut sangat berbahaya karena akan berdampak pada kesehatan masyarakat sekitar sungai," tutup Arman.

Pada kesempatan itu penutup akhir sidang terbuka Doktor, Prof.Dr.dr.M.Fidel Ganis Siregar, M.Ked (OG), S.p.OG (K) yang mewakili Rektor USU mengucapkan selamat kepada Arman Harahap atas kelulusan sidang terbuka Doktor dengan predikat yang sangat memuaskan. "Saudara Dr. Arman ini jika dilihat dari gayanya cocok menjadi seorang pendidik, bukan pengajar. Sikap dan ilmunya pantas ditiru", tegas Prof M Fidel.

Informasi yang diterima awak media, para penguji dan pembimbing Dr. Arman Harahap diantaranya ialah, Prof. Dr. Ing. Ternala Alexander Barus,  M.Sc. Co Promotor, Prof. Dr. Syafrudin Ilyas, M. Biomed dan, Dr. Miswar Budi Mulya M.Si, Prof. Dr. Rer. Nat. Binari Manurung, M.Si dan Dr. Hesti Wahyuningsi, M.Si serta Dekan F-MIPA USU, Dr. Kerista Sebayang M.Si.

Editor: Budi

T#g:Arman HarahapdosenULB
Berita Terkait
  • Sabtu, 11 Jul 2020 21:11

    Gubernur Berharap Lebih Banyak Lagi Lahir Guru Besar di Sumut

    Guru besar sangat berperan dalam menjaga dan meningkatkan kualitas kewibawaan akademik perguruan tinggi, serta dipandang sebagai sosok mumpuni dalam komunitas akademik yang akan menjaga pemahaman bida

  • Sabtu, 07 Sep 2019 20:27

    Dunia Internasional Percaya Indonesia Mampu Jaga Perdamaian Papua

    Kepercayaan dunia pada kemampuan masyarakat dan pemerintah Indonesia menjaga perdamaian di Papua sangat tinggi. Kepercayaan itu didasarkan pada fakta bahwa Indonesia adalah salah satu negara demokrasi

  • Jumat, 02 Agu 2019 16:52

    39 Dosen Muda UHN Medan Mendapat Pembinaan Dari Ephorus HKBP

    Universitas HKBP Nomensen Medan, sejak 31 Juli hingga 3 Agustus 2019, mengadakan pembinaan kepada 39 Dosen Muda yang mendedikasikan dirinya untuk mempersiapkan generasi intelektual bangsa melalui lemb

  • Rabu, 13 Mar 2019 18:53

    Plt Bupati Labuhanbatu Apresiasi Pendirian Pusat Informasi Perpajakan (Tax Center) STIE Yayasan ULB

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT, menghadiri peresmian pusat informasi perpajakan (Tax Center) STIE Yayasan Universitas Labuhanbatu, di jalan SM Raja No.126

  • Jumat, 28 Sep 2018 09:28

    Dosen Sisingamangaraja XII Isi Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Humbahas

    Mayor Holden Gultom (Pabung 0210/TU) Doloksanggul, Thomson Hutasoit (Kakan Kesbangpol Kab Humbahas), Dra. Ida L. Pasaribu, M. Pd (Nara sumber Dosen Sisingamangaraja XII Taput), Juan Sitorus (Kasi Inte

  • Kamis, 16 Agu 2018 10:46

    Teknik UMSU Dorong Dosen dan Mahasiswa untuk Mengurus HAKI

    Hak atas Kekayaan Intelektual penting bagi dosen, karena mengingat dosen identik dengan hasil penelitian. Workshop HAKI ini, diharapkan mampu memberi semangat untuk mendaftar karya-karya akademik ke K

  • Minggu, 30 Jul 2017 07:10

    Nasir: Dosen yang Terlibat HTI Tinggal Pilih, Pancasila atau Keluar dari Kampus

    Prof Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), memberikan dua pilihan kepada dosen dan pegawai negeri di perguruan tinggi yang terlibat dalam Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

  • Sabtu, 22 Jul 2017 13:02

    Jurusan Fisika Unimed Jajaki Kerjasama International dengan Kampus Arab Saudi

    Setelah sukses menjadi prodi yang pertama terakreditasi 'A' di luar pulau Jawa, Jurusan Fisika FMIPA Unimed membuat gebrakan inovatif dengan membangun kerjasama Internasional dengan kampus luar negeri Jazan University, Saudi Arabia.

  • Jumat, 12 Mei 2017 11:12

    Dosen ITB Hilang Usai Antar Ibu ke Terminal Leuwipanjang

    Suryo Utomo, 30 tahun, Dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) dilaporkan hilang usai mengantarkan ibunya ke Terminal Leuwipanjang dengan tujuan Bogor pada Rabu (10/5).

  • Kamis, 27 Apr 2017 15:33

    5 Hari tak pulang, Bu Dosen kepergok selingkuh dengan Ketua Yayasan

    Ketua Yayasan STIKES Famika bernisial Dr OC, kedapatan diduga bermesum ria dengan bawahannya yang juga adalah dosen di kampus tersebut, Selasa (25/4/2017).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak