Senin, 26 Jul 2021 10:57

Mobil Dinas Pemko Binjai Hilang, Plt Inspektorat Belum Tegas Apa Sanksinya

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Sabtu, 01 Mei 2021 10:31
Istimewa
Hilangnya Mobil Dinas milik Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, nopol BK 1164 R, jenis Toyota Avanza berwarna hitam, juga dibenarkan oleh Plt Inspektur Daerah Kota Binjai, Drs Eka Edi Saputra.

Ia juga mengatakan, kejadian yang menimpa salah seorang bawahannya tersebut, kini sudah dilaporkan kepada aparat yang berwajib, yaitu Polres Binjai.

"Ya benar, kejadian tersebut sudah dilaporkan yang bersangkutan ke pihak Kepolisian," ungkap Drs Eka Edi Saputra, saat dikonfirmasi awak media, Jumat (30/4) malam.


Sebagai Plt Inspektur Daerah Kota Binjai, pria berpostur tinggi tersebut sangat berharap agar petugas Kepolisian bisa segera menemukan mobil yang dimaksud. "Harapan kita mobil tersebut bisa segera ditemukan oleh pihak berwajib," kata Eka.

Disinggung sanksi seperti apa yang akan diberikan kepada yang bersangkutan atas kelalaiannya mengingat mobil yang hilang tersebut merupakan aset milik Pemko Binjai, pria berkacamata ini menegaskan belum dapat mengetahui pastinya.

"Bisa sampai tuntutan ganti rugi," urainya.

Menurut Eka, raibnya mobil Dinas milik Pemko Binjai ini juga sudah dilaporkannya melalui surat tertulis kepada Walikota Binjai, dalam hal ini melalui Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah.


Dalam surat tersebut tertulis bahwa hilangnya mobil Dinas itu dikarenakan telah terjadi pencurian di kediaman Bapak Asri Darmawansyah. Dalam isi surat itu juga dilengkapi dengan Tanda Bukti Lapor Polisi.

Diberitakan sebelumnya, salah satu Mobil Dinas Milik Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, berjenis Toyota Avanza berwarna Hitam, Nopol 1164 R, yang dipakai oleh Sekretaris Inspektorat Binjai, Asri Darmawansyah AP SE, raib dibawa pencuri.

Hilangnya Mobil Dinas Pemko Binjai produksi tahun 2010 ini dibenarkan oleh Asri Darmawansyah. Saat dikonfirmasi awak media, Jumat (30/4) Sore, pria kelahiran Surabaya tersebut mengatakan, selain Mobil Dinas, beberapa barang elektronik miliknya juga ikut hilang.

"Benar, rumahku dibongkar maling. Kejadiannya hari Jumat (23/4) Sore. Sekira Pukul 18.30 Wib. Selain Mobil Dinas, Laptop dan Handphone juga ikut hilang," ungkap Asri.

Lebih lanjut dikatakan Asri Darmawansyah, untuk pencurian tersebut terjadi dirumahnya yang beralamat di Jalan Ikan Tongkol No 47, Lingkungan IV Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur.


"Pas kami sedang berbuka puasa," ucapnya singkat.

Guna mencari pelaku tersebut, kejadian itu pun akhirnya dilaporkan Asri Darmawansyah ke Polres Binjai. "Udah saya laporkan ke Polisi, perkara pencurian dengan pemberatan," bebernya.

Menyikapi hal itu, awak media melakukan konfirmasi kepada Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Pendapatan Asli Daerah (BPKPAD) Kota Binjai, Affan Siregar. Pria berkacamata ini pun membenarkan hilangnya Mobil Dinas milik Pemko Binjai tersebut.

"Benar, Mobil itu dibawa Sekretaris Inspektorat Binjai. Atas hilangnya Mobil itu, yang bersangkutan harus bersedia mengganti rugi setelah nanti Tim TPTGR membentuk Tim dan menghitung kondisi mobil seberapa nilai kerugian Negara," beber Affan.


Affan juga menjelaskan, sebelum membuat laporan, Asri Darmawan terlebih dahulu berkomunikasi kepada Sekretaris BPKPAD Binjai, serta menanyakan keberadaan BPKB Mobil yang hilang tersebut.

 "Yang bersangkutan juga menceritakan kronologis kejadian mobil yang hilang untuk membuat laporan ke Polisi," kata Affan Siregar.

Menurut informasi yang berhasil dirangkum, Asri Darmawansyah melaporkan kejadian tersebut pada Selasa (27/4) lalu. Dari Surat Tanda Terima Lapor dengan nomor : STTLP/102/AIV/2021/SPKT-B/RES Binjai, dalam perkara pencurian dengan pemberatan itu, kerugian ditaksir senilai Rp 110.000.000 (Seratus Sepuluh Juta Rupiah). 
Editor: Herda

T#g:binjaiRandis
Berita Terkait
  • Sabtu, 24 Jul 2021 22:44

    Sudah 2 Pekan Stok Obat-obatan Therapi Covid-19 di Sejumlah Apotek di Binjai Kosong

    Persediaan beberapa obat obatan therapi Covid-19 seperti Antivirus Oseltamivir, Antivirus Favipiravir, Antibiotik Azithromycin dan Vitamin D3 5000, sudah mulai menipis di Kota Binjai.Hal itu ditegaska

  • Sabtu, 24 Jul 2021 20:44

    Kadis Kesehatan: Persediaan Obat Therapi Covid-19 di Kota Binjai Menipis

    Kepala Dinas Kesehatan Kota Binjai, Dr Sugianto Sp.Og, mengatakan, beberapa Kategori obat obatan Therapi Covid-19 untuk persediaannya sudah mulai menipis di Kota Binjai.Hal itu disampaikan Dr Sugianto

  • Sabtu, 24 Jul 2021 12:24

    Polsek Binjai Timur amankan 2 pelaku pencurian mesin bubut

    Dua orang Pria yang diduga sebagai Pelaku Pencurian dengan pemberatan, diamankan Petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Timur, Polres Binjai, Jumat (23/7) malam, sekira Pukul 23.30 Wib.Adapun kedua Pri

  • Sabtu, 24 Jul 2021 12:14

    Polres Binjai dan tim gabungan laksanakan patroli skala besar

    Petugas Kepolisian dari Polres Binjai, melaksanakan patroli gabungan skala besar TNI-Polri yang rawan gangguan Kamtibmas dalam pencegahan Covid-19 di wilayah hukum Polres Binjai, Jumat (23/7) malam.Ka

  • Jumat, 23 Jul 2021 14:13

    Razia Mendadak di Lapas Binjai, Sejumlah Sajam dan HP Ditemukan, Narkoba Nihil

    Jajaran Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Binjai yang dipimpin langsung oleh Ka KPLP, Rinaldo A. Tarigan, melakukan razia mendadak pada kamar wargabinaan, Kamis malam (22/7). 

  • Jumat, 23 Jul 2021 12:33

    Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY Gelar Penyuluhan Penanganan Virus Covid-19

    Di sela-sela kegiatan Pratugas Pamrahwan Maluku Satgas Batalyon Arhanud 11/WBY, Komandan Batalyon Arhanud 11/WBY Letnan Kolonel (Arh) Rendra Febrandari Suparman, S.I.P. selaku Dansatgas, melaksanakan

  • Jumat, 23 Jul 2021 08:13

    Sekda Kota Binjai Ikuti Rapat Penyaluran Bantuan Beras PPKM

    Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Binjai, H Irwansyah Nasution, mengikuti rapat penyaluran bantuan beras PPKM secara virtual dari ruang Binjai Command Center (BCC), Kamis (22/7).Dalam rapat yang dipimpin

  • Jumat, 23 Jul 2021 07:23

    Polsek Binjai Kota Tangkap MZ, Barang Bukti 1 Bungkus Kecil Sabu

    MZ (30) warga Jalan Antara No 14 Kelurahan Pekan Kuala, Kecamatan Kuala, Kabupaten Langkat, diamankan petugas Kepolisian dari Polsek Binjai Kota, Polres Binjai, karena diduga memiliki, menguasai dan a

  • Kamis, 22 Jul 2021 22:02

    PWI Sumut Resmi Bentuk tim advokasi hukum untuk Syahzara Sopian

    Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sumatera Utara, resmi membentuk tim advokasi hukum dalam pendampingan kasus dugaan percobaan pembunuhan terhadap Syahzara Sopian, wartawan anggota PWI Kota

  • Kamis, 22 Jul 2021 18:42

    Rekan Seprofesi Soroti IP, 10 Tahun Menjabat Kepala Sekolah SMA Negeri 6 Binjai

    Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 6 Tahun 2018, yang tertuang dalam Pasal 18 ayat (4) menyatakan, Penugasan Kepala Sekolah Periode Pertama pada satuan Admini

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak