Sabtu, 17 Apr 2021 12:50
  • Home
  • Hiburan
  • 10 Ciri- ciri Orang yang Menerapkan Pola Pikir Positif

10 Ciri- ciri Orang yang Menerapkan Pola Pikir Positif

Oleh: Tessa
Jumat, 15 Mei 2020 23:15
Halodoc
Proses untuk menjadi seorang yang senantiasa berpikir positif tentu tidaklah mudah. Karena sebelumnya pasti mereka pernah mengalami fase quarter life crisis dalam hidupnya. Namun seseorang yang mau belajar dari pengalaman hidup dan terus mengevaluasi diri akan tahu bagaimana harus bersikap.

Salah satunya dengan mencoba menerapkan pola pikir positif dalam dirinya. Bila saat ini kamu sedang menerapkan cara berpikir positif, tentu ciri-ciri ini melekat pada dirimu.

1. Tidak melihat masalah sebagai masalah

Pada kenyataannya memang tidaklah mudah berdamai dengan masalah. Tapi reaksi kita dalam merespon setiap kejadian akan memengaruhi keadaan diri kita.

Bila seseorang melihat masalah sebagai ujian yang berat, maka beratlah baginya. Pun sebaliknya, bila ia memandang masalah itu bisa diatasi dengan mudah, maka ringanlah baginya.

Menghindar dari masalah bukanlah solusi. Bagaimanapun juga pasti kamu akan melaluinya. Cara kamu dalam mengendalikan pikiranmu sangat memengaruhi bagaimana kondisi emosionalmu kedepannya.


2. Tahu cara menikmati hidup

Seorang yang menerapkan cara berpikir positif tentunya akan meninggalkan hal-hal yang bersifat negatif. Oleh karena itu saat seseorang sudah mulai bisa berbesar hati untuk menerima keadaan dirinya, ia akan bisa menikmati setiap detik dalam hidupnya. Tentu ini bagus sekali untuk coba kita terapkan di kehidupan sehari-hari.

3. Berpikiran terbuka pada setiap pandangan orang lain

Berpikiran positif tandanya kamu juga bisa terbuka pada segala cara pandang yang dimiliki masing-masing orang sehingga kamu tidak lagi mempermasalahkan benar dan salahnya orang lain. Kamu bisa menempatkan posisimu untuk lebih memahami perspektif cara pandang dari dua sisi yang berbeda. Sehingga kamu bisa menghormati setiap pendapat yang dimiliki masing-masing orang. 

4. Segera menghilangkan pikiran negatif sesaat setelah terlintas dikepala

Gak dimungkiri meski orang tersebut telah membiasakan diri untuk selalu berpikir positif, pasti ada saat di mana pikiran negatif pernah terlintas dikepalanya. Namun bedanya, dia tidak membiarkan pikiran negatif itu mengambil alih dan menguasainya. Dia masih bisa mengendalikan diri untuk segera menghilangkan pikiran negatif itu sesaat setelah terlintas di kepalanya.

5. Senantiasa bersyukur dengan nasib baik yang masih di miliki


Bersyukur adalah poin yang gak akan pernah dilewatkan oleh mereka yang selalu berpikiran positif. Daripada selalu memandang keatas dan membandingan peruntungannya dengan orang lain. Orang dengan pemikiran positif akan lebih mensyukuri nasib baik yang masih ia miliki hingga sekarang. Hal inilah yang dapat membuat hatinya menjadi tentram dan damai. 

6. Selalu mengambil tindakan dengan cara yang tepat

Orang yang berpikiran positif biasanya akan lebih cermat dalam bertindak. Tahu cara mengambil tindakan yang tepat akan membuatnya mudah mengatasi berbagai masalah dengan benar. Sikap positif yang ia bangun akan memudahkannya menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi, entah itu pada diri sendiri maupun pada orang disekitarnya.

7. Tidak terlalu memusingkan gosip orang lain

Terlalu memperdulikan setiap komentar negatif orang lain hanya akan membuat diri seseorang menjadi down dan terpuruk. Dan ini adalah hal yang akan dihindari oleh mereka yang menanamkan pikiran positif dalam dirinya. Dibanding menanggapi dan memasukkan ke hati segala statement buruk orang lain, ia akan memilih untuk bersikap cuek dan tak mau terlalu ambil pusing.


8. Bertutur kata yang baik dan sopan

Wujud penerapan kebiasaan positif dalam kehidupan sehari-hari salah satunya dengan menjaga etika dalam bicara pada orang lain. Dengan begitu ia akan lebih berhati-hati saat berinteraksi dengan orang lain agar setiap kata-kata yang keluar dari mulutnya tidak akan menyinggung perasaan lawan bicara. 

9. Selalu menampilkan gestur tubuh yang positif

Selain bertutur kata sopan, orang dengan kepribadian positif juga akan menunjukan bahasa tubuh yang positif pula pada orang-orang yang disekitarnya. Misal, membiasakan diri tersenyum setiap kali bertemu dan berpapasan dengan orang lain, bersikap ramah dan terbuka pada orang-orang baru, karena hal ini dapat menunjukan kesan hangat dan akrab dengan suasana sekitar.

10. Menjaga kualitas diri yang dimilikinya

Seorang yang sedang menerapkan pola pikir positif akan menjaga kualitas dirinya agar tetap menjadi pribadi yang positif luar dan dalam. Pastinya orang seperti ini akan berusaha menghindari segala hal negatif yang bisa membebani hati dan pikirannya.

Nah, itu tadi sepuluh ciri orang yang sudah menerapkan pola pikir positif dalam dirinya. Dengan menjadi pribadi yang selalu berpikiran positif, seseorang akan mudah menyelesaikan masalahnya dengan baik sehingga ia tidak akan terbebani dengan hidup ini.
Editor: Yaya

Sumber: idntimes.com

T#g:Kepribadian
Berita Terkait
  • Kamis, 26 Nov 2020 02:26

    Ceramah Habib Rizieq Sarat Kebencian Ganggu Penanganan Covid-19

    Ceramah Habib Rizieq sangat kontroversial karena penuh dengan diksi yang kasar. Masyarakat sangat menyayangkannya karena tak sepatutnya seorang pemuka agama berkata jelek. Apalagi ia berceramah di ker

  • Selasa, 01 Sep 2020 23:01

    Tingkatkan Kapasitas Pengembangan Diri DWP Sumut Gelar Workshop Virtual

    Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, bukan berarti produktivitas menjadi terhalang. Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumatera Utara (Sumut) terus berupaya meningkatkan pengembangan diri para anggotanya,

  • Selasa, 02 Jun 2020 02:02

    Kebiasaan Baru Terapkan Protokol Kesehatan Cegah Penularan Covid-19

    Virus Covid-19 memang bisa tersebar ketika ada orang yang kontak dengan orang lain yang ternyata terkena Corona. Kabar baiknya, ternyata yang mudah tertular adalah tidak semua orang, tapi mereka yang

  • Minggu, 17 Mei 2020 15:17

    5 Fakta Psikologi yang Jarang Diketahui Orang Banyak!

    Biasa kita kenal dengan sebutan psikologi, yang merupakan sebuah bidang ilmu dalam mempelajari mengenai sikap, perilaku, pikiran, dan juga mental manusia. Psikologi lebih mengarah pada apa penyebab da

  • Rabu, 29 Apr 2020 15:29

    7 Sifat Manusia Ini Sebenarnya Termasuk Penyakit Mental

    Menurut buku Cognitive Therapy of Personalitiy karya psikoterapis Amerika, Aaron T. Beck dan Arthur Freeman, mereka menjelaskan beberapa karakter manusia yang berhubungan dengan masalah mental.Karakte

  • Kamis, 16 Apr 2020 15:16

    Apa Bunga Kesukaanmu? Cari Tahu Kepribadian Kamu Berdasarkan Bunga Favorit!

    Walaupun tidak terhitung jumlah bunga yang ada di dunia ini, masing-masing memiliki warna, bentuk, dan wangi yang unik. Maka dari itu, karakteristik bunga favorit bisa mencerminkan dirimu. MawarT

  • Senin, 13 Apr 2020 19:13

    Nggak Selalu Sama! Ini 5 Perbedaan Antara Introvert dan Pemalu

    Gak sedikit orang beranggapan bahwa seorang introvert itu pemalu dan antisosial. Padahal, sebenarnya kedua sifat ini berbeda lho.Bukan sekadar opini, sifat-sifat ini sudah dikaji oleh para peneliti. D

  • Jumat, 10 Apr 2020 18:10

    Kenali 5 Ciri "Toxic People" yang Dapat Merusak Persahabatanmu

    Apasih Toxic People itu? Toxic people alias orang-orang yang "beracun" adalah jenis pribadi yang suka menyusahkan dan merugikan orang lain, baik secara fisik maupun emosional. Kira-kira, apa saja ciri

  • Sabtu, 04 Apr 2020 18:04

    Kamu Sedang Marah? Lakukan 7 Hal Ini agar Kamu Tenang!

    Saat marah, semua orang cenderung melakukan apapun semaunya sendiri dan tidak memikirkan dampak yang terjadi dalam tindakan marahnya. Biasanya, orang yang sulit dalam mengendalikan kemarahan akan suli

  • Kamis, 02 Apr 2020 15:02

    Ternyata Ini Penyebab Teman Kita Semakin Sedikit di Usia 20-an

    Kamu dan sahabatmu sudah lama tak bertmu. Sekalinya bertemu dalam acara reuni, entah kenapa kalian justru canggung-canggungan. Percakapan kalian pun ternyata cuma basa-basi belaka. "Apa kabar"-lah, "S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak