Senin, 26 Okt 2020 14:44
  • Home
  • Ekonomi
  • AirAsia layani tiga penerbangan repatriasi sekaligus untuk Indonesia dan Filipina

AirAsia layani tiga penerbangan repatriasi sekaligus untuk Indonesia dan Filipina

Jakarta (utamanews.com)
Oleh: Elya/rls
Jumat, 15 Mei 2020 14:25
Istimewa
Penumpang penerbangan repatriasi ke Manila disambut oleh petugas darat AirAsia (ujung kiri dan kanan) saat tiba di Bandara Internasional Ninoy Aquino.
AirAsia Indonesia mengoperasikan tiga penerbangan khusus hari Kamis (14/5), untuk mendukung misi repatriasi Warga Negara Filipina di Indonesia dan Warga Negara Indonesia di Filipina. Ketiga penerbangan ini merupakan tambahan dari dua penerbangan kemanusiaan yang dilakukan oleh AirAsia Indonesia sebelumnya sejak bulan lalu.

Penerbangan pertama, dengan jumlah penumpang 22 orang, berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 09:16 WIB dan tiba di Bandara Internasional Ninoy Aquino Manila pada pukul 14:07 waktu setempat.

Pesawat tersebut kemudian kembali dengan membawa 95 WNI yang terdampak situasi COVID-19 dari Manila pada pukul 14:34 dan tiba di Jakarta pada pukul 17:53.

Penerbangan ketiga berangkat dari Bandara Internasional Ahmad Yani di Semarang juga pada hari ini pada pukul 09:44 dan tiba di Manila pada pukul 14:30 waktu setempat dengan dengan jumlah penumpang 23 WN Filipina.


Ketiga penerbangan ini terselenggara atas kerja sama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila, WNI di Filipina, Kedutaan Besar Republik Filipina di Jakarta, serta dukungan pihak otoritas penerbangan dan bandara di kedua negara.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Manila mendukung dan memfasilitasi repatriasi mandiri ini sebagai salah satu bentuk upaya pemerintah dalam perlindungan WNI di luar negeri, terlebih saat terjadinya wabah COVID-19 yang mengakibatkan tertutupnya akses penerbangan reguler antara Indonesia dan Filipina. Kebijakan yang sama juga diterapkan oleh Pemerintah Filipina melalui Kedutaan Besar Filipina di Jakarta.

Duta Besar Filipina di Jakarta, H.E. Leehiong T. Wee mengatakan, "Koordinasi antara kedua kedutaan besar dalam upaya memulangkan masing-masing warga negaranya dalam masa yang penuh tantangan ini merupakan bukti nyata dari persahabatan antara kedua negara, yang telah kita bangun dan pererat dalam 70 tahun terakhir."

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga, mengatakan, "Kami kembali merasa sangat terhormat mendapatkan kepercayaan dapat melayani ketiga misi repatriasi hari ini. Meskipun dalam situasi COVID-19 yang penuh ketidakpastian, kami bangga masih dapat berkontribusi bagi masyarakat dari kedua negara dengan membawa para tamu kami kembali ke keluarga dan kampung halamannya masing-masing. Atas nama AirAsia dan seluruh Allstars (karyawan) yang bertugas dalam penerbangan ini kami mengucapkan 'Mabuhay, Welcome home! dan Selamat datang di tanah air!'."

Penerbangan khusus ini dilayani menggunakan pesawat Airbus A320-200 dengan penerapan protokol keselamatan yang ketat sesuai dengan panduan dari otoritas kesehatan terkait. Semua penumpang yang berada dalam penerbangan ini telah memiliki sertifikat kesehatan yang menyatakan bebas COVID-19 dan diperiksa kembali kondisinya saat berada di bandara sebelum keberangkatan. Penumpang dan awak kabin yang bertugas dalam penerbangan ini juga akan menjalani karantina selama 14 hari setelah penerbangan.

AirAsia menerapkan standar ketat dalam pengangkutan penumpang dan barang sebagaimana yang ditetapkan oleh pemerintah, otoritas penerbangan sipil dan badan kesehatan setempat dan global, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pesawat yang digunakan langsung didesinfeksi segera setelah penerbangan sesuai dengan standar keselamatan operasional AirAsia.
Editor: Tessa

T#g:AirAsiaFilipina
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Senin, 24 Agu 2020 21:24

    AirAsia tawarkan terbang domestik lebih hemat dengan diskon 20 persen

    AirAsia hari Senin, 24 Agustus 2020, memberikan penawaran terbang lebih hemat dengan diskon 20 persen di semua rute domestik, termasuk 4 rute yang akan kembali beroperasi mulai 1 September 2020 yaitu

  • Minggu, 03 Mei 2020 15:33

    AirAsia Indonesia angkut kargo ke Hong Kong

    Sejalan dengan pengalihan sementara fokus bisnis perusahaan selama masa pandemi COVID-19, AirAsia Indonesia kemarin, 2 Mei 2020, melaksanakan penerbangan sewa kargo (cargo charter flight) dari Surabaya menuju Hong Kong.

  • Kamis, 30 Apr 2020 14:20

    AirAsia Indonesia layani penerbangan sewa angkut kargo dan bantuan

    Sehubungan dengan peraturan pemerintah terkait pembatasan penerbangan komersial berjadwal sampai dengan 31 Mei 2020, AirAsia Indonesia untuk sementara waktu akan memfokuskan layanannya pada penerbanga

  • Selasa, 14 Apr 2020 23:14

    AirAsia bantu repatriasi WN Filipina

    AirAsia Indonesia hari Selasa, 14 April 2020, menyelenggarakan penerbangan khusus dari Semarang ke Manila dalam rangka mendukung misi Kedutaan Besar Republik Filipina untuk memulangkan warganya yang berada di Jawa Tengah.

  • Kamis, 09 Apr 2020 15:09

    AirAsia layani pemulangan 334 WNI dari Dubai

    AirAsia hari ini, Kamis, 9 April 2020, baru saja menyelesaikan penerbangan niaga tidak berjadwal (commercial charter flight) dalam rangka pemulangan sebanyak 334 orang Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja di Uni Emirat Arab.

  • Senin, 30 Mar 2020 10:10

    Lion Air Bantah Pesawatnya Jatuh Di Filipina

    Sampai saat ini Lion Air Group belum mempunyai anak perusahaan yang beroperasi di Filipina.

  • Sabtu, 28 Mar 2020 14:48

    Mulai 1 April 2020, AirAsia Indonesia hentikan sementara seluruh penerbangan

    AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) berinisiatif untuk menghentikan sementara seluruh layanan penerbangan mulai 1 April 2020.

  • Sabtu, 15 Feb 2020 20:15

    AirAsia dukung aksi bersih-bersih terbesar di Bali

    Puluhan Allstars (karyawan) AirAsia dari berbagai latar belakang profesi penerbangan beserta kerabat dan rekanan melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Jerman yang berlokasi tidak jauh dari pusat oper

  • Rabu, 22 Jan 2020 08:22

    AirAsia adakan Kulineran Santan bersama Rumah Belajar Saab Shares

    Sebagai rangkaian dari perayaan kesuksesan mengangkut 600 juta penumpang, AirAsia mengadakan acara Kulineran Santan, di Jakarta, 21 Januari 2020.Kulineran Santan ini dilaksanakan bersama pemenang dari

  • Sabtu, 18 Jan 2020 07:18

    AirAsia ajak Anda lebih dekat dengan orang terkasih di Tahun Baru Imlek

    Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek, AirAsia mengajak Anda merayakan keseruan momen istimewa ini bersama yang terkasih, layaknya saat Anda pertama kali terbang.Temukan penawaran spesial Imlek bagi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak