Minggu, 13 Jun 2021 23:51

Ajakan Webinar KAMI: "Polemik Wacana Universitas Negeri Tapanuli Raya"

Ini Alasan Perlunya Universitas Negeri Di Tapanuli

Taput (utamanews.com)
Oleh: W. Simanungkalit
Sabtu, 12 Sep 2020 15:12
Istimewa
Berbagai elemen masyarakat di Tapanuli sangat merindukan adanya Universitas, yang dipahami banyak harapan yang terkandung di dalamnya. Karena berkembangnya suatu daerah, pastinya dibarengi SDM (sumber daya manusia) dan SDA (sumber daya alam) yang terkandung di daerah tersebut. Maka, keberadan Universitas 'solusi' untuk menciptakan SDM andal, akan mampu mengelola SDA dan potensi lainnya yang tersimpan di daerahnya.

Salah satunya Kaum Milenial Indonesia (KAMI) Wilayah Tapanuli Utara (Taput), dengan direktur Doni Rahmadi Butarbutar, menyampaikan keterangan terkait Webinar kepada UTAMA NEWS.

"Pada hari Selasa tepatnya 15 September 2020 nanti, kita akan menggelar Webinar yang bertajuk 'Polemik Wacana Universitas Negeri Tapanuli Raya'. Inilah waktunya kita bersama memikirkan masa depan pendidikan Tapanuli Raya. Para Narasumber dan peserta diskusi antara lain, Drs. Nikson Nababan, M.Si (Bupati Taput), Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si (Dirjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI), Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud RI, Drs. Murbanto Sinaga, MA (Akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU), Prof. Dr. Marlon Sihombing MA (Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Politik USU) dan Hokkop Situngkir, S.T.,IR (Founder and Executive Director ID Next Leader)", kata Doni, Sabtu (12/9).



"Kita mengajak kaum intelektual Ikut nimbrung karena sayang Webinar ini kita lewatkan. Mari kita bergabung bersama di Zoom Meetings pada hari tersebut, agar kita bisa ikut menentukan masa depan pendidikan tinggi di Tapanuli Raya ini", terang Doni.

Parno Mahulae Direktur Eksekutif KAMI, saat menyampaikan keterangan terkait Webinar yang akan diselenggarakan KAMI Taput, menyatakan, "Kita sangat apresiasi dan dukung upaya yang dilakukan rekan-rekan Kaum Milenial Indonesia wilayah Tapanuli Utara. Ini merupakan langkah yang baik menyambut wacana Universitas Negeri Tapanuli Raya."

"Kita berharap agar universitas berdiri di kawasan Tapanuli Raya, agar dapat mengembangkan SDM di Tapanuli Raya. Dengan pendirian universitas ini akan semakin banyak generasi muda di kawasan keresidenan Tapanuli semakin cerdas, yang nantinya akan berdampak terhadap kemajuan kawasan Tapanuli raya", jelas Parno Mahulae.



Hal senada dijelaskan Drs. Murbanto Sinaga, MA akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis USU. Ia juga menyampaikan peranan pendidikan terhadap pengembangan wilayah Tapanuli memiliki peranan sangat penting. "Sejak dahulu kesadaran penduduk daerah Tapanuli sangat tinggi terhadap pentingnya peranan pendidikan untuk mengubah masa depan anak-anak atau keturunan mereka. Banyak syair lagu-lagu Batak yang mengisyaratkan betapa perlunya bersekolah setinggi-tingginya. Salah satu penggalan syair lagu yang paling populer sepanjang masa 'Na ingkon marsingkola do satimbo-timbona, singkap ni natolap gogok hi' (harus sekolah setinggi-tingginya, sampai akhir kemampuan ku). Ironisnya setelah puluhan tahun Indonesia merdeka, sampai sekarang tak ada satu universitas negeri pun yang terdapat di Tapanuli Raya dan juga seluruh daerah yang dekat kawasan Danau Toba, yang penduduknya mayoritas orang Batak sangat menyadari pentingnya Pendidikan", kata Dosen FEB USU ini.

"Hari Selasa tanggal 15 September 2020, akan dilaksanakan kegiatan Webinar dengan topik "Polemik Wacana Universitas Negeri Tapanuli Raya". Topik yang terkait dengan kebutuhan Lembaga Pendidikan Tinggi sekawasan Tapanuli.  Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk berpartisipasi memberikan sumbang saran yang konsruktif  untuk memajukan penduduk dan generasi muda sekawasan Tapanuli Raya. Agar mempunyai kesempatan yang lebih besar lagi menuntut ilmu di Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya yang lebih ekonomis", pungkasnya.

Editor: Robi

T#g:KAMITaputUniversitas
Berita Terkait
  • Jumat, 28 Mei 2021 18:18

    Kerja keras Kapolda Sumut berhasil sembuhkan 1 dusun warga yang terpapar Covid-19

    Masyarakat di Dusun Huta Gur Gur, Desa Aek Tangga, Kecamatan Garoga, Kabupaten Tapanuli Utara dinyatakan sembuh dari terpapar Covid-19 setelah menjalani isolasi mandiri.

  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    Era Normal Baru, Taput Apel Gelar Pasukan OPS KETUPAT TOBA-2021

    Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Toba 2021 dalam Rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, dilaksanakan di Lapangan Tangsi Jln Melanton Siregar Kecamatan Tarutung Kabupaten Taput (Tapanuli Utara),

  • Rabu, 05 Mei 2021 15:55

    KONFERCAB - XI GMKI Tarutung tetapkan Ketua dan Sekretaris Cabang serta keluarkan rekomendasi penting

    Kegiatan Konferensi Cabang resmi dibuka oleh Pengurus Pusat GMKI Kordinator Wilayah I SUMUT-NAD Hendra L Manurung, S.Agr didampingi oleh Pemerintah Kab. Tapanuli Utara yang diwakilkan oleh Kepala Dina

  • Sabtu, 01 Mei 2021 12:21

    Kaum Milenial Indonesia Tanggapi Kasus Daur Ulang Alat Rapid Tes Antigen di Kualanamu

    Kaum Milenial Indonesia (KAMI) angkat bicara dan berikan masukan atas peristiwa Daur Ulang Alat Test Rapid Antigen yang terjadi di Bandara Kualanamu pada Selasa lalu.

  • Kamis, 29 Apr 2021 22:49

    Safari Ramadhan di Polres Taput, Kapoldasu Beri Sembako kepada Anak Yatim

    Kapolda Sumut, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi melakukan Safari Ramadhan di Polres Tapanuli Utara (Taput), Jalan Letjend Soeprapro No. 2, Tarutung.

  • Jumat, 23 Apr 2021 20:53

    Bangun Sinergitas dengan Pemkab, KAMI Taput Siap Promosikan Destinasi Wisata dan Kuliner

    Menilik pengertian destinasi wisata secara umum adalah tempat/ tujuan kita melakukan perjalanan dimana dapat memperluas pengetahuan, bersenang-senang dan menambah pengalaman.

  • Rabu, 21 Apr 2021 16:51

    Sosok Saut Simanungkalit SE MM Ikut Pilkada Bupati Tahun 2024 Di Taput

    Dalam permainan Pilkada (pemilihan kepala daerah) Tahun 2024 mendatang di Kabupaten Taput (Tapanuli Utara), Saut Simanungkalit SE MM siap ikut bertarung dalam Pilkada tersebut.

  • Minggu, 04 Apr 2021 12:14

    'Malam tak beruntung' Di Taput. 5 Rumah Hangus Terbakar, Kerugian Capai Rp600 Juta

    Kejadian yang dianggap penomenal ini menjadi pembahasan di tengah masyarakat. Sehingga terdengar sebutan 'Malam tak beruntung'. Itulah yang terdengar dalam perbincangan masyarakat Taput, khu

  • Kamis, 01 Apr 2021 14:01

    Bobby Kenalkan 'Kesawan City Walk' pada Ridwan Kamil

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM memperkenalkan Kawasan Heritage Kesawan City Walk kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Rabu (31/3/2021). Selain memperkenalkan, Wali Kota juga me

  • Rabu, 31 Mar 2021 12:21

    Transformasi Universitas Negeri Tapanuli Raya, Dalam Perspektif Seorang Guru SMA

    Rencana transformasi Institut Agama Kristen Negeri Tarutung menjadi Universitas Negeri Tapanuli Raya sudah bergulir dan masih menjadi proses yang belum menemukan jawaban atas harapan yang dinanti-nant

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak