Sabtu, 17 Nov 2018 08:18

Aksi Bela Palestina oleh HMI Padangsdimpuan

Foto Donald Trump, Bendera Israel Diinjak dan Dibakar Massa HMI

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sahrul Ramadan Harahap
Selasa, 19 Des 2017 21:59
Dok
Aksi bela Palestina yang dilakukan massa dari HMI Padangsidimpuan dengan membakar foto Donald Trump dan menginjak bendera Israel di halaman kantor Walikota Padangsidimpuan, Selasa (19/12/2017).

Puluhan massa Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Padangsidimpuan menggelar aksi Bela Palestina. Adapun tuntutan massa, meminta Walikota memboikot produk Amerika dan Israel. Penyampaian aspirasi ini diisi dengan aksi injak serta bakar bendera Israel serta foto presiden Amerika Donald Trump, Selasa (19/12/2017).



Pantauan wartawan, sebelum tiba di kantor Walikota, puluhan massa aksi lebih dahulu melakukan konvoi di sepanjang jalan Sudirman, Kota Padangsidimpuan. "Kita ingin menyuarakan kepada masyarakat agar tidak menggunakan barang dan produk dari Amerika dan Israel," ungkap massa sambil meneriakkan takbir. 

Setibanya di kantor Walikota, massa aksi yang berasal dari beberapa komisariat HMI ini bergantian melakukan orasi dan meminta Walikota menemui mereka.

Ada lima poin yang menjadi tuntutan massa yaitu, meminta Walikota Padangsidimpuan Andar Amin Harahap dan pemerintah pusat untuk memboikot produk Israel dan Amerika. Meminta Presiden jokowi memutus hubungan diplomatik dengan kedua negara tersebut. Lalu meminta kepada pemerintah untuk mengusir diplomat Amerika dan Israel dari negara ini. Kemudian massa meminta Presiden Jokowi untuk mendesak PBB terkait keputusan sepihak Donald Trump yang menyebut Yerussalem sebagai Ibukota Israel.

Massa juga menyerukan agar negara-negara yang tergabung dalam OKI untuk meningkatkan bantuan dan prasarana untuk rakyat palestina. "Boikot produk Amerika dan Israel, save Palestina," teriak massa kompak.

Sekitar 30 menit berorasi, aksi massa pun ditanggapi Asisten I Pemko Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis, mewakili Walikota.

Iswan menyampaikan permohonan maaf karena Walikota sedang tidak berada di tempat. "Kami mohon maaf, Bapak Walikota tidak ada di tempat dan diwakilkan oleh kami," ungkapnya dan mengucapkan terima kasih atas aksi dan tuntutan yang disampaikan massa HMI. 

Menanggapi tuntutan massa, Iswan menyampaikan, pada hakikatnya Pemko Padangsidimpuan dan Pemerintah Pusat mengakui Yerusalem sebagai Ibukota Palestina. "Dan Kami sepakat mengutuk segala tindakan kekerasan kepada saudara-saudara kita di Palestina, apalagi yang mengakui Indonesia pertama kali merdeka adalah Palestina," katanya.

Setelah mendapat tanggapan, massa aksi menyempatkan membakar foto Presiden Amerika Donald Trump dan menginjak-injak bendera Israel sembari meneriakkan takbir.

"Bakar... Bakar..." teriak massa sebelum melanjutkan aksi ke Kantor DPRD Kota Padangsidimpuan.

Setibanya didepan Kantor DPRD, semangat massa kembali menggebu. Bahkan, dikarenakan tidak ada anggota DPRD yang menemui, hampir saja massa merengsek masuk ke dalam ruangan kantor, namun dihalau oleh petugas kepolisian dan Satpol PP.

Sementara Kassubag Hukum Sekretariat DPRD Fahmi Siregar yang 'terpaksa' menemui massa menyampaikan, tidak ada anggota DPRD yang berada di kantor dikarenakan sedang ada kegiatan reses. "Dari tanggal 11 sampai 20 Desember anggota DPRD kita reses, dan tanggal 21 nanti saya akan sampaikan ke pimpinan tuntutan adinda sekalian," ujarnya. 

Setelah menerima pernyataan tersebut, massa pun membubarkan diri.

Editor: Windra

T#g:HMIIsraelPalestinaSidempuan
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Rabu, 07 Nov 2018 17:17

    Indonesia Battalion-Unifil, Penentu Keamanan Di Perbatasan Lebanon-Israel

    Pemerintah Republik Indonesia terlibat langsung dan mengambil peran strategis dalam upaya meredam konflik yang terjadi antara Lebanon dan Israel dengan mengirimkan Pasukan Batalyon Garuda Indonesia ke

  • Kamis, 11 Okt 2018 22:01

    Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Milad KAHMI Ke-52

    Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT, bersama FORKOPIMDA dan jajaran pemerintahan kabupaten Labuhanbatu menghadiri acara peringatan Milad Korps Alumni Himpunan

  • Rabu, 25 Jul 2018 17:55

    Disnaker Minta PT NP Pekerjakan Kembali Karyawan yang di-PHK

    Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Padangsidimpuan meminta pihak manajemen PT Nasangga Putra (PT NP), agar mempekerjakan kembali dua pekerjanya yang di-PHK, karena diduga di-PHK tidak sesuai ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.

  • Selasa, 17 Jul 2018 12:17

    Kontingen Deli Serdang Ikuti Popdasu ke Padangsidempuan

    Wakil Bupati Deli Serdang H Zainudin Mars melepas kontingen Kabupaten Deli Serdang mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (Popdasu) 2018 di Aula Cadika Lubuk Pakam didampingi Asisten I

  • Selasa, 03 Jul 2018 15:43

    JPPR minta KPU batalkan kemenangan Irsan-Arwin

    Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) meminta KPU membatalkan kemenangan Paslon walikota dan wakil walikota padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution-Arwin Siregar karena tidak lengkapnya persyaratan pencalonan pasangan tersebut.

  • Selasa, 26 Jun 2018 11:16

    Pernyataan Resmi Kelompok Cipayung Plus Sumut H-1 Pencoblosan, "Pemilih Pemula Harus Cerdas"

    Para pimpinan Kelompok Cipayung Plus Sumut menyerukan agar pemilih pemula lebih cerdas dalam menjatuhkan pilihannya pada Calon Gubernur Sumut 2018-2023.Di antaranya, Charles Munthe selalu KORDA GMNI S

  • Minggu, 24 Jun 2018 16:44

    Septian Himbau Seluruh Kader HMI Se-Sumut Sukseskan Pilkada Serentak

    Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Sumatera Utara menghimbau seluruh kader HMI Se-Sumatera Utara untuk mensukseskan Pilkada serentak yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018, baik

  • Rabu, 30 Mei 2018 20:20

    Singgahi Garasi Djoss di Sidimpuan, Sihar Diminta Jelaskan Program

    Calon Wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus menyempatkan diri untuk singgah di Garasi Djoss di Lampion Cafe, Jalan Kenanga Padang Sidimpuan. Ia disambut dengan suasana kebahagiaan setelah tiba di tempat

  • Senin, 28 Mei 2018 23:28

    Silaturahmi Jadikan Indonesia Tetap Bersatu

    Kita menyadari negara Indonesia merupakan bangsa yang sangat majemuk dan beraneka ragam. Dengan silaturahmi yang erat, kemajemukan bukan batu sandungan dan penghalang, apalagi jurang pemisah tetapi me

  • Senin, 14 Mei 2018 17:54

    HMI: Negara Jangan Kalah Dengan Aksi Terorisme

    Dalam beberapa hari ini Negara sedang dihebohkan oleh aksi biadab terorisme yang beruntun. Dimulai dari aksi teroris yang terjadi di Mako Brimob beberapa hari yang lalu dan 5 kali bom bunuh diri yang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak