Sabtu, 15 Mei 2021 10:01
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Abaikan Petunjuk Gubernur Edy Rahmayadi, Walikota Binjai Tetap Akan Sholat Ied di Lapangan Merdeka

Abaikan Petunjuk Gubernur Edy Rahmayadi, Walikota Binjai Tetap Akan Sholat Ied di Lapangan Merdeka

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 03 Mei 2021 15:43
Istimewa
Kabag Humas Pemko Binjai, Abdullah Rainy
Guna mencegah kerumunan saat pandemi Covid-19, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menghimbau untuk meniadakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal itu disampaikan Gubsu dalam rapat mengenai peniadaan mudik hari raya dan pengendalian Virus Covid-19, yang dihadiri Walikota dan Bupati se-Sumut secara langsung dan ada yang mengikuti secara virtual, Jumat (30/4) lalu.

Edy mengatakan peniadaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah ini, harus diinformasikan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tahu dan tidak datang ke lokasi saat hari raya Idul Fitri nanti.


"Diinformasikan, begitu juga dengan Walikota Binjai, Walikota Padang Sidempuan, tidak ada salat Idul Fitri yang terfokus," ucapnya.

Terkait himbauan tersebut, Walikota Medan, Bobby Nasution, berjanji akan mentaatinya. Untuk itu, ia meminta masyarakat melaksanakan Sholat Idul Fitri di Mesjid dekat rumah masing masing.

Namun, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, melalui Kabag Humas Abdullah Rainy, mengatakan akan tetap menggelar Sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Binjai.

Hal itu disampaikan Abdullah Rainy, saat dikonfirmasi awak media, Senin (3/5) Siang, terkait himbauan Gubernur Sumatera Utara yang meinformasikan kepada Kepala Daerah, salahsatunya yaitu Walikota Binjai, untuk tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri yang terfokus.


"Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah tetap dilaksanakan di Lapangan Merdeka Binjai," ucap Abdullah Rainy.

Pun begitu, lanjutnya, ia menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan.

"Tetap dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, guna persiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar rapat persiapan dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Binjai dan unsur terkait, di ruang rapat III Balai Kota, Jalan Jendral Sudirman No 6 Binjai Kota, Kamis (29/4) lalu.


Rapat yang membahas tentang teknis pelaksanaan kegiatan serta upaya yang akan dipersiapkan guna tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : SE. 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi.

Menurut Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M. Ap, yang diwakili Kabag Kesra Fajar Muflikh S.IP, MAP, mengatakan, Sholat Idul Fitri di Tanah Lapang Merdeka Kota Binjai tetap dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku.

"Semua pihak yang berkaitan akan saling berkoordinasi. Untuk OPD yang terkait sudah mempunyai tugas masing masing dan nantinya akan kita surati sesuai Tupoksinya dan mempersiapkan segala kebutuhan Yang di butuhkan," ujarnya. 
Editor: Herda

T#g:Edy RahmayadiSholat IedWalikota Binjai
Berita Terkait
  • Kamis, 13 Mei 2021 14:23

    Presiden Jokowi dan Ibu Negara Salat Idulfitri di Halaman Istana Kepresidenan Bogor

    Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo, melaksanakan salat Idulfitri 1442 H di halaman Gedung Induk Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Kamis pagi, 13 Mei 2021.

  • Rabu, 12 Mei 2021 08:42

    PD Muhammadiyah Tanjungbalai Tetap Ingatkan Prokes Saat Pelaksanaan Shalat Ied

    Ramadhan tahun ini sudah di penghujung waktu, Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah mengeluarkan Maklumat no.10/MLM/1.0/E/2021tentang penetapan hasil hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhizzah 1442 Hijriah men

  • Senin, 10 Mei 2021 16:20

    Walikota Binjai dan Stakeholder Terkait Putuskan Tidak Ada Sholat idul Fitri di Lapangan Merdeka

    Akhirnya, Pemerintah Kota Binjai tidak akan menggelar sholat Idul Fitri 1422 Hijriyah, di Lapangan Merdeka Binjai.

  • Kamis, 06 Mei 2021 20:16

    Responsif tanggapi keluhan Bobby, Korwil I GMKI: Fungsi koordinasi adalah tugas Gubernur

    Protes Walikota Medan Walikota Medan Bobby Nasution kepada Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi yang tidak mengkoordinasikan lokasi isolasi atau karantina dalam penanganan WNI tiba dari luar

  • Minggu, 02 Mei 2021 14:01

    Edy Rahmayadi Terus Pertahankan Tradisi Buka Puasa dengan Tahfiz dan Anak Yatim

    Bulan Ramadan umat muslim berlomba-lomba meningkatkan ibadahnya. Sebagian besar dari orang bahkan memiliki tradisi yang dipercaya akan mendapatkan pahala dari Allah SWT.

  • Sabtu, 01 Mei 2021 17:31

    Ikuti Rakor Dipimpin Gubernur, Bobby: 32 Persimpangan menuju pusat kota Medan ditutup saat malam takbiran

    Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengikuti Rapat Koordinasi terkait Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 H Wilayah Sumut di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jumat (30/4).

  • Kamis, 29 Apr 2021 16:19

    Di Binjai, Sholat Idul Fitri Tetap Dilaksanakan di Tanah Lapang Merdeka

    Guna persiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar rapat persiapan dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Binjai dan unsur terkait, di ruang

  • Rabu, 28 Apr 2021 14:28

    Amir Hamzah Sampaikan Pidato Walikota Binjai Periode 2021-2024 di Paripurna DPRD

    Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai Penyampaian Pidato Walikota Binjai Periode 2021-2024, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai, Jalan T Amir Hamzah,

  • Senin, 26 Apr 2021 19:26

    Edy Rahmayadi Tetap Lakukan Pelantikan Dalam Suasana Duka

    Walau masih dalam suasana duka, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi tetap melakukan pelantikan delapan kepala daerah hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 di Sumut. Hal itu mend

  • Minggu, 25 Apr 2021 21:05

    Adik Kandung Gubernur Edy Rahmayadi, Kombes Pol Zulfikar Tarius Meninggal Dunia

    Berita duka menyelimuti keluarga besar Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Kombes Zulfikar Tarius, yang merupakan adik kandung Gubernur Edy Rahmayadi, meninggal dunia, Minggu (25/4) sekitar pukul 16.45 WIB, di Surabaya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak