Jumat, 06 Agu 2021 11:29
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Abaikan Petunjuk Gubernur Edy Rahmayadi, Walikota Binjai Tetap Akan Sholat Ied di Lapangan Merdeka

Abaikan Petunjuk Gubernur Edy Rahmayadi, Walikota Binjai Tetap Akan Sholat Ied di Lapangan Merdeka

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Senin, 03 Mei 2021 15:43
Istimewa
Kabag Humas Pemko Binjai, Abdullah Rainy
Guna mencegah kerumunan saat pandemi Covid-19, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menghimbau untuk meniadakan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah.

Hal itu disampaikan Gubsu dalam rapat mengenai peniadaan mudik hari raya dan pengendalian Virus Covid-19, yang dihadiri Walikota dan Bupati se-Sumut secara langsung dan ada yang mengikuti secara virtual, Jumat (30/4) lalu.

Edy mengatakan peniadaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriyah ini, harus diinformasikan kepada masyarakat. Hal tersebut dilakukan agar masyarakat tahu dan tidak datang ke lokasi saat hari raya Idul Fitri nanti.


"Diinformasikan, begitu juga dengan Walikota Binjai, Walikota Padang Sidempuan, tidak ada salat Idul Fitri yang terfokus," ucapnya.

Terkait himbauan tersebut, Walikota Medan, Bobby Nasution, berjanji akan mentaatinya. Untuk itu, ia meminta masyarakat melaksanakan Sholat Idul Fitri di Mesjid dekat rumah masing masing.

Namun, Walikota Binjai, Drs H Amir Hamzah, melalui Kabag Humas Abdullah Rainy, mengatakan akan tetap menggelar Sholat Idul Fitri di Lapangan Merdeka Binjai.

Hal itu disampaikan Abdullah Rainy, saat dikonfirmasi awak media, Senin (3/5) Siang, terkait himbauan Gubernur Sumatera Utara yang meinformasikan kepada Kepala Daerah, salahsatunya yaitu Walikota Binjai, untuk tidak melaksanakan Sholat Idul Fitri yang terfokus.


"Pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 Hijriah tetap dilaksanakan di Lapangan Merdeka Binjai," ucap Abdullah Rainy.

Pun begitu, lanjutnya, ia menghimbau kepada masyarakat untuk menerapkan Protokol Kesehatan.

"Tetap dilaksanakan dengan menerapkan Protokol Kesehatan," katanya.

Diberitakan sebelumnya, guna persiapan pelaksanaan Sholat Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi, Pemerintah Kota (Pemko) Binjai menggelar rapat persiapan dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Binjai dan unsur terkait, di ruang rapat III Balai Kota, Jalan Jendral Sudirman No 6 Binjai Kota, Kamis (29/4) lalu.


Rapat yang membahas tentang teknis pelaksanaan kegiatan serta upaya yang akan dipersiapkan guna tetap mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) demi memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Hal itu sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : SE. 03 Tahun 2021 tentang Panduan Ibadah Ramadhan Dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 Masehi.

Menurut Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M. Ap, yang diwakili Kabag Kesra Fajar Muflikh S.IP, MAP, mengatakan, Sholat Idul Fitri di Tanah Lapang Merdeka Kota Binjai tetap dilaksanakan dengan mematuhi Protokol Kesehatan yang berlaku.

"Semua pihak yang berkaitan akan saling berkoordinasi. Untuk OPD yang terkait sudah mempunyai tugas masing masing dan nantinya akan kita surati sesuai Tupoksinya dan mempersiapkan segala kebutuhan Yang di butuhkan," ujarnya. 
Editor: Herda

T#g:Edy RahmayadiSholat IedWalikota Binjai
Berita Terkait
  • Selasa, 03 Agu 2021 18:23

    Ini Respon UPT Dinas Bina Marga Provinsi Sumut Terkait Pemblokiran Jalan Ke Objek Wisata Bukit Lawang

    Terkait Unjukrasa yang dilakukan puluhan warga Kelurahan Pekan Kuala, Kabupaten Langkat, yang didominasi oleh kaum ibu dengan cara memblokir Jalan Lintas Binjai - Bukit Lawang, persisnya di lingkungan

  • Kamis, 29 Jul 2021 06:29

    Minta Masyarakat Wajib Pakai Masker, Edy Rahmayadi: Tanah Karo Jangan Sampai Banyak Terpapar Covid-19

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan (Prokes) untuk mencegah penyebaran Covid-19, khususnya Tanah Karo. Apabila banyak masyarakat Karo

  • Selasa, 27 Jul 2021 21:37

    Isu Dugaan Suap Dalam Pemilihan Wakil Walikota Binjai, Mencuat Ke Publik

    Rekaman Voice note percakapan antara Ketua DPD Partai Nasdem Kota Binjai, Edy Putra Sitepu, dengan salah seorang anggota DPRD Kota Binjai yang disebut- sebut adalah Irhamsyah Putra Pohan, yang tidak l

  • Minggu, 25 Jul 2021 09:05

    Gubernur Akui Baru 2 Kabupaten di Sumut Salurkan BLT Dana Desa Hingga Juli 2021

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mendorong percepatan realiasasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada masyarakat. Sehingga dapat sege

  • Rabu, 21 Jul 2021 17:11

    Sah.. 26 Anggota DPRD Pilih H Rizky Yunanda Sitepu Jadi Wakil Walikota Binjai 2021-2024

    Penghitungan suara pemilihan Wakil Walikota Binjai masa jabatan 2021-2024, yang diisi oleh dua orang kandidat, yaitu H Rizky Yunanda Sitepu dan H Hamdani Syahputra, dimulai tepat pada Pukul 16.05 Wib.

  • Rabu, 21 Jul 2021 16:01

    Anggota DPRD Binjai Laksanakan Pencoblosan Suara Memilih Wakil Walikota

    Sebanyak 30 anggota DPRD Kota Binjai, melaksanakan Pemilihan Penetapan Wakil Walikota Binjai masa Jabatan 2021-2024, Rabu (21/7) Siang.Dalam pemilihan ini, H Rizky Yunanda Sitepu memperoleh nomor urut

  • Selasa, 20 Jul 2021 05:30

    Amir Hamzah Menilai 2 Calon Wakil Walikota Binjai Sangat Berkompeten

    Permasalahan yang dihadapi dan dinamika kehidupan sosial yang semakin berkembang saat ini akan sulit dihadapi jika kita berjalan sendiri- sendiri.Hal ini disampaikan Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah

  • Senin, 19 Jul 2021 16:09

    Rizky Yunanda Sitepu Sampaikan Visi Misi Calon Wakil Walikota Binjai

    Rapat Paripurna DPRD Kota Binjai terkait Penetapan Calon Wakil Walikota Binjai, masa jabatan 2021-2024, yang digelar Kantor DPRD Kota Binjai, Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara, Senin (19/7)

  • Rabu, 14 Jul 2021 04:14

    Gubernur Edy, Kapolda dan Pangdam Pantau PPKM Diperketat di Sibolga

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi bersama Pandam I/BB Mayjen TNI Hassanudin dan Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak mengunjungi Kota Sibolga, guna memantau pelaksanaan Pemberla

  • Senin, 12 Jul 2021 22:12

    PPKM Darurat di Kota Medan, Gubernur Sebut Semua Kabupaten/Kota Harus Berpartisipasi

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan 31 kabupaten/kota di Sumut mesti berpartisipasi dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Medan dan PPKM Diperke

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak