Rabu, 28 Jul 2021 01:05
  • Home
  • Pendidikan
  • Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Bobby Nasution Didukung PGRI

Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Bobby Nasution Didukung PGRI

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Selasa, 15 Jun 2021 12:15
Istimewa
Pemko Medan siap menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) di Kota Medan. Sebagai upaya mendukung pelaksanaan PTM tersebut, Wali Kota Bobby Nasution telah melakukan sejumlah persiapan.

Selain gencar melakukan vaksinasi massal terhadap tenaga pengajar. Pemko Medan melalui Dinas Pendidikan Kota Medan juga tengah menyiapkan modul berisikan petunjuk teknis (juknis) tentang pelaksanaan PTM yang harus dipenuhi pihak sekolah. Langkah ini dilakukan agar pelaksanaan PTM nantinya dapat berjalan normal dan aman meski pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Keseriusan Pemko Medan melaksanakan KBM secara tatap muka telah disampaikan Bobby Nasution saat mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan KBM secara tatap muka di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu, Jalan Sudirman Medan, Jumat (11/6/2021) lalu.

Apalagi vaksinasi massal yang dilakukan terhadap tenaga pengajar telah mencapai 80%. Dengan vaksinasi yang dilakukan tersebut, Bobby Nasution mengatakan, tidak hanya untuk melindungi tenaga pengajar, juga melindungi siswa agar tidak tertular Covid-19 saat PTM dibuka kembali.

Di samping itu, jelas Bobby Nasution, Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait akan gencar melaksanakan patroli penerapan protokol kesehatan.

"Jika selama ini di tempat-tempat umum, patroli ke depan akan dilakukan di angkutan-angkutan umum. Hal ini dilakukan untuk melindungi peserta didik baik saat berada dalam maupun luar sekolah dengan mengerahkan dan menggerakkan seluruh perangkat mulai dasar. Artinya, secara prinsip Pemko Medan siap melaksanakan KBM secara tatap muka," kata Bobby Nasution.

Meski telah melakukan sejumlah persiapan untuk melaksanakan KBM secara tatap muka, namun Bobby Nasution masih tetap menunggu arahan dari Pemprov Sumut.

"Apabila nantinya ada indikator atau kriteria yang harus dipenuhi sebagai syarat dimulainya PTM, kita siap penuhi," ungkapnya.

Kadis Pendidikan Kota Medan Adlan mengamini apa yang disampaikan Bobby Nasution soal kesiapan Pemko Medan menggelar KBM secara tatap muka.

Dikatakan Adlan, sebagai persiapan melaksanakan PTM, Dinas Pendidikan (Disdik) saat ini tengah mempersiapkan modul pelaksanaan PTM.

Di modul ini, jelasnya, berisikan petunjuk teknis tentang penyelenggaraan PTM yang akan menjadi pedoman bagi sekolah, seperti sarana dan prasarana protokol kesehatan yang harus disiapkan sekolah, diantaranya wastafel untuk mencuci tangan, hand sanitizer thermo gun maupun penjadwalan belajar siswa.

"Insya Allah, Rabu (16/6), modul rampung. Setelah itu modul langsung kita simulasikan ke sejumlah sekolah, baik SD maupun SMP. Dalam simulasi yang dilakukan, kita ingin melihat kesiapan sekolah untuk melaksanakan KBM secara tatap muka sesuai petunjuk teknis yang ada dalam modul. Apabila tidak ada kendala, modul akan kita sosialisasikan ke seluruh SD dan SMP di Kota Medan sehingga nantinya siap untuk melaksanakan KBM secara tatap muka," kata Adlan ketika dihubungi, Senin (14/6/2021).

Selanjutnya mengenai jadwal pembelajaran, Adlan mengaku mengikuti arahan yang disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Jadwal pembelajaran, kita lakukan 2 jam/hari. Pembelajaran akan dilakukan dua hari dalam seminggu. Sedangkan tingkat kehadiran siswa dalam KBM secara tatap muka maksimal 25%," jelasnya seraya menambahkan, jumlah tenaga pengajar di Kota Medan saat ini sekitar 19.000 orang, sedangkan yang sudah mengikuti vaksinasi sebanyak 17.000 orang.

"Artinya, capaian vaksinasi yang telah dilakukan terhadap tenaga pengajar sebesar 80%," imbuhnya.

Ketua PGRI Kota Medan Sriyanta sangat menyambut baik keinginan Bobby Nasution untuk melaksanakan kembali PTM di Kota Medan. 

Sebagai organisasi yang menaungi para guru ini, kata Sriyani, PGRI siap mendukungnya. Sebab, para guru menilai pelaksanaan belajar yang dilakukan secara during yang telah berlangsung 1 tahun lebih sejak pandemi Covid-19 terjadi dinilai tidak maksimal. Bahkan, terangnya, banyak guru yang minta kepada PGRI untuk menyampaikan langsung kepada pemerintah agar PTM dilaksanakan kembali.

"Banyak guru yang mendatangi kita dan minta agar PTM dilaksanakan kembali. Intinya, semua guru siap melaksanakan PTM. Sebagai bukti keseriusan, tak ada guru yang menolak mengikuti vaksinasi, terkecuali yang ada penyakit bawaan sehingga vaksinasi tidak dapat dilakukan. Yang penting bagi guru, ada tatap muka. Walau pun waktunya terbatas namun guru dapat memberikan penjelasan, barulah anak didik selanjutnya mengerjakan di rumah. Cara ini lebih baik dan efektif dibandingkan dengan pembelajaran secara during," jelas Sriyanta.

Selain itu, jelas Sriyanta, PGRI pun melihat tidak semua orang tua siswa yang mampu membeli handphone maupun pulsa untuk mengikuti pembelajaran secara during.

Walau pun jumlahnya tidak banyak, ungkapnya, tapi sangat memprihatinkan karena mereka tidak dapat mengikuti pembelajaran secara daring.

"Bahkan, ada siswa yang harus yang menunggu orang tuanya sampai pulang kerja baru bisa belajar karena handphone dibawa," ungkapnya miris.

Di samping itu lagi, terang Sriyanta, orang tua siswa juga banyak yang mengeluh dengan pembelajaran secara during tersebut.

Selain tidak maksimal, terangnya, para orang tua juga sudah jenuh karena mereka pun sulit membagi waktu untuk bekerja dan harus mendampingi anak mengikuti pembelajaran during.

"Jadi, PGRI sangat mendukung penuh keinginan Wali Kota untuk melaksanakan PTM. Apa yang menjadi persyaratannya, siap kita laksanakan. Kita ingin pelaksanaan PTM dapat dilaksanakan kembali, sehingga kita dapat meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Ditambah lagi sekolah-sekolah kita lihat sudah mempersiapkan protokol kesehatan dan apabila masih kurang, pihak sekolah siap memperbaikinya kembali. Artinya, semua ingin agar pelaksanaan PTM dapat dilakukan kembali," harapnya.
Editor: Budi

T#g:GuruPTMSekolah Online
Berita Terkait
  • Selasa, 27 Jul 2021 21:57

    Diduga Nota Dinas Abal-Abal, Seret Kacabdis Pendidikan Siantar ke Polres Simalungun

    Permainan iming-iming jabatan, masih saja terus menjadi peluang bagi yang memiliki kewenangan dalam memberikan jabatan. Praktek iming-iming jabatan tersebut baru saja memakan korban, seorang Guru SMK

  • Senin, 19 Jul 2021 07:19

    Ibu ini berjuang sendiri demi anak yang ditelantarkan oknum ASN Guru SMPN 3 Batu Bara

    Malang nian nasib seorang ibu muda digugat cerai suami hanya karena hal sepele hingga membuatnya menderita batin menanggung beban selama dua tahun lebih, hidup sendiri menafkahi anak semata wayangnya.

  • Selasa, 06 Jul 2021 16:36

    Merasa Didiskriminasi, Marpaulina Simamora Adukan Nasibnya ke Wakil Pimpinan DPRD Medan

    Merasa mendapat perlakuan diskriminasi dari Kepala Sekolah di tempatnya mengajar, di SDN 064959, Marpaulina Simamora S.pdK warga Jalan HM Joni yang merupakan seorang Guru Honor Agama Kristen, mengaduk

  • Rabu, 30 Jun 2021 20:30

    Pemprov Sumut dan Pemkab/Pemkon Sepakati Tunda Pembelajaran Tatap Muka

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab)/Pemerintah Kota (Pemko) se-Sumut sepakat untuk menunda pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas hingga

  • Kamis, 24 Jun 2021 19:24

    Turunkan Mobil Pintar, Kiat Satgas TMMD Kodim 0204/DS Bangkitkan Minat Baca Siswa di Masa Covid-19

    Untuk meningkatkan minat baca siswa di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini, Satgas TMMD ke-111 TA 2021 Kodim 0204/DS menghadirkan Mobil Pintar di wilayah sasaran fisik di Desa Mabar, Kecamatan Bangun

  • Kamis, 24 Jun 2021 10:54

    Dansatgas Yonif 512/QY Kerahkan Anggota, Jadi Guru Di Tanah Papua

    Demi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas di bidang pendidikan, Pos Yamara Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY membantu para guru mengajar di SD PGRI Yamara di Distrik Mannem, Ka

  • Selasa, 22 Jun 2021 17:02

    Sastra Lingga Sambut Baik Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Honorer

    Sekretaris DPD Komite Nasional Indonesia (KNPI) Dairi, Sastra Lingga menyambut baik program Diklat peningkatan kompetensi guru honorer se-Kabupaten Dairi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dai

  • Selasa, 22 Jun 2021 11:52

    1000 Warga Ditargetkan Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap 2 di GOR Binjai, Hari Ini

    Penyuntikan Vaksinasi tahap kedua digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai, di Gedung Olahraga (GOR) yang beralamat di Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (22/6)

  • Senin, 21 Jun 2021 17:21

    Tinjau Simulasi, Wali Kota Medan Optimis PTM Dapat Digelar Juli 2021

    Wali Kota Medan Bobby Nasution mengaku optimis pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) bisa digelar di sekolah-sekolah yang ada di Medan mulai Juli 2021. Namun selain siswa yang mengikuti PTM hanya

  • Jumat, 18 Jun 2021 20:38

    Pemko Binjai Lanjutkan Vaksinisasi Covid-19 untuk guru dan tenaga Pendidik

    Penyuntikan Vaksinasi lanjutan untuk seluruh guru dan tenaga Pendidik, kembali dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Dinas Kesehatan Kota Binjai, Jumat (18/6).Kali ini, Vaksinasi Covi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak