Selasa, 18 Des 2018 19:05
  • Home
  • Pendidikan
  • Pemkab Dharmasraya Gandeng LPM Unimed tingkatkan Kualitas Pendidikan berbasis E-Learning

Pemkab Dharmasraya Gandeng LPM Unimed tingkatkan Kualitas Pendidikan berbasis E-Learning

SUMBAR (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Kamis, 29 Nov 2018 22:29
Istimewa
Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya bekerjasama tingkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar berbasis pembelajaran menggunakan media teknologi Informasi, dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan. 

Hal itu diungkapkan oleh kepala Dinas Pendidikan Marius, S.Pd., MM yang diwakili oleh Sekertaris Dinas Pendidikan Reno Lazuardi, M.Si pada (28/11) di sela-sela kegiatan "Desain Teknologi Alat Peraga IPA: Implementasi Pembelajaran Efektif Di SD Kabupaten Dharmasraya", yang dilaksanakan di Aula SD Negeri 08 Pulau Punjung Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat. 

Tokoh revolusioner pendidikan di kabupaten Dharmasraya, Reno mengungkapkan bahwa, kegiatan pelatihan dan workshop guru-guru dalam peningkatan kemampuan guru pada bidang inovasi pembuatan alat peraga IPA sangat dibutuhkan karena siswa sekolah dasar butuh mevisualisasikan bentuk-bentuk abstarak agar mudah dicerna dan mampu dipahami.

Lanjutnya selain dalam bentuk visual siswa juga harus di dekatkan dengan teknologi terkini, karena teknologi merupakan sebuah keniscayaan yang tidak dapat dibendung. Akan tetapi harus disikapi dengan arif dan bijaksana agar dapat memberi dampak positif bagi kemajuan pendidikan. "Maka dari itu dinas pendidikan mendorong untuk meningkatkan pendidikan dengan berbasis information technologi (IT). Pendidikan modern seperti inilah yang sedang kita kembangkan dengan gerakan semua guru di Dharmasraya harus mampu mengoperasikan dan memiliki Laptop sehingga Dharmasraya mampu melaksanakan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) 100%", papar alumnus matematika Universitas Negeri Padang tersebut.

Menanggapi hal tersebut LPM Unimed yang diwakili Sekertaris Mukti Hamjah, M.Si didampingi Koordinator Bidang Pendidikan Faisal, M.Pd mengungkapkan bahwa program yang akan dilaksanakan merupakan Program Diseminasi teknologi alat Peraga IPA. "Yang nantinya tidak hanya membahas mata pelajaran IPA secara Visual akan tetapi akan memberikan juga materi kepada guru-guru yang ada di Dharmasraya untuk mengkombinasikan antara kemampuan visual dengan komputasi yaitu beberapa program media pembelajaran seperti Algoodo dan google Classroom", papar dosen Fisika Universitas Negeri Medan tersebut.

Ditambahkan oleh Ketua Program Irfandi, M.Si bahwa pemateri yang akan mendampingi akan memberikan pengetahuan tentang pembelajaran e-learning yang berbasis e-forum untuk menambah kemampuan guru-guru dalam share pengetahuan terhadap teman sejawat. "Jadi kabupaten Dharmasraya berbasis IT akan benar-benar dapat terwujud setelah pelatihan yang kita laksanakan", beber direktur Pusat Study Pendampingan Rakyat tersebut.

"Saat ini untuk pilot project pembelajaran secara online untuk guru-guru di Dharmasraya dapat menggunakan dan sharing Perangkat Pembelajaran, Media belajar, Materi Pembelajaran dan Diskusi-diskusi tentang permasalahan pendidikan dapat di akses lewat e-forum dengan alamat http://kkg-dharmasraya.info,yang dapat diakses oleh guru kapanpun, dimanapun secara terbuka", ungkap Irfandi.

Pelatihan dan workshop ini melibatkan sebanyak 40 orang perwakilan guru dan dan 29 Kepala Sekolah SD se kabupaten Dharmasraya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Korwil Dinas Pendidikan Pulau Punjung Indrawati, M.Pd., Koordinator Program Kewirausahaan & Teknologi Tepat Guna Deo Demonta Panggabean, M.Pd, BPPC LPM Unimed Novita Indah Hasibuan, M.Pd, Bidang Data Dan Informasi Fahmy Syahputra, M.Com, Kepala Sekolah SDN 08 Pulau Punjung Sri Darti, S.Pd, Direktur Eksekutif Jurnal Online Iklafi Teguh Febri Sudama, M.Pd dan Puluhan Kepala Sekolah dan guru yang tersebar di Kabupaten Dharmasraya.

Editor: Herda

T#g:LPM Unimed
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 08 Des 2018 19:08

    LPM Unimed Jalin Sinergisitas dengan Konsulat Jenderal Negara-negara Sahabat

    LPM Unimed Siap Hadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0 Melalui Integrasi Sistem Pendidikan, Teknologi Dan Kerjasama Internasional.

  • Kamis, 15 Nov 2018 20:15

    Komisi VII DPR RI, Ristek Dikti dan LPM Unimed Bantu UMKM Ikan Sale di Tabagsel

    Ristek Dikti dan Komisi VII DPR RI menggandeng Unimed dalam rangka meningkatkan taraf perekonomian Masyarakat Tapanuli bagian Selatan (Tabagsel) dengan penerapan teknologi tepat guna dalam kegiatan Di

  • Kamis, 05 Okt 2017 19:05

    LPM Unimed Diseminasi Teknologi Pembelajaran di Sumatera Barat

    Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Negeri Medan gencar melakukan kegiatan peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya di Sumatera Utara akan tetapi sampai ke propinsi lain. Dalam keg

  • Rabu, 20 Sep 2017 17:50

    Pembentukan Karakter & Pengenalan Budaya, Unimed Latih Anak Usia Dini

    Pendidikan karakter dan pengenalan budaya merupakan hal yang mutlak yang diberikan kepada masyarakat sejak usia dini.

  • Senin, 18 Sep 2017 08:38

    LPM Unimed Dampingi Pengusaha Mikro di Asahan untuk Inovasi Produk

    Keberadaan usaha mikro sangat penting khususnya dalam menopang perekonomian nasional. Peran strategis usaha miko tersebut tidak diragukan lagi terutama kemampuan usaha mikro tersebut untuk mempertahan

  • Minggu, 17 Sep 2017 11:07

    Pusdib-KLH Unimed Gelar Olimpiade Pengetahuan Lingkungan Hidup

    Ketua Pusat Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (Pusdib KLH Unimed), Syarifuddin, M.Sc., Ph.D dalam sambutannya mengatakan degradasi lingkungan di Indonesia telah sampai pada tahap yang sanga

  • Sabtu, 09 Sep 2017 02:09

    LPM Unimed Bekali Ekonomi Produktif Anak Jalanan

    Unimed sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi di Sumatera Utara tidak ingin berada di menara gading dengan program-program yang hanya menyentuh pendidikan tingkat tinggi.

  • Kamis, 07 Sep 2017 18:17

    LPM Unimed Gelar Workshop Pembelajaran Sains Menyenangkan Berbasis Games

    Dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan saat ini giat melakukan pelatihan dan workshop pembelajaran sains berbasis Guru Asyik Menyenangkan dan Energik dala

  • Rabu, 06 Sep 2017 22:46

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah Deli Serdang Butuh Perhatian Pemerintah

    Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di wilayah Deli Serdang butuh perhatian serius dari pihak pemerintah.

  • Selasa, 05 Sep 2017 08:15

    LPM Unimed Manfaatkan Limbah Meuble jadi Media Tanam Jamur Tiram

    Lembaga pengabdian masyarakat (LPM) Unimed intensif melakukan pemberdayaan masyarakat pinggiran dengan berbagai kegiatan produktif yang mengasah skill masyarakat hingga mampu tetap eksis dalam persaingan pada masyarakat luas.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak