Jumat, 17 Agu 2018 09:06
  • Home
  • Pemilukada
  • Sihar Ajak Maknai Pesan Taman Wisata Iman di Kabupaten Dairi

Sihar Ajak Maknai Pesan Taman Wisata Iman di Kabupaten Dairi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 04 Jun 2018 21:34
bcl comm
Calon wakil gubernur Sumatera Utara, Sihar Sitorus saat berkunjung ke Taman Wisata Iman di perbukitan Desa Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi, Minggu (3/6).
Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak memaknai keberadaan Taman Wisata Iman di perbukitan Desa Sitinjo Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi. Ini dikatakannya saat berkunjung ke sana, Minggu (3/6/2018) kemarin.

Taman Wisata Iman ini berdiri di atas lahan seluas 130.000 m2, sebagai tempat wisata religi. Keberadaan Taman Wisata Iman ini menggambarkan lima agama yang diakui di Indonesia. Dari kelima agama tersebut, dibangun satu taman yang berisikan bangunan ibadah bagi pemeluk agama masing-masing. Mulai dari tempat peribadatan hingga miniatur bangunan yang dianggap bersejarah dan mengenang peristiwa-peristiwa penting bagi pemeluknya.

Yakni, lapangan Manasik Haji dan Masjid, Perjalanan Kehidupan Yesus Kristus. Dimulai dari Kandang Domba di Betlehem, Yesus memberi makan 5.000 orang, Yesus berdoa di Taman Getsmani, 14 tahap perjalanan salib (Via Dolorosa), Bukit Golgata dan Kebangkitan Yesus. Kemudian, Vihara Saddhavadana dengan patung Buddha Rupang, patung Abraham, patung Nabi Musa, Gereja Oikumene, Gua Bunda Maria, dan Perahu Nabi Nuh, dan Kuil Hindu.

Di sana, pendamping Djarot Saiful Hidayat itu mengunjungi semuanya. Menapaki lokasi yang berbeda dengan berjalan kaki, naik anak turun tangga, Sihar tampak antusias melihat bangunan masing-masing kelima agama. Dirinya pun tak sungkan bertanya dan minta penjelasan pada petugas Taman Wisata Iman yang mendampinginya.

Sihar menilai, Taman Wisata Iman ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata religi semata. Pesan Taman Wisata Iman ini juga kiranya disampaikan kepada anak-anak sebagai media pembelajaran. Perbedaan kiranya tak menjadi pemisah untuk pembangunan dan kemajuan Sumatera Utara. "Taman Wisata Iman ini dibangun tentunya untuk menjaga kerukunan beragama antarwarga Sumut khususnya, dan Indonesia pada umumnya. Ini juga sebagai bentuk pendidikan tentang agama lainnya. Kita punya kesempatan belajar, tahu agama lain, saling memahami," ungkap pria murah senyum itu.

Tak hanya itu, Taman Wisata Iman ini juga patut menjadi tempat rekreasi bersama keluarga. Dengan pemandangan di bawah perbukitan Desa Sitinjo itu. "Juga sebagai tempat rekreasi, karena pemandangan yang sangat bagus. Juga dengan udara sejuk dan nyaman, untuk ketenangan mengasah spritual kita," katanya.

Katanya, dengan potensi yang dimiliki Kabupaten Dairi ini menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan baik lokal maupun luar negeri, sehingga menambah pendapatan asli daerah (PAD). "Apa yang disajikan di sini, menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Dairi ini, yang menjadi salah satu penyumbang pendapatan daerah. Sisi lain, pasti menjadi perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Editor: Herda

T#g:DairiWisata
Berita Terkait
  • Rabu, 08 Agu 2018 20:08

    Evakuasi 15 Wisatawan Asing ke Pelabuhan Labuan Bajo

    Petugas yang tergabung dalam tim gabungan Basarnas Labuan Bajo terdiri dari 1 Personel Posal Labuan Bajo, 2 Personel Pol Airud Mabar, 2 personel unit Inteldim 1612/Mgr dan 3 Sat Intelpol Mabar berhasi

  • Selasa, 07 Agu 2018 22:07

    Kasum TNI Tinjau Evakuasi Wisatawan di Lombok Utara

    Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum & Keamanan Republik Indonesia (Menkopolhukam RI) Jenderal TNI (Pu

  • Rabu, 18 Jul 2018 17:18

    Refleksi HUT Ke-11 Palas, Aek Sosa, Wisata Alam Belum Tertata

    Satu lagi lokasi wisata alami air sungai "Aek Sosa" yang masih eksotis dan segar yang terletak di Desa Hapung Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), yang hingga kini masih belum ditata apik oleh pemerintah setempat.

  • Rabu, 11 Jul 2018 15:11

    Pj Gubsu: Pesona Humbahas Bukti Peduli Pelestarian Budaya

    Pesona budaya Humbahas (Humbang Hasundutan) yang digelar di kawasan danau Toba Bakkara Kecamatan Baktiraja merupakan bukti Pemkab Humbahas sangat peduli dengan pelestarian dan pengembangan kebudayaan

  • Senin, 02 Jul 2018 00:02

    5 Makanan ini Ampuh Cegah Mabuk Perjalanan

    Bagi yang akan mudik ke kampung halaman, pastikan agar kondisimu selama perjalanan terasa nyaman. Salah satunya, dengan menghindari mabuk perjalanan.

  • Rabu, 20 Jun 2018 15:20

    Polres Deli Serdang Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata

    Sejumlah tempat wisata dan liburan yang ada di Kabupaten Deli Serdang banyak diserbu oleh masyarakat. Agar aktivitas masyarakat dapat berlangsung aman dan nyaman selama berwisata dan berlibur, Polres

  • Sabtu, 16 Jun 2018 19:36

    Hari Kedua Idul Fitri Masyarakat Mulai Banjiri Lokasi Wisata

    Kebiasaan masyarakat setelah hari pertama merayakan Idul Fitri dengan Sholat Idul Fitri dilanjutkan bermaaf-maafan bersama keluarga dan tetangga lain halnya di hari ke dua sambil bersilaturahmi kepada

  • Senin, 11 Jun 2018 13:11

    Panglima TNI: Tingkatkan Pengamanan Objek Wisata di Jawa Timur

    Pengamanan destinasi wisata di Jawa Timur perlu ditingkatkan mengingat wilayah tersebut memiliki banyak objek wisata dan menjadi salah satu tujuan para pemudik lebaran, sehingga secara otomatis masyar

  • Minggu, 10 Jun 2018 16:50

    "Handphone saya mati, Bagaimana negara luas tanpa komunikasi?"

    Berikut adalah potongan pidato kampanye calon Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu di Desa Pardomuan Kecamatan Siempat Nempu Hilir, kemarin, Sabtu (9/6/2018). Kampanye ini dihadiri juga oleh calon Waki

  • Sabtu, 02 Jun 2018 23:12

    Sihar Ajak Warga Dairi Jadi Bagian Perubahan Menuju Kemajuan

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus mengajak warga Dairi untuk menjadi bagian dari perubahan dan kemajuan Provinsi Sumut ke depannya.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak