Jumat, 17 Agu 2018 09:07
  • Home
  • Opini
  • Kali Sentiong, pencemaran sungai dan masalah yang dibesar-besarkan

Kali Sentiong, pencemaran sungai dan masalah yang dibesar-besarkan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dodik Prasetyo, kontributor Lembaga Studi Informasi Strategis Indonesia (LSISI).
Rabu, 08 Agu 2018 23:08
Berita Satu
Pemerintah, baik pusat maupun daerah, tengah berkerja keras untuk menyelesaikan berbagai persiapan Asian Games yang tinggal menghitung hari. Salah satu isu yang sedang mencuat ke tengah publik ialah persoalan Kali Sentiong atau Kali Item di Kemayoran, Jak

Kali tersebut tidak hanya berwarna hitam karena lumpur yang sudah lama tidak dikeruk tapi juga berbau busuk. Bau tidak sedap tersebut diketahui berasal dari salah satu pabrik limbah pabrik yang berada di sekitar Kemayoran. Maka pilihan terbaiknya adalah menghentikan sementara pabrik-pabrik yang membuang limbah mereka ke Kali Sentiong.

Tentu solusi tersebut tidak hanya dilakukan saat Asian Games saja tapi juga harus dilakukan secara permanen. Tapi untuk sementara karena Asian Games sudah sebentar lagi digelar dan letak Kali Sentiong berdekatan dengan Wisma Atlet, tempat dimana para atlet-atlet dari seluruh Asia menginap pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggunakan solusi jangka pendek.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggunakan waring, yakni sejenis anyaman yang terbuat dari bahan plastik. Solusi ini digunakan agar bau tidak sedap Kali Sentiong terlalu menyengat. Pada, hari Jumat (3/8), Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Wakli Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno melakukan peninjauan ke Kali Sentiong.

Kini Kali Sentiong sudah tidak lagi mengeluarkan bau tidak sedap. Bahkan Wapres Jusuf Kalla dan Wagub Sandiaga Uno makan pisang di pinggir kali. Hal mereka lakukan untuk menunjukan kepada publik bahwa persoalan bau Kali Sentiong sudah selesai, meski hanya sementara.



Tentu persoalan pencemaran sungai-sungai di Jakarta bukan persoalan yang bisa diselesaikan dengan solusi jangka pendek. Perlu sebuah usaha dan kerja keras dari pemerintah baik pusat maupun provinsi untuk mengatasi masalah tersebut.

Persoalannya terbesarnya tentu karena lebih dari 90 persen limbah domestik di Jakarta dibuang ke sungai, laut atau bawah tanah melalui septic tank tanpa diolah. Masalah sanitasi yang tidak kelola dengan baik selama bertahun-tahun juga menjadi penyebab sungai-sungai di Jakarta seperti Kali Sentiong tercemar.

Data dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menunjukkan buruknya kualitas air di Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian Bappenas, 96 persen air perkotaan dalam kondisi tercemar berat.

Tapi saat ini Indonesia dan Jakarta sebagai salah satu dari dua kota yang menjadi tuan rumah Asian Games harus segera menyelesaikan persoalan ini dengan cepat. Nyatanya pemerintah pusat dan DKI Jakarta bergerak dengan cepat. Sampah-sampah yang menggunung di Kali Sentiong sedang dalam proses pengakutan. Petugas UPK Badan Air Provinsi DKI Jakarta sedang mengangkat sampah-sampah yang terhampar di Kali Sentiong.

Tentu setiap masalah dan persoalan di negara ini tidak bisa diselesaikan oleh satu atau dua pihak. Seluruh komponen masyarakat harus sadar dan aktif berperan serta mencari dan menemukan solusi yang terbaik.

Yang menjadi persoalannya kini bukan hanya Kali Sentiong yang menjadi objek masalah. Tapi bagaimana masalah ini dibesar-besarkan dan disebarkan dengan cara yang salah. Cepatnya berkembang teknologi informasi membuat semua warga dapat menyebarkan dan menerima berbagai informasi.



Persoalan Kali Sentiong ini tentu bukan masalah yang baru ditemukan akhir-akhir ini. Tapi permasalahan yang sudah lama ada dan terus dicari cara terbaik untuk menyelesaikannya. Namun karena Kali Sentiong berada di dekat salah satu fasilitas penting Asian Games Jakarta-Palembang masalah ini kembali muncul ke permukaan.

Sebagai tuan rumah tentu kita tidak mau tamu-tamu dari berbagai belahan Asia mencium bau tidak sedap dari Kali Sentiong. Maka yang dilakukan pemerintah adalah berusaha agar bau tidak sedap tidak tercium oleh para atlet luar maupun dalam negeri yang menginap di Wisma Atlet.

Pada tahun 2016 lalu mantan Gubernur Jakarta Basuki Tjahaya Purnama atau yang biasa dipanggil Ahok berhasil membersihkan Wuduk Pluit dan kali Ciliwung. Tapi kala itu Asian Games masih jauh di depan mata. Kini Asian Games sudah sebentar lagi digelar. Maka pemerintah tentu membutuhkan solusi yang cepat dan praktis.

Solusi ini tentu tidak akan menjadi solusi jangka panjang. Butuh solusi yang menyeluruh yakni memperbaiki sanitasi dan pencemaran sungai. Pemulihan kondisi sungai juga membutuhkan kerja sama masyarakat dalam mendukung program pemerintah. 

Persoalan Kali Sentiong ini sebenarnya pada proses penyebaran informasi yang parsial. Semua bertindak reaktif dan tidak sabar menunggu penyelesaian masalahnya. Terlebih lagi hal ini tidak sekedar tentang pencemaran sungai tapi juga harga diri bangsa.

Jika atlet-atlet dalam maupun luar negeri merasa tidak nyaman karena bau tidak sedap yang menyeruak dari Kali Sentiong maka tidak hanya pemerintah DKI Jakarta yang merasa malu. Tapi seluruh rakyat Indonesia sebagai tuan rumah.

Maka, persoalan Kali Sentiong yang sebenarnya sudah selesai meski solusinya jangka pendek, tidak perlu lagi dibesar-besarkan. Tidak perlu saling menyalahkan dan merasa memiliki solusi yang paling baik. Menjaga kondisi dan tetap mendorong promosi Asian Games lebih penting daripada membesarkan masalah yang sebenarnya sudah selesai.

Untuk persoalan pencemaran sungai dan buruknya sanitasi di Jakarta dibahas dan dicarikan solusi jangka panjangnya setelah Asian Games selesai. Ada baiknya persoalan ini kembali dibahas setelah penyelenggaraan multievent terbesar nomor dua di dunia ini usai.

Untuk saat ini seluruh komponen bangsa dari masyarakat, media massa dan pihak-pihaknya lainnya fokus untuk menyambut dan mempersiapkan Asian Games sebaik mungkin. Menunjukkan kepada dunia melalui Asia bahwa Indonesia negara besar yang bisa berprestasi dan menyelenggarakan event sebesar Asian Games.

Editor: Sam

T#g:Asian Gamespolusisungai
Berita Terkait
  • Rabu, 15 Agu 2018 21:15

    Tim Medis TNI-Polri Siap Dukung Asian Games 2018

    Kesiapsiagaan personel Tim Medis Kesehatan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kesehatan TNI-Polri telah dipersiapkan juga dilengkapi dengan armada Ambulan darat maupun Ambulan udara berbagai t

  • Kamis, 16 Agu 2018 04:26

    Persiapan Pengamanan Jelang Asian Games 2018

    Asian Games merupakan salah satu agenda besar yang saat ini sedang dipersiapkan oleh Indonesia. Pasalnya, Indonesia akan menjadi tuan rumah dari even berskala Internasional tersebut. Tepatnya berada d

  • Minggu, 12 Agu 2018 13:02

    Aksi Kebangsaan Doa & Tanda Tangan Komitmen Agar Indonesia Jadi Tuan Rumah Terbaik Asian Games

    Pagi tadi, seribuan warga berdoa dan menandatangi komitmen agar Indonesia jadi Tuan Rumah terbaik sepanjang sejarah Asian Games.

  • Jumat, 10 Agu 2018 07:00

    Aksi Kebangsaan Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Terbaik Asian Games, Digelar 12 Agustus 2018

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) kembali akan menggelar aksi kebangsaan di area bebas kendaraan, bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu, 12 Agustus 2018, Pukul 06.00-09.

  • Sabtu, 11 Agu 2018 04:11

    Asian Games 2018 Festival Olahraga Penuh Sejarah

    Jakarta dan Palembang mulai berias menyambut Asian Games 2018, di berbagai sudut kota terlihat berbagai spanduk dan mural khas Asian Games, masyarakat di sekitar venue pertandingan juga berusaha menye

  • Selasa, 07 Agu 2018 09:47

    Saling Mencari Kambing Hitam, Polemik Jelang Asian Games Tidak Bisa Terselesaikan

    Beberapa minggu ke depan, Indonesia akan memiliki hajat istimewa yang tidak boleh kita lewatkan begitu saja. Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018 yang akan bertempat di dua kota di Indon

  • Sabtu, 04 Agu 2018 14:14

    TNI dan Polri Dukung Pelaksanaan Asian Games ke-18

    Pesawat TNI AU Boeing 737 yang membawa api abadi Asian Games dengan rute Jogjakarta menuju wilayah timur dan barat serta esok hari ke Jakarta, adalah bentuk dukungan penuh dari Tentara Nasional Indone

  • Jumat, 03 Agu 2018 19:13

    Panglima TNI Pimpin Apel Komando Operasi Karhutla

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., memimpin Apel Komando Operasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diikuti 1.510 personel gabungan TNI dan Polri serta instansi terkait Provinsi Sumse

  • Jumat, 03 Agu 2018 16:53

    Panglima TNI Kunjungan Kerja ke Palembang

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Aspers Panglima TNI Marsda TNI Dedy Permadi, S.E., M.M.D.S, Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah, Waasops Panglima TNI Marsma TNI Chai

  • Jumat, 03 Agu 2018 10:03

    Infrastruktur Jakarta dan Palembang Siap Selenggarakan Asian Games 2018

    Kurang dari satu bulan lagi, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2018, Indonesia akan menyelenggarakan gelaran Asian Games 2018 yang kedua kalinya, di Jakarta dan Palembang. Untuk menyambut festival olah

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak