Jumat, 14 Mei 2021 01:22
  • Home
  • Kesehatan
  • Ridwan Kamil Pantau Simulasi Pemberian Vaksin COVID-19 di Kota Depok

Ridwan Kamil Pantau Simulasi Pemberian Vaksin COVID-19 di Kota Depok

Depok (utamanews.com)
Oleh: Dito
Jumat, 23 Okt 2020 00:23
Humas Jabar
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil memantau secara langsung simulasi sistem pemberian vaksin COVID-19 yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar di Puskesmas Poned Tapos, Kota Depok, Kamis (22/10/20).

Kang Emil --sapaan Ridwan Kamil-- mengatakan, simulasi bertujuan mengetahui waktu yang dibutuhkan untuk vaksinasi COVID-19, dan jumlah warga yang disuntik dalam sehari. Selain itu, simulasi merupakan respons cepat terhadap pembelian vaksin oleh pemerintah pusat. 

"Simulasi ini akan mengetahui satu puskesmas dapat melakukan penyuntikan berapa kali. Misal sehari 100 orang, kami hitung berapa jumlah puskesmas di Depok. Lalu, dikalikan jumlah sasaran yang ditargetkan. Itu pentingnya simulasi ini," kata Kang Emil. 

Kang Emil mengikuti semua rangkaian simulasi. Mulai dari screening, cuci tangan, pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, proses penyuntikan, sampai menunggu 30 menit untuk melihat reaksi vaksin. 

Menurut Kang Emil, pihaknya akan membuat sejumlah skenario untuk vaksinasi. Jika kapasitas Puskesmas dinilai kurang, pihaknya akan menyiapkan gedung-gedung publik sebagai tempat penyuntikan vaksin. 


Begitu juga apabila tenaga kesehatan vaksinasi kurang. Pemda Provinsi Jabar akan membuka pendaftaran relawan tenaga kesehatan dengan sejumlah kriteria. 

"Nanti ketahuan jumlah orang perhari yang divaksin. Apakah jumlah puskesmas yang ada di Depok dan Jabar cukup? Kalau tidak cukup, berarti gedung serbaguna, gedung olahraga, dan gedung lain akan kita jadikan tempat vaksinasi," ucapnya. 

"Kalau jumlah tenaga vaksinnya juga tidak cukup, berarti kita buka relawan sesuai kriteria untuk jadi penyutik dan tim panitia," imbuhnya. 

Sebanyak 9,1 juta warga di Republik Indonesia rencananya akan divaksinasi pada November hingga Desember 2020 dengan vaksin yang dibeli pemerintah pusat dari tiga produsen vaksin luar negeri. 

Kang Emil mengatakan, Kota Depok diproyeksikan menjadi daerah pertama di Jabar yang melakukan vaksinasi COVID-19. Setelah itu, empat daerah lain di kawasan Bodebek (Bogor-Depok-Bekasi) akan melakukan vaksinasi COVID-19. 


Pemda Provinsi Jabar mengajukan alokasi bagi 3 juta warga Jabar khususnya untuk wilayah Bodebek karena merupakan daerah epidemiologi tinggi. 

"Kewenangan untuk menentukan jumlah alokasi vaksin untuk setiap provinsi itu tetap berada di pemerintah pusat," kata Kang Emil. 

Vaksinasi COVID-19 diprioritaskan bagi orang yang berisiko tertular, seperti tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan, tenaga kesehatan di laboratorium rujukan COVID-19, dan TNI/Polri. 

Kang Emil mengatakan, vaksinasi dilakukan kepada warga yang berusia 18-59 tahun. Warga yang berusia diluar rentang tersebut, kata ia, akan disuntik vaksin apabila mendapat rekomendasi dari dokter. 

"Untuk yang diluar umur itu (18-59 tahun) harus menggunakan rekomendasi dari dokter. Karena vaksin yang diteliti ini tidak ada relawan usia balita, dan lanjut usia," ucapnya. 

Menurut Kang Emil, vaksinasi COVID-19 akan menguras waktu dan tenaga yang banyak. Oleh karena itu, persiapan yang matang diperlukan. 

"Prosesnya rumit, tapi lebih baik jadi masyarakat yang siap daripada nanti jadi keteteran," ucapnya. 

Kang Emil mengatakan, dengan adanya penyuntikan vaksin COVID-19 pada November-Desember 2020, virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 tidak langsung menghilang. Masyarakat harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M sampai kondisi pulih. 

"Seperti cacar di dunia setelah divaksin grafik turun. Begitu juga COVID-19. Tidak akan hilang langsung 100 persen karena bertahap. Yang pasti warga Depok kami prioritaskan sebagai kota pertama dapat vaksin ini," katanya. 
Editor: Herda

T#g:DepoksimulasiVaksin
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Mei 2021 01:12

    AKBP Robin Cek Pelaksanaan Vaksinasi Covid19 di Perbaungan, Sergai

    Mendukung program pemerintah dalam percepatan Vaksin Covid19, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang, S.H, M.Hum memantau pelaksanaan Vaksinasi Covid19 kepada Masyarakat Serdang Bedagai, di Puskesmas K

  • Jumat, 07 Mei 2021 22:47

    Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Simanjuntak Cek Vaksinasi di Kampung Kelahirannya

    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara Irjen Pol Drs Panca Putra Simanjuntak MSi melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Toba, Jumat (7/5/2021).

  • Selasa, 04 Mei 2021 14:24

    Kapolres AKBP Romadhoni Sutardjo Cek Ketersediaan Vaksin Covid-19 di Binjai

    Kapolres Binjai AKBP Romadhoni Sutardjo, melaksanakan pengecekan persediaan Vaksin Covid-19 di Kantor Dinas Kesehatan Kota Binjai yang beralamat di Jalan Ikan Hiu, Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Binjai Timur, Selasa (4/5).

  • Selasa, 04 Mei 2021 08:54

    Tangkal Pandemi, Bupati Sergai Gelar Roadshow di Kecamatan Pegajahan

    Komitmen Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) untuk mencegah penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan mensosialisasikan larangan mudik lebaran 2021 ditunjukkan oleh Bupati Se

  • Senin, 03 Mei 2021 22:03

    Kapoldasu Tinjau Vaksinasi Bagi Lansia di Kabupaten Samosir

    Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara, Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak MSi meninjau vaksinasi Lansia sekaligus melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Samosir, Senin (3/5/2021).

  • Selasa, 27 Apr 2021 18:07

    Kahiyang Ayu hadiri vaksinasi Lansia yang digelar TP PKK Provinsi Sumut

    Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Muhammad Bobby Afif Nasution berharap seluruh masyarakat Lanjut Usia (Lansia) di kota Medan bersedia untuk divaksin Covid-19.

  • Sabtu, 24 Apr 2021 08:04

    Wali Kota Medan Copot Kadis Kesehatan, Wong Chun Sen: Itu Sudah Pas

    Akibat dianggap kurang respon perintah perbaikan penanganan masalah Covid-19, akhirnya, Wali Kota Medan Bobby Afif Nasution mencopot Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi, Jumat (23/4/2021).

  • Sabtu, 24 Apr 2021 03:24

    Wartawan Polda Sumut Ikuti Vaksinasi

    Sejumlah wartawan yang bertugas di Mapolda Sumut menerima suntikan vaksin kekebalan Covid-19 yang dilaksanakan di ruangan Biddokkes Polda Sumut, Jumat (23/4/2021).

  • Rabu, 21 Apr 2021 20:21

    Panglima TNI Bersama Kapolri Tinjau Gelaran Vaksinasi di Bali

    Di tengah Pandemi Covid-19 yang masih melanda hingga saat ini, tentunya Bali juga terkena dampak dari pandemi tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan keseriusan dari setiap pihak terkait untuk bersama-s

  • Selasa, 20 Apr 2021 02:20

    Kapuspen TNI: Program Vaksin Nusantara Bukan Program Dari TNI

    Program vaksin Nusantara bukan program dari TNI. Namun demikian sesuai dengan sikap pemerintah terkait berbagai bentuk inovasi dalam negeri seperti vaksin dan obat-obatan untuk penanggulangan Covid-19

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak