Kamis, 29 Okt 2020 02:25
  • Home
  • Ekonomi
  • Pemkab Paluta Salurkan Program Sembako Kepada KPM

Pemkab Paluta Salurkan Program Sembako Kepada KPM

Paluta (utamanews.com)
Oleh: Umar Rambe
Senin, 02 Mar 2020 09:02
Istimewa
Program bantuan pangan non tunai (BPNT) di Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) sudah berubah menjadi bantuan sosial pangan program sembako pada tahun 2020. Dan penyaluran bantuan program sembako untuk keluarga penerima manfaat (KPM) itu sudah mulai dilaksanakan bulan ini.

Transformasi bantuan sosial pangan program BPNT menjadi program sembako merupakan kebijakan Kementerian Sosial RI. Tujuannya untuk penguatan perlindungan sosial dan meningkatkan efektivitas program bantuan sosial pangan kepada keluarga miskin.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Paluta Ongku Bangsawan Hasyim Harahap S.Sos mengatakan, sebelumnya pergantian program BPNT menjadi program sembako telah disosialisasikan kepada distributor, agen, tenaga pendamping dan KPM.
Dalam sosialisasi program sembako, disebutkan indeks bantuan naik dari sebelumnya Rp110.000 menjadi Rp150.000 per KPM per bulan.

Jenis bahan pangan yang dibeli dalam program sembako pun tak hanya beras dan telur tetapi ditambah komoditas sembako yang mengandung protein dan nabati sesuai dengan kebutuhan masyarakat KPM.

Sebab katanya, program sembako ini juga merupakan salah satu langkah pemerintah dalam mencegah stunting dengan memperhatikan asupan gizi dari KPM melalui bahan pokok berprotein dan nabati.

"Sudah disosialisasikan sebelumnya atas pergantian nama program BPNT ini. Maksud dan tujuan penaikan indeks bantuan pangan program sembako adalah untuk perbaikan gizi KPM melalui sembako berprotein dan nabati," ujar Ongku kepada awak media, Jumat (28/2/2020).

Dikatakannya, meski bertranformasi dari BPNT menjadi bantuan sosial pangan program sembako, namun cara penyalurannya masih tetap sama yakni melalui agen yang telah ditunjuk dan sudah ditetapkan atas persetujuan Pemkab Paluta dengan pihak Bank Mandiri sebagai rekanan penyalur.

Lanjutnya, masyarakat KPM yang sudah memiliki Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) akan mengambil bantuan dengan membawa kartunya ke agen yang sudah ada di wilayah yang bersangkutan menetap.

"Jadi, masyarakat KPM yang sudah memegang KKS akan mengambil bantuan sembako tersebut ke agen terdekat dengan menunjukkan kartu dan identitasnya yang sesuai," jelasnya.

Masih menurut Ongku, ada 46 agen penyalur atau yang disebut dengan E-warong yang telah ditunjuk dan tersebar di 12 kecamatan yang ada di kabupaten Paluta.

"Penyaluran perdana atau launching bantuan sosial pangan program sembako tahun ini sudah kita lakukan di kecamatan Hulu Sihapas dan Batang Onang melalui sejumlah agen penyalur atau E-warong yang sudah ditunjuk. Penyaluran juga dilaksanakan secara bersamaan di seluruh agen yang ada di kabupaten Paluta," terangnya.

Senada, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin pada Dinas Sosial Kabupaten Paluta Mukhtar Leo Harahap SH didampingi Kordinatoor bantuan sosial pangan Indra Muda Harahap menyebutkan, sesuai data bahwa ada sebanyak 10993 KPM yang menerima bantuan program sembako di kabupaten Paluta.

Namun, hingga saat ini yang sudah memiliki KKS dan sudah diserahkan kepada yang bersangkutan, hanya sebanyak 9965 KPM. Dan untuk sisanya saat ini sedang dalam tahap proses untuk penyerahan.

"Untuk penyalurannya akan dilakukan secara berkelanjutan di setiap bulan. Para KPM sudah bisa mengambil bantuannya sejak tanggal 10 setiap bulan melalui agen penyalur atau E-Warong terdekat," sebutnya.

Ia berharap, melalui program ini diharapkan masyarakat KPM dapat meningkatkan perekonomiannya sehingga setiap tahunnya jumlah masyarakat miskin terus menurun karena perekonomian meningkat setelah menerima bantuan sosial pangan program sembako.
Ia juga berpesan kepada agen penyalur atau E-warong yang ditunjuk agar dapat melayani KPM dalam pembelian sembako dan juga memperhatikan ketersediaan bahan pangan yang dibutuhkan KPM.
Editor: Adjie

T#g:BPNTKPMpaluta
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Okt 2020 09:20

    Aliansi Peduli Pendidikan Minta Kejelasan Proses Dugaan Penyimpangan Dana BOS Afirmasi Di Paluta

    Aliansi Peduli Pendidikan Paluta lakukan aksi damai terkait dugaan penyimpangan Dana Bos Afirmasi tahun 2019 dan 2020 yang kedua kalinya, di 4 titik di kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Senin (19

  • Jumat, 16 Okt 2020 22:46

    Aliansi Mahasiswa Paluta Demo Dinas PMD Terkait Bimtek dan Pengadaan Baliho

    Aliansi Mahasiswa Paluta melakukan aksi demo di Dinas PMDES Paluta dan kantor Bupati Paluta, Jumat (16/10/2020). Aksi demo dikawal dari pihak kepolisian Polsek Padang Bolak dan Satpol PP Paluta.Lobe M

  • Rabu, 14 Okt 2020 18:54

    Sembako PKH KPM Diduga Ajang Korupsi Dinas Sosial Sergai, Ketua LSM PAB Tri Julaidi: Ini Tidak Bisa Ditolerir

    Di masa Covid, masih ada oknum memainkan uang orang miskin penerima PHK, KPM Non Tunai.Program Keluarga Harapan (PKH) seharusnya mendorong Keluarga Penerima Manfaat (KPM) untuk memiliki akses untuk me

  • Selasa, 13 Okt 2020 08:03

    Tolak UU Omnibus Law, Aliansi Pemuda dan Mahasiswa Demo DPRD Paluta

    Seratusan massa dari Aliansi Mahasiswa dan Pemuda menggelar aksi unjuk rasa menolak Omnibus Law atau UU Cipta kerja, Senin (12/10/2020) di halaman kantor DPRD Padang Lawas Utara (Paluta).Dari pantauan

  • Selasa, 13 Okt 2020 08:13

    Bejat, 3 Pria yang ditangkap Polres Tapsel ini perkosa si istri setelah todong suaminya dengan Senpi

    Personil Polsek Padang Bolak, Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) ringkus tiga pelaku pemerkosa dan pencurian disertai kekerasan terhadap korban pasangan suami inisial S dan istri inisial PS di desa Huta

  • Selasa, 29 Sep 2020 13:09

    5.223 KPM PKH Terima Bantuan Beras Selama Tiga Bulan

    Wali Kota Tebingtinggi Ir H Umar Zunaidi Hasibuan MM menyerahkan secara simbolis kepada keluarga Penerima Manfaat (KPM) program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Tebingtinggi sebanyak 5.223 KPM. Penyerah

  • Selasa, 22 Sep 2020 21:02

    Pemkab Paluta Laksanakan Razia Masker

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) melakukan razia masker terhadap masyarakat di empat titik di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara dengan melibatkan tim gabungan yang terdiri dari para

  • Sabtu, 05 Sep 2020 08:45

    Wakil Bupati Hariro Harahap Lepas Kafilah Paluta Mengikuti MTQ Tingkat Provinsi Sumut

    Wakil Bupati Padang Lawas Utara Haji Hariro Harahap melepas keberangkatan rombongan Kafilah kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) untuk mengikuti Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke- XXXVII (37)

  • Kamis, 03 Sep 2020 22:53

    Polres Tapanuli Selatan terima 14 pucuk senjata rakitan dari warga Padang Bolak

    Kepala desa Padang Bujur serahkan 14 pucuk senjata api rakitan jenis laras panjang, ke Polres Tapanuli Selatan, Kamis (3/9/2020). Senjata- senjata ini diserahkan secara sukarela oleh warga melalui kep

  • Rabu, 02 Sep 2020 07:52

    Andar Amin Harahap Pimpin DPD Partai Golkar Paluta

    Andar Amin Harahap terpilih memimpin DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Padanglawas Utara (Paluta) periode 2020-2025 dalam musyawarah Daerah (Musda) ke III yang diselenggarakan di Hotel Sapa

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak