Sabtu, 17 Apr 2021 12:01
  • Home
  • Ekonomi
  • Bisa Panen Tiga Kali Setahun, Wagub Optimis Sumut Swasembada Bawang Merah

Bisa Panen Tiga Kali Setahun, Wagub Optimis Sumut Swasembada Bawang Merah

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 09 Jun 2020 14:09
Humas Pemprov Sumut
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah meninjau lahan tanaman bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan Tigajuhar, Kabupaten Deliserdang, Minggu (7/6).
Dalam upaya merealisasikan swasembada pangan, khususnya pada komoditi bawang merah di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Wakil Gubernur (Wagub) Musa Rajekshah meninjau lahan tanaman bawang merah di Desa Liang Pematang, Kecamatan Tigajuhar Kabupaten Deliserdang, Minggu (7/6).

Turut serta Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Wakil Ketua Dewan Riset Daerah Sumut Tohar Suhartono dan Kepala Desa Liang Pematang Bahagia Tarigan.

"Kita datang ke Desa Liang Pematang ini karena mendengar di sini banyak menghasilkan bawang merah. Masyarakat di desa ini hampir rata-rata menanam bawang merah yang saat ini harganya di pasar sedang tinggi dan kita tahu juga Sumatera Utara masih mengambil bawang merah dari Brebes. Jadi kita mau lihat potensi lahan di sini. Kalau memungkinkan seperti ini, kita bisa mengembangkan tanaman bawang merah lebih banyak lagi," ujar Wagub.

Menurut Wagub, hal ini juga sesuai dengan visi dan misi membangun Sumatera Utara yang bermartabat oleh Gubernur Edy Rahmayadi. "Kita yakin dan optimis karena memang tujuan visi pembangunan Gubernur Bapak Edy Rahmayadi dan saya sebagai wakilnya, salah satunya adalah mendongkrak pertanian di Sumatera Utara dan kita yakin, dengan kehadiran pemerintah di tengah masyarakat dan membantu keperluan-keperluan masyarakat saya yakin ini bisa berhasil," tutur Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.


Apalagi, saat melakukan peninjauan di lapangan, Ijeck cukup dibuat kagum dengan hasil bawang merah yang menjadi komoditi unggulan dari daerah ini. Ijeck mengapresiasi tanaman bawang bisa ditanam hingga tiga kali dalam setahun. Daerah di sini cukup cocok dengan ketinggian mencapai 800 mdpl, didukung oleh cuaca dan udaranya yang sangat mendukung.

Melihat kondisi lapangan, Ijeck optimis Sumut bisa meningkatkan panen bawang merah di Sumut. Apalagi, Sumut memiliki banyak daerah yang berada pada ketinggian 700 mdpl, yang bagus untuk pengembangan tamanam bawang merah.

"Kita mau peningkatan panen bawang merah supaya swasembada pangan khususnya bawang serta ketahanan pangan kita juga bisa teratasi untuk tahun-tahun berikutnya. Apalagi suasana Covid-19 ini kita tahu banyak daerah juga sekarang ini menutup atau sedikit memperketat hasil-hasil bumi keluar dari daerahnya. Melihat situasi itu, kita juga harus melakukan langkah-langkah persiapan ke depan," jelas Ijeck.


Kepala Desa Liang Pematang Bahagia Tarigan mengapresiasi kehadiran Wagub Musa Rajekshah ke desanya. Sebelumnya juga, dari penuturan Kepala Desa, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi juga sudah mengunjungi Desa Liang Pematang.

"Jadi di sini juga kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, khususnya kepada Bapak Ijeck selaku Wakil Gubernur Sumut, yang telah sudi berkunjung ke Desa Liang Pematang untuk melihat-lihat lokasi lahan bawang merah. Kami berharap ke depan, kita bisa bekerja sama untuk pengembangan potensi bawang merah khususnya di Kabupaten Deli Serdang dan wilayah lainnya di Sumatera Utara. Mungkin di sinilah salah satu titik tempat kita belajar agar bisa kita kembangkan di desa/wilayah yang lain untuk mencukupi kebutuhan pangan khususnya bawang merah untuk Sumatera Utara," jelas Bahagia Tarigan.

Dijelaskan Bahagia, sudah sejak dulu desanya menjadi salah satu lumbung penghasil bawang merah. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bawang merah, seluruh warganya diajak untuk terus mengembangkan ilmu menanam bawang merah. Terbukti saat ini masyarakat sudah bisa menanam bawang merah hingga tiga kali dalam setahun.

"Kalau dulu, masyarakat kita hanya menanam bawang itu sekali setahun yaitu pada musim kemarau ataupun di bulan April. Bersama dengan warga kita lakukan pengembangan dan ternyata cuaca di sini masih cukup baik untuk pengembangan bawang merah. Masyarakat kita itu sudah menanam bawang merah tiga kali dalam setahun. Cuma yang kurang pas waktu penanamannya itu dari bulan September hingga November. Di luar itu, warga kita sudah bisa," jelasnya.

Dengan keoptimisan Wagub, bahwa Sumut bisa swasembada pangan khususnya bawang merah, Bahagia Tarigan pun turut yakin hal ini bisa terwujud. Mengingat memang banyak dataran tinggi di Sumut yang bisa digali potensinya.


"Saya cukup lama tinggal di Pulau Jawa, dan setahu saya, jadi pasokan bawang merah dari Brebes ataupun Bima untuk wilayah Sumatera Utara masih cukup besar. Saya pun yakin banyak di daerah-daerah lain yang masih bisa digali potensi untuk mengembangkan bawang merah," jelas Bahagia.

Wakil Ketua Dewan Riset Daerah Sumut Tohar Suhartono juga optimis dengan rencana Wagub Sumut mengenai pengembangan potensi bawang merah serta melihat potensi lain yang bisa dikembangkan bersamaan dengan bawang merah.

"Sesuai kata Pak Wagub tadi untuk swasembada pangan khususnya bawang merah di Sumut, kalau kami lihat Insya Allah bisa terpenuhi. Tapi mungkin, tanah yang masih luas ini masih bisa dimanfaatkan untuk hal lain," jelas Tohar.

Selain pengembangan potensi pangan, Tohar juga memberi saran pengembangan potensi pariwisata khususnya di Desa Pematang Liang. "Kami juga mengamati, mengenai Desa Liang Pematang ini bisa tembus ke Kabupaten Karo. Hal ini bisa menjadi jalur alternative, apakah itu untuk meningkatkan potensi pariwisata juga menjadi jalur logistik dan lainnya," ujar Tohar.
Editor: Herda

T#g:bawangTiga Juhar
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Jan 2021 18:20

    Babinsa Kodim 0209/LB Dorong dan Motivasi Petani Bawang Merah

    Pandemi covid-19 menjadi momok bagi semua pelaku ekonomi bahkan hingga para petani. Untuk membangkitkan dan menjaga semangat para petani agar tetap bercocok tanam, Babinsa Koramil 08/RP Serda Salman P

  • Kamis, 10 Des 2020 19:40

    Kapolresta Deli Serdang Bagikan Sembako Kepada Warga Kurang Mampu

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Yemi Mandagi SIk melalui Kapolsek Tiga Juhar Polresta Deli Serdang AKP Salija SH memberikan bantuan sembako kepada warga kurang mampu, Kamis (10/12/2020).Kapolsek Tiga J

  • Senin, 23 Nov 2020 20:13

    Pemkab Dairi Terima Bantuan Bibit dan Saprodi Bawang Merah

    Pemkab Dairi menerima bantuan bibit dan Saprodi bawang merah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan stimulus ekonomi ini sumber dana refocussing APBD TA 2020 Ta

  • Rabu, 28 Okt 2020 15:28

    2,5 Bulan Lagi Presiden Tinjau Kembali Food Estate Humbahas, Gubernur: Jadikan Sebagai Motivasi

    Presiden RI Joko Widodo meninjau perkembangan kawasan Food Estate (Lumbung Pangan) di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), tepatnya di Desa Siria-ria Kecamatan Pollung, Selasa (27/10).Turut mendam

  • Minggu, 30 Agu 2020 21:50

    Edy Rahmayadi Senang Produksi Bawang Merah STM Hulu Makin Meningkat

    Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deli Serdang kembali melakukan panen bawang merah. Kali ini, panen dilakukan di Desa Liang Pematang, dengan luas lahan 1,5 hektare (Ha) yang mempr

  • Minggu, 21 Jun 2020 16:21

    Menteri Pertanian Optimis Humbahas Jadi Sentra Bawang

    Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo optimis Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bisa menjadi salah satu sentra pertanian di Sumut, khususnya bawang putih dan bawang merah. Karena lah

  • Jumat, 19 Jun 2020 10:19

    Pemprov Sumut Siap Jalin Kerja Sama Bidang Pertanian Antar Daerah

    Pemprovsu siap menjalin kerja sama dengan daerah lain di bidang pertanian, sesuai saran Bank Indonesia (BI) untuk menekan lonjakan inflasi di masa pandemi Covid-19. Apalagi bidang pertanian menjadi sa

  • Kamis, 04 Jun 2020 10:44

    Edy Semangat Genjot Budidaya Bawang Putih di Humbang

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi bawang putih agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat Sumut.

  • Rabu, 13 Mei 2020 20:13

    Bahan Pokok Jelang Idul Fitri Dipastikan Cukup, Gula dan Bawang Merah Jadi Perhatian Khusus

    Ketersediaan bahan pokok di Sumatera Utara (Sumut) dipastikan cukup menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 H, bahkan beberapa komoditas surplus. Meski ada kenaikan, harga sejumlah bahan pokok relatif ter

  • Sabtu, 02 Mei 2020 20:02

    Gubernur Edy Dampingi Warga STM Hulu Panen 16 Ton Bawang Merah

    Barisan bedeng-bedeng bawang merah siap panen memenuhi lahan seluas 1 hektare lebih di Desa Liang Pematang, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. Di sekitarnya, para petani tengah bersiap untuk memanen sekitar 16 ton bawang merah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak