Minggu, 20 Sep 2020 21:59
  • Home
  • Ekonomi
  • Potensi Zakat Sumatera Utara dan Bangkit Umat dalam Berzakat, Rp14 M

Potensi Zakat Sumatera Utara dan Bangkit Umat dalam Berzakat, Rp14 M

Medan (utamanews.com)
Oleh: Dian
Rabu, 16 Sep 2020 05:16
Istimewa
Pusat Zakat Umat Sumatera Utara bekerjasama dengan IMZ menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Zakat di Medan, Sumatera Utara.

Pelatihan yang bertajuk "Bangkit Umat Dalam Berzakat" ini dikhususkan untuk meningkatkan kapasitas para relawan zakat Pusat Zakat Umat (PZU) Sumatera Utara. Diselenggarakan di Aula Sekretariat DPD RI Perwakilan Sumut, Jalan Gajah Mada No. 32, dan berlangsung selama dua hari yaitu pada Sabtu-Minggu 12-13 September 2020.

H. Muhammad Nuh selaku ketua PZU Sumatera Utara membuka kegiatan pelatihan ini.

Dalam sambutannya, beliau mengemukakan harapan yang tinggi terhadap perbaikan kesadaran umat untuk berzakat. "Dilihat dari potensi zakat di Sumatera Utara yang tinggi, sebut saja salah satunya Medan, dengan jumlah penduduknya 2,3 juta jiwa, misalkan saja hanya 50 persen siap berzakat Rp 125.000 per bulan maka setidaknya Rp 14 Milyar per bulan dana zakat yang bisa dikelola, semoga kesadaran umat dalam berzakat bisa meningkat sehingga kita sebagai salah satu Lembaga Amil bisa mengoptimalkan penyaluran yang tepat sasaran sesuai Fikhuz Zakat", ujarnya.



Pelatihan yang terdiri dari 32 orang mewakili Kabupaten atau Kota di Sumatera Utara ini, dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan. Setiap peserta diwajibkan memakai masker, dicek suhu badannya hingga diberikan per orang hand sanitizer botol kecil. 

Riki Wirahmawan, S.Si., M.Pd., selaku instruktur yang hadir dari IMZ mengatakan, "Dua hari ini kita akan sama-sama belajar mengenai zakat dari para praktisi expert zakat yaitu Ustaz Marwan sebagai Direktur Utama Baitul Mal Hidayatullah (BMH) dan Ustaz Herdi, selaku Direktur Fundraising Dompet Dhuafa."

"Peserta diharapkan memaksilkan pelatihan ini dengan banyak diskusi tidak lupa untuk tetap menjaga diri, selalu menerapkan protokol kesehatan," jelasnya.

Hari pertama, pasca pembukaan Ustaz Marwan menyampaikan materi mengenai orientasi perjuangan amil zakat, jati diri Amil, Lingkaran Kemiskinan dan Filosofi Program Pemberdayaan Zakat. Dalam sesi ini peserta dibawa untuk menjelajah lebih jauh mengenai dunia zakat bukan hanya menyadarkan dirinya sebagai relawan zakat yang mulia tetapi diberikan pengetahuan lebih dalam termasuk impact perbaikan masyarakat dari dana zakat itu sendiri.

Salah satu yang disampaikan Ustadz Marwan adalah syarat-syarat menjadi lembaga amilin zakat yang baik, "Berjama'ah dan solid, relasi dan kebijakan yang mendukung, sumberdaya manusia yang tangguh, hubungan kelembagaan yang baik dan penguatan struktur adalah syarat-syarat mutlak yang harus dimiliki oleh lembaga zakat agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik."

Di hari kedua, Ustaz Herdi selaku Direktur Fundraising Dompet Dhuafa mengajak banyak diskusi dan simulasi untuk konsep fundraising (Zakat Infak dan Sedekah) ZIS, kompas navigasi fundraising, mengembangkan event fundraising berbasis jejaring organisasi masyarakat (Ormas) dan fundraising korporat. Peserta begitu antusias mendapatkan materi praktis dari Ustaz Herdi, belajar dimulai dari teknik spanduk hingga cara mendapatkan potensial CSR dan korporat yang ada di IDX.

Peserta merasa puas akan pelatihan yang diselenggarakan oleh IMZ ini, terlihat dari komentar-komentar positif dari para peserta. Salah satunya adalah pak Syarifudin Ariga, Relawan dari Medan beliau menyampaikan pendapatnya: "Alhamdulillah training ini sangat bermanfaat bagi kami, banyak hal baru yang bisa kami dapatkan."

"Semoga PZU dan IMZ bisa menyelenggarakan pelatihan seperti ini lagi di Medan," pungkas Ustaz Herdi.
Editor: Budi

T#g:zakat
Karunia Tour and Travel
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Jul 2020 05:21

    Gubernur Dorong Baznas Sumut Tingkatkan Zakat Produktif

    Kondisi pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada perekonomian masyarakat dari segala sektor. Karena itu pemerintah terus berupaya merangsang agar pertumbuhan ekonomi bisa bangkit kembali setelah terpu

  • Rabu, 15 Jul 2020 20:55

    Salurkan Zakat Baznas Kota Medan dan Baznas Sumut, Akhyar Ingatkan Warga Tetap Kenakan Masker

    Guna membantu keluarga kurang mampu yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020 M, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Medan bekerjasama den

  • Selasa, 14 Jul 2020 20:14

    Akhyar Salurkan Bantuan Zakat Untuk 100 Warga Kurang Mampu Di Belawan

    Sebanyak 100 orang warga kurang mampu yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menerima bantuan zakat yang berasal dari muzzaki (pemberi zakat) di Kantor Lurah Medan  Belawan, Selasa (

  • Kamis, 21 Mei 2020 13:41

    Akhyar Serahkan Zakat Ke 778 Orang Mustahik

    Sebanyak 778 orang yang masuk dalam kelompok Fisabilillah di Kota Medan mendapat bantuan zakat di Aula Masjid Taqwa, Jalan Mustafa Medan, Kamis (21/5/2020).

  • Rabu, 20 Mei 2020 13:40

    Akhyar Serahkan Zakat Ke Baznas Kota Medan

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi menyerahkan zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Medan di Balai Kota Medan, Rabu (20/5/2020).

  • Rabu, 22 Apr 2020 12:42

    UPZ Mabes TNI Bantu Alat Pelindung Diri Untuk Rumah Sakit TNI

    Di tengah pasien positif yang setiap harinya terus bertambah, Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis menjadi persoalan serius, karena kekurangan stok APD.

  • Senin, 11 Nov 2019 20:31

    Wabup Hadiri Penyaluran Dana Zakat Baznas Deli Serdang Tahun 2019

    Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Deli Serdang menyalurkan zakat dan infaq sebesar Rp649.500.000. Kegiatan ini dihadiri Wakil Bupati Deli Serdang HM Ali Yusuf Siregar, Ketua Baznas Deli Serdang, H Zu

  • Kamis, 29 Agu 2019 17:09

    Plt Bupati Bersama Baznas Labuhanbatu Salurkan Zakat pada 337 Keluarga Tidak Mampu

    Plt. Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.M.T. dan juga selaku Pembina/ Penasehat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu, melaksanakan kegiatan menyalurkan zakat yang d

  • Kamis, 27 Des 2018 17:57

    Plt Bupati Labuhanbatu Yakin Kedepan Baznas Akan Lebih Maju Dan Transparan

    Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan sosialisasi, evaluasi serta optimalisasi zakat dan infaq yang berlangsung di ruang Data dan Karya Kantor Bupati, Kamis (27/12/2018

  • Sabtu, 08 Sep 2018 14:08

    UPZ Mabes TNI Meraih Penghargaan Spesial Award 2018 dari Baznas

    Unit Pengumpul Zakat (UPZ), Unit Organisasi Mabes TNI meraih penghargaan Spesial Award 2018 dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai UPZ teladan. Penganugerahan Spesial Award 2018 tersebut dise

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak