Sabtu, 15 Mei 2021 08:57
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Unjuk Rasa Pedagang di DPRD Dairi, Tuntut PD Pasar Sidikalang Dibubarkan

Unjuk Rasa Pedagang di DPRD Dairi, Tuntut PD Pasar Sidikalang Dibubarkan

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Senin, 12 Apr 2021 19:12
Istimewa
HPPPS melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor DPRD Dairi.
Sejumlah pedagang yang tergabung dalam Himpunan Pedagang Pusat Pasar Sidikalang (HPPPS) melakukan aksi unjuk rasa (Unras) damai di depan Kantor DPRD Dairi Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (12/4/2021) siang.

Dengan membawa spanduk dan poster dari karton bertuliskan, "Stop pedagang dari luar daerah, Seragamkan iuran layanan pasar (ILP) dan jadikan pasar Sidikalang bersih dan nyaman."

Tampak para pedagang berjalan kaki dari Pusat Pasar Sidikalang menuju DPRD Dairi. Ada 8 poin tuntutan para pedagang yang disampaikan oleh koordinator lapangan (Korlap) Larry Holmes Sihotang, antara lain :

1.Pasar Sidikalang Semrawut.

2.Keseragaman pembayaran ILP (Iuran Layanan Pasar).


3. Masalah hutang piutang antara tahun 2013-2018 (Biaya ILP dalam bentuk bulanan) agar diputihkan.

4. Seluruh loss/stan dimiliki oleh pedagang dan melarang kepemilikannya di luar dari pedagang.

5. Seluruh pedagang liar/illegal diluar pasar Sidikalang agar ditertibkan/dibubarkan.

6.Pedagang dari luar daerah hanya mendistribusikan barang dagangannya kepada pedagang saja, tanpa dan tidak mengecer langsung kepada pembeli.

7. Pasar yang bersih aman dan nyaman.

8. PD Pasar agar dibubarkan dan pengelolaanya dikembalikan kepada Pemkab Dairi, karena sejak dibentuknya PD Pasar tidak mampu mengelola dan memberikan solusi yang berpihak kepada pedagang.


Setelah 15 menit melakukan Unras, para pedagang pun diterima Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani dan anggota Komisi III Markus Sinaga, Togar Pasaribu, Tondang, Bina Tindaon, Lamasi Simamora dan Radeanto Banjar Nahor. Selanjutnya melakukan pertemuan di ruang rapat gedung DPRD Dairi.

Hasil dari pertemuan itu, Ketua Komisi III DPRD Dairi, Togar Pasaribu menyampaikan, pihaknya akan menindaklanjuti tuntutan para pedagang dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) pada, Senin (19/4/2021) dan menghadirkan Pemkab Dairi, PD Pasar dan perwakilan pengurus HPPPS.

"Kami akan menampung semua aspirasi dan tuntutan dari pedangang dan akan kami laksanakan RDP dalam waktu dekat," kata Togar.


Menanggapi hal itu, Larry sangat mengapresiasi apa yang dilakukan Komisi III DPRD Dairi. "Namun, bila tuntutan mereka juga tidak dipenuhi, mereka akan melakukan aksi kembali dengan jumlah massa yang lebih besar.," sebutnya.

Pantauan wartawan, selain menyampaikan 8 tuntutan, para pedagang juga meminta Komisi III DPRD Dairi untuk menertibkan pedagang penjual daging babi yang menjamur di luar pasar.

Aksi damai yang dilakukan HPPPS mendapat pengawalan ketat dari pihak kepolisian Polres Dairi, Kodim 0206/Dairi dan Satpol PP Pemkab Dairi.
Editor: Ivan

T#g:aurpasarSidikalang
Berita Terkait
  • Selasa, 11 Mei 2021 21:41

    H-2 Idul Fitri, Bobby Nasution dan Kahiyang Tinjau Pasar Pastikan Kebutuhan Pokok Terkendali

    Dua hari mendekati Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM bersama Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M. Bobby Afif Nasution meninjau pasar tradisionil dan modern di Kota Medan, Senin (10/5/2021).

  • Minggu, 02 Mei 2021 12:01

    Wali Kota Medan Dampingi Menteri Perdagangan dan Gubsu Tinjau Pasar Tradisional Belawan

    Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM dampingi Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia Muhammad Lutfi dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meninjau pasar tradisional Belawan di Jalan Jawa, Kelurahan Bahari II, Sabtu (1/5/2021) pagi.

  • Sabtu, 01 Mei 2021 08:00

    Puluhan prajurit Raider 100/PS bersihkan sampah di pinggiran sungai sekitar pasar Tavip Binjai

    Selain melaksanakan Puasa dan Sholat Tarawih, masih banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi kegiatan di Bulan Suci Ramadhan.

  • Jumat, 30 Apr 2021 17:30

    Kapolsek Sidikalang Beri Imbauan Prokes di Loket Bus Angkutan Umum

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Sidikalang Kota, Iptu Sukanto Berutu bersama Camat Sidikalang Robot Simanullang SAB MAB dan Lurah Sidikalang Fahreja Anjas Ujung, Jumat

  • Jumat, 30 Apr 2021 00:30

    Jaga Kestabilan Harga, Pemprov Sumut Gelar Pasar Murah

    Dalam upaya menjaga stabilitas harga dan pasokan pangan menjelang hari raya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan mengadakan Gelar Pangan

  • Selasa, 27 Apr 2021 17:47

    Polsek Sidikalang Kota Imbau Prokes dan Bagi Masker ke Masyarakat

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu SH menggelar Operasi Yustisi, Selasa (27/4/2021).Kegiatan yang digelar bersama Camat Sidikalang Robot

  • Kamis, 22 Apr 2021 19:42

    Kapolsek Sidikalang Kota Bersama Forkopimca Rakor Penanggulangan Covid-19

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH melalui Kapolsek Sidikalang Kota Iptu Sukanto Berutu SH bersama Forkopimca, yakni Camat dan Koramil 02/SDK melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) pembentuk

  • Senin, 19 Apr 2021 20:49

    Pastikan Pelayanan Berjalan Baik, Camat Sidikalang Kunjungi Puskesmas Hutarakyat

    Camat Sidikalang, Robot Simanullang SAB MAB lakukan kunjungan ke Puskesmas Hutarakyat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Senin (19/4/2021).

  • Jumat, 16 Apr 2021 16:06

    Camat Sidikalang Bersama Forkopimca Laksanakan Gotong Royong Bersihkan Pasar

    Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, Camat Sidikalang bersama Forkopimca, yakni Polsek Sidikalang Kota dan Koramil 02/SDK melaksanakan kegiatan Jumat bersih dengan gotong royong membersihka

  • Kamis, 15 Apr 2021 22:25

    Printing 46, Jalan Pegagan Sidikalang Hangus Terbakar

    Bangunan rumah toko (Ruko) usaha percetakan Printing 46 di Jalan Pegagan nomor 7, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Kamis (15/4/2021), malam sekira jam 19. 30 WIB hangus terbakar. Diduga penyebab

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak