Rabu, 19 Sep 2018 09:19

Umat Katolik TNI-Polri Gelar Misa Syukur HUT RI ke-73

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Erickson/rls
Senin, 20 Agu 2018 21:30
Puspen TNI
Umat Katolik di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) se-Garnisun Tetap (Gartap) I/Jakarta menggelar perayaan Misa Syukur dalam rangka HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 tahun 2018, dengan tema "Amalkan Pancasila : Kita Bhinneka, Kita Indonesia", di Gereja Katedral, Jl. Katedral No.7B, Pasar Baru, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018).

Sebagai Ketua Panitia pada perayaan Misa Syukur HUT Kemerdekaan RI ke-73 tahun 2018, yaitu Kolonel Czi Ignatius Budiman yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Bidang Dukungan Teknologi Informasi Pusinfolahta Mabes TNI.

Misa Syukur diikuti ratusan umat Katolik TNI-Polri, PNS/ASN, Purnawirawan beserta keluarga dipimpin oleh Mgr. Ignatius Suharyo selaku Uskup Militer Indonesia didampingi Mgr. Dos Santos (Uskup Militer Italia) dan dua Imam Keuskupan Militer Italia serta para Pastor Keuskupan Militer Indonesia (Ordinariatus Caestrensis Indonesia/OCI) se-Gartap I/Jakarta.

Dalam khotbahnya, Mgr. Ignatius Suharyo berpesan kepada seluruh umat manusia, khususnya umat Katolik agar selalu bersyukur atas karunia dan anugerah dari Allah atas kemerdekaan yang diperoleh dengan memberikan yang terbaik bagi NKRI, dengan bekerjasama dari semua komponen bangsa untuk Indonesia yang lebih maju, sejahtera dan bermartabat dengan meningkatkan jiwa persatuan dan kesatuan yang lebih kuat lagi.

"Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah. Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja," kata Mgr. Ignatius Suharyo.

Pada kesempatan yang sama, Pastor Bantuan Militer dan Polisi (Pasbanmilpol OCI) Romo Rofinus Neto Wuli, S.Fil, M.Si (Han) mengatakan bahwa perayaan Misa Syukur kali ini sangat istimewa karena dihadiri langsung oleh Mgr. Dos Santos beserta dua Imam Keuskupan Militer Italia. "Kegiatan ini merupakan rutinitas tahunan, sebagai wujud cinta tanah air dan meningkatkan spirit kebangsaan Keluarga Besar TNI-Polri," ujarnya.

"Dengan adanya perayaan Misa Syukur seperti ini, umat OCI merasa berbahagia karena semakin menguatkan dan menyemangati untuk kami mengabdi kepada bangsa dan negara," ucap Romo Rofinus.

Selanjutnya Pasbantimpol OCI Romo Rofinus menyampaikan bahwa setelah perayaan Misa Syukur, Uskup Militer Indonesia Mgr. Ignatius Suharyo dan Uskup Militer Italia Mgr. Dos Santos, bersalaman dengan semua peserta misa yang hadir, bertempat di Pintu Samping Kanan Gereja Katedral Jakarta.

Setelah itu, Uskup Militer Italia melakukan audiensi dengan Uskup Militer Indonesia (OCI) Mgr. Ignatius Suharyo didampingi Pastur Bantuan Militer dan Polisi (Pasbanmilpol OCI) di Wisma Keuskupan Agung Jakarta, Gereja Katedral. Dilanjutkan audiensi dengan Bapak Dirjen Bimas Katolik Kementerian Agama RI di Kantor Kemenag RI, Jl. M.T. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat. 

Editor: Dito

T#g:GerejaitaliaKatolikMisa
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Senin, 30 Jul 2018 22:40

    Panglima TNI Terima Audiensi Ketua Majelis Agung YPPII

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah,  Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto, S.T. dan Waaster Panglima TNI Brigjen TNI (Mar)

  • Kamis, 05 Jul 2018 19:05

    Pemkab Humbahas Salurkan Dana Hibah Keagamaan Rp 1,5 Miliar

    Pemkab Humbahas menyalurkan dana hibah keagamaan dan lembaga keagamaan tahun 2018 sebesar Rp 1,5 miliar.

  • Kamis, 21 Jun 2018 00:21

    Desa Unik Ini Memiliki Matahari Buatan

    Manusia tercipta sebagai mahluk berakal yang mampu mencari solusi dari sebuah masalah. Seperti misalnya cara mengatasi musim dingin yang ekstrim, sebuah kreatifitas berhasil mengembalikan kehangatan di sebuah desa di Italia.

  • Minggu, 03 Jun 2018 14:53

    Bupati Jember Resmikan Renovasi Gereja St Yusuf Jember

    Bupati Jember dr Hj Faida MMR, Mgr Hendricus Pudyarto (Uskup Malang), Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo, Kasdim 0824 Mayor Inf Sampak, ulama dan masyarakat, menghadiri peresmian renovasi salah satu

  • Jumat, 01 Jun 2018 11:41

    Pendeta Berinisial AS Diciduk Karena Diduga Bunuh Jemaatnya

    Pendeta Gereja Sidang Rohol Kudus Indonesia (GSRI), AS (53) diduga tega menghabisi nyawa jemaatnya, Rosalia Cici Maretini Siahaan (21). Pendeta tersebut telah berhasil dibekuk petugas Satuan Reskrim Polres Deli Serdang, Kamis (31/5/2018) malam.

  • Minggu, 27 Mei 2018 21:07

    Dandim 0824 Pantau Pengamanan Tempat Ibadah di Jember

    Kesempatan libur dinas hari Sabtu dan Minggu bagi Komandan Kodim (Dandim) 0824 Jember, Letkol Inf Arif Munawar  dimanfaatkan untuk memantau langsung pelaksanaan pengamanan di sejumlah tempat ibad

  • Senin, 21 Mei 2018 20:21

    TNI-Polri amankan peribadatan umat beragama untuk jember yang lebih kondusif

    Di samping Umat Islam yang sedang melaksanakan puasa Ramadhan 1439 H, umat Kristen di Kabupaten Jember juga melaksanakan Ibadah Sabtu dan Minggu di 100 gereja yang tersebar di seluruh Wilayah Kabupaten Jember.

  • Senin, 14 Mei 2018 05:14

    Polres Deli Serdang Perketat Penjagaan di Gereja-gereja

    Pasca aksi bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, masing-masing Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngegel, GKI di Jalan Diponegoro dan Gereja Pantekosta di Jalan Arjuna pada Minggu (1

  • Kamis, 10 Mei 2018 20:10

    Personel Kodim 0824 Bantu Polres Jember Amankan Peribadatan Umat Nasrani

    Pada Kamis (10/5/2018) yang merupakan hari libur nasional dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Al Masih tentunya oleh umat Kristen dimanfaatkan untuk peribadatan di gereja masing-masing.

  • Sabtu, 07 Apr 2018 21:37

    Gubernur Serahkan Bantuan CSR Untuk HKI Di Tarutung

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyerahkan dana bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Bank Sumut kepada Huria Kristen Indonesia (HKI) Daerah II Silindung-Pangaribuan, Tarutung, Kabupaten Tapanu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak