Sabtu, 16 Jan 2021 00:05
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Juga Tuntut Janji Kampanye Bupati/Wakil Bupati Dairi

Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Juga Tuntut Janji Kampanye Bupati/Wakil Bupati Dairi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Senin, 12 Okt 2020 18:32
Istimewa
Para mahasiswa saat melaksanakan aksi tolak Omnibus Law dan Menagih janji kampanye Bupati/Wakil Bupati Dairi.
Aksi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja kembali terjadi di Kabupaten Dairi, kali ini aksi dilakukan puluhan mahasiswa dari Perhimpunan Mahasiswa Pakpak (PMP), Ikatan Mahasiswa Muslim Dairi, Aliansi Pemuda Milenial dan Pemuda Karya Nasional, Senin (12/10).

Selain menolak UU Cipta Kerja, para mahasiswa juga menuntut janji Bupati/Wakil Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Jimmy AL Sihombing saat kampanye pada Pilkada lalu yang belum terlaksana sampai sekarang ini.

Dengan membawa keranda mayat dan berbagai poster para mahasiswa yang sebelumnya berkumpul di Gedung Nasional Djauli Manik berjalan kaki menuju Kantor DPRD Dairi.

Aksi demo menolak Omnibus Law di depan Kantor DPRD Dairi, para mahasiswa ditemui Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, Wakil Ketua DPRD Wanseptember Situmorang dan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Dairi Nasib Sihombing.

Dalam tuntutannya, para mahasiswa menolak UU Cipta Kerja, menuntut agar Presiden RI Joko Widodo tidak menandatangani RUU Cipta Kerja menjadi UU dan meminta DPRD Dairi menjadi perpanjangan tangan kepada DPR RI untuk mencabut UU Omnibus Law. Para Mahasiswa juga meminta Ketua DPRD Dairi secara langsung menolak UU Cipta Kerja.


Menanggapi tuntutan mahasiswa, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani mengatakan, DPRD Dairi akan bersama-sama dengan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, termasuk disampaikan para mahasiswa pada hari ini.

"Kami sudah melihat spanduk yang dibentangkan dan mendengar aspirasi para mahasiswa yang menolak UU Cipta Kerja. Sebagai perwakilan rakyat di DPRD kami akan meneruskan tuntutan dari mahasiswa Dairi," kata Sabam.

Namun, para mahasiswa tidak puas dengan apa yang disampaikan Ketua DPRD Dairi, karena hal itu dianggap sebagai janji-janji saja. Selanjutnya para mahasiswa melanjutkan aksi menuju Kantor Bupati Dairi.

Di sana para mahasiswa juga merasa kecewa, pasalnya Bupati dan wakil Bupati Dairi yang ingin mereka temui tidak berada di kantor. Para mahasiswa hanya di temui Sekda Dairi Leonardus Sihotang dan Kepala Satpol PP Eddy Banurea.

Melalui orasi yang disampaikan, para mahasiswa menuntut janji-janji kampanye Bupati/wakil Bupati Dairi saat kampanye pada Pilkada lalu. Dimana sampai sekarang janji yang diberikan tidak terlaksana sampai saat ini.


"Ada empat janji Bupati/Wakil Bupati Dairi yang sampai sekarang ini tidak terlaksana, antara lain masalah kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan infrastruktur," sebut Humas koordinator aksi, Arief  Siahaan.

Kepada para mahasiswa, Sekda Dairi menyampaikan bahwa Bupati/Wakil Bupati Dairi tidak berada di kantor, karena ada urusan dinas di luar kota. Bila ada saran dan kritikan yang ingin disampaikan silahkan saja.

"Saran dan kritikan dari adik-adik mahasiswa nanti akan saya sampaikan kepada Bupati/Wakil Bupati Dairi. Apa yang adik-adik mahasiswa lakukan ini sangat baik, sehingga mengingatkan kami di birokrasi untuk mewujudkan itu," ucap Leonardus.

Aksi yang dilakukan sempat memanas saat para mahasiswa membakar keranda mayat yang coba dipadamkan oleh pihak keamanan. Namun, situasi dapat diredakan dan tidak sampai terjadi keributan.

Usai melakukan aksi para mahasiswa membubarkan diri kembali menuju Gedung Nasional Djauli Manik. Jalannya aksi mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Dairi dan Kodim 0206/Dairi serta Satpol PP Dairi.
Editor: Ivan

T#g:Bupati DairiDairimahasiswa
Berita Terkait
  • Sabtu, 09 Jan 2021 02:09

    Mahasiswa Ikut Mengecam Kekerasan Berlatar Agama

    Salah satu organisasi Mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) sempat membuat pernyataan yang kontroversial, karena seakan-akan mencela pembubaran FPI. Namun mereka menangki

  • Rabu, 30 Des 2020 23:30

    Dapat Dukungan 10 Suara, Halim Lumbanbatu Kembali Pimpin KONI Kabupaten Dairi

    Untuk kedua kalinya, Halim Lumbanbatu kembali memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Dairi periode 2020-2024. Halim terpilih setelah mendapat dukungan 10 suara pada pemilihan Cal

  • Senin, 21 Des 2020 20:31

    Menjelang Nataru, Polres Dairi Gelar Ops Lilin Toba 2020 Selama 15 Hari

    Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) Polres Dairi akan menggelar Ops Lilin Toba 2020 selama 15 hari, mulai tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan 4 Januari 2021 dengan mengedepankan kegiatan preemt

  • Sabtu, 12 Des 2020 20:32

    Kapolsek Sidikalang Sosialisasi Bahaya Narkoba Kepada Perangkat Desa dan Karang Taruna Di Sambaliang

    Menghindari bahaya narkoba khususnya terhadap generasi muda penerus bangsa, Kapolsek Sidikalang IPTU Sukanto Berutu memberikan sosialisasi kepada Perangkat Desa dan Karang Taruna, bertempat Kantor Kep

  • Jumat, 11 Des 2020 19:01

    Bersama Forkopimda, Kesbangpol Bentuk Tim Terpadu Pengawasan Ormas di Kabupaten Dairi

    Bertempat di Aula Kesbangpol Kabupaten Dairi, Jalan Pandu, Kelurahan Bintang Hulu, Kecamatan Sidikalang, Jumat (11/12/2020), Kesbangpol Dairi bersama Forkopimda membentuk Tim Terpadu Pengawasan Organi

  • Sabtu, 05 Des 2020 19:05

    Hina Marga Parna, Akun Facebook Inisial NDB Dilapor ke Polres Dairi

    Ketua DPP Generasi Muda Parna Dairi (GARDA) didampingi kuasa hukum, Khristoper Sidabutar SH, melaporkan salah satu akun media sosial facebook berinisial NDB ke Polres Dairi, karena melakukan penghina

  • Selasa, 01 Des 2020 18:31

    Bangunan Mess Milik PT DPM Dikerjakan Tanpa IMB

    Bangunan mess milik PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang berada Dusun Huta Ginjang Desa Polling Anak-anak Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi diduga dikerjakan tanpa Ijin Mendirikan Bangun

  • Rabu, 25 Nov 2020 09:15

    Pengendara Honda CB150R Tewas Tabrak Truk Box Colt Diesel

    Kecelakaan lalu lintas antara truk Colt Diesel Box contra sepeda motor di Jalan Runding, Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, mengakibatkan pengemudi sepeda motor tewas.Kapolre

  • Senin, 23 Nov 2020 20:13

    Pemkab Dairi Terima Bantuan Bibit dan Saprodi Bawang Merah

    Pemkab Dairi menerima bantuan bibit dan Saprodi bawang merah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan stimulus ekonomi ini sumber dana refocussing APBD TA 2020 Ta

  • Minggu, 22 Nov 2020 19:22

    Kesaksian Mahasiwa Papua dari Pelosok Kalbar, Sebut Papua Berkembang Pesat

    Sejumlah mahasiswa asal Papua, Enos dkk, yang sedang menjalani study di STT ABDI TUHAN INJILI (ATI) Anjongan, Kalimantan Barat (Kalbar) mengakui perkembangan Papua dibawah pemerintahan Presiden Joko W

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak