Minggu, 13 Jun 2021 23:39
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Juga Tuntut Janji Kampanye Bupati/Wakil Bupati Dairi

Tolak Omnibus Law, Mahasiswa Juga Tuntut Janji Kampanye Bupati/Wakil Bupati Dairi

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Senin, 12 Okt 2020 18:32
Istimewa
Para mahasiswa saat melaksanakan aksi tolak Omnibus Law dan Menagih janji kampanye Bupati/Wakil Bupati Dairi.
Aksi menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja kembali terjadi di Kabupaten Dairi, kali ini aksi dilakukan puluhan mahasiswa dari Perhimpunan Mahasiswa Pakpak (PMP), Ikatan Mahasiswa Muslim Dairi, Aliansi Pemuda Milenial dan Pemuda Karya Nasional, Senin (12/10).

Selain menolak UU Cipta Kerja, para mahasiswa juga menuntut janji Bupati/Wakil Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Jimmy AL Sihombing saat kampanye pada Pilkada lalu yang belum terlaksana sampai sekarang ini.

Dengan membawa keranda mayat dan berbagai poster para mahasiswa yang sebelumnya berkumpul di Gedung Nasional Djauli Manik berjalan kaki menuju Kantor DPRD Dairi.

Aksi demo menolak Omnibus Law di depan Kantor DPRD Dairi, para mahasiswa ditemui Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani, Wakil Ketua DPRD Wanseptember Situmorang dan Ketua Fraksi Nasdem DPRD Dairi Nasib Sihombing.

Dalam tuntutannya, para mahasiswa menolak UU Cipta Kerja, menuntut agar Presiden RI Joko Widodo tidak menandatangani RUU Cipta Kerja menjadi UU dan meminta DPRD Dairi menjadi perpanjangan tangan kepada DPR RI untuk mencabut UU Omnibus Law. Para Mahasiswa juga meminta Ketua DPRD Dairi secara langsung menolak UU Cipta Kerja.


Menanggapi tuntutan mahasiswa, Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani mengatakan, DPRD Dairi akan bersama-sama dengan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi, termasuk disampaikan para mahasiswa pada hari ini.

"Kami sudah melihat spanduk yang dibentangkan dan mendengar aspirasi para mahasiswa yang menolak UU Cipta Kerja. Sebagai perwakilan rakyat di DPRD kami akan meneruskan tuntutan dari mahasiswa Dairi," kata Sabam.

Namun, para mahasiswa tidak puas dengan apa yang disampaikan Ketua DPRD Dairi, karena hal itu dianggap sebagai janji-janji saja. Selanjutnya para mahasiswa melanjutkan aksi menuju Kantor Bupati Dairi.

Di sana para mahasiswa juga merasa kecewa, pasalnya Bupati dan wakil Bupati Dairi yang ingin mereka temui tidak berada di kantor. Para mahasiswa hanya di temui Sekda Dairi Leonardus Sihotang dan Kepala Satpol PP Eddy Banurea.

Melalui orasi yang disampaikan, para mahasiswa menuntut janji-janji kampanye Bupati/wakil Bupati Dairi saat kampanye pada Pilkada lalu. Dimana sampai sekarang janji yang diberikan tidak terlaksana sampai saat ini.


"Ada empat janji Bupati/Wakil Bupati Dairi yang sampai sekarang ini tidak terlaksana, antara lain masalah kesehatan, pendidikan, kesejahteraan dan infrastruktur," sebut Humas koordinator aksi, Arief  Siahaan.

Kepada para mahasiswa, Sekda Dairi menyampaikan bahwa Bupati/Wakil Bupati Dairi tidak berada di kantor, karena ada urusan dinas di luar kota. Bila ada saran dan kritikan yang ingin disampaikan silahkan saja.

"Saran dan kritikan dari adik-adik mahasiswa nanti akan saya sampaikan kepada Bupati/Wakil Bupati Dairi. Apa yang adik-adik mahasiswa lakukan ini sangat baik, sehingga mengingatkan kami di birokrasi untuk mewujudkan itu," ucap Leonardus.

Aksi yang dilakukan sempat memanas saat para mahasiswa membakar keranda mayat yang coba dipadamkan oleh pihak keamanan. Namun, situasi dapat diredakan dan tidak sampai terjadi keributan.

Usai melakukan aksi para mahasiswa membubarkan diri kembali menuju Gedung Nasional Djauli Manik. Jalannya aksi mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Dairi dan Kodim 0206/Dairi serta Satpol PP Dairi.
Editor: Ivan

T#g:Bupati DairiDairimahasiswa
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Jun 2021 20:51

    Bupati Dairi - Satgas Pencegahan Korupsi KPK Rapat Monitoring dan Evaluasi MCP

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan jajaran melaksanakan rapat monitoring dan evaluasi serta penertiban aset dan optimasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pemkab Dairi bersama Satgas Pencegahan Kor

  • Kamis, 10 Jun 2021 23:10

    Perambahan Hutan Marak di Dairi, Bupati Bersama Forkopimda Turun ke Lokasi

    Menindak lanjuti maraknya perambahan di kawasan hutan Lae Pondom Kecamatan Silahisabungan dan Dolok Tolong Kecamatan Sumbul, Kamis (10/6/2021), Pemkab Dairi bersama Forkopimda turun langsung ke lokasi

  • Rabu, 09 Jun 2021 21:19

    Terima Kunker DPRD Sumut, Bupati Dairi Harap Anggaran Untuk Infrastruktur

    Bertempat di Gedung Olahraga (GOR) Pemkab Dairi, Jalan Rumah Sakit Umum Kecamatan Sidikalang, Rabu (9/6/2021) Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menerima kunjungan kerja (Kunker) anggota DPRD Prov

  • Rabu, 09 Jun 2021 18:19

    Bupati Dairi Hadiri Rapat KLA Secara Virtual dengan Kemen PPPA

    Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri kegiatan rapat evaluasi Kabupaten Dairi Layak Anak (KLA) dengan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) secara virtual, yang d

  • Selasa, 08 Jun 2021 13:58

    Binari Butar-Butar Tewas Dianiaya Anak Tirinya di Sumbul

    Seorang pria diduga mengalami gangguan jiwa diamankan personel Polsek Sumbul usai menganiaya ayah tirinya hingga tewas. Peristiwa yang sempat menghebohkan warga Dusun Gunung Maria, Desa Pegagan Julu I

  • Senin, 07 Jun 2021 18:27

    Permasalahan PT Gruti, Pansus DPRD Sampaikan Rekomendasi Ke Bupati Dairi

    Pansus DPRD Dairi sampaikan rekomendasi hasil kerja terkait permasalahan PT Gruti (Gunung Raya Utama Timber Industries) dengan masyarakat di dua kecamatan, yakni Kecamatan Sumbul dan Parbuluan untuk segera ditindaklanjuti oleh Bupati Dairi.

  • Senin, 07 Jun 2021 09:07

    Ini saran solusi dari yayasan Petrasa terkait kelangkaan pupuk subsidi di Dairi

    Salah satu permasalahan yang seringkali dialami oleh petani adalah permasalahan pupuk bersubsidi. Realisasi jumlah pupuk bersubsidi selalu tidak sesuai dengan kebutuhan petani dan ditambah adanya oknu

  • Minggu, 06 Jun 2021 16:26

    Kedapatan Konsumsi Sabu, 2 Pria Ditangkap Polsek Tanah Pinem

    Polsek Tanah Pinem menangkap dua orang pria yang kedapatan sedang mengkonsumsi narkotika golongan 1 jenis sabu dari Jalan Kuta Buluh-Tigalingga, Desa Kuta Buluh, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi

  • Minggu, 06 Jun 2021 10:26

    Polres Dairi & Satgas Covid-19 Tertibkan Jam Operasional Cafe dan Restauran

    Satgas Covid-19 Kabupaten dan Kecamatan Sidikalang dipimpin Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu serta Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH dan Dandim 0206/Dairi Letkol Arm Yuni Nurtono SH,

  • Sabtu, 05 Jun 2021 20:45

    Bersama Masyarakat Parbuluan II Dairi, PT TPL Gotong Royong Perbaiki Jalan Rusak

    PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) mengerahkan karyawannya dan menurunkan dua alat berat berupa grader dan bomag untuk memperbaiki jalan rusak saat melaksanakan gotong royong bersama masyarakat Desa Parb

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak