Kamis, 20 Jun 2019 23:27
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

Tengku Erry Lepas Pawai Pembangunan Menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Jumat, 18 Agu 2017 12:18
Dok
Pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia 
Puluhan ribu warga masyarakat antusias menyaksikan pawai pembangunan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia di sepanjang Jalan Diponegoro Medan, Kamis (17/08/2017).

Pawai pembangunan yang diisi dengan pawai jalan kaki dan pawai kendaraan hias, pawai parade perjuangan serta festival drumband berlangsung semarak dan meriah.

Pawai pembangunan dibuka oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi yang didampingi Wagubsu Nurhajizah bertempat di panggung utama di depan Kantor Gubsu Jalan Diponegoro dengan mengibarkan bendera start.

Hadir Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw, anggota DPD RI Parlindungan Purba, Danlantamal I Belawan, Pangkosek Hanudnas, para tamu undangan serta konsul jenderal negara sahabat.

Sebanyak 58 kendaraan hias ikut serta mewakili kantor/lembaga/dinas dan instansi berpartisipasi memeriahkan pawai pembangunan. Ikut berpartisipasi SKPD di lingkungan Pemprovsu dan Pemko Medan, Pemkab Labuhan Batu, Tapanuli Tengah, BUMN, BUMD  dan kementerian. Pawai kendaraan hias tersebut menjadi atraksi yang menyedot minat warga masyarakat karena cukup kreatif menampilkan desain dan pesan-pesan informasi pembangunan.

Selain kendaraan hias, berbagai elemen masyarakat juga ikut memeriahkan dengan kegiatan pawai berjalan kaki. Pawai pembangunan juga menampilkan berbagai kekayaan adat istiadat dan budaya di Sumut baik dari etnis lokal maupun pendatang. Kekayaan adat dan budaya khas Sumut ditampilkan melalui tari-tarian, alat musik dan pakaian daerah yang berasal dari delapan etnis asli Sumut yaitu Melayu, Batak Toba, Mandailing, Angkola, Pakpak, Simalungun, Karo dan Nias.

Salah satu kendaraan yang mencuri perhatian warga adalah adalah kendaraan yang ditampilkan Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Sumatera Utara yang menampilkan kamera raksasa pada bagian depan kendaraan. Tampilan yang unik tersebut mengundang banyak warga yang berkesempatan berfoto di sekitar kendaraan hias tersebut.

Berkolaborasi dengan wartawan unit Pemprov Sumut, kendaraan hias yang ditampilkan adalah jenis odong-odong yang disulap sedemikian rupa sehingga menampilkan berbagai jenis media cetak dan eletronik di sepanjang badan kendaraan. Puluhan jurnalis yang kompak berseragam ikut serta dalam pawai baik dimana sebagian naik di atas kendaraan hias dan sisanya ikut berjalan kaki mengiringi.

Sebagai satu-satunya peserta dari Biro di lingkungan Sekretariat Daerah Provsu, menurut Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu, Ilyas Sitorus keikutsertaan pihaknya tersebut merupakan bagian dari upaya sosialisasi keberadaan Biro yang dipimpinnya.

"Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu ini adalah biro yang baru bentuk dan berdiri pada tahun 2017. Kemeriahan pawai pembangunan pada dalam rangka HUT kemerdekaan menurut kami strategis untuk memperkenalkan Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu kepada masyarakat luas," ujar Ilyas.

Pihaknya sengaja melibatkan jurnalis yaitu wartawan yang sehari-hari bertugas dan meliput di Pemprov Sumut dalam pawai tersebut. "Wartawan merupakan mitra kami yang penting dalam menyampaikan berbagai informasi yang positif tentang program pembangun Sumatera Utara kepada masyarakat. Wartawan juga menjadi mata telinga kami dalam menyerap berbagai aspirasi warga masyarakat," kata Ilyas Sitorus.

Sementara itu, Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Sumut, Parulian Tampubolon, yang ada di lokasi mengapresiasi Gubsu Tengku Erry Nuradi dengan terbentuknya Biro Humas dan Keprotokolan. Menurutnya hal itu merupakan terobosan Pemprov Sumut dalam upaya penyebarluasan informasi pembangunan.

Usai kendaraan hias, acara dilanjutkan dengan final kejuaraan drumband antara pelajar se-Sumut yang memperebutkan piala Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi. Kejuaraan diikuti 38 klub drumband pelajar se-Sumut yang memperebutkan hadiah Rp 45 juta. Kejuaraan dalam rangka memeriahkan HUT ke-72 RI sudah berlangsung selama tiga hari merupakan kerjasama Persatuan Drumband Sumut dan Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut.

Gubsu Erry menyebutkan, semarak HUT Kemerdekaan RI ini untuk masyarakat. ''Seluruh masyarakat Sumatera Utara pastinya bergembira dalam meriahkan HUT Kemerdekaan RI baik melalui kegiatan formal maupun berbagai kegiatan lainnya. Silahkan gelar berbagai olahraga tradisional yang unik agar tetap semarak dan masyarakat terhibur,'' cetus Erry.

Editor: Sam

T#g:jurnalisPatenpawai
Berita Terkait
  • Selasa, 04 Jun 2019 22:44

    Plt Bupati Labuhanbatu Lepas Pawai Takbir Idul Fitri 1440 Hijriah 2019 Masehi

    Suara gema takbir merdu berkumandang seiring dentuman beduk dari seluruh masjid, di suasana malam Idul Fitri 1440  Hijriah tahun 2019 Masehi, di Kabupaten Labuhanbatu.Plt Bupati Labuhanbatu H.And

  • Jumat, 07 Jun 2019 15:07

    Sodorkan Tautan Berita Online, Prabowo-Sandiaga Melakukan Blunder

    Feri Amsari selaku pengamat hukum tatanegara menilai, bahwa penyertaan link berita daring sebagai bukti gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) tentu akan sangat lemah jika tanpa disertai bukti lain.Tidak

  • Sabtu, 25 Mei 2019 13:45

    FJD Indonesia Peduli, Anak Yatim Piatu Muhammadiyah Dapat Santunan

    Forum Jurnalis Deliserdang (FJD) Indonesia melakukan kegiatan sosial bertajuk FJD Indonesia peduli dengan berbagi bersama anak yatim piatu Umar bin Khatab Pimpinan Cabang Muhammadiyah Lubuk Pakam, Jum

  • Rabu, 27 Feb 2019 12:47

    Dianggap Kurang Sinergi, Awak Media Boikot Pemberitaan Polres Deli Serdang

    Dianggap kurang bersinergi, sejumlah awak media yang bertugas di Unit Polres Deli Serdang telah memboikot pemberitaan yang dirilis Polres Deli Serdang. Sehingga saat dilakukan paparan kasus di Polres

  • Jumat, 22 Feb 2019 15:12

    AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Jurnalis Saat Munajat 212

    Sejumlah jurnalis menjadi korban kekerasan, intimidasi, dan persekusi oleh massa yang menggunakan atribut Front Pembela Islam (FPI).

  • Senin, 18 Feb 2019 04:18

    Lion Air Klarifikasi Pemberitaan Tentang Boarding Pass Batik Air Penerbangan ID-6183

    Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group menyampaikan penjelasan layanan nomor penerbangan ID-6183 rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan (U

  • Kamis, 14 Feb 2019 19:14

    Kapolrestabes Medan Rayakan Hari Pers Nasional Bersama Media Elektronik

    Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dr Dadang Hartanto SH SIK MSi menggelar peringatan Hari Pers Nasional (HPN)2019 di ruang kerjanya, Jalan H.M Said No 1 Medan, Kamis (14/2/2019).Dalam acara ini dihadiri

  • Kamis, 24 Jan 2019 20:24

    Forum Jurnalis Deli Serdang Indonesia Beri Bantuan Beras dan Tali Asih Kepada Korban Kebakaran

    Organisasi profesi Forum Jurnalis Deli Serdang (FJD) Indonesia memberikan bantuan kepada para korban kebakaran di Lubuk Pakam, Kamis (24/1/2019).Turut hadir dalam penyerahan bantuan itu Kapolsek Lubuk

  • Selasa, 22 Jan 2019 17:12

    Deklarasi Lawan Hoax, Jurnalis Pesantren dan Aktivis Media Sosial Ajak Masyarakat Jakarta Ciptakan Pemilu 2019 Damai dan Bermartabat

    Komunitas jurnalis pesantren bersama aktivis media sosial menggelar deklarasi damai melawan hoax di Kafe Kekini, Cikini, Jakarta Pusat, Selasa siang (22/01/2019). Deklarasi ini dilakukan agar mencipta

  • Sabtu, 19 Jan 2019 08:09

    Gerakan Melawan Hoax oleh Komunitas Jurnalis Pesantren

    Komunitas Jurnalis Pesantren bersama kalangan aktivis media sosial akan mendeklarasikan 'Gerakan Melawan Hoax untuk Pemilu Damai yang Berkualitas dan Bermartabat.'

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak