Jumat, 07 Agu 2020 21:55
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tenaga Medis RSUD Batu Bara Tak Siap Hadapi Pasien Covid-19, Gubernur Kecewa

Tenaga Medis RSUD Batu Bara Tak Siap Hadapi Pasien Covid-19, Gubernur Kecewa

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Muchlis Aci
Rabu, 08 Apr 2020 18:58
Istimewa
Gubernur mencontohkan (Pabung Kodim 0208) selaku pasien Corona kepada Direktur RSUD Kabupaten Batu Bara, Rabu (8/4/2020).
Sesuai Rundown kegiatan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi ke Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Batu Bara, selepas kunjungan ke Kota Tanjung Balai, selanjutnya Gubernur bersama rombongan melaksanakan peninjauan langsung ke RSUD Batu Bara, sekitar pukul 12.35, Rabu (8/4/2020).

Peninjauan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batu Bara tersebut, salah satu bentuk rasa kepedulian Gubernur terhadap RSUD setempat. Namun sayangnya, Direktur RSUD dr. J.L. Purba tidak mampu menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan Gubernur tersebut.

Liputan Utamanews.com secara langsung, memperhatikan segala kegiatan selama di dalam rungan VIP (Very Important Person), namun yang terjadi adalah, belum adanya persiapan para anak buah Direktur RSUD.

Sebagaimana yang dimaksud belum adanya persipan tersebut, yaitu, para tenaga medis RSUD itu tidak paham cara menggunuakan APD (Alat Pelindung Diri). "Ini menyangkut nyawa orang lho, hati-hati kalian," ketus Edy saat melontarkan ucapannya.


Ucapan pedasnya itu, langsung didengar oleh yang berada di dalam ruangan VIP, di antaranya, Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, Ketua DPRD M. Syafii, Sekda Sakti Alam Siregar, Kepala Dinas Kesehatan drg. Wahid Khusairi, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, dan para awak media yang turut ambil kesempatan dalam liputan.

Berikutnya, Gubernur Sumatera Utara, meminta kepada salah satu tenaga medis yaitu dokter spesialis Paru. "Catat itu, apa-apa saja yang kurang paham terkait bagaimana cara menggunakan APD yang benar," ujar Gubsu.

Permintaan Edy itu disampaikan setelah dr. Restuti meminta kepada para tenaga medis bagaimana cara menggunakan APD yang sesungguhnya.

Mirisnya, para tenaga medis yang seyogianya bertugas untuk menangani tentang Covid-19, tidak tahu bagaimana cara untuk menggunakan APD jenis Baju Cover Al. Hal itu dapat dibuktikan, ketika dr. Restuti yang tergabung dalam rombongan Guburnur, meminta bagaimana cara untuk menggunakannya.


Saat itu juga, Gubernur Edy mencontohkan kepada anak buah Direktur RSUD, sambil berkata, "Seandainya ini (Pabung Kodim 0208) sebagai pasien Corona, lantas apa yang ibu lakukan?"

Namun tampak jawaban tenaga medis tak sama dengan apa yang dimaksudkan oleh Gubernur.

"Kalau begini caranya belum siap, makin mati orang nanti", ucap Gubernur di hadapan Bupati Zahir.

"Pak dokter. Ini jangan main-main," ungkap Gubernur Edy secara langsung kepada Direktur dr. J.L Purba saat masih di dalam ruangan VIP atau ruangan Isolasi Covid-19.

Di situ juga, Gubernur Edi menyarankan kepada pihak RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan, segera kirim para tenaga medisnya ke Medan, guna untuk diberikan pelatihan.


Usai peninjauan di ruangan VIP atau ruangan Isolasi Covid-19 RSUD itu, Gubernur beserta rombangan, dan turut didampingi Bupati Zahir, para Awak Media mendapatkan kesempatan untuk mewancara dirinya.

Di luar ruangan itu, tepatnya di halaman depan RSUD, secara bergiliran para awak media cetak, media online dan media televisi, menyampaikan beberapa pertanyaan.

Awak utamanews.com, mempertanyakan, "Apakah Ruangan Isolosi RSUD dan Ruangan Karantina di SMKN 1 Kab Lima Puluh menurut Pak Gubernur sudah sesuai SOP?"

"Jika itu dikerjakan dalam 2 hari kedepan, tentunya sesuai dengan SOP," terang Gubernur Edy Rahmayadi.
Editor: Ade

T#g:BatubaraCovid-19Covid 19Edy RahmayadiRSUD Batubara
Berita Terkait
  • Jumat, 07 Agu 2020 21:07

    Kembali melonjak, Per 7 Agustus, bertambah 216 warga di Sumut positif Covid 19

    Angka penderita positif Covid-19 kembali mengalami pertambahan signifikan. Hari ini, 7 Agustus 2020, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumatera Utara mengumumkan ada pertambahan 216 kasus pos

  • Jumat, 07 Agu 2020 19:47

    Gubernur Edy Mohon Maaf, Batasi Tamu dan Undangan Demi Terapkan Protokol Kesehatan

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi berencana menggelar resepsi pernikahan putri keduanya Siti Andira Rahmayana dengan Arie Maulana Basri pada Minggu 9 Agustus 2020 mendatang. Acara bertempa

  • Jumat, 07 Agu 2020 15:27

    Bertambah 1 Lagi, Positif CoviD-19 Di Sergai Jadi 58 Kasus

    Kluster Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Serdang kembali memunculkan korban. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Serdang Bedagai (Kominfo Sergai) sekaligus Juru Bicara Gugus Tugas P

  • Jumat, 07 Agu 2020 04:07

    Muspika Bangsalsari Operasi Pengawasan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

    Muspika Bangsalsari turunkan personelnya untuk melakukanpengawasan pelaksanaan protokol kesehatan Covid 19 masyarakat,di lokasi keramaian di wilayah Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.Personel yan

  • Kamis, 06 Agu 2020 23:36

    Segera Direvitalisasi Gubernur Berharap SMA Negeri 1 Medan Jadi Percontohan

    Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas dan kenyamanan proses belajar dan mengajar di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Medan, tahun ini akan dilakukan revitalisasi bangunan dengan total anggaran s

  • Kamis, 06 Agu 2020 18:56

    Update Covid19 di Sumut 6 Agustus, Sembuh 69, Positif 86

    Penyebaran Covid-19 masih terus terjadi di tengah-tengah masyarakat Sumatera Utara. Hal ini terlihat dari pertambahan kasus konfirmasi positif setiap harinya. Namun bersamaan dengan hal tersebut, angk

  • Kamis, 06 Agu 2020 09:36

    Hingga 5 Agustus, 1790 dari 4391 warga Sumut sembuh dari Covid-19

    Penambahan angka kesembuhan terus meningkat di wilayah provinsi Sumatera Utara. Update terakhir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GGTP) COVID-19 Sumut, hingga 5 Agustus 2020, angka kesembuhan mencapa

  • Rabu, 05 Agu 2020 22:55

    3 Warga Sergai Sembuh Covid, 1 Positif

    Di tengah peningkatan angka korban positif Corona Virus Disease (Covid-2019) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), proses percepatan penanganan tidak mengendur. Hal ini dibuktikan dengan kabar sembuh

  • Kamis, 06 Agu 2020 06:06

    Peringati HUT ke-75 RI Pemprov Sumut Kunjungi Para Pejuang dan Panti Asuhan

    Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia (RI), Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) mengadakan kunjungan sosial kepada para pejuang dan panti asuhan, Rabu (5/8). Ku

  • Rabu, 05 Agu 2020 15:35

    Akhyar Positif Terinfeksi Covid-19, Aktifitas di Kantor Wali Kota Berjalan Normal

    Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi  dinyatakan  positif terinfeksi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). Kepastian ini diperoleh setelah hasil Swab PCR yang dilak

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak