Rabu, 21 Okt 2020 05:34
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Tenaga Medis RSUD Batu Bara Tak Siap Hadapi Pasien Covid-19, Gubernur Kecewa

Tenaga Medis RSUD Batu Bara Tak Siap Hadapi Pasien Covid-19, Gubernur Kecewa

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Muchlis Aci
Rabu, 08 Apr 2020 18:58
Istimewa
Gubernur mencontohkan (Pabung Kodim 0208) selaku pasien Corona kepada Direktur RSUD Kabupaten Batu Bara, Rabu (8/4/2020).
Sesuai Rundown kegiatan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi ke Kota Tanjung Balai dan Kabupaten Batu Bara, selepas kunjungan ke Kota Tanjung Balai, selanjutnya Gubernur bersama rombongan melaksanakan peninjauan langsung ke RSUD Batu Bara, sekitar pukul 12.35, Rabu (8/4/2020).

Peninjauan Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Batu Bara tersebut, salah satu bentuk rasa kepedulian Gubernur terhadap RSUD setempat. Namun sayangnya, Direktur RSUD dr. J.L. Purba tidak mampu menjawab sejumlah pertanyaan yang dilontarkan Gubernur tersebut.

Liputan Utamanews.com secara langsung, memperhatikan segala kegiatan selama di dalam rungan VIP (Very Important Person), namun yang terjadi adalah, belum adanya persiapan para anak buah Direktur RSUD.

Sebagaimana yang dimaksud belum adanya persipan tersebut, yaitu, para tenaga medis RSUD itu tidak paham cara menggunuakan APD (Alat Pelindung Diri). "Ini menyangkut nyawa orang lho, hati-hati kalian," ketus Edy saat melontarkan ucapannya.


Ucapan pedasnya itu, langsung didengar oleh yang berada di dalam ruangan VIP, di antaranya, Bupati Batu Bara, Ir. Zahir, Ketua DPRD M. Syafii, Sekda Sakti Alam Siregar, Kepala Dinas Kesehatan drg. Wahid Khusairi, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis, dan para awak media yang turut ambil kesempatan dalam liputan.

Berikutnya, Gubernur Sumatera Utara, meminta kepada salah satu tenaga medis yaitu dokter spesialis Paru. "Catat itu, apa-apa saja yang kurang paham terkait bagaimana cara menggunakan APD yang benar," ujar Gubsu.

Permintaan Edy itu disampaikan setelah dr. Restuti meminta kepada para tenaga medis bagaimana cara menggunakan APD yang sesungguhnya.

Mirisnya, para tenaga medis yang seyogianya bertugas untuk menangani tentang Covid-19, tidak tahu bagaimana cara untuk menggunakan APD jenis Baju Cover Al. Hal itu dapat dibuktikan, ketika dr. Restuti yang tergabung dalam rombongan Guburnur, meminta bagaimana cara untuk menggunakannya.


Saat itu juga, Gubernur Edy mencontohkan kepada anak buah Direktur RSUD, sambil berkata, "Seandainya ini (Pabung Kodim 0208) sebagai pasien Corona, lantas apa yang ibu lakukan?"

Namun tampak jawaban tenaga medis tak sama dengan apa yang dimaksudkan oleh Gubernur.

"Kalau begini caranya belum siap, makin mati orang nanti", ucap Gubernur di hadapan Bupati Zahir.

"Pak dokter. Ini jangan main-main," ungkap Gubernur Edy secara langsung kepada Direktur dr. J.L Purba saat masih di dalam ruangan VIP atau ruangan Isolasi Covid-19.

Di situ juga, Gubernur Edi menyarankan kepada pihak RSUD dan Kepala Dinas Kesehatan, segera kirim para tenaga medisnya ke Medan, guna untuk diberikan pelatihan.


Usai peninjauan di ruangan VIP atau ruangan Isolasi Covid-19 RSUD itu, Gubernur beserta rombangan, dan turut didampingi Bupati Zahir, para Awak Media mendapatkan kesempatan untuk mewancara dirinya.

Di luar ruangan itu, tepatnya di halaman depan RSUD, secara bergiliran para awak media cetak, media online dan media televisi, menyampaikan beberapa pertanyaan.

Awak utamanews.com, mempertanyakan, "Apakah Ruangan Isolosi RSUD dan Ruangan Karantina di SMKN 1 Kab Lima Puluh menurut Pak Gubernur sudah sesuai SOP?"

"Jika itu dikerjakan dalam 2 hari kedepan, tentunya sesuai dengan SOP," terang Gubernur Edy Rahmayadi.
Editor: Ade

T#g:BatubaraCovid-19Covid 19Edy RahmayadiRSUD Batubara
Berita Terkait
  • Selasa, 20 Okt 2020 18:10

    Gubernur Sumut Kukuhkan 29 TPAKD Kabupaten/Kota

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengukuhkan 29 Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) kabupaten/kota. Diharapkan TPAKD tersebut dapat bekerja dengan nyata, serta mendorong percepat

  • Senin, 19 Okt 2020 21:19

    Angka Kesembuhan Covid-19 Sumut Capai 80,42%

    Angka kesembuhan Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terus membaik. Hingga, Senin (19/10), angka kesembuhan mencapai 80,42%, atau meningkat 3,6 poin dibandingkan dengan minggu lalu 76,82%.Hal

  • Senin, 19 Okt 2020 17:39

    Tekan Laju Perkembangan, Gugus Tugas Covid 19 Kab. Jember Terus Lakukan Operasi, Tingkatkan Kedisiplinan Masyarakat

    Dalam rangka meningkatkan pendisiplinan masyarakat  untukselalu mematuhi protokol kesehatan, operasi yustisi pendisiplinanmasyarakat terus dilakukan,  baik di tingkat Kabupaten maupunditingk

  • Minggu, 18 Okt 2020 16:18

    Masih Langgar Protokol Kesehatan Satgas Covid-19 Mebidang Tutup Hiburan Malam di Capital Building

    Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang) menutup sementara tempat hiburan malam di Capital Building, Jalan Putri Hijau Nomor 1A Medan. Langkah ini diambil Satgas Covid-1

  • Sabtu, 17 Okt 2020 17:47

    Informasi Lonjakan Angka Tertular Covid-19 Di Taput Bantu Warga Lebih Disiplin

    Dalam beberapa minggu ini pada bulan Oktober 2020, lonjakan penderita Covid-19 di Taput (Tapanuli Utara) provinsi Sumatera Utara, naik secara drastis.Dari pantauan laman satuan tugas percepatan penang

  • Sabtu, 17 Okt 2020 08:47

    Polda Sumut Tangkap Dalang Kerusahan Demo Tolak UU Cipta Kerja di Batu Bara

    Ditreskrimum Polda Sumut menangkap satu tersangka yang menjadi dalang atau provokator tindakan anarkis aksi demo tolak Omnibus Law di depan kantor DPRD Kabupaten Batubara.Adapun tersangka tersebut ber

  • Kamis, 15 Okt 2020 18:25

    Satgas Covid-19 Mebidang Ultimatum Sejumlah Pelaku Usaha

    Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Medan - Binjai - Deli Serdang (Mebidang) memberikan ulitmatum kepada sejumlah pelaku usaha yang dinilai mengabaikan protokol kesehatan, antara lain membiarkan terjadinya

  • Rabu, 14 Okt 2020 23:44

    Minimnya Informasi Korban Meninggal Positif Covid-19 di Taput

    Pegawai Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) Provinsi Sumut, dr. Tonny Lumbantobing, M.Kes (56) Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Kabid Yankes), meninggal dunia pada Rabu,(14/10) siang. B

  • Rabu, 14 Okt 2020 10:14

    Edy Rahmayadi: Angka Covid-19 Sumut Terus Membaik

    Angka perkembangan kasus Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut) terus membaik. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten/Kota diminta terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan menjalankan peraturan kepala

  • Rabu, 14 Okt 2020 09:44

    Gubernur Sumut Isi Kuliah Umum di Unika Santo Thomas

    Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyampaikan motivasi kepada para mahasiswa Universitas Katolik (Unika) Santo Thomas di Gedung Convention Hall Bina Media, Kampus I Jalan Setia Budi Medan, Selasa (13/10).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak