Selasa, 23 Apr 2019 22:08

Buruknya Infastruktur Jalan Povsu di Palas,

Sumut Paten Hanya Slogan, Faktanya Tak Paten

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 16 Jun 2017 08:26
Maulana Syafii
Ketua JPRMI Kabupaten Palas, Muhammad Idrisman Mendefa.
"Sumut Paten itu, hanya slogan. Faktanya, Sumut itu tak Paten. Buktinya infrastruktur Jalan Provsu di Palas, sampai kini gak paten," sebut Ketua Jaringan​ Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Muhammad Idrisman Mendefa, Kamis (15/6/2017).

Pernyataan tegas ini disampaikan, mengingat sampai saat ini, sudah memasuki H-10 menuju hari raya idul fitri 1438 Hijriyah, namun kondisi badan jalan Provinsi Sumut (Provsu) di daerah Kabupaten Palas masih amburadul dan belum ada tanda-tanda akan perbaikannya.

"Sudah tiga periode Gubsu menjabat, sejak Kabupaten Palas dimekarkan, mulai dari Syamsul Arifin, Gatot Pujo Nugroho hingga kini Pak Tengku Ery Nuradi. Kondisi badan jalan provsu di Palas masih amburadul. Masih banyak istilahnya di sini, kubangan kuda nil di badan jalan," tegasnya.

Ingat, lanjut Idrisman, Kabupaten Palas adalah wajahnya Sumut. Kalau wajahnya buruh, bagaimana orang akan tertarik masuk ke Sumut, untuk berinvestasi di wilayah Sumut.

"Kabupaten Palas, wajahnya Sumut. Sebab Palas sebagai pintu masuk dari daerah-daerah lain, seperti dari Provinsi Riau, Sumbar, Palembang, Bengkulu, Lampung sampai tamu yang datang dari Pulau Jawa sana," jelasnya.

Menurut Mendefa, yang setiap harinya melintasi jalan Provsu dai Kecamatan Sosa hingga ke Kecamatan Barumun di Sibuhuan, ibukota Kabupaten Palas, yang berjarak sekitar 28 kilometer, setidaknya ada 50 titik kerusakan badan jalan.

"Dari rumah saya di Desa Gunung Beringin, Kecamatan Sosa sampai di Sibuhuan, saya ingat dan saya hitung-hitung ada 50 titik kerusakan badan jalan Provsu. Dari kerusakan sedang hingga kerusakan berat. Begitu pula kondisi jalan provsu dari Sosa hingga Huragi," ujarnya.

Dituturkannya, beberapa titik kerusakan berat pada badan jalan Provsu mulai dari Siborna Bunut, Tanjakan Simandi Angin, Pasir Jae, Pasir Julu, Jembatan Ampolu, depan SMP Ampolu, sekitar Simpang 17, dekat cucian mobil di Tanjung Bale.

"Kemudian, Desa Aer Bale, Parao Sorat, Rao-rao Dolok, Ujung Batu, Aliran Aek Taki di Pasar Ujung Batu, yang kerap tergenang air saat hujan. Terus jalan provsu di Desa Aek Tinga," urainya.

Selanjutnya, Jembatan Sialang Rindang, Lubuk Bunut, jalan provsu dekat Simpang PTPN IV Sosa, Desa Sibodak Sosa Jae, jembata  Sibodak, batas Desa Parmainan, depan MDA Parmainan, jalan Parmainan yang longsor. Batas Parmainan dengan Desa Pagaran Dolok.

"Kemudian, sekitar lapangan Desa Pagaran Dolok, Tanjakan Aliaga hingga Simpang Trans Aliaga. Sampai kini titik jalan provsu ini masih rusak parah dan belum diperbaiki," jelasnya.

Untuk itu, Idrisman berharap kiranya pihak Pemprovsu dapat peduli atas keselatan warga masyarakat yang melintasi di atas badan jalan provsu di Palas tersebut.

"Sudah banyak korban berjatuhan di atas jalan yang rusak itu. Kami berharap agar jalan di tempat kami dapat segera diperbaiki. Apalagi ini sudah menjelang lebaran," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:InfrastrukturPalasPaten
Berita Terkait
  • Sabtu, 20 Apr 2019 08:20

    Dukung Hasil Pemilu, Mari Rajut Kembali Persatuan Bangsa Menuju Suksesnya Pembangunan Indonesia Maju

    Pemilihan Umum bukan sekadar siklus lima tahunan yang biasa. Pemilu merupakan sebuah sarana untuk mencari pemimpin yang benar-benar peduli dengan rakyat Indonesia. Outputnya adalah untuk mewujudkan ne

  • Selasa, 16 Apr 2019 15:16

    Sindir Jokowi, Iklan Kampanye Prabowo- Sandi Tanpa Solusi

    Sebuah iklan kampanye pasangan 02 Prabowo- Sandi sempat mencuri perhatian. Hal ini lantaran isinya menyindir pembangunan infrastruktur yang digalakkan oleh pemerintahan Jokowi.

  • Minggu, 14 Apr 2019 19:44

    Bawaslu Palas Laksanakan Pembersihan APK

    Sesuai tahapan Pemilu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Padang Lawas (Palas) laksanakan pembersihan Alat Peraga Kampanye (APK), Minggu (14/4/2019).Pelaksanaan ini sesuai dengan peraturan peru

  • Sabtu, 13 Apr 2019 09:33

    Tol Bocimi Akan Genjot Elektabilitas Jokowi

    Sukabumi diharapkan dapat memberikan torehan suara sampai 60 persen, elektabilitas Jokowi-Ma'ruf Amin mulai meningkat di kota tersebut. Saat ini perolehan dukungan sementara paslon nomor 01 terse

  • Minggu, 07 Apr 2019 12:47

    Ratusan Warga Palas Antusias Ikuti KPU Pemilu RUN 3K

    Sedikitnya 500-an warga masyarakat di Kabupaten Padang Lawas (Palas), termasuk Sekdakab Palas, Arpan Nasution didampingi sejumlah camat dan jajaran kepolisian serta TNI, terlihat antusias turut serta

  • Selasa, 02 Apr 2019 13:42

    Disdukcapil Palas Terus Lakukan Perekaman e-KTP Pemilih Pemula dan Penghuni Lapas

    Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Padang Lawas (Palas), sampai saat ini terus melakukan perekaman e-KTP kepada warga masyarakat di Kabupaten Palas yang menghuni lembaga pema

  • Senin, 01 Apr 2019 16:11

    KAMUS Palas Akan Hadirkan UAS di Palas

    Keluarga Besar Abituren Pondok Pesantren (Ponpes) Musthafawiyah (Kamus) daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) akan menghadirkan dai kondang Ustadz H. Abdul Somad, Lc, MA (UAS) pada kegiatan tabligh ak

  • Senin, 01 Apr 2019 16:01

    Desa Ujung Batu Juara Umum MTQN Ke-12 Sosa

    Kafilah dari Desa Ujung Batu Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) berhasil tampil sebagai juara umum dalam kegiatan musabaqah tilawatil qur'an nasional (MTQN) ke-12 tingkat Kecamatan Sos

  • Selasa, 26 Mar 2019 22:06

    BKKBN Sumut Minta Pelajar di Palas Menjadi Pemuda Genre Berinovasi

    Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut, meminta kepada seluruh pelajar yang tersebar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), agar menjadi pemuda atau generasi berencan

  • Selasa, 26 Mar 2019 12:06

    BKKBN Sumut dan Komisi IX DPR RI Sosialisasikan Genre ke Pelajar Palas

    Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sumut, bekerjasama dengan Komisi IX DPR RI, menggelar kegiatan sosialisasi generasi berencana (Genre) kepada ratusan pelajar di Kabupate

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak