Minggu, 25 Agu 2019 06:10

Buruknya Infastruktur Jalan Povsu di Palas,

Sumut Paten Hanya Slogan, Faktanya Tak Paten

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Jumat, 16 Jun 2017 08:26
Maulana Syafii
Ketua JPRMI Kabupaten Palas, Muhammad Idrisman Mendefa.
"Sumut Paten itu, hanya slogan. Faktanya, Sumut itu tak Paten. Buktinya infrastruktur Jalan Provsu di Palas, sampai kini gak paten," sebut Ketua Jaringan​ Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kabupaten Padang Lawas (Palas), Muhammad Idrisman Mendefa, Kamis (15/6/2017).

Pernyataan tegas ini disampaikan, mengingat sampai saat ini, sudah memasuki H-10 menuju hari raya idul fitri 1438 Hijriyah, namun kondisi badan jalan Provinsi Sumut (Provsu) di daerah Kabupaten Palas masih amburadul dan belum ada tanda-tanda akan perbaikannya.

"Sudah tiga periode Gubsu menjabat, sejak Kabupaten Palas dimekarkan, mulai dari Syamsul Arifin, Gatot Pujo Nugroho hingga kini Pak Tengku Ery Nuradi. Kondisi badan jalan provsu di Palas masih amburadul. Masih banyak istilahnya di sini, kubangan kuda nil di badan jalan," tegasnya.

Ingat, lanjut Idrisman, Kabupaten Palas adalah wajahnya Sumut. Kalau wajahnya buruh, bagaimana orang akan tertarik masuk ke Sumut, untuk berinvestasi di wilayah Sumut.

"Kabupaten Palas, wajahnya Sumut. Sebab Palas sebagai pintu masuk dari daerah-daerah lain, seperti dari Provinsi Riau, Sumbar, Palembang, Bengkulu, Lampung sampai tamu yang datang dari Pulau Jawa sana," jelasnya.

Menurut Mendefa, yang setiap harinya melintasi jalan Provsu dai Kecamatan Sosa hingga ke Kecamatan Barumun di Sibuhuan, ibukota Kabupaten Palas, yang berjarak sekitar 28 kilometer, setidaknya ada 50 titik kerusakan badan jalan.

"Dari rumah saya di Desa Gunung Beringin, Kecamatan Sosa sampai di Sibuhuan, saya ingat dan saya hitung-hitung ada 50 titik kerusakan badan jalan Provsu. Dari kerusakan sedang hingga kerusakan berat. Begitu pula kondisi jalan provsu dari Sosa hingga Huragi," ujarnya.

Dituturkannya, beberapa titik kerusakan berat pada badan jalan Provsu mulai dari Siborna Bunut, Tanjakan Simandi Angin, Pasir Jae, Pasir Julu, Jembatan Ampolu, depan SMP Ampolu, sekitar Simpang 17, dekat cucian mobil di Tanjung Bale.

"Kemudian, Desa Aer Bale, Parao Sorat, Rao-rao Dolok, Ujung Batu, Aliran Aek Taki di Pasar Ujung Batu, yang kerap tergenang air saat hujan. Terus jalan provsu di Desa Aek Tinga," urainya.

Selanjutnya, Jembatan Sialang Rindang, Lubuk Bunut, jalan provsu dekat Simpang PTPN IV Sosa, Desa Sibodak Sosa Jae, jembata  Sibodak, batas Desa Parmainan, depan MDA Parmainan, jalan Parmainan yang longsor. Batas Parmainan dengan Desa Pagaran Dolok.

"Kemudian, sekitar lapangan Desa Pagaran Dolok, Tanjakan Aliaga hingga Simpang Trans Aliaga. Sampai kini titik jalan provsu ini masih rusak parah dan belum diperbaiki," jelasnya.

Untuk itu, Idrisman berharap kiranya pihak Pemprovsu dapat peduli atas keselatan warga masyarakat yang melintasi di atas badan jalan provsu di Palas tersebut.

"Sudah banyak korban berjatuhan di atas jalan yang rusak itu. Kami berharap agar jalan di tempat kami dapat segera diperbaiki. Apalagi ini sudah menjelang lebaran," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:InfrastrukturPalasPaten
Berita Terkait
  • Rabu, 21 Agu 2019 17:51

    Gubernur Ingatkan Arsitek Jangan Ikut Jadi Penipu

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan agar para arsitek jangan menjadi penipu atau ikut saling menutupi penipuannya.

  • Kamis, 15 Agu 2019 20:55

    54 Anggota Paskibraka Palas 2019 Dikukuhkan Wabup Palas

    Sebanyak 54 anggota pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka), yang akan bertugas dalam menaikkan dan menurunkan bendera merah putih, dalam acara detik-detik peringatan Kemerdekaan RI ke-74 tahun 2

  • Rabu, 14 Agu 2019 09:44

    Gubsu Berikan Perhatian Terhadap Indeks Kemiskinan di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi sangat memberi perhatian penuh terhadap Indeks kemiskinan penduduk Provinsi Sumatera Utara yang dianggapnya masih tinggi saat menyampaikan 5 indikator mak

  • Senin, 29 Jul 2019 19:19

    Warga Sibuhuan Ditemukan Wafat di Kebun Karet

    Seorang warga Lingkungan 6 Kelurahan Pasar Sibuhuan Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas (Palas), diketahui bernama Edwart Sibarani, laki-laki, umur 55 tahun, oleh warga ditemukan dalam kondisi wa

  • Senin, 29 Jul 2019 10:29

    TMMD 105 Kodim 0415/Batanghari Bangun Jalan Tiga Kilometer di Desa Ladang Peris

    Tim Pengawas dan Evaluasi dari Mabes TNI AD dipimpin Kasahli Kasad Mayjen TNI Arif Susilo bersama Pabandya 2/Anev Letkol Arm Budi Wahyono didampingi Dandim 0415/Batanghari Letkol Inf Widi Rahman, S.H,

  • Rabu, 24 Jul 2019 17:24

    Gus Muwafiq, Bebannya Islam Itu Rahmatan Lil Alamin

    Bebannya ummat Islam yang merupakan ummat Nabi Muhammad SAW, adalah mewujudkan kondisi dan suasana Rahmatan Lil Alamin.Begitu secuil isi ceramah KH. Ahmad Muwafiq atau Gus Muwafiq, saat berceramah di

  • Sabtu, 20 Jul 2019 16:00

    5 Gulung Kabel Listrik GI Sibuhuan Terbakar

    Sebanyak 5 gulungan rol kabel listrik milik PT PLN Rayon Sibuhuan hangus terbakar, persis berada di depan lokasi Gardu Induk di Desa Hutanopan Kecamatan Lubuk Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas),

  • Sabtu, 20 Jul 2019 11:50

    Harga Karet di Palas Turun Jadi Rp8.000/Kg

    Setelah sempat merasa gembira dengan kabar kenaikan harga jual getah karet di tingkat petani di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), pada akhir pekan ketiga bulan Juli ini, petani kembali dikejutkan

  • Rabu, 17 Jul 2019 15:07

    Akhirnya, Harimau yang meresahkan masyarakat Palas berhasil ditangkap

    Seekor Harimau Sumatera yang sempat menggegerkan warga masyarakat di dua kecamatan di Kabupaten Padang Lawas (Palas) hingga mencekam dan berdampak pada ekonomi rakyat terpuruk, akhirnya terperangkap k

  • Selasa, 25 Jun 2019 11:45

    Palas Hari Ini Masih Berbahaya, Belum Bercahaya

    Dalam kurun waktu setahun belakangan ini, berbagai peristiwa sosial ekonomi kemanusian dan kemasyarakatan, terus terjadi di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas). Mulai dari kondisi harga hasil pertan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak