Kamis, 16 Agu 2018 05:27

Sosialisasi Rencana Pemekaran Desa Se-Labura

Labuhanbatu Utara (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Jumat, 10 Agu 2018 13:50
Darwin Marpaung
Sosialisasi rencana pemekaran desa se-Labura di aula Gedung Dwi Syukur Kantor Bupati Labuhanbatu Utara, di Aek Kanopan.
Pemekaran desa merupakan tindakan menggandakan desa yang ada. Dasar hukum pemekaran desa Pasal 8 Undang undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. Pasal 28 dan Pasal 32 Peraturan Pemerintah No. 43 Tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU No. 6 tahun 2017 tentang Desa. Permendagri No. 1 Tahun 2017 tentang Penataan Desa. 

Demikian disampaikan oleh Drs. H.  Sofyan Yusma, M. Si selaku Kepala Dinas PMD Labura, di acara Sosialisasi Pemekaran Desa yang dilaksanakan di Gedung Aula Dwi Syukur Kantor Bupati Labuhanbatu Utara (Labura), Jum'at (10/8/2018).

Kepala Dinas menambahkan, manfaat pemekaran desa antara lain, 1. Jangkauan pelayanan yang semangkin dekat,  sehingga meningkatkan kualitas pelayanan (memperpendek rentang kendali birokrasi pemerintah); 2. Jarak pemerintah yang lebih dekat dengan masyarakat membuat responsivitas pemerintah semakin tinggi, sehingga aspirasi masyarakat menjadi lebih optimal; 3. Pembangunan yang lebih merata dengan adanya Dana Anggaran Desa; 4. Percepatan pengelolaan potensi daerah; 5. Meningkatkan partisipasi politik masyarakat dalam pemerintahan & pembangunan; 6. Meningkatkan keamanan dan ketertiban, dan 7. Meningkatkan kemandirian Desa.


Dikatakannya adapun rencana desa yang dimekarkan di Labura ialah : 

1.  Desa Kuala Bangka Jumlah Penduduk 6.843 Kecamatan Kualuh Hilir 

2. Desa Sukarame Jumlah penduduk 8.847 Kecamatan Kualuh Hulu 

3. Desa Tanjung Pasir Jumlah penduduk 12.244 Kecamatan Kualuh Selatan 

4. Desa Damuli Pekan Jumlah penduduk  9.107  Kecamatan Kualuh Selatan 

5. Desa Gunung MelayuJumlah penduduk  6.882 Kecamatan Kualuh Selatan 

6. Desa Aek Korsik Jumlah penduduk 19.174  Kecamatan Ak Kuo 

7. Desa Bandar Selamat Jumlah penduduk 6.317  Kecamatan Aek Kuo 

8. Desa  Sei Raja Jumlah penduduk 6.514  Kecamatan Na IX-X  

9. Desa Batu Tunggal  Jumlah penduduk 7. 944 Kecamatan Na IX-X 

10. Desa Silumajang Jumlah penduduk 6.30 Kecamatan Na IX-X 

11. Desa Pulo Jantan Jumlah penduduk 6.872 Kecamatan Na IX-X.


Kegiatan ini dihadiri 120 orang dari berbagai unsur tokoh agama, tokoh  pemuda, tokoh masyarakat, para Camat, Kepala Desa dan Kepala Dusun, PKK Karang Taruna dan  LPMD.

Pada kesempatan itu panitia memberikan kesempatan pada para undangan yang hadir untuk memberikan pertanyaan dan masukan. Yang mengherankan pertanyaan dari Desa Damuli Pekan Kecamatan Kualuh Selatan oleh Dahrul Tanjung, tokoh pemuda Kualuh Selatan.

"Kalau Kepala Desa tidak menyetujui desanya dimekarkan, apa solusi untuk masyarakat dan apa yang harus dilakukan oleh masyarakat, sementara tahapan pemekaran harus ada Perdes tentang Pemekaran Desa? Tentunya Kades tidak mau membuat hal ini, sebab ia mendapat informasi bahwa kepala desa Damuli Pekan tidak setuju desanya dimekarkan, faktanya Kepala Desa Damuli Pekan dan perangkatnya pun  tidak terlihat hadir dalam acara ini," katanya.

Pertanyaan itu dijawab langsung oleh Sofyan Yusma, katanya, "Tidak ada alasan kepala desa tidak menyetujuinya. Sebab nanti akan dilaksanakan musyawarah yang dihadiri oleh berbagai unsur pemerintah dan masyarakat, tentunya setelah diberikan penjelasan kepala desa akan menyetujuinya. Soal ini nanti kita duduk bersama untuk membahasnya," ucap  Sofyan.

Sebelum mengakhiri acara, narasumber dan panitia berulang kali bertanya kepada undangan yang hadir, apakah setuju desanya dimekarkan? Dengan serentak undangan yang hadir mengatakan, "Setuju".

Editor: Boraspati

T#g:laburasosialisasi
Berita Terkait
  • Kamis, 16 Agu 2018 06:16

    Budi's Social Style Untuk Pegawai Bakamla RI

    Kepala Bagian Pegawaian Bakamla RI Kolonel Marinir Budi Santoso, M.A.P. memberikan pembekalan mengenai Social Style (atau yang biasa disebut gaya dalam berinteraksi sosial) kepada seluruh pegawai Baka

  • Rabu, 15 Agu 2018 05:15

    Danramil 0824/01 Patrang Turut Beri Arahan Para Ketua RT dan Ketua RW

    Camat Pantrang Ir Moch Rofiq Sugiarto, Danramil 0824/01 Patrang Kapten Inf Sumaryono, Kanit Binmas Polsek Patrang Ipda Sugiono, Plt Lurah Gebang Sugiartono, Ketua RT/RW se-Kelurahan Gebang, Tokoh Agam

  • Senin, 06 Agu 2018 06:36

    Plt Bupati Labuhanbatu Hadiri Peringatan HUL Tuan Guru Gunung Selamat

    Plt. Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, ST, MT dalam kepeduliannya terhadap umat Islam di Kabupaten Labuhanbatu akan berusaha mengikuti jejak Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara H. Khairuddi

  • Kamis, 02 Agu 2018 15:12

    Kepala Kantor Kementerian Agama Labura Diduga Korupsi Dana Bimbingan Pra Nikah

    D. Marpaung Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Swadaya Masyarakat (DPD LSM PERKARA) Labuhanbatu Utara menyatakan telah melaporkan Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Labuhan Batu Utara Drs. H.

  • Rabu, 01 Agu 2018 05:01

    Dinas P3A Labuhanbatu Gelar Pelatihan, Pengumpulan Data Kekerasaan Anak dan Perempuan

    Tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan tindakan yang melanggar, menghambat, meniadakan, dan mengabaikan hak asasi perempuan dan hak anak, tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak d

  • Sabtu, 28 Jul 2018 16:08

    Masyarakat Soroti Sanksi Hukum pada Kepala Desa Tanjung Pasir Labura

    Masyarakat Desa Tanjung Pasir mengharapkan agar intansi penegak hukum memberikan sanksi hukum pada Juliyanto S.Ag., Kepala Desa mereka. "Jangan hanya mengembalikan kerugian lalu urusan selesai sampai

  • Selasa, 24 Jul 2018 14:24

    Granat Labuhanbatu Sosialisasi Bahaya Narkoba di SMK Al Azis Desa Janji

    Dewan pimpinan cabang Gerakan Anti Narkotika, (GRANAT) kabupaten labuhanbatu, mengadakan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika yang dilaksanakan di SMK AL AZIS desa Janji kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, Senin, (23/7/18)

  • Kamis, 19 Jul 2018 17:29

    18 Desa di Kabupaten Labura Akan Laksanakan Pilkades

    Tidak lama lagi, 18 Desa di kabupaten Labura akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Drs. H. Sofyan Yusma, M.Si selaku Kepala Dinas PMD Labura, menyatakan 18 desa tersebut akan melaks

  • Kamis, 12 Jul 2018 19:02

    Ratusan Warga Desa Sialang Taji Demo di Kebunan Sawit PT. LWI (Sinar Mas Group)

    Ratusan Warga Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan Labura, melakukan aksi demo di lokasi perkebunan PT. Leidong Weist Indonesia (PT. Sinar Mas Group), Kamis (12/7/2018).Adapun tuntutan para pese

  • Sabtu, 30 Jun 2018 09:50

    Sosialisasi Keselamatan Berkendara di Desa Wonosari Berjalan Sukses

    Sosialisasi keselamatan berkendara di depan Kantor Desa Wonosari, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang berjalan sukses.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak