Jumat, 29 Mar 2024 11:46
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Satgas BNN USM: Mahasiswa harus mampu membuat lingkungannya bebas Narkoba

Medan (utamanews.com)

Oleh: Dian

Jumat, 15 Des 2017 23:45

Dok
Seminar "Perang Melawan Narkoba", di gedung Serba Guna Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia, jalan Kapten Muslim, Medan, Jumat siang (15/12/2017).

Banyak hal yang mendorong kawula muda menjadi pencandu Narkoba, antara lain coba-coba karena penasaran, kemudian senang-senang, alasan untuk menghilangkan kepenatan akibat masalah pribadi, mengembalikan stamina, dimana akhirnya membuat orang kecanduan, dan ketika tidak terpenuhi, membuat seorang pecandu gelap mata, dan bisa menyakiti dirinya sendiri maupun orang lain.

Hal tersebut disampaikan oleh Anindya Lins dari Forum Mahasiswa Anti Narkoba, saat menjadi pembicara dalam seminar bertema, "Perang Melawan Narkoba", yang diselenggarakan di gedung Serba Guna Universitas Sari Mutiara (USM) Indonesia, jalan Kapten Muslim, Medan, Jumat siang (15/12/2017).

"Narkoba masih menjadi momok menakutkan dan yang paling sulit untuk diberantas, pasalnya kesadaran akan kesehatan kini kian terus menipis, dan pemerintah kesulitan karena bandar serta pengedarnya menjamur dimana-mana serta didukung teknik berdagang yang mulai lebih kreatif," tuturnya.

Saat ini, lanjutnya, maraknya penyebaran narkoba di Indonesia bisa dikatakan hampir mencapai tingkat kritis. "Pasalnya tidak hanya di kawasan kota saja, bahkan Narkoba masuk ke pelosok-pelosok atau pedesaan," ungkapnya. 

"Narkoba sama menghawatirkannya dengan korupsi, kedua hal tersebut membuat bobrok nilai moral bangsa," pungkasnya.

Sementara itu, Esteria Nababan selaku Ketua Satgas Mahasiswa Anti Narkoba BNN Universitas Sari Mutiara Indonesia menjelaskan bahwa saat ini diperkirakan, dari 100 mahasiswa, 5 di antaranya terindikasi menyalahgunakan Narkoba. 

"Adanya penyakit yang ditularkan melalui pola hidup para pecandu, membuat masalah penyalahgunaan Narkoba menjadi semakin serius. Lebih memprihatinkan lagi bila yang kecanduan adalah remaja yang merupakan masa depan bangsa," ujar Ester.

Sebelumnya, Devi Sitepu, Satgas BNN Sumut-Universitas Sari Mutiara, menuturkan bahwa pihaknya bekerjasama dengan Asosiasi Relawan Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba yang berada di bawah naungan Badan Narkotika Nasional (BNN). 

"Di sini ada dosen dan mahasiswa yang dilatih langsung oleh BNN Provinsi Sumut, untuk membentuk karakter mahasiswa melawan Narkoba. Kami ingin mahasiswa menjadi agen perubahan. Tidak cukup hanya menjaga diri sendiri, namun juga harus bisa mengajak orang sekitar dan lingkungan untuk bersih dari Narkoba," tegasnya.

Seminar ini diikuti sekitar 110 peserta dari mahasiswa berbagai Fakultas di Universitas Sari Mutiara Indonesia.

Editor: Budi

T#g:BNNnarkobaSatgas BNNSeminar
makeup remover
Berita Terkait
  • Selasa, 26 Mar 2024 12:36

    Polda Sumut Tangkap 3.860 Orang Terlibat Narkoba

    Polda Sumut dan polres jajaran selama kurun waktu tujuh bulan sejak 12 September 2023 hingga 23 Maret 2024 telah mengungkap berbagai kasus tindak pidana peredaran narkotika.Dari data yang diterima, Sa

  • Senin, 25 Mar 2024 15:25

    Bandar sabu diamankan Satresnarkoba Polres Binjai

    Satresnarkoba Polres Binjai berhasil mengamankan seorang pria yang diduga sebagai bandar narkotika jenis sabu sabu, Selasa (19/3) sore. Adapun pria yang dimaksud adalah SS (31). Dirinya berhasil


tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️