Jumat, 03 Jul 2020 19:41

Sabrina Berharap Sejarah Kesultanan Bilah Dibukukan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 23 Agu 2019 06:23
Istimewa
Sabrina dalam pertemuan dengan Keluarga Majelis Pernobatan Sultan Bilah X
Para sejarawan dan pemerhati budaya diharapkan segera melakukan riset dan membukukan sejarah Kesultanan Bilah. Sehingga para generasi muda saat ini dan generasi mendatang mengetahui tentang sejarah Kesultanan Bilah.

Kesultanan Bilah adalah salah satu Kesultanan yang terdapat di wilayah Kabupaten Labuhanbatu. Kesultanan Bilah berkedudukan di Negeri Lama. Raja pertamanya adalah Raja Tahir Indra Alam, yang pada tahun 1623, yang menamai kerajaannya dengan nama Kerajaan Bilah.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) Sabrina dalam pertemuan dengan Keluarga Majelis Pernobatan Sultan Bilah X, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sumut, Lantai 9, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan, Kamis (22/8).

"Untuk budayawan, ada baiknya sejarah ini segera kita buat buku. Soal teknis dan risetnya nanti kita bisa menunjuk Dinas Perpustakaan untuk membantunya," ucap Sabrina.

Hadir mendampingi Sekda, Asisten Pemerintahan Umum HM Fitriyus, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ria Nofida Telaumbanua dan Kepala Biro Bina Sosial (Binsos) M Yusuf. Sementara dari Keluarga Majelis Pernobatan Sultan Bilah X yakni OK Muhammad Muchlis (Ketua Penabalan), Tengku Muchrizad (Pemangku Adat Sutan Bilah), Tengku Riswansyah (pemerhati budaya), dan Guslan Riswaldy (setia usaha).


Pada kesempatan itu, Sabrina juga meminta pada seluruh keluarga dan panitia Majelis Pernobatan Sultan Bilah X, usai acara penabalan Sultan untuk segera menyusun silsilah keturunan Kesultanan Bilah. "Silsilah ini menurut saya sangat penting, agar kita tau semua keturunan dari kesultanan ini," ujar Sabrina.

Sebelumnya, Ketua Penabalan OK Muhammad Muchlis menyatakan, kunjugan mereka ingin bermusyawarah dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut tentang rencana penabalan salah satu keturunan Raja Bilah yang akan diselenggarakan 9 September 2019, di salah satu masjid di Negeri Lama, Bilah Hilir, Labuhanbatu.

"Kita ingin bersinergi dengan pemerintah provinsi. Kita ketahui juga berdasarkan pernyataan gubernur, beliau akan menghidupkan kembali kebudayaan Melayu di Sumut. Jadi kita meminta arahan dan nasehat dari pemerintah untuk penobatan Sultan Bilah Tengku Muhammad Risfansyah cucu dari Tengku Asnan yang merupakan Tengku besar terakhir di Bilah," ucap OK.

Pada persiapan upacara adat nantinya, OK menyatakan telah melakukan persiapan yakni dengan membentuk panitia dan telah mengunjungi seluruh keturunan Kesultanan Bilah yang tersebar di Indonesia, bahkan hingga ke luar negri untuk hadir dalam acara penabalan tersebut.

OK menjelaskan prosesi acara itu nantinya berlangsung selama 4 hari, dimulai dengan ziarah ke makam leluhur di Negeri Lama, Kota Pinang, kemudian prosesi adat Mandi Tabal dan Melepas Lancang, disusul Penabalan Sultan Bilah X di halaman Masjid Sultan Adil, Negeri Lama dan terakhir resepsi yang akan berlangsung di Kota Medan.


Dijelaskannya, penabalan Tengku Muhammad Risfansyah akan dikukuhkan oleh Dewan Kerapatan Adat Kesultanan Bilah, Raja-raja yang berada di wilayah Kesultanan Negeri Bilah, Lembaga Kerapatan Adat Kesultanan Negeri Bilah dan orang-orang besar bergelar di Kesultanan Negeri Bilah. "Penabalan Sultan Bilah X sudah ditentukan oleh musyawarah dan mufakat para zuriath, keluarga dan tokoh-tokoh masyarakat yang  menunjuk Tengku Muhammad Risfansyah bin Tengku Azman bin Tengku Hasnan," ucap OK.

OK juga menjelaskan sekilas tentang Tengku Muhammad Risfansyah. Dikatakannya, Tengku Muhammad Risfansyah merupakan putra dari pasangan Tengku Azman (wafat 10 Desember 1989) yang merupakan putra ke dua Tengku Hasnan (Tengku Besar Bilah) dengan Tengku Siti Munajat (wafat 19 Januari 1996) binti Tengku Harun Al Rasyid (Tengku Perdana Menteri Sri Mahkota Kesultanan Deli).

Pasangan Tengku Azman dengan Tengku Siti Munajat ini, dikaruniai 6 orang putra-putri, yaitu Tengku Fazlla (Perempuan), Tengku Nadrani Rifka (Perempuan), DR Tengku Syarfina SS MHum (Perempuan), Tengku Amalia Zulflna (Perempuan), Tengku Feria Aznita (Perempuan), Tengku Muhammad Risfansyah.

Putra tertua Tengku Hasnan (Tengku Besar Bilah) adalah Tengku Musa yang wafat pada tahun 1986 dan putra dari Tengku Musa yang bernama Tengku Syaifuddin wafat pada 2 Juni 2015.

Berdasarkan dari kesepakatan zuriath dari Tengku Hasnan (Tengku Besar Bilah) yaitu Tengku Dicky Rinaldo (cucu Tengku Musa) dan Tengku Zulchair putra Bungsu Tengku Hasnan (Tengku Besar Bilah) beserta keluarga, juga dari beberapa zuriath keturunan Sultan Adil Bidar Alam, menunjuk Tengku Muhammad Risfansyah sebagai penerus Kesultanan Bilah dan berhak memakai gelar Sultan Muhammad Risfansyah Bidar Alam yang merupakan Sultan Bilah.
Editor: Budi

T#g:LabuhanbatusejarahSultan Bilah
Berita Terkait
  • Rabu, 01 Jul 2020 17:11

    Dandim 0209/LB Hadiri Syukuran Hari Bhayangkara Di Mapolres Labuhanbatu

    Kegiatan HUT Bhayangkara ke-74 yang diselenggarakan Polres Labuhanbatu diawali kegiatan Apel Video Conferensi (VICON) dengan Jajaran Polri seluruh Indonesia, diikuti oleh unsur Forkompinda Labuhanbatu

  • Rabu, 01 Jul 2020 13:31

    Puncak HUT Bhayangkara ke 74 Di Polres Labuhanbatu, Forkopimda Sumbangkan Lagu Kesayangan

    Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke 74 Polres Labuhanbatu digelar secara sederhana namun sangat berkesan dimana soliditas dan sinergitas Forkopimda Labuhanbatu terlihat begitu kompak.Acara

  • Rabu, 01 Jul 2020 07:31

    Polres Labuhanbatu Musnahkan Barang Bukti Narkotika Jenis Ganja, Shabu dan Pil Ekstasi

    Polres Labuhanbatu, dipimpin AKBP Agus Darojat SIK MH memusnahkan barang bukti narkotika jenis ganja, Shabu-shabu dan Pil Ekstasi yang diamankan dari 11 tersangka. Kegiatan ini dilaksanakan di Mapolre

  • Senin, 29 Jun 2020 16:49

    Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan, Digelar Bersamaan Dengan Hari Keluarga Nasional

    Bertepatan dengan Hari Keluarga Nasional ke-XXVII Kodim 0209/LB bekerjasama dengan Pemkab Labuhanbatu dalam hal ini dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (DP2KB) menggelar kegiatan Bak

  • Senin, 29 Jun 2020 12:59

    Kapolres Labuhanbatu Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan Rantauprapat

    Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat, SIK.MH melaksanakan kegiatan Ziarah dan Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Rantauprapat dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 74, Senin (29/6/20

  • Kamis, 25 Jun 2020 07:25

    Secara Sederhana, Dandim Letkol Inf. Santoso Resmikan Lapangan Tembak Pistol Parikesit di Makodim 0209/LB

    Komandan Kodim (Dandim) 0209/LB, Letkol Inf. Santoso meresmikan lapangan tembak pistol Parikesit secara sederhana dan dengan semangat kekeluargaan bersama Perwira dan anggota, bertempat di jalan Abdul

  • Rabu, 24 Jun 2020 19:54

    Aspers Panglima TNI Buka Rakornisjarah TNI TA 2020

    Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi membuka Rapat Koordinasi Teknis Sejarah (Rakornisjarah) TNI TA 2020 dengan tema "Membangun TNI Yang Kuat, Unggul dan Mandiri Menuju In

  • Rabu, 24 Jun 2020 17:14

    Dandim 0209/LB Berangkatkan Personelnya Tugas Sebagai Satgaster

    Acara Pengantaran Tugas Personel Kodim 0209/LB sebagai Aparat Teritorial di wilayah Kodam XVI/Patimura, Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari, dilaksanakan di Aula Kodim 0209/LB jalan Pramuka

  • Rabu, 10 Jun 2020 16:40

    AIPDA Mardiani Berikan Perhatian Lebih Kepada Nenek Kamisah Karena Hidup Sebatangkara

    Bhabinkamtibmas Polres Labuhanbatu Polisi Wanita (Polwan) AIPDA Mardiani kembali menjengguk nenek Kamisah yang tinggal di rumah anak angkatnya, di jalan Batu Sangkar Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Ra

  • Selasa, 09 Jun 2020 03:49

    Polwan Cantik Bhabinkamtibmas ini kembalikan senyum sang nenek yang sudah lama hilang

    Kepedulian seorang Polwan cantik yang bertugas di Polres Labuhanbatu bagian satuan Binmas yang satu ini, AIPDA Mardiani patut diacungi jempol. Dimana yang seharusnya usai jam dinas waktunya dibagi unt

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak