Sabtu, 16 Okt 2021 09:52
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Revitalisasi Lapangan Merdeka Usung Konsep Pelestarian Ruang Kota Bersejarah dan Konteks Dinamika Rancang Kontemporer

Revitalisasi Lapangan Merdeka Usung Konsep Pelestarian Ruang Kota Bersejarah dan Konteks Dinamika Rancang Kontemporer

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tuan Laen
Jumat, 24 Sep 2021 21:24
Istimewa
Sejalan dengan aspirasi masyarakat, Wali Kota Medan Bobby Nasution tengah mengagendakan revitalisasi Lapangan Merdeka. Selain sebagai Ruang Terbuka Hijau, revitalisasi ini mengusung konsep utama pelestarian ruang kota bersejarah dipadukan dengan konteks dinamika rancang kota kontemporer.

Kebijakan ini menuai apreasiasi karena wujud komitmen Bobby Nasution dalam melindungi Lapangan yang bersejarah itu.

"Lapangan Merdeka memang patut dilindungi. Harus ada upaya untuk merawat dan menjaga keasriannya. Di antaranya melalui revitalisasi," ujar pengamat sosial budaya, Suyadi San S.Pd MSi, Jumat (24/9/2021)

Tak hanya pengamat, bahkan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi juga memuji dan mendukung Bobby Nasution merevitalisasi Lapangan Merdeka. 

Dukungan itu disampaikan Gubsu saat memimpin rapat koordinasi yang diikuti Bobby Nasution, Senin (20/9) kemarin.

Dalam rapat itu, Edy memberikan dukungan kepada Bobby Nasution untuk merevitalisasi Lapangan Merdeka. 

Terlebih Bobby menunjuk Kepala Bappeda Medan Benny Iskandar untuk memaparkan gambaran Lapangan Merdeka kelak setelah dilakukan revitalisasi.

"Saya lihat gambaran revitalisasi Lapangan Merdeka yang dibuat Bobby bagus. Saya dukung itu. Coba dibantu Rp100 miliar dari mana dananya coba dicari tahu dulu," kata Gubernur kepada Kepala Bappeda Sumut Hasmirizal Lubis dalam rapat tersebut.

Untuk revitalisasi Lapangan Merdeka, Pemko Medan membutuhkan dana sekitar Rp174 miliar. Karena itu, Pemko Medan akan mengupayakan anggaran untuk revitalisasi itu.

Bobby Nasution menyebutkan, mengatakan, revitalisasi ini diharapkan menciptakan keterhubungan antara Kesawan, Lapangan Merdeka, dan Stasiun Kereta Api.

"Revitalisasi ini juga harus membuat Lapangan Merdeka menjadi lebih bermanfaat. Diharapkan, persoalan parkir di kawasan tersebut terpecahkan melalui revitalisasi itu, yakni dengan membangun tempat parkir terpusat di bawah tanah," ujarnya.

Saat ditemui, Kepala Bappeda Medan, Benny Iskandar menjelaskan revitalisasi ini akan mempertahankan fungsi Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka publik dan menjadikannya sebagai Ruang Terbuka Hijau.

Di samping itu, lanjutnya, revitalisasi ini mempertahankan signifikansi sejarah dan karakter Lapangan Merdeka sebagai ruang terbuka publik, termasuk mempertahankan keberadaan pohon-pohon tua di sana. 

Dalam revitalisasi ini lanjutnya, juga dirancang tempat parkir yang akan dibangun di bawah tanah.

"Selain parkir, di basement juga akan diciptakan ruang ekonomi," ucap Benny seraya mengatakan, di Lapangan juga akan dibangun pendopo dengan berbagai fasilitas lainnya.

Pengamat sosial budaya, Suyadi San, S.Pd., M.Si., menilai Lapangan Merdeka juga merupakan situs kebudayaan. Karena itu memang patut dilindungi. Salah satu cara melindunginya adalah revitalisasi.

Revitalisasi ini juga sangat mendukung keberadaan Lapangan Merdeka sebagai paru-paru kota.

"Selain sebagai paru-paru kota, destinasi wisata Lapangan Merdeka adalah ikon Kota Medan," tambah Suyadi seraya mengatakan Pemko Medan juga sepatutnya berterima kasih kepada warga yang turut andil dalam menyelamatkan Lapangan Merdeka.
Editor: Budi

T#g:Lapangan Merdekartrw
Berita Terkait
  • Sabtu, 02 Okt 2021 02:02

    Merdekakan Lapangan Merdeka, Bobby Nasution Menyatukan Aspirasi Warga Medan

    Revitalisasi Lapangan Merdeka yang akan dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution guna menjadikan lapangan bersejarah itu menjadi cagar budaya dan ruang terbuka hijau (RTH) mendapat dukungan dan apresi

  • Jumat, 10 Sep 2021 23:00

    Pemko Medan Ingin Jadikan Lapangan Merdeka Sebagai RTH, Pengelola Merdeka Walk Mendukung

    Pemko Medan berkomitmen menata kota Medan menjadi lebih baik, salah satunya menata Kawasan Kota Lama Kesawan termasuk mengembalikan fungsi lapangan Merdeka sebagai lokasi cagar budaya dan menjadikanya

  • Rabu, 28 Jul 2021 19:08

    Bobby Nasution Jelaskan Soal Lapangan Merdeka Dalam Sidang Paripurna DPRD Medan

    Ranperda Kota Medan tentang Perubahan Perda Kota Medan Nomor 13 Tahun 2011 tentang RTRW Kota 2011-2031 telah mengubah rencana pemanfaatan ruang Lapangan Merdeka dari yang sebelumnya ditetapkan sebagai

  • Kamis, 25 Agu 2016 06:38

    Pemkab Palas diminta segera ajukan Ranperda RTRW ke Pemprovsu

    Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam pembangunan jangka menengah dan jangka panjang. Posisinya tidak saja sebagai blue print pembangunan, tetapi juga barome

  • Senin, 10 Nov 2014 21:52

    Ijin Perubahan Peruntukan Centre Point sudah diterima Sekretariat DPRD Medan

    Sekretariat DPRD Medan akhirnya menerima permohonan perubahan peruntukan Jalan Jawa seluas 23 ribu meter, Kamis kemarin. Permohonan perubahan peruntukan tersebut atas nama Handoko. Masuknya permohonan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak