Jumat, 24 Sep 2021 23:02

Rawat Kebhinnekaan menyongsong pemerataan pembangunan berkeadilan

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Rls
Selasa, 23 Mei 2017 02:13
Gubsu Tengku Erry Nuradi memimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-109 tahun 2017 tingkat Provinsi Sumatera Utara di Lapangan Merdeka Medan, Senin (22/5/2017).



Hadir dalam kegiatan ini, Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Sumatri, Kajatisu Bambang Sugeng Roekmono, Wagubsu Nurhajizah Marpaung, Ketua Pengadilan Tinggi Cicut Sutiarso, Wali Kota Medan Dzulmi Eldin, Sekda Hasban Ritonga, Wakapolda Sumut Brigjen Pol Agus Andrianto, Dan Lantamal I/Belawan, Pangkosek Hanudnas III Medan dan undangan.

Dalam kesempatan itu, Gubsu Tengku Erry mengajak masyarakat agar dapat merawat kebhinekaan sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga. "Hari ini kita memperingati hari kebangktian nasional. Peringatan ini merupakan suatu hal yang penting, karena sebagai bangsa kita harus melihat sejarah yang ada. Sebab, bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai pendahulunya," ujar Erry.

Lebih lanjut dikatakan Erry, dengan terawatnya kebhinnekaan, maka pembangunan diharapkan juga berjalan lancar dan maksimal. "Kita harus bersama-sama, membulatkan tekad mewujudkan pembangunan yang merata serta berkeadilan menuju masyarakat sejahtera," cetus Erry.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan tema pemerataan pembangunan Indonesia yang berkeadilan sebagai wujud kebangkitan nasional ini, Gubsu Erry juga membacakan pidato dari Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dikatakannya, selama ini Kebangkitan Nasional tidak pernah memudar justru semakin menunjukkan urgensinya bagi kehidupan kebangsaan. Semangat ini ditandai dengan berdirinya Boedi Oetomo dan hingga saat ini semangat itu masih ampuh menyatukan dan menyemangati gerak kita sebagai bangsa.
Erry juga mengatakan, Presiden Jokowi pada awal tahun ini telah mencanangkan pemerataan pembangunan antar daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Presiden juga sudah meminta aparat penyelenggara bekerja keras menurunkan indeks kesenjangan distribusi pendapatan dan kekayaan penduduk yang masih 40 persen. Sebab, penghormatan terhadap cita-cita bangsa terletak pada penyebaran kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Kebangkitan nasional ditandai dengan tidak ada satu pun anak bangsa yang tercecer dari gerbong kebangkitan tersebut," kata Erry.

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan pemerataan pembangunan di segala sektor. Di sektor kelistrikan, telah dilakukan di 2.500 desa yang belum mendapat aliran listrik, pada saat yang sama kebijakan pemerataan dilakukan melalui subsidi listrik yang difokuskan kepada masyarakat menengah ke bawah sehingga bisa dilakukan relokasi subsidi listrik tahun 2016 sebesar Rp12 triliun, dialihkan untuk menunjang sektor kesehatan, pendidikan dan infrastruktur.

Di sisi lain, pemerintah juga melakukan upaya pemerataan di sektor Kominfo melalui program Palapa Ring, berupa proyek pembangunan jaringan tulang punggung serat optic nasional untuk menghubungkan seluruh wilayah Indonesia sehingga keberadaan internet berkecepatan tinggi (broadband) dapat dinikmati secara luas.

Teknologi digital telah memudahkan pelayanan yang dilakukan pemerintah, terutama pelayanan di sektor perizinan yang dalam waktu pengurusannya sudah banyak terpangkas karena kemajuan teknologi digital. Seperti perizinan di sektor listrik dari 923 hari menjadi 256 hari, perizinan pertanian dari 751 hari menjadi 172 hari, perizinan perindustrian dari 672 haru menjadi 152 hari. Perizinan kawasan pariwisata dari 661 hari menjadi 188 hari, perizinan pertanahan dari 123 hari menjadi 90 hari.

Begitu juga perizinan kehutanan dari 111 hari menjadi 47 hari, perizinan perhubungan dari 30 hari menjadi 5 hari. Selanjutnya, perizinan bidang telekomunikasi dari 60 hari dipangkas menjadi 14 hari. "Mudah-mudahan kita bisa meniti ombak besar perubahan digital, dengan selamat dan sentosa serta berbuah manis bagi orientasi pelayanan kepada masyarakat," terangnya.

Di tempat terpisah, Wagubsu, Dr. Nurhajizah Marpaung, SH, MH bersama Sekdaprovsu, Hasban Ritonga usai upacara Hari Kebangkitan Nasional di Lapangan Merdeka, kemudian melakukan ziarah ke taman Makam Pahlawan Medan.

Wagubsu, Nurhajizah mengatakan kegiatan menziarahi makam pahlawan merupakan satu upaya yang dilakukan Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) untuk mengenang jasa pahlawan yang telah mendahului kita.

"Kita berziarah ke makam pahlawan ini untuk mengenang jasa pahlawan, karena bangsa yang baik itu adalah bangsa yang mengharga jasa pahlawannya. Sehingga tetaplah semangat itu bangkit seperti semangat pendahulu kita," kata Nurhajizah.

Dalam kesempatan itu, Nurhajizah beserta Sekdaprovsu dan unsur SKPD Provsu terlihat menabur bunga di makam para pahlawan. Nurhajizah juga mengatakan, untuk menandai hari kebangkitan nasional ini, Pemprovsu akan berupaya untuk melakukan pemerataan pembangunan. Oleh karenanya, ketika Gubsu maupun dirinya kerap turun ke daerah terpencil di Sumut tidak lain yang dilakukan itu sebagai upaya untuk mencari solusi bagi daerah tersebut. "Mudah-mudahan ke depan tidak ada lagi di Sumut yang namanya daerah terpencil, tapi semua daerah sudah menjadi baik," kata Nurhajizah.

Editor: Sam

T#g:HarkitnasNurhajizahZiarah
Berita Terkait
  • Rabu, 30 Jun 2021 15:20

    Sambut HUT Ke-75 Bhayangkara, Polresta Deli Serdang Ziarah ke Taman Makam Pahlawan

    Kapolresta Deli Serdang Kombes Pol Yemi Mandagi,SIK memimpin ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Deli Serdang, Jalan Tengku Raja Muda, Kecamatan Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang. Ziarah ini dalam r

  • Selasa, 29 Jun 2021 16:49

    HUT Bhayangkara Ke-75, Keluarga Besar Polres Dairi Ziarah ke TMP Sidikalang

    Peringati HUT Bhayangkara ke-75, keluarga besar Polres Dairi melaksanakan ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Sidikalang Jalan Pahlawan, Panji Sibura-Bura, Kecamatan Sidikalang, Selas

  • Selasa, 29 Jun 2021 11:39

    Peringati HUT Bhayangkara Ke-75, Polres Pematang Siantar- Simalungun Ziarah ke Makam Pahlawan

    Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara Ke-75, Polres Pematang Siantar dan Polres Simalungun menggelar Ziarah Ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Nagur Kota Pematang Siantar, Selasa (29/6/2021) Pada Puku

  • Kamis, 20 Mei 2021 18:20

    Peringatan Harkitnas, SOKSI Binjai: Jadikan Semangat Kebangsaan

    Momentum Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ditandai dengan merujuk pada lahirnya organisasi Boedi Oetomo yang bertepatan jatuh pada 20 Mei 1908 silam. Jauh dari sebelum Kemerdekaan, Bangsa Indones

  • Kamis, 20 Mei 2021 13:50

    Peringatan Harkitnas Momen Tangguh Menghadapi Pandemi

    Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) saat ini sejatinya dapat dijadikan untuk menggalang kembali semangat kebangkitan sebagai Bangsa yang tangguh. Semangat Kebangkitan Nasional mengajari k

  • Selasa, 18 Mei 2021 03:18

    Hormati Jasa Pahlawan, Korem 174 Merauke Laksanakan  Ziarah Dalam Rangka HUT Ke-58 Kodam XVII/Cenderawasih

    Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Kodam XVII/Cenderawasih Ke-58, Korem 174/ATW Merauke melaksanakan ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Trikora, Jalan TMP-Polder, Kabupaten Merauke, Papua. Senin (17/5/2021).

  • Kamis, 15 Apr 2021 13:45

    Jelang HUT Provinsi Sumut ke-73, Irjen Pol Panca Putra Ziarah Taman Makam Pahlawan

    Kapolda Sumut, Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak, berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) di Jalan Sisingamangaraja, Kamis (15/4/2021).

  • Senin, 12 Apr 2021 15:52

    Jelang HUT Ke-57, Ketum Dharma Pertiwi Ziarah ke TMPNU Kalibata

    Ketua Umum (Ketum) Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto didampingi Ketum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Ketum Jalasenastri Ny. Veronica Yudo Margono dan Ketum PIA Ardhya Ga

  • Minggu, 10 Jan 2021 19:00

    Peringati Harlah Ke-48, Pengurus DPC PPP Binjai Ziarah Makam Pahlawan

    Memperingati Hari Lahir (Harlah) ke-48/2020, DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Binjai menggelar ziarah bersama di Taman Makam Pahlawan Syuhada Kota Binjai, Minggu (10/1).Kegiatan dipimpin Ke

  • Rabu, 11 Nov 2020 00:11

    Dandim 0824/Jember: Perjuangan Saat Ini Mengisi Kemerdekaan Dengan Karya Nyata Positif

    Usai melaksanakan upacara ziarah nasional, Hari Pahlawan (10/11/2020) di Kabupaten Jember dilanjutkan dengan Upacara di Alun-alun dengan Inspektur Upacara Plt Bupati Jember A Muqid Arif.Pada upacara t

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak