Minggu, 28 Feb 2021 13:03
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Puncak HUT ke-49 Korpri, Sabrina Berpesan Tingkatkan Semangat Kontribusi pada Negara

Puncak HUT ke-49 Korpri, Sabrina Berpesan Tingkatkan Semangat Kontribusi pada Negara

Medan (utamanews.com)
Oleh: Anji Prayoga
Senin, 30 Nov 2020 14:00
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut/ Imam Syahputra
Sekretaris Daerah Provinsi Sumut R Sabrina mengikuti Peringatan HUT ke-49 Korpri secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41 Medan, Minggu (29/11/2020).
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sekaligus Ketua Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sumut R Sabrina bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Sumut mengikuti Doa Bersama untuk Bangsa dalam rangka Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 Korpri Nasional Tahun 2020, Minggu (29/11), secara virtual dari Pendopo Rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Nomor 41 Medan.

Saat ditemui usai mengikuti acara, Sabrina menyampaikan ada yang berbeda dalam peringatan HUT Korpri tahun ini, lantaran situasi pandemi Covid-19. Namun hal ini jangan sampai menjadi penghambat atau mengurangi makna. Sebaliknya, semangat pengabdian dan kontribusi anggota Korpri terhadap negara harus senantiasa ditingkatkan.

"Tadi kita sudah mendengarkan bersama beberapa arahan dari Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional, begitu pula dari Bapak Presiden selaku Pembina Korpri. Di antaranya anggota Korpri harus berperan aktif dalam berbagai situasi apapun. Seperti tema HUT tahun ini yakni Berkontribusi, Melayani, Mempersatukan Bangsa, ini wajib dilakukan anggota korpri di mana pun dalam situasi apapun," ujar Sabrina.

Misalnya, disebutkan Sabrina, yakni pandemi saat ini, serta Pilkada serentak pada Desember mendatang. Anggota Korpri diharapkan berperan mendukung dan melancarkan semua tahapan Pilkada, mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih dan yang paling penting adalah bersikap netral.


"Terakhir, saya ingin mengajak seluruh anggota Korpri untuk menjadikan HUT Korpri ini sebagai momentum refleksi dan berdoa agar situasi-situasi sulit yang kita hadapi sekarang segera berakhir dan kita senantiasa diberikan perlindungan dan pertolongan oleh Allah SWT dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara," tutup Sabrina.

Sebelumnya, secara virtual Presiden Republik Indonesia sekaligus Pembina Korpri Joko Widodo mengucapkan selamat atas Peringatan HUT ke-49 Korpri. Selama bertugas, Jokowi yakin, anggota Korpri banyak menemukan kesulitan dan keterbatasan. Namun hal tersebut diharapkan tidak menjadi penghalang untuk tetap bertugas dengan sigap dan cepat.

"Pandemi saat ini menjadi momentum untuk mengubah cara normal jadi ekstra normal, cara biasa jadi luar biasa dan prosedur yang panjang dan berbelit menjadi shortcut. Dengan memanfaatkan teknologi digital, pandemi memaksa sebagian besar birokrasi harus bekerja dari rumah. Momentum ini mempercepat transformasi digital, menjadikan aparat birokrasi lebih adaptif dan terampil memanfaatkan teknologi. Ini merupakan salah satu peluang reformasi birokrasi dan reformasi struktural yang kita butuhkan," jelas Jokowi.

Reformasi struktural, lanjut Jokowi, tidak bisa ditunda. Regulasi yang rumit dan menghambat kreativitas kerja harus dipangkas dan disederhanakan. Kelembagaan pemerintahan yang gemuk dan tumpang tindih harus segera diintegrasikan. Jenjang eselonisasi yang panjang harus dipangkas untuk mempercepat pengambilan keputusan. Begitu pula dengan SOP yang panjang dan kaku harus diubah jadi ringkas, fleksibel, dan berorientasi pada hasil.


"Konsekuensinya, kompetensi SDM aparatur sipil negara harus menyesuaikan. Mindset goal oriented, adaptif  terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Berikan kesempatan pada yang terampil dan ahli meskipun masih junior,  berpikir kreatif dan inovatif, pelayanan terbaik pada masyarakat. Anggota Korpri sebagai kebangsaan simpul pemersatu bangsa harus menjadi motor penggerak pembangunan, teladan dalam kehidupan bermasyarakat dan motor penggerak perubahan," pesan Jokowi.

Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Fakrullah menambahkan bahwa HUT Korpri kali ini diselenggarakan tanpa upacara tetapi doa bersama. Hari ini sebanyak 4,2 juta ASN di seluruh Indonesia dari berbagai agama berdoa serentak untuk negara Indonesia yang lebih baik dan segera terbebas dari Covid-19.

Zudan menyampaikan ada beberapa tugas pengurus korpri yang harus segera diimplementasikan bersama pemerintah dalam rangka melakukan pembinaan dan pengembangan fungsi serta profesi ASN dalam memasuki era perubahan yang serba cepat. Di antaranya, wajib memberikan advokasi dan bantuan hukum untuk menjaga sistem merit dan memberikan perlindungan hukum bagi ASN yang menghadapi masalah saat menjalankan tugas.

Selanjutnya, pengurus korpri wajib memberikan rekomendasi kepada majelis kode etik kepada majelis yang ada yang menangani kode etik di tiap-tiap tingkatan pemerintahan ketika menegakkan kode etik profesi dan kode perilaku profesi.


"Seluruh pengurus Korpri wajib mengimplementasikan berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan ASN dan dalam menjalankan fungsi-fungsi tersebut ada pedoman-pedoman yang sudah ada yang perlu kita implementasikan dengan paripurna yakni Panca Prasetya Korpri, sumpah jabatan, sumpah janji ASN, doktrin yang kita miliki di Korpri yaitu Bhineka Karya Abdi Negara," pesan Zudan.

Kegiatan peringatan HUT Korpri berpusat di Ballroom, Kantor BPJS Kesehatan Pusat Jakarta. Hadir baik secara langsung maupun virtual jajaran dewan pengurus Korpri Nasional, Menteri Kabinet Indonesia Maju dan seluruh pengurus dan anggota Korpri se-Indonesia.

Selain mengikuti Peringatan HUT Korpri secara virtual, selebrasi juga diadakan di lingkungan Pemprov Sumut yang ditandai dengan pemotongan tumpeng dan acara upa-upa. Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, perayaan kemudian dilajutkan dengan acara ramah-tamah dan makan bersama.
Editor: Herda

T#g:hutKorpri
Berita Terkait
  • Selasa, 23 Feb 2021 22:23

    Gubernur Edy Rahmayadi akan Upayakan Perizinan ke Kementerian LHK

    Pembukaan jalur alternatif Medan-Berastagi kembali mendapat dorongan dari Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. Saat ini, pembukaan jalur Medan-Tuntungan-Kutalimbaru-Tandukbenua-Sembaikan-Ber

  • Selasa, 23 Feb 2021 12:43

    Korem 174 Bersama Forkopimda Merauke Ikut Pengarahan Presiden RI Secara Virtual Tentang Pengendalian Karhutla

    Kepala Staf Korem 174/ATW (Kasrem 174/ATW) Merauke Kolonel Inf Agustinus Dedy Prasetyo mewakili Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko bersama Forkopimda Kabupaten Merauke mengikuti pengarahan P

  • Selasa, 23 Feb 2021 09:03

    Terdeteksi 25 Hot Spot di Sumut, Wagub Musa Rajekshah Minta Semua Pihak Waspada Karhutla

    Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mulai memasuki musim kemarau sejak Februari 2021. Karena itu, seluruh pihak yang terkait diminta agar meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan

  • Senin, 22 Feb 2021 21:12

    Dandim 0209/LB Beri Kejutan Pasi Intel dan Babinsa 08/RP Di Hari Ulang Tahun

    Bentuk Pembinaan Personel senantiasa ditunjukkan Dandim 0209/LB Letkol Inf Asrul Kurniawan Harahap, S.E., M.Tr (Han) kepada seluruh anggotanya. Seperti hari ini Dandim memberi kejutan kepada anggotany

  • Senin, 22 Feb 2021 20:32

    Dandim 0209/LB Hadiri Rakornas Secara Virtual Dengan Presiden RI Tentang Pengendalian Karhutla

    Rapat Koordinasi Nasional tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan tahun 2021 digelar via Vidcon langsung dipimpin Presiden RI Ir. Joko Widodo, untuk pemerintah kabupaten Labuhanbatu melaksanaka

  • Minggu, 21 Feb 2021 21:31

    Bergerak Cepat, Polsek Kualuh Hulu Bantu Padamkan Api di Lahan Milik Masyarakat

    AIPDA Poniran selaku Bhabinkamtibmas Polsek Kualuh Hulu terjun langsung ke lapangan memadamkan kebun milik Masyarakat yang terbakar di Desa Kuala Beringin.Kejadian itu terjadi pada Hari Minggu (21/02

  • Senin, 01 Feb 2021 18:51

    PT. Hutama Karya Bantu Rehab Infrastruktur Perumahan Beringin Indah

    Bantuan terhadap perumahan Beringin Indah di Jalan Medan, Kelurahan Sinaksak, Kecamatan Tapian Dolok, Kabupaten Simalungun telah diberikan oleh PT. Hutama Karya. Bantuan ini dilakukan setelah dilakuka

  • Jumat, 29 Jan 2021 10:29

    Bersama KPH Perhutani, Dandim 0824/Jember Tinjau Lokasi Rencana Sasaran TMMD 110

    Rencana pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 110 Tahun 2021 di Kabupaten Jember ditempatkan di Desa Mulyorejo dan Desa Harjomulyo, dengan berbagai sarana fisik maupun non fisik, termasuk

  • Jumat, 08 Jan 2021 21:08

    Edy Rahmayadi Minta Semua Pihak Tidak Bosan dan Tetap Disiplin Lawan Covid-19

    Kurang lebih satu tahun Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, namun belum menunjukkan akan berakhir. Bahkan, di akhir tahun 2020 hingga awal 2021 kasus Covid-19 di Indonesia cenderung meningkat, sala

  • Jumat, 08 Jan 2021 04:08

    Sumut Terima 128 SK Hutan Sosial dan Adat, Edy: Kita Akan Terus Berupaya Menambahnya

    Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mendapat 128 Surat Keputusan (SK) Hutan Sosial dan Adat dengan luas total 71.068,36 hektare (Ha) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLH

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak