Sabtu, 24 Agu 2019 16:59
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Proyek Jalan Beton di Labuhanbatu Belum Selesai, Sudah Digilas Truk Bermuatan Puluhan Ton

Proyek Jalan Beton di Labuhanbatu Belum Selesai, Sudah Digilas Truk Bermuatan Puluhan Ton

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Moratua Tanjung
Sabtu, 17 Nov 2018 18:57
Moratua Tanjung
Truk angkutan bermuatan puluhan ton kayu gelondongan dan buah kepala sawit, menggilas proyek jalan beton yang baru berumur beberapa hari tersebut.
Sangat memprihatinkan kondisi dalam pelaksanaan pekerjaan proyek jalan beton dari Lingkungan Perlayuan menuju Kelurahan Pulo Padang Kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu. 

Pasalnya, kondisi jalan saat ini masih dalam tahap pekerjaan, namun ironisnya, puluhan Truk angkutan bermuatan berupa Kayu gelondongan dan muatan buah sawit dari Ram dengan muatan truk puluhan ton, dengan seenaknya tanpa ada hambatan dan menggilas jalan beton yang baru saja beberapa hari dikerjakan oleh PT BKA (Binaan Kontruksi Abadi).

Dari pantauan awak media, Jumat (16/11/2018) terlihat truk angkutan kayu gelondongan dan truk bermuatan buah sawit menaiki dan menggilas jalan beton tersebut. Padahal, jalan beton yang dikerjakan oleh PT BKA, belum diserahkan terimakan, karena masih dalam tahap pekerjaan.

Menurut orang kepercayaan dari PT BKA yang bekerja di pembangunan jalan beton tersebut berinsial Edy K, kepada awak media, Jumat (16/11/2018) mengatakan, terkait tentang permasalahan Truk angkutan buah sawit dan Truk angkutan kayu gelondongan yang lalu lalang di jalan Perkayuan menuju Kelurahan Pulo Padang dan menggilas jalan beton yang baru dikerjakan beberapa hari itu, ianya mengakui tidak bisa melarang Truk Truk angkutan tersebut.


"Mana ada hak saya melarang orang membawa motor Truk angkutan itu supaya tidak melintasi jalan beton yang kami kerjakan itu. Mana lah ada hak saya", katanya.

Menurut Edy K, yang bertanggung jawab dan yang mempunyai hak melarang Truk angkutan tersebut supaya tidak menggilas jalan beton, adalah pihak Dinas Perhubungan Labuhanbatu.

"Kita sudah laporkan melalui surat dari PT BKA kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Labuhanbatu, untuk melakukan pengawasan dan pelarangan terhadap motor Truk angkutan yang melintas di jalan beton. Dan, truk angkutan itu bisa dari jalan sebelahnya dari jalan beton tersebut. Sudah kita surati pihak Dinas PUPR-nya. Dan, katanya pihak Dinas PUPR Labuhanbatu juga telah mengirimkan surat Dinas kepada pejabat Dinas Perhubungan. Namun, bagaimana hasilnya, kami dari PT BKA mana lah tau. Sebab, kami sebagai pelaksana pekerjaan proyek jalan beton tersebut, masih tetapnya hilir mudik truk angkutan, bagaimana bisa kami melarangnya", ucap Edy.

Diterangkan Edy lagi, bahwa surat dari PT BKA ada sama Dinas PUPR dan dilanjutkan ada ke Dinas Perhubungan. "Coba tanyakan sama Dinas Perhubungannya", sebutnya.

Edy menjelaskan, bahwa anggaran proyek jalan beton tersebut Rp 5,987 M sesuai di plank proyek dan sumber anggaran DAK TA 2018, yang dikerjakan oleh PT BKA. "Pekerjaan ini harus selesai sampai akhir Desember 2018. Itulah yang mau kita kejar. Datang lagi masalah motor truk angkutan, poning juga kepala bah", ungkapnya.


Terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Tuah Saragih melalui Kepala Bidang Angkutan jalan Darat Amin Harahap di kantornya, Jumat (16/11/2018) menyebutkan, bahwa tentang adanya surat dari Dinas PUPR Labuhanbatu, ianya mengatakan tidak ada surat tersebut sampai kepada mereka di bidang darat. "Belum ada suratnya pun saya baca", katanya.

Menurut Amin Harahap kepada awak media, terkait permasalahan siapa yang bertanggung jawab untuk menjaga dan melarang motor Truk angkutan tersebut supaya tidak melintasi dan menggilas proyek pekerjaan jalan beton tersebut. "Itu sebenarnya bukan tugas kami menjaganya itu. Itu adalah tugas dan tanggung jawab orang Dinas PUPR bersama dengan rekanan pemborong proyek jalan beton itu. Kenapa pula mesti Dinas Perhubungan menjaganya itu. Ada ada sajanya itu, apakah ada anggarannya untuk menyuruh orang menjaga proyek jalan beton itu", ucap Amin Harahap tegas yang didampingi Eko Siregar.

Selanjutnya, Kepala Dinas PUPR Kabupaten Labuhanbatu Ir H M Safrin MSi, ketika hendak dikonfirmasi, tidak berada di kantornya. Staf ASN di kantor PUPR Labuhanbatu mengatakan, bahwa Kadis Ir H M Safrin ke Medan. "Ada tugas kedinasan", pungkas staf ASN tersebut.

Editor: Boraspati

T#g:InfrastrukturLabuhanbatu
Berita Terkait
  • Jumat, 23 Agu 2019 06:23

    Sabrina Berharap Sejarah Kesultanan Bilah Dibukukan

    Para sejarawan dan pemerhati budaya diharapkan segera melakukan riset dan membukukan sejarah Kesultanan Bilah. Sehingga para generasi muda saat ini dan generasi mendatang mengetahui tentang sejarah Ke

  • Rabu, 21 Agu 2019 17:51

    Gubernur Ingatkan Arsitek Jangan Ikut Jadi Penipu

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan agar para arsitek jangan menjadi penipu atau ikut saling menutupi penipuannya.

  • Minggu, 18 Agu 2019 17:08

    200 Racer Ikuti Road Race Di Eks Terminal Adam Malik Rantauprapat

    Sedikitnya 200 racer mengikuti "Labuhanbatu Merdeka Road Race", yang digelar Minggu (18/08/2019) di eks Terminal Padang Bulan, Rantauprapat, Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara.Road race ini mempereb

  • Jumat, 16 Agu 2019 17:06

    Usai Ditemui TIM KPAD Labura, Koko Ardiansyah: Saya Sudah Lebih Tenang dan Lega

    Viralnya di media sosial berita tentang adanya pergantian secara sepihak anggota pasukan pengibar bendera (Paskibra) kabupaten Labuhanbatu dalam rangka perayaan tahunan Hari Ulang Tahun Republik Indon

  • Rabu, 14 Agu 2019 09:44

    Gubsu Berikan Perhatian Terhadap Indeks Kemiskinan di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi sangat memberi perhatian penuh terhadap Indeks kemiskinan penduduk Provinsi Sumatera Utara yang dianggapnya masih tinggi saat menyampaikan 5 indikator mak

  • Senin, 12 Agu 2019 19:12

    Pemkab Labuhanbatu Sembelih 38 Ekor Hewan Qurban Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M

    Dalam rangka merayakan hari raya Idul Adha 1440 H /2019 M, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu, menyembelih hewan qurban sebanyak 38 ekor, sebelas ekor diantaranya disembelih di halaman kantor B

  • Minggu, 11 Agu 2019 23:11

    Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M, Kodim 0209/LB, Sembelih Hewan Qurban Lima Ekor Sapi

    Sebagai wujud kedekatan TNI dengan rakyat dan selalu bersama rakyat, Kodim 0209/LB, di momentum Hari Raya Idul Adha sembelih lima ekor hewan qurban, Minggu (11/08/2019).Daging hewan qurban tersebut di

  • Minggu, 11 Agu 2019 15:11

    Polres Labuhanbatu Sembelih Hewan Kurban 12 Sapi dan 3 Domba

    Dalam rangka merayakan hari hari raya Idul Adha 1440 H/2019 Masehi, Minggu (11/8/2019), Polres Labuhanbatu di bawah pimpinan AKBP Frido Situmorang melaksanakan penyembelihan hewan kurban sebanyak 12 e

  • Minggu, 11 Agu 2019 14:51

    Plt Bupati Labuhanbatu Lepas Pawai Takbir Idul Adha 1440 H/2019 Masehi

    Plt Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunthe, ST. MT didampingi Ketua TP PKK Labuhanbatu, Ny Rosmanidar Hasibuan Andi Suhaimi, bersama Sekdakab Ahmad Muflih, SH. MM, unsur Forkopimda Labuhanbatu

  • Sabtu, 10 Agu 2019 13:10

    DPRD Setujui Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Labuhanbatu TA 2019

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Labuhanbatu setelah melalui pembahasan bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu maupun Organisasi Perangkat Daerah telah sepakat dan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak