Jumat, 24 Sep 2021 22:17
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Plt Bupati Bersama Baznas Labuhanbatu Salurkan Zakat pada 337 Keluarga Tidak Mampu

Plt Bupati Bersama Baznas Labuhanbatu Salurkan Zakat pada 337 Keluarga Tidak Mampu

Labuhanbatu (utamanews.com)
Oleh: Junaidi
Kamis, 29 Agu 2019 17:09
Junaidi
Plt. Bupati Labuhanbatu, H.Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T.M.T. dan juga selaku Pembina/ Penasehat Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Labuhanbatu, melaksanakan kegiatan menyalurkan zakat yang dikelola oleh Baznas Kabupaten Labuhanbatu kepada 337 Kepala Keluarga Tidak Mampu dari 8 Desa Kecamatan Bilah Barat Kabupaten Labuhanbatu, Kamis (29/8/19).

"Penyaluran Zakat kali ini adalah yang ke-8 (Delapan) kali, dan yang ke-9 (Sembilan) kalinya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan diKecamatan Panai Hilir- Sei Berombang (Kecamatan Terjauh) sehingga seluruh Kecamatan dalam wilayah administratif Kabupaten Labuhanbatu mendapatkan perhatian yang sama dari Pemerintah dan Baznas Kabupaten Labuhanbatu," ujar Kabag Protokeler Bupati Labuhanbatu, Supardi Sitohang, SE.

"Sesungguhnya Zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (muallaf), untuk (memerdekakan) hamba sahaya, untuk (membebaskan) orang yang berutang, untuk kepentingan di jalan Allah, dan untuk orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana (QS at-Taubah [9]: 60)", ujarnya.


Dapat diinformasikan bahwa berdasarkan Laporan Ketua Baznas Kabupaten Labuhanbatu H. Erwin Siregar,S.H/didampingi seluruh Wakil Ketua Baznas,  kepada Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T, M.T, bahwa penyaluran zakat hari berjumlah Rp.117.800.000,- dengan rincian sebagai berikut Miskin/Dhuafa sebanyak 337 KK sebesar Rp.84.250.000,- "Bantuan Berobat  untuk 8 orang sebesar Rp.10.750.000,-, (termasuk bantuan 1 Pasang Tongkat kepada 1 Org Sisakit yang wajib pakai tongkat), Bantuan Kursi Roda @Rp1.250.000 untuk 3 orang = Rp3.750.000,-, bantuan untuk Mahasiswa S.1 dari keluarga tidak mampu sebanyak 26 orang @Rp500.000,- = Rp13.000.000,-, Mahasiswa S.2 Keluarga tidak mampu 1 orang sebesar Rp1.000.000,-, Mahasiswa S.3 keluarga tidak mampu 1 orang sebesar Rp2.000.000,-, Siswa keluarga tidak mampu sebanyak 6 orang sebesar Rp1.550.000,- dan bantuan kepada orang berhutang (Ghorim) 1 orang sebesar Rp1.500.000,- (memiki hutang pada saat menjalani perobatan dan meninggal dunia)," jelas Supardi.

Pada kesempatan itu, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe, S.T, M.T. menegaskan bahwa pengelolaan zakat pada Baznas Kabupaten Labuhanbatu harus transfaran dan tepat sasaran sehingga langsung dapat dirasakan masyarakat. Dengan demikian kehadiran kita mampu melakukan pengentasan kemiskinan menuju masyarakat sejahtera di Kabupaten Labuhanbatu.

BAZNAS Kabupaten Labuhanbatu hari ini telah mampu bekerja dengan baik dan sungguh-sungguh, sangat berbeda dengan pengelolaan Baznas Kabupaten Labuhanbatu sebelumnya. Kinerja dan Manajemen Baznas Kabupaten Labuhanbatu hari ini sangat baik,  oleh karena itu mari kita percayakan penyaluran dan pengelolaan zakat kita kepada Baznas Kabupaten Labuhanbatu.


Berdasarkan Undang-Undang R.I. Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 Tentang Pengelolaan Zakat,  ditegaskan bawah tugas dan fungsi Baznas Kabupaten yaitu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian atas pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat di tingkat kabupaten; Melakukan koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten dan instansi terkait di tingkat kabupaten dalam pelaksanaan pengumpulan, pendistribusian, dan pendayagunaan zakat; Melaporkan dan mempertanggunjawabkan Pengelolaan Zakat, Infak dan Sedekah, serta Dana Sosial Keagamaan lainnya kepada BAZNAS Provinsi dan kepada Bupati.

Oleh karena itu BAZNAS Kabupaten Labuhanbatu wajib menyampaikan laporan pelaksanaan pengelolaan zakat, Infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya kepada BAZNAS Provinsi Sumatera Utara dan Kepada Bupati Labuhanbatu setiap 6 (enam) bulan dan akhir tahun.

Sumber penerimaan zakat yang dapat dikelola Baznas Kabupaten Labuhanbatu, antara lain dari Pemotongan Gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebesar 2,5%, BUMD,  Perusahaan Swasta,  Masjid, Musholla, Sekolah/Madrasah dan Lembaga Pendidikan, Kecamatan, Desa dan Kelurahan.

"Mari kita percayakan pengelolaan zakat kita kepada Baznas Kabupaten Labuhanbatu sehingga mampu sebesar besarnya memberi manfaat kepada masyarakat Labuhanbatu," tutur Supardi.

Editor: Budi

T#g:BAZNASzakat
Berita Terkait
  • Selasa, 07 Sep 2021 17:17

    Baznas Provinsi Sumatera Utara Adakan Sosialisasi Di Kanwil Kemenag Kota Tebing Tinggi

    Ketua Baznas Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Amansyah Nasution, M.SP. dan rombongan melakukan kunjungan kerja Sosialisasi Penguatan Kelembagaan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kab/Kota Se-Sumatera

  • Senin, 30 Agu 2021 13:30

    Edy Rahmayadi Minta Dana ZIS Dapat Menggerakkan Ekonomi Umat

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meminta pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sumut untuk menyalurkan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) kepada umat tidak hanya barang konsumtif, mel

  • Senin, 21 Jun 2021 00:21

    Aktualisasi Peran Babinsa Temajuk Bantu Perbaiki Pondok Warga Binaan

    Babinsa Desa Temajuk Sertu Dwi Ariyanto dan 1 (satu) anggota Satgaster Koramil-08/Paloh bersama warga dan anggota Satgas Pamtas Yonif 643/Wns melaksanakan gotong-royong memperbaiki atap rumah (pondok)

  • Jumat, 07 Mei 2021 08:07

    Gubernur Edy Rahmayadi Ingatkan Masyarakat Pentingnya Keberkahan Harta

    Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mendukung program penyaluran dana bergulir zakat produktif kepada umat dalam pengembangan perekonomian. Karena itu masyarakat diminta memberikan zakat unt

  • Minggu, 02 Mei 2021 15:42

    Walikota Solo Kembalikan Uang Pungli Lurah ke Pedagang

    Uang sebesar Rp 11,5 juta hasil pungutan liar (pungli) bermodus pengumpulan uang zakat, dikembalikan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming, Minggu (2/5). Pungli diduga melibatkan Lurah Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon, Solo, Suparno.

  • Selasa, 27 Apr 2021 16:57

    Walikota Umar Zunaidi Serahkan Zakat ke Baznas Kota Tebing Tinggi

    Walikota H Umar Zunaidi Hasibuan menyerahkan zakat ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tebingtinggi, Selasa (27/4/2021), di Ruang Mawar Lantai 4 Balai Kota Tebingtinggi.Kegiatan Penyerahan Zaka

  • Selasa, 20 Apr 2021 18:50

    Penyaluran Zakat ASN Pemko Tebing Tinggi Melalui Baznas

    Proses penyaluran zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat disalurkan melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas).

  • Sabtu, 06 Feb 2021 19:36

    Dorong Muzzaki Tunaikan Zakat, Wapres Ma'ruf Amin: Baznas Harus Berinovasi

    Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin meminta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) sebagai lembaga pengelola zakat untuk melakukan inovasi dalam mendorong muzakki membayar zakat."Saya minta (Bazna

  • Minggu, 08 Nov 2020 19:58

    Tim Hadrah Satgas Yonif MR 413 Sambut Kunjungan Wakil Menteri Agama di Jayapura

    Tim Hadrah Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413 Kostrad menyambut kedatangan Wakil Menteri Agama Bapak Zainut Tauhid Sa'adi dalam kunjungan kerjanya meresmikan program percontohan daerah

  • Rabu, 16 Sep 2020 05:16

    Potensi Zakat Sumatera Utara dan Bangkit Umat dalam Berzakat, Rp14 M

    Pusat Zakat Umat Sumatera Utara bekerjasama dengan IMZ menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Zakat di Medan, Sumatera Utara.Pelatihan yang bertajuk "Bangkit Umat Dalam Berzakat" ini dikhususkan untuk m

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak