Sabtu, 05 Des 2020 08:48
KPU
KPU Binjai
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Peringati Sumpah Pemuda, KNPI Dairi Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pesantren Sidiangkat

Peringati Sumpah Pemuda, KNPI Dairi Sosialisasi Protokol Kesehatan di Pesantren Sidiangkat

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Fajar
Rabu, 28 Okt 2020 20:18
Istimewa
Sosialisasi protokol kesehatan di Pesantren Sidiangkat,
Peringati Hari Sumpah Pemuda Ke-92, DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Dairi melaksanakan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan di Pesantren Sidiangkat, Jalan Runding, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, Rabu (28/10/2020).

Tak hanya melakukan sosialisasi, pengurus KNPI juga membagikan masker kepada para santri dan santriwati yang penyerahannya dilakukan secara simbolis oleh Sekretaris DPD KNPI Dairi Sastra Lingga dan Ketua SAPMA AMPI Dairi, Arif Syahan Manik.

Sekretaris DPD KNPI Dairi, Sastra Lingga kepada santri dan santriwati yang mengikuti sosialisasi mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 92.

"Kegiatan ini tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan pengorbanan para pemuda terdahulu yang berkorban untuk bangsa dan negara ini," kata Sastra.


Dituturkannya, lahirnya Sumpah Pemuda merupakan kerja keras dan perjuangan para pemuda terdahulu untuk menyatukan perkumpulan kepemudaan yang ada. Dimana para pemuda kala itu prihatin melihat pengkotak-kotakan perkumpulan. "Para pemuda berfikir kalau seperti ini terus, maka bangsa Indonesia akan tetap terus dijajah," sebut Sastra.

Sumpah Pemuda tercetus dalam Kongres Pemuda II tanggal 28 Oktober 1928, dengan ikrar bertanah air satu, berbangsa satu dan berbahasa satu yakni Indonesia.

Lahirnya Sumpah Pemuda Kongres Pemuda II dilangsungkan selama dua hari pada 27 dan 28 Oktober 1928. Tujuannya, antara lain (1) melahirkan cita-cita semua perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia, (2) Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia, (3) Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Ditambahkan Sastra, sebelum lahirnya Sumpah Pemuda dalam Kongres Pemuda II, telah dilakukan Kongres Pemuda I pada 30 April - 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta). Namun Kongres Pemuda I berakhir tanpa hasil yang memuaskan bagi semua pihak karena adanya perbedaan pandangan.


"Inilah nilai-nilai patriotik yang kita kenang, untuk itu mari kita resapi dan kedepan apa yang harus kita lakukan dalam meneruskan perjuangan para pemuda terdahulu," pungkasnya.

Wakil Ketua DPD KNPI Dairi Iis Hamida Ujung menyampikan, Sebegai generasi penerus bngsa, para santri/santriwati agar tetap menjaga kesehatan terutama di masa pandemi Covid-19 yang melanda negeri ini.

Para santri juga diharapkan bisa ikut memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan selalu mematuhi protokol kesehatan imbauan dari pemerintah, dengan selalu mencuci tangan dengan sabun usai beraktivitas, menjaga jarak dan menghindari kontak langsung. "Kepada pengurus pesantren agar menyediakan tempat-tempat pencuci tangan di lokasi pesantren," ucapnya.

Disebutkan Iis, Pemkab Dairi juga telah mengeluarkan Perbup nomor 31, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Dairi. "Bagi masyarakat yang melanggar peraturan akan dikenakan sanksi hingga denda uang," terangnya.

Sementara Wakil Pengurus Pesantren Jinner Banurea didampingi Sarpin Situmorang menyampaikan ucapan terimakasih kepada pengurus KNPI atas sosialisasi dan bantuan masker yang diberikan kepada para santri/santriwati. "Kami di Pesantren ini telah melaksanakan dan mematuhi protokol kesehataan yang telah ditetapkan pemerintah dan telah menyediakan fasilitas pencuci tangan di setiap lokasi dan pintu masuk Pesantren," ucap Jinner.

Atas pembelajaran yang tadi telah diberikan kiranya bisa menjadi pembelajaran sejarah bagi para santri/santriwati di Pesantren Sidiangkat ini. Pembelajaran sejarah ini sangat bermanfaat, karena di sekolah-sekolah sekarang ini pelajaran sejarah mulai berkurang. Semoga dengan apa yang tadi disampaikan para santri/santriwati bisa mengerti dan mengetahui bahwa Indonesia merdeka penuh dengan perjuangan dan pengorbanan. Tidak segampang dengan apa yang dirasakan pada saat ini.

"Oleh karena itu para santri/santriwati harus giat belajar, karena apa yang kalian lakukan sekarang ini tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan pengorbanan para pemuda terdahulu," ujarnya.
Editor: Ivan

T#g:DairiKNPIPonpes
Berita Terkait
  • Kamis, 03 Des 2020 20:23

    Bakti sosial DPD KNPI Sumut, "Pemuda Berbagi Menjemput Berkah"

    DPD KNPI Sumatera Utara (Sumut) melaksanakan bakti sosial dengan thema "Pemuda Berbagi Menjemput Berkah", di Kelurahan Selayang kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (3/12/2020).Dalam kegiatan bakti sosial

  • Selasa, 01 Des 2020 18:31

    Bangunan Mess Milik PT DPM Dikerjakan Tanpa IMB

    Bangunan mess milik PT Dairi Prima Mineral (PT DPM) yang berada Dusun Huta Ginjang Desa Polling Anak-anak Kecamatan Silima Pungga-pungga, Kabupaten Dairi diduga dikerjakan tanpa Ijin Mendirikan Bangun

  • Senin, 30 Nov 2020 18:30

    Gugus Tugas Covid 19 Tinjau Pelaksanaan Protokol Kesehatan Covid 19 Pondok Pesantren Ma'had Minhajul Atsar

    Dalam rangka memutus rantai penyebaran serta menekan laju perkembangan Covid 19 di Kabupaten Jember, Posko Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Jember, Dioptimalkan untuk meninjau lokasi-lokasi yang dikhawa

  • Rabu, 25 Nov 2020 09:15

    Pengendara Honda CB150R Tewas Tabrak Truk Box Colt Diesel

    Kecelakaan lalu lintas antara truk Colt Diesel Box contra sepeda motor di Jalan Runding, Kelurahan Sidiangkat, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi, mengakibatkan pengemudi sepeda motor tewas.Kapolre

  • Senin, 23 Nov 2020 20:13

    Pemkab Dairi Terima Bantuan Bibit dan Saprodi Bawang Merah

    Pemkab Dairi menerima bantuan bibit dan Saprodi bawang merah dari Dinas Ketahanan Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan stimulus ekonomi ini sumber dana refocussing APBD TA 2020 Ta

  • Jumat, 20 Nov 2020 06:30

    Merajut Tali Silaturahmi, Kapolda Sumut Kunjungi Pondok Tuan Guru Serambi Babussalam

    Kapolda Sumut Irjen Pol Drs Martuani Sormin MSi bersilaturahmi Ke Pondok Tuan Guru Serambi Babussalam Simalungun bertempat di Pondok Persulukan Serambi Babussalam Simalungun Desa Jawa Tongah, Kecamata

  • Kamis, 19 Nov 2020 20:39

    Pjs. Bupati Sergai Serahkan Bantuan Peralatan Protokol Kesehatan ke Pesantren

    Sebagai bentuk aksi percepatan penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) terutama pada lembaga pendidikan, Pjs. Bupati Sergai Ir. H. Irman, M.Si menyerahkan

  • Kamis, 19 Nov 2020 18:19

    Bupati Dairi Beri Solusi Langsung Pada Sidang Nota Jawaban di DPRD Dairi

    Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjawab langsung serta memutuskan beberapa masukan dan saran yang disampaikan oleh Anggota DPRD Dairi dalam Sidang Dewan dengan agenda penyampaian Nota Jawaban

  • Rabu, 18 Nov 2020 21:38

    Terlindas Mobil Ambulance, Warga Sumbul Tewas di TKP

    Akibat Lakalantas di Jalan Sidikalang -Medan, Desa Tanjung Beringin I, Kecamatan Sumbul, Mariono Berutu (50) pengemudi sepeda motor Suzuki Spin, warga Desa Tanjung Beringin I, Kecamatan Sumbul, Kabupa

  • Selasa, 17 Nov 2020 19:17

    Kapolres Dairi, Bupati dan Dandim Bakti Sosial Berikan Bantuan Sembako dan Masker

    Kapolres Dairi AKBP Ferio Sano Ginting SIK MH bersama Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu dan Dandim 0206/Dairi yang diwakili Danramil 02/Sidikalang Kapten Kav Warsimin, Selasa (17/11/2020), melaks

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak