Selasa, 26 Mei 2020 13:14
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Peringati HUT Kemerdekaan dengan Kegiatan Sosial, Pemprovsu Bantu Penyandang Disabilitas

Peringati HUT Kemerdekaan dengan Kegiatan Sosial, Pemprovsu Bantu Penyandang Disabilitas

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 13 Agu 2019 22:13
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu/ Imam Syahputra
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi memberikan bantuan berupa santunan dan alat bantu kepada penyandang disabilitas, Selasa (13/8/2019).
Kepedulian terhadap kaum disabilitas diwujudkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam berbagai kesempatan. Termasuk momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), dimana Pemprov Sumut menyerahkan berbagai alat bantu untuk penyandang disabilitas.

Bantuan diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela kepada puluhan penyandang disabilitas, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (12/8).

Bantuan yang diberikan berupa kursi roda untuk orang dewasa, kursi roda untuk anak-anak, alat bantu dengar, tongkat alat bantu, dan tongkat manula. Selain penyerahan bantuan, Nawal juga membuka acara penguatan dan fasilitasi perlindungan perempuan dan anak dalam kondisi tertentu oleh Dinas PPPA Sumut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para penyandang disabilitas mengenai hak dan perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas.

Nawal juga berdialog dengan penyandang disabilitas yang hadir. Salah satu penyandang disabilitas yang hadir, mengutarakan keinginannya agar diberi pelatihan keterampilan. Hal itu dibutuhkan agar penyandang disabilitas dapat hidup mandiri dan mengangkat kesejahteraan sosialnya sendiri.


Untuk itu, Nawal melalui PKK akan berkoordinasi dengan dinas dan pihak terkait mengenai kebutuhan masyarakat yang berkebutuhan khusus di Sumut. Menurutnya banyak sekali keperluan khusus yang mesti disiapkan untuk para kaum disabilitas. "Karena mereka harus bisa mandiri, tapi fasilitasnya disiapkan seperti fasilitas ke tempat kerja dan lain sebagainya," ujarnya.

Ke depan penyandang disabilitas diharapkan dapat berpartisipasi dan mampu berperan di dalam lingkungan sosialnya. Serta memiliki kemandirian sebagai subjek pembangunan. Hal itu dilakukan juga sebagai upaya dalam menghilangkan diskriminasi kepada kaum disabilitas.

Saat ini pemerintah terus berupaya melakukan keberpihakan dan melibatkan penyandang disabilitas dalam setiap proses pembangunan. Penyandang disabilitas merupakan manusia yang juga memiliki potensi. Oleh sebab itu, kata Nawal, harus diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang dan mengaktualisasikan diri ke semua aspek kehidupan. "Terutama dalam memperoleh pendidikan, keterampilan dan pekerjaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sosial," ujarnya.

Nawal juga memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas yang datang dari beberapa daerah di Sumut. Serta mengapresiasi kepada mereka lantaran masih tetap semangat dan berkarya. Untuk itu, para penyandang disabilitas diharapkan agar tetap berkarya dan aktif mengikuti pendidikan, keterampilan, serta pelatihan.


Ketua Dewan Pertimbangan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Sumut Jenny Heryani mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya hal tersebut sangat membantu kegiatan penyandang disabilitas sehari-hari. "Ya terima kasih telah diberikan alat bantu untuk penyandang disabilitas. Karena itu untuk menunjang keseharian kita juga dalam melakukan kegiatan, semoga pemerintah terus bisa memberikan perhatiannya kepada penyandang disabilitas," ujarnya.
Editor: Budi

T#g:BansosDisabilitas
Berita Terkait
  • Senin, 25 Mei 2020 17:05

    Akhyar Tinjau Penyaluran Bansos Tahap II di Kelurahan Mabar

    Hari kedua Idul Fitri tidak membuat Pelaksana Tugas (PLT) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi berhenti untuk memastikan bantuan sosial (bansos) tahap II sampai kepada masyarakat yang tidak mampu

  • Minggu, 24 Mei 2020 00:04

    Akhyar Kunjungi Anak Penderita Kelainan Fisik di Marelan

    Kesedihan dan rasa haru terpancar dari wajah Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution M.Si ketika mengunjungi warga bernama Yuda Ramadani (5) di rumahnya Jalan Marelan, Pasar 4, Gang

  • Jumat, 22 Mei 2020 06:22

    Tim Advokasi Lintas Agama: Fungsi Pengawasan DPRD Simalungun Lemah

    Tim yang dibentuk oleh Huria Kristen Indonesia (HKI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Pematangsiantar- Simalungun, Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) Pematangsiantar,

  • Kamis, 21 Mei 2020 18:31

    Kapolres Dairi berikan bantuan sembako kepada penyandang Disabilitas

    Dalam rangka gerakan Polri Peduli Covid-19, Kapolres Dairi kembali memberikan bantuan sembako dari Endra Dharmalaksana Akpol 99 dan Polres Dairi, kepada penyandang Disabilitas, di rumah Energi Kasih,

  • Sabtu, 16 Mei 2020 16:06

    Pemko Tebing Tinggi Buka Layanan Pengaduan Bansos Lewat Diskominfo

    Pemerintah Kota Tebing Tinggi membuka layanan pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan Bantuan Sosial (Bansos) yang saat ini sedang bergulir di masyarakat akibat dampak virus COVID-19.

  • Sabtu, 09 Mei 2020 20:49

    Polres Bantu Sembako Warga Tuna Rungu Sergai

    Peduli kepada masyarakat terdampak di tengah pandemi virus corona (Covid-19), Polres Serdang Bedagai memberikan bantuan 25 paket sembako kepada Ikatan Tuna Rungu (ITR) Serdang Bedagai, Sabtu (09/05/2020).

  • Sabtu, 09 Mei 2020 13:39

    Wagub Jabar Lepas Distribusi Bansos, Dari Cirebon untuk Cirebon

    Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum melepas distribusi bantuan sosial (bansos) Provinsi Jabar untuk Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, di Kantor Pos Sumber, Sabtu (9/5/20).

  • Jumat, 08 Mei 2020 19:18

    Pekan Depan, Pemko Medan Salurkan Bantuan Tahap Kedua

    Pemko Medan akan menyalurkan kembali bantuan tahap kedua terhadap warga yang terdampak Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) pekan depan.

  • Rabu, 06 Mei 2020 15:46

    Ini daftar bantuan yang disalurkan Pemprov Sumut untuk masyarakat terdampak Covid-19

    Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan berbagai program Jaring Pengaman Sosial (JPS) untuk masyarakat yang terdampak Covid-19. Antara lain, bantuan sembako atau non tunai, ba

  • Rabu, 06 Mei 2020 08:36

    Kapolres Labuhanbatu Diwakili AKP Amdi Karna Apresiasi Bantuan Sembako Managemen PT IKSS Ke Warga

    Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat, SIK.MH sangat mengapresiasi Managemen PT Indo Kharisma Surya Sawit (IKSS) yang telah peduli dengan memberikan bantuan berupa sembako kepada warga masyarakat, kh

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2020 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak