Senin, 26 Agu 2019 15:07
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Peringati HUT Kemerdekaan dengan Kegiatan Sosial, Pemprovsu Bantu Penyandang Disabilitas

Peringati HUT Kemerdekaan dengan Kegiatan Sosial, Pemprovsu Bantu Penyandang Disabilitas

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 13 Agu 2019 22:13
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu/ Imam Syahputra
Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Utara Nawal Edy Rahmayadi memberikan bantuan berupa santunan dan alat bantu kepada penyandang disabilitas, Selasa (13/8/2019).
Kepedulian terhadap kaum disabilitas diwujudkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam berbagai kesempatan. Termasuk momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), dimana Pemprov Sumut menyerahkan berbagai alat bantu untuk penyandang disabilitas.

Bantuan diserahkan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumut Nawal Edy Rahmayadi yang didampingi Wakil Ketua TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari Musa Rajekshah dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela kepada puluhan penyandang disabilitas, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (12/8).

Bantuan yang diberikan berupa kursi roda untuk orang dewasa, kursi roda untuk anak-anak, alat bantu dengar, tongkat alat bantu, dan tongkat manula. Selain penyerahan bantuan, Nawal juga membuka acara penguatan dan fasilitasi perlindungan perempuan dan anak dalam kondisi tertentu oleh Dinas PPPA Sumut.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada para penyandang disabilitas mengenai hak dan perlindungan hukum bagi penyandang disabilitas.

Nawal juga berdialog dengan penyandang disabilitas yang hadir. Salah satu penyandang disabilitas yang hadir, mengutarakan keinginannya agar diberi pelatihan keterampilan. Hal itu dibutuhkan agar penyandang disabilitas dapat hidup mandiri dan mengangkat kesejahteraan sosialnya sendiri.


Untuk itu, Nawal melalui PKK akan berkoordinasi dengan dinas dan pihak terkait mengenai kebutuhan masyarakat yang berkebutuhan khusus di Sumut. Menurutnya banyak sekali keperluan khusus yang mesti disiapkan untuk para kaum disabilitas. "Karena mereka harus bisa mandiri, tapi fasilitasnya disiapkan seperti fasilitas ke tempat kerja dan lain sebagainya," ujarnya.

Ke depan penyandang disabilitas diharapkan dapat berpartisipasi dan mampu berperan di dalam lingkungan sosialnya. Serta memiliki kemandirian sebagai subjek pembangunan. Hal itu dilakukan juga sebagai upaya dalam menghilangkan diskriminasi kepada kaum disabilitas.

Saat ini pemerintah terus berupaya melakukan keberpihakan dan melibatkan penyandang disabilitas dalam setiap proses pembangunan. Penyandang disabilitas merupakan manusia yang juga memiliki potensi. Oleh sebab itu, kata Nawal, harus diberikan kesempatan seluas-luasnya untuk berkembang dan mengaktualisasikan diri ke semua aspek kehidupan. "Terutama dalam memperoleh pendidikan, keterampilan dan pekerjaan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sosial," ujarnya.

Nawal juga memberikan semangat kepada para penyandang disabilitas yang datang dari beberapa daerah di Sumut. Serta mengapresiasi kepada mereka lantaran masih tetap semangat dan berkarya. Untuk itu, para penyandang disabilitas diharapkan agar tetap berkarya dan aktif mengikuti pendidikan, keterampilan, serta pelatihan.


Ketua Dewan Pertimbangan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia Sumut Jenny Heryani mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya hal tersebut sangat membantu kegiatan penyandang disabilitas sehari-hari. "Ya terima kasih telah diberikan alat bantu untuk penyandang disabilitas. Karena itu untuk menunjang keseharian kita juga dalam melakukan kegiatan, semoga pemerintah terus bisa memberikan perhatiannya kepada penyandang disabilitas," ujarnya.
Editor: Budi

T#g:BansosDisabilitas
Berita Terkait
  • Jumat, 16 Agu 2019 20:46

    Peduli Anak Distabilitas, DPD AMPI Sumut Gelar Perlombaan HUT RI Ke-74 Bersama YPAC Medan

    Dalam rangka menyambut Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2019 ke-74, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) AMPI Sumut melaksanakan kegiatan di Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) di Jalan

  • Jumat, 14 Des 2018 15:54

    KPU Labura Laksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 Pada Penyandang Disabilitas

    KPU Labuhanbatu Utara (Labura) melaksanakan Sosialisasi Pemilu 2019 pada penyandang disabilitas di Aula KPU Labura, Jum'at (14/12/2018).

  • Selasa, 11 Des 2018 20:21

    Hari Ibu di Humbahas diperingati bersama penyandang disabilitas

    Hari ibu ke-90 diperingati di Humbang Hasundutan bersama dengan penyandang disabilitas, Selasa (11/12), bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul.

  • Selasa, 30 Okt 2018 08:30

    Dari Pendapatan Fun Bike HUT TNI Ke 73, Kodim 0824 Serahkan Bantuan Bencana Palu

    Pasiter Kodim 0824 menyerahkan bantuan untuk korban bencana Palu, Donggala dan sekitarnya melalui Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jember KH M. Misbah, Senin (29/10/2018).Bantuan tersebut beru

  • Senin, 22 Okt 2018 20:22

    Bantuan Kemanusiaan Negara Sahabat Kembali tiba di Posko Balikpapan

    Bantuan kemanusian dari negara sahabat  untuk korban gempa dan tsunami ke Palu dengan menggunakan pesawat Uzbekistan telah tiba di Posko Satgasud Dharmapalu Lanud Dhomber Balikpapan,  Minggu

  • Minggu, 21 Okt 2018 22:21

    Prajurit TNI Distribusikan Bantuan Logistik Untuk Warga di Lombok Timur

    Prajurit TNI dari Komando Rayon Militer (Koramil) 1615-03/Sambelia yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Nusa Tenggara Barat (NTB), mendistrib

  • Sabtu, 20 Okt 2018 07:20

    Kodam I/BB & Persit KCK PD I/BB Kembali Kirim 4 Truk Bantuan ke Palu-Donggala

    Kodam I/Bukit Barisan bersama Persit Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah I/Bukit Barisan, Jumat (19/10/2018) pagi, kembali menyalurkan bantuan untuk korban bencana alam gempa dan tsunami di Palu, S

  • Rabu, 17 Okt 2018 10:17

    Prajurit Kogasgabpad TNI Salurkan Bantuan Logistik pada Masyarakat Kulawi

    Prajurit TNI yang tergabung dalam Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) Sektor Sigi yang dipimpin oleh Kolonel Inf Verianto Napitupulu sebagai Dansektor didampingi Wadan Sektor Mayor Inf Anak A

  • Rabu, 17 Okt 2018 09:17

    Komitmen Jokowi Meramahkan Para Difabel Indonesia

    Perhelatan bergengsi para difabel telah resmi ditutup dengan acara closing ceremony Asian Para Games 2018 yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (13/10/2018). Acara closing ya

  • Selasa, 16 Okt 2018 10:15

    SBY Berikan Bonus 0 Rupiah Untuk Atlet Asian Para Games 2014, Bagaimana Dengan Jokowi?

    Ajang olahraga Asian Para Games 2018 sudah selesai beberapa hari yang lalu. Masih ingat di benak masyarakat Indonesia bagaimana perjuangan para atlet penyandang disabilitas mampu menunjukkan bakat mer

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak