Minggu, 13 Jun 2021 03:03
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pengrusakan Masjid di Medan, Ketua DMI: Pelakunya mengaku sebagai BKM

Pengrusakan Masjid di Medan, Ketua DMI: Pelakunya mengaku sebagai BKM

Medan (utamanews.com)
Oleh: Ahmad Aqil
Rabu, 05 Mei 2021 07:45
Istimewa
Ketua DMI Sumut (Baju coklat) saat melihat kondisi Masjid Al Badar pasca dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab
Pengrusakan Masjid Al Badar yang berada di Jalan Gatot Subroto Medan, yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab beberapa hari lalu, membuat sejumlah masyarakat dan tokoh agama, sangat prihatin.

Salah satu tokoh agama yang mengutuk perbuatan tidak terpuji yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab itu adalah Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sumatera Utara, Irhamuddin Siregar.

Diakui Irhamuddin, ia merasa sangat prihatin sekaligus terkejut atas pengrusakan Masjid Al Badar, tepatnya yang berada dilantai 2 Masjid, yang dilakukan oleh orang yang mengaku sebagai BKM.


"Kita sangat menyesalkan adanya pengrusakan yang dilakukan oleh oknum- oknum tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai Nazhir atau BKM," ungkap Irhamuddin Siregar, saat dikonfirmasi awak media, Selasa (4/5) malam.

Sebagai Ketua DMI Sumut, dirinya juga mengakui, pasca pengrusakan itu, ia sudah mendatangi Masjid Al Badar, serta melihat kondisi yang ada. "Sangat prihatin saat kita melihatnya, dimana lantainya yang sudah dipasangi dengan Granit berukuran 60 x 60 Cm, habis dirusak oleh oknum yang tidak bertanggunggung," urai pria yang selalu ramah dengan awak media ini.

Tidak hanya itu, lanjut Irhamuddin, perbuatan oknum tidak bertanggung jawab yang mengaku sebagai Nazhir atau BKM itu semakin tidak terkontrol dengan tidak boleh masuknya Nazhir atau BKM Al Badar yang sah.

"Parahnya lagi, dalam kejadian itu, Nazhir atau BKM yang sah malah tidak diberi masuk. Sementara menurut informasi yang saya terima, penguasaan yang dilakukan oleh para oknum itu sudah berjalan lebih kurang 7 tahun," ujarnya dengan nada kesal.


Perbuatan tercela yang dilakukan oleh para oknum tersebut ternyata tidak berhenti sampai disitu. Sebab, kata pria yang pernah menjabat sebagai Ketua DMI Kota Binjai ini, mereka juga dengan sengaja mengerahkan para preman sekitar untuk melakukan teror kepada kepengurusan Masjid Al Badar yang sah.

Sebagai tokoh agama, Irhamuddin Siregar menilai jika perbuatan para oknum tersebut sudah melanggar hukum. Untuk itu, ia berharap kepada aparat yang berwenang, agar segera mengusut dan menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kalau kita lihat disamping Masjid sudah dibangun dengan bagus. Akibat kejadian itu, Masjid tersebut menjadi tidak berfungsi secara maksimal," bebernya.

Kekesalan Irhamuddin Siregar kian bertambah setelah mengetahui jika Masjid Al Badar tersebut merupakan salah satu Masjid percontohan Wakaf Produktif.


"Akibat dari perbuatan itu, apa yang menjadi program Pemerintah dalam hal ini Kementerian Agama, menjadi tidak berjalan dengan baik, bahkan terhenti," kata Irhamuddin Siregar.

Selain bangunan Masjid Al Badar yang dirusak, Irhamuddin juga menegaskan adanya kesalahan yang sangat fatal yang terjadi, yaitu hilangnya harta benda Wakaf yang tidak bisa dinilai dengan materi.

"Benda yang dirusak ini merupakan harta Allah yang harus dilindungi dan diselamatkan dari oknum oknum yang tidak bertanggung jawab," urai Irhamuddin mengakhiri pembicaraannya. 

Editor: Herda

T#g:BKMDMIMasjid
Berita Terkait
  • Jumat, 11 Jun 2021 20:01

    Jumat Berkah, Personel Yonif 642/Kapuas Bersihkan Masjid Al-Amin

    Demi menjaga kebersihan dan kenyaman tempat ibadah, sebanyak 15 personel Yonif 642/Kapuas melaksanakan kegiatan membersihkan Masjid Al-Amin, Kec. Semitau Hulu, Kab. Sintang, Kalbar.Demikian disampaika

  • Jumat, 04 Jun 2021 21:44

    Walikota Tebingtinggi Ajak BKM Masjid Agar Tetap Menerapkan Prokes

    Pemerintah Kota Tebing Tinggi menggelar kegiatan sosialisasi pelaksanaan ibadah dalam situasi pandemi Covid-19 kepada pengurus Badan Kemakmuran Masjid (BKM) di Gedung Islamic Center Kompleks Masjid Agung, Jl. KL. Yos Sudarso, Jumat (04/06/2021).

  • Selasa, 01 Jun 2021 06:21

    Launching "Bakso Urat", Bupati Sergai: Pelayanan Publik Harus Bersih

    Menjelang 100 hari masa tugas Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, M.SP dalam memimpin Tanah Bertuah Negeri Beradat, berbagai gebra

  • Kamis, 27 Mei 2021 11:07

    Jatanras Polres Binjai Tangkap Muhammad Elpin, Penganiaya Nazir Masjid Baiturrahman dari Kerinci Riau

    Muhammad Elpin (42) warga Jalan T Amir Hamzah, Lingkungan lll Kelurahan Kwala Begumit, Kecamatan Binjai, akhirnya diamankan oleh Petugas Kepolisian dari Jatanras Polres Binjai.

  • Rabu, 19 Mei 2021 17:39

    Polsek Binjai Cek TKP Pemukulan Nazir Masjid, Korban Tolak Buat Laporan

    Kanit Reskrim Polsek Binjai, beserta anggotanya, akhirnya mendatangi TKP Perkelahian antara Nazir Masjid Baiturahman Kwala Begumit dengan seorang warga yang diduga sebagai pencuri, Rabu (19/5).Menurut

  • Senin, 17 Mei 2021 20:07

    DMI Mengutuk Kekejaman Israel di Masjid Al-Aqsa dan Sheikh Jarrah

    Sejumlah negara dan komunitas Internasional beraksi mengutuk kekejaman Israel di Masjid Al-Aqsa dan Sheikh Jarrah. Tidak hanya itu, Kantor HAM PBB juga mendesak Israel membatalkan penggusuran pak

  • Rabu, 12 Mei 2021 21:12

    Antisipasi Penularan Covid-19 Saat Hari Raya Idul Fitri, Kapolresta Pekanbaru Datangi Masjid

    Semakin tingginya angka penularan Covid-19, menjadikan kegiatan masyarakat harus dibatasi, termasuk pada saat Hari Raya Idul Fitri. Demi mencegah hal itu, Kapolresta Pekanbaru mendatangi Masjid-masjid

  • Jumat, 07 Mei 2021 21:17

    Kapolres Sergai Jumat Barokah, Beri Bantuan Sembako Kepada Jemaah Masjid Baihatul Islam Firdaus

    Kapolres Serdang Bedagai AKBP Robin Simatupang SH M.Hum membagikan sembako kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid19 di halaman Masjid Baihatul Islam, Dusun XIV Desa Firdaus, Kecamatan Sei Rampah, Jumat (07/05/2021).

  • Selasa, 04 Mei 2021 05:04

    Masjid Dapat Berperan Cegah Penularan Covid-19 dan Pulihkan Perekonomian

    Wali Kota Medan, Muhammad Bobby Afif Nasution SE MM mengatakan, masjid dapat berperan mencegah penularan Covid-19 sekaligus memulihkan perekonomian umat yang terpukul akibat pandemi.

  • Sabtu, 01 Mei 2021 07:00

    Tingkatkan Perekonomian, Pemko Medan Wujudkan Masjid Mandiri

    Pemko Medan saat ini berkomitmen untuk memakmurkan masjid dengan mewujudkan masjid yang mandiri. Hal ini dikarenakan jumlah masjid yang banyak di Kota Medan sehingga kedepannya masjid akan memiliki ba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak