Jumat, 24 Sep 2021 22:58
  • Home
  • Sosial Budaya
  • Pemprov Sumut Terima Aspirasi Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer

Pemprov Sumut Terima Aspirasi Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer

Medan (utamanews.com)
Oleh: Tony
Selasa, 08 Sep 2020 15:58
Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprov Sumut
Lasro Marbun foto bersama usai menerima audiensi GTKHKN 35+ di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman No. 41 Medan, Selasa (8/9/2020).
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menerima aspirasi 57 orang guru honorer yang tergabung dalam Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non-Kategori 35 Tahun ke Atas (GTKHNK 35+). Antara lain tentang seleksi penerimaan CPNS dan jumlah gaji.

Para guru berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumut itu diterima Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprov Sumut M Fitriyus bersama Plt Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut Lasro Marbun di Pendopo Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Selasa (8/9).

Kepada Fitriyus dan Lasro Marbun, para guru menyampaikan beberapa aspirasi, antara lain tentang penerimaan CPNS dan gaji. Mereka menuntut diangkat menjadi PNS tanpa seleksi dan gaji sesuai UMK yang berlaku.

Menanggapi hal itu, Fitriyus mengatakan menerima aspirasi tersebut dan akan menyampaikannya kepada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Kemudian juga akan didiskusikan bersama berbagai pihak terkait, termasuk Dinas Pendidikan Sumut.

"Tentu apa yang merupakan aspirasi dari anda semua adalah aspirasi yang sangat bagus, karena dalam undang-undang tidak ada yang melarang selama tidak melanggar hukum, serta berguna untuk menyamakan persepsi agar tetap kompak dalam mencapai tujuan," ucap Fitriyus.

Hal senada juga disampaikan Plt Kepala Disdik Sumut Lasro Marbun. Namun menurutnya, ada beberapa tuntutan yang disampaikan perlu dikoreksi, di antaranya tentang seleksi tanpa melalui tes, menurut Lasro, hal ini sangat tidak mungkin. Karena selama ini seleksi CPNS harus melalui beberapa tahapan tes.

"Mengenai gaji berdasarkan UMK ini juga berdasarkan ketetapan di kabupaten/kota masing masing. Kami mengharapakan perjuangan rekan semua benar independen dan jangan mau dipengaruhi oleh pihak lain," ucap Lasro.

Sebelumnya, Ketua GTKHNK 35+ Sumut Gigih Suriayanto, yang keseharian mengajar di SMK 1 Air Joman Asahan, mengatakan anggota GTKHNK 35+ terdiri atas guru honorer yang mengajar dari TK, SD, SMP, SMK dan SLB.

"Yang hadir dari perwakilan 26 kabupaten/kota dan sudah 18 kabupaten/kota memberikan dukungan pada kita. Kita tetap berusaha, tetap menyampaikan aspirasi kita dan sudah audiensi dengan Dinas Pendidikan," katanya.

Bahkan menurut Gigih, pihaknya sudah menyampaikan tuntutan mereka kepada Presiden RI, yakni pertama memohon pada Presiden untuk mengangkat guru honorer menjadi PNS tanpa tes. "Kedua agar Presiden memberikan gaji setara UMK dari APBN," sebutnya.
Editor: Herda

T#g:GuruHonorer
Berita Terkait
  • Sabtu, 04 Sep 2021 15:04

    Dunia Pendidikan Di Tanjungbalai Siap Untuk PTM

    Pembelajaran Tatap Muka atau yang sering disebut dengan istilah PTM, kini kian hangat dibincangkan. Terkhusus dalam dunia Pendidikan yang saat ini sudah lama proses belajar mengajar dilaksanakan melal

  • Selasa, 31 Agu 2021 10:41

    Periksa Dana Pelatihan, Diklat dan Bimtek Dinas Pendidikan Paluta Tahun 2020

    Pelatihan, Diklat dan Bimtek kepala sekolah dan guru tahun 2020 yang digelar di hotel merupakan bagian dari upaya menghambur-hamburkan anggaran pendapatan dan belanja daerah Paluta.Demikian disampaika

  • Kamis, 26 Agu 2021 18:26

    Walikota Akui Belum Semua Honorer Pemko Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

    Guna menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur dan Walikota Binjai tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kota Binjai, Walikota Binjai Drs H Amir Hamzah M.AP, menghadir

  • Selasa, 27 Jul 2021 21:57

    Diduga Nota Dinas Abal-Abal, Seret Kacabdis Pendidikan Siantar ke Polres Simalungun

    Permainan iming-iming jabatan, masih saja terus menjadi peluang bagi yang memiliki kewenangan dalam memberikan jabatan. Praktek iming-iming jabatan tersebut baru saja memakan korban, seorang Guru SMK

  • Senin, 19 Jul 2021 07:19

    Ibu ini berjuang sendiri demi anak yang ditelantarkan oknum ASN Guru SMPN 3 Batu Bara

    Malang nian nasib seorang ibu muda digugat cerai suami hanya karena hal sepele hingga membuatnya menderita batin menanggung beban selama dua tahun lebih, hidup sendiri menafkahi anak semata wayangnya.

  • Selasa, 06 Jul 2021 16:36

    Merasa Didiskriminasi, Marpaulina Simamora Adukan Nasibnya ke Wakil Pimpinan DPRD Medan

    Merasa mendapat perlakuan diskriminasi dari Kepala Sekolah di tempatnya mengajar, di SDN 064959, Marpaulina Simamora S.pdK warga Jalan HM Joni yang merupakan seorang Guru Honor Agama Kristen, mengaduk

  • Kamis, 24 Jun 2021 10:54

    Dansatgas Yonif 512/QY Kerahkan Anggota, Jadi Guru Di Tanah Papua

    Demi terciptanya generasi penerus bangsa yang berkualitas di bidang pendidikan, Pos Yamara Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY membantu para guru mengajar di SD PGRI Yamara di Distrik Mannem, Ka

  • Selasa, 22 Jun 2021 17:02

    Sastra Lingga Sambut Baik Diklat Peningkatan Kompetensi Guru Honorer

    Sekretaris DPD Komite Nasional Indonesia (KNPI) Dairi, Sastra Lingga menyambut baik program Diklat peningkatan kompetensi guru honorer se-Kabupaten Dairi yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Dai

  • Selasa, 22 Jun 2021 11:52

    1000 Warga Ditargetkan Jalani Vaksinisasi Covid-19 Tahap 2 di GOR Binjai, Hari Ini

    Penyuntikan Vaksinasi tahap kedua digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Binjai, di Gedung Olahraga (GOR) yang beralamat di Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Selasa (22/6)

  • Jumat, 18 Jun 2021 20:38

    Pemko Binjai Lanjutkan Vaksinisasi Covid-19 untuk guru dan tenaga Pendidik

    Penyuntikan Vaksinasi lanjutan untuk seluruh guru dan tenaga Pendidik, kembali dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Binjai, melalui Dinas Kesehatan Kota Binjai, Jumat (18/6).Kali ini, Vaksinasi Covi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak