Jumat, 24 Sep 2021 22:01

Pemko Binjai Ungkap Pembayaran Pajak Orign Cafe Baru 2 Kali

Binjai (utamanews.com)
Oleh: Dito
Jumat, 30 Jul 2021 16:50
Istimewa
Mari bersama membangun Kota Binjai dengan Pajak Restoran. Pastikan pembeli menerima Bill/Nota yang tertera Pajak Restoran 10 persen, 10 persen dari transaksi dititipkan oleh Pembeli kepada Restoran untuk Pajak Daerah.

Hal itu tertulis dalam sebuah Billboard bergambar Drs T Matsyah (Owner Orign Cafe) yang terpasang di Median Jalan Soekarno - Hatta, tepatnya di depan Orign Cafe Binjai.

Namun, tulisan yang terpasang di Billboard itu banyak dipertanyakan oleh warga. Warga juga meminta agar Dinas terkait, yaitu Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Kota Binjai, transparan terkait Pajak Restoran Orign Cafe.

Guna memastikan hal tersebut, awak media mencoba melakukan konfirmasi ke Kantor BPKPAD Kota Binjai, yang beralamat di Jalan Jambi, Kelurahan Rambung Barat, Kecamatan Binjai Selatan, Jumat (30/7). 

Penjelasan Plt Kabid Retribusi dan Pajak Daerah lainnya, Elfitra Hariadi SE, saat dikonfirmasi awak media di ruangannya, mengakui, sejak beroperasinya Orign Cafe di awal tahun 2020, mereka baru dua kali (dua bulan) melaporkan dan membayarkan kewajiban perpajakannya yaitu di bulan April dan Mei.

"Dari data kami, baru dua kali pengelola Orign Cafe membayar Pajak Restorannya, yaitu pada bulan April dan bulan Mei 2021. Artinya, semenjak Orign Cafe dibuka, baru dua bulan Orign Cafe melaporkan dan membayarkan kewajiban pajaknya," ungkap Fitra, seraya memperlihatkan Copy Surat Setoran Pajak Daerah (SSPD) tahun Pajak 2021 dengan nama wajib Pajak Orign Cafe, yang beralamat di Jalan Soekarno - Hatta, Kecamatan Binjai Timur, Kelurahan Tanah Tinggi.

Dari Copy SSPD tahun Pajak 2021 yang dipelihatkan oleh Fitra, tertulis Masa Pajak April 2021 dengan nomor bukti 785, dengan nama Wajib Pajak Orign Cafe yaitu sebesar Rp 1.149.600 (Satu Juta Seratus Empat Puluh Sembilan Ribu Enam Ratus Rupiah. Sedangkan masa Pajak May tahun 2021 dengan nomor bukti 784 sebesar Rp 1.340.400 (Satu Juta Tiga Ratus Empat Puluh Ribu Empat Ratus Rupiah). 

Berdasarkan uruaian tersebut, dapat diartikan besaran pajak restoran yang telah dibayarkan bersumber dari omset penjualan untuk bulan April 2021 sebesar Rp 383.000/hari dan Rp 11.496.000/bulannya.

Omset inilah kemudian yang menjadi pertanyaan masyarakat dari sisi kewajaran pelaporan dan pembayaran pajak yang bersangkutan.

Sedangkan untuk pembayaran Pajak Restoran, lanjut Fitra, menggunakan sistem Self Assessment, yaitu Pembayaran pajak yang dibayarkan sendiri oleh wajib pajak berdasarkan Omset penjualan yang memuat data penjualan beserta bukti pendukungnya. 

Dalam hal ini, kegiatan menghitung, melaporkan dan membayarkan pajaknya dilakukan sendiri oleh wajib pajak dengan dasar pengisian Surat Pemberitahuan Pajak Daerah (SPTPD) pajak restoran.

"Owner menghitung sendiri penghasilan, sehingga mendapatkan jumlah Pajak sebesar 10 persen. Sedangkan pembayarannya disetor ke Kas Daerah Pemko Binjai," urai Fitra.

Disoal apakah ada sanksi yang diberikan terhapad Wajib Pajak, khususnya Orign Cafe, karena semenjak mulai beroperasi hingga saat ini, baru dua kali membayar Pajak, Fitra hanya menjawab ada. 

"Selama ini sudah kita sosialisasikan dan kita himbau, bahkan sudah kita tagih, namun hanya itu pembayaran pajak yang kami terima," katanya.

Diketahui, berdasarkan Peraturan Daerah Kota Binjai nomor 3 tahun 2011 tentang Pajak Daerah, dalam Bab X ketentuan Pidana Pasal 88 ayat 1 (satu) tertulis "Wajib Pajak yang karena kealpaannya tidak menyampaikan SPTPD atau mengisi dengan tidak benar atau tidak lengkap atau melampirkan keterangan yang tidak benar sehingga merugikan keuangan Daerah dapat di Pidana dengan Pidana kurungan paling lama 1(satu) tahun atau Pidana denda paling banyak 2 (dua) kali jumlah pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar".

Sedangkan dalam Bab X ketentuan Pidana Pasal 88 ayat 2 (dua) tertulis "Wajib Pajak yang dengan sengaja tidak menyampaikan SPTPD atau mengisi dengan tidak benar atau tidak lengkap atau melampirkan keterangan yang tidak benar sehingga merugikan keuangan Daerah dapat di Pidana dengan Pidana Penjara paling lama 2 (dua) tahun atau Pidana denda paling banyak 4 (empat) kali jumlah Pajak terutang yang tidak atau kurang dibayar.
Editor: Budi

T#g:pajakPemko Binjai
Berita Terkait
  • Rabu, 15 Sep 2021 16:05

    Peringati Haornas Tahun 2021, Pemko Binjai pada atlet berprestasi

    Dalam rangka peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) Tahun 2021, Pemerintah Kota Binjai memberikan penghargaan berupa uang pembinaan bagi insan olahraga yang berdedikasi dan berprestasi.Penghargaa

  • Selasa, 14 Sep 2021 22:54

    Satu-satunya di Sumut, Pemko Binjai Raih WTP minimal 5 kali berturut-turut

    Pemko Binjai menjadi satu-satunya Kota di Provinsi Sumatera Utara yang meraih peringkat nasional kategori Kabupaten/kota peraih WTP minimal 5 kali berturut-turut sejak tahun 2016 s/d 2020. Hal it

  • Sabtu, 11 Sep 2021 14:41

    DPRD Sumut sambangi penjual pecal yang viral ditagih pajak Rp3 Juta

    Setelah viral karena menagih retribusi Pajak konsumen kepada pedagang Bakso sebesar Rp6.000.000 (Enam Juta Rupiah) per bulan, kini Pemko Binjai kembali diviralkan dengan menagih Pajak kepada seorang P

  • Kamis, 02 Sep 2021 21:02

    Walikota: Pajak restoran dibebankan ke pembeli, bukan pengusaha

    Pemerintah Kota Binjai tidak ada keinginan untuk membebani pengusaha restoran/rumah makan. Pengenaan pajak restoran/rumah makan sebesar 10 persen sebagaimana diatur dalam Perda No.3 Tahun 2011 tentang

  • Rabu, 01 Sep 2021 13:31

    Paguyuban Pengusaha Kuliner Kota Binjai Minta DPRD Desak Pengutipan Pajak Ditunda

    Beberapa masyarakat yang mewakili pelaku usaha dan tergabung dalam Paguyuban Pengusaha Kuliner Kota Binjai, mendatangi Gedung DPRD Binjai yang beralamat di Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara,

  • Senin, 30 Agu 2021 11:30

    820 Bilal Mayit dan Penggali Kubur Kota Binjai Akan Terima Honor Sebesar Rp 1,2 Juta

    Sebanyak 820 orang Bilal Mayit dan Penggali Kubur yang ada di Kota Binjai, dalam waktu dekat ini akan menerima honor (biaya operasional dan asuransi jiwa) dari Pemerintah Kota Binjai untuk tahun 2021.

  • Rabu, 25 Agu 2021 21:05

    BPKPAD Binjai Himbau Pengusaha Restoran, Cafe dan Rumah Makan Hadiri Sosialisasi Pajak

    Kepala BPKPAD (Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah) Kota Binjai Affan Siregar, menghimbau kepada para pengusaha Restoran, Cafe serta Rumah Makan, agar menghadiri undangan sosialisas

  • Selasa, 24 Agu 2021 18:14

    Camat Binjai Utara Pimpin Rapat Jurnal PBB

    Bertempat di Aula Kantor Camat Binjai Utara, yang beralamat di Jalan Flores No 60 Kelurahan Kebun Lada, Kota Binjai, digelar Rapat terkait kegiatan Jurnal PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) Selasa (24/8).D

  • Minggu, 22 Agu 2021 17:42

    Pemko Harap Majelis Ta'lim Babul 'Ulum Selaraskan Visi Misi Pembangunan Kota Binjai

    Milad ke-3 Majelis Ta'lim Babul 'Ulum yang dilaksanakan di Aula Majelis Ta'lim Babul 'Ulum, Jalan Gumba, Gang Gumba 20 Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Minggu (22/8)

  • Kamis, 29 Jul 2021 18:19

    Jaring Keluhan Warga, Pejabat Pemko Binjai Turun Langsung ke Masyarakat

    Guna membantu Walikota dalam melaksanakan urusan Pemerintahan bidang sosial yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan yang ditugaskan kepada daerah, Plt Kepala Dinas Sosial Kota Binjai Bamba

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2021 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak